March 24, 2015

[Terjebak Nostalgia] F4!

Gara-gara dengerin Wu Yifan nyanyi soundtrack ‘Somewhere Only We Know’ malam Jumat kemarin, saya jadi terjebak nostalgia F4. Kok bisa? Iya suara Wu Yifan mirip banget sama suara salah satu personel F4. Mukanya kadang juga mirip to be honest, hidungnya sama-sama mancung, giginya sama-sama tonggos. Bedanya Wu Yifan jelas lebih muda 13 tahun, lebih tinggi 7 cm, enggak punya lesung pipi, dan kulitnya lebih putih.

F4 yang saya bicarakan disini bukan 'F4 Boys Before Flower' Korea, kalo itu mah suaranya enggak ada yang mirip sama Wu Yifan. F4 yang saya bicarakan adalah F4 dari drama seri Taiwan yang sangat-sangat terkenal pada jamannya, Meteor Garden. Yap siapa lagi kalau bukan Jerry Yan, Vanness Wu, Ken Zhu, dan Vic Chou! Hahaha ketauan anak jaman kapan.

F4 sekitar awal tahun 2000-an tuh terkenal banget, enggak hanya di kampung halamannya di Taiwan aja tapi juga sampai Cina, Hongkong, Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, dan Filipina. Konser dimana-mana, Indonesia juga dulu termasuk dalam rangkaian tur konser F4.

Namun kemudian gelombang Hallyu datang, seakan menghempaskan mereka (dan beberapa artis dari Jepang yang sempat tenar di Indonesia macam L’Arch n Chiel). Meskipun begitu buat fans yang dulunya udah terlanjur jatuh cinta terlalu mendalam sama F4 (saya), hempasan tersebut tidak semerta-merta menghilangkan F4 dari dalam lubuk hati. F4 hanya minggir menepi membiarkan gelombang Hallyu bergulung-gulung di sanubari fans tersebut. Ketika ada sedikit sentilan yang mengarahkan otak untuk mengingat kembali F4, maka fans tersebut akan menjadi seperti ini: terjebak nostalgia. F4 yang selama ini sabar menepi di lubuk hatinya seolah dengan gagah berani maju menerjang gelombang Hallyu yang sudah empat tahun belakangan ini bergejolak dahsyat di hati fans tersebut. HAHAHAHAHAHA YA AMPUN TOLONG INI KENAPA BAHASANYA JADI BEGINI.

F4 hadir jauh sebelum tetek bengek K-Pop mendunia. F4 adalah boyband Taiwan yang terbentuk pada tahun 2001 karena suksesnya drama seri Meteor Garden yang dibintangi keempat personelnya. Jangan dibayangkan F4 akan nyanyi sambil nge-dance kayak EXO-M (sengaja milih EXO-M karena membernya sama-sama empat orang #ngok), mereka tampil cuma nyanyi aja sambil gaya sesuka hati kayak One Direction. Pun enggak ada pembagian posisi leader, maknae, rapper, main vocal, visual, dll dll. Suara mereka bagus semua sih. Bagus dalam taraf yang beda-beda maksudnya, ada yang bagus banget dan ada yang bagusnya biasa aja *lol bagus apa biasa?* tapi enggak ada yang sampai jomplang banget yang misal dalam-satu-lagu-cuma-dapet-part-satu-kalimat-aja gitu enggak ada. Tinggi badan rata semua 180 cm jadi enggak ada yang harus pake insoles kalo tampil sebelah-sebelahan berempat. Biar rapi dan jelas, bahas profilnya per personel aja (plus foto yang saya capture dari MV ‘Liu Xing Yu’).

Dimulai dari yang paling tua, Jerry Yan. Jerry lahir pada tanggal 1 Januari 1977. Tadi di awal saya bilang suara Wu Yifan mirip banget sama suara salah satu personel F4, ya om Jerry ini yang saya maksud. Kalo enggak percaya dengerin lagunya Jerry yang ‘Wo Sen Chen De Cen De Cen De Hen Ai Ni’, cari di Youtube banyak. Selain kemiripan muka (kadang-kadang), hidung, dan gigi yang juga sudah saya sebutkan di awal, kesamaan Wu Yifan dan om Jerry ini lagi adalah sama-sama punya dua nama Mandarin. Nah lo jangan-jangan mereka sodara jauh yang terpisah untuk kemudian dipertemukan kembali oleh sebuah liontin *korban sinetron* Nama Mandarin lain Wu Yifan tau lah ya, Li Jiaheng. Sedangkan nama Mandarin lain Jerry Yan adalah Liao Yangchen yang kemudian punya nama Mandarin lagi Yan Chengxu. Kenapa satu orang bisa punya dua nama dengan marga yang berbeda? Apakah Wu Yifan dan Yan Chengxu adalah nama panggung biar kelihatan keren? Bisa jadi, Jerry Yan kedengerannya lebih enak daripada Jerry Liao.

Ada lagi kesamaan lain, SAMA-SAMA PUNYA NAMA INGGRIS! Wu Yifan nama Inggrisnya Kris...eh salah...Kevin, bule-bule Canada biar enak kali ya manggilnya kan doski lama tinggal di Canada. Susah gitu kayaknya kalau manggil Jiaheng. Om Jerry Yan nama Inggrisnya ya Jerry itu sendiri. Budaya orang Taiwan kali ya tiap orang punya nama Inggris biar gampang manggilnya.

Seandainya pelabelan posisi dalam sebuah grup (seperti di K-Pop) jaman terkenal-terkenalnya F4 dulu ada, mungkin Jerry Yan ini kebagian jadi leader karena paling tuwir *anggep aja ikut aturan SM* Suara Jerry enggak sebagus tiga personel yang lain, menurut saya, tapi masih enak kok buktinya di tiga album F4 selalu dikasih lagu solo dan sempat nyanyi solo juga waktu solo karir.

Next, Vanness Wu. Personel F4 yang paling multitalenta: suara paling bagus, bisa nge-rap, jago nge-dance. Dengan kemampuannya itu, Vanness bisa disebut sebagai main vocal, rapper, dan main dancer F4. Tapi berhubung F4 bukan boyband yang dance-based, jadi Vanness lebih sering nge-dance di lagu-lagu solonya. 

Om yang lahir di Los Angeles tanggal 7 Agustus 1978 ini lancar berbahasa Inggris dan Mandarin. Vanness punya nama Mandarin Wu Chienhao, nama Vanness sendiri konon adalah nama sebuah jalan di Amerika Serikat.

Vanness dulu sempat digosipin gay! Gossip is just a gossip, nyatanya dia nikah sama wanita cantik bernama Arissa Cheo. Sampai tulisan ini saya buat, Vanness masih menjadi satu-satunya personel F4 yang sudah menikah.
Vanness Wu dan Arissa Cheo (cr: owner)

FYI di antara keempat personel F4, hanya Vanness yang wajahnya paling oriental, matanya single eye-lid. Vanness ini kayak Choi Siwon dan Lee Soohyuk: suka ekspos badan.

Ken Zhu juga punya suara bagus selain Vanness, ibaratnya dia ini lead vocal. Dan visual. Iya kalo buat saya Ken Zhu lebih ganteng daripada Vic Chou. Ken lahir tanggal 15 Januari 1979 dengan nama Mandarin Zhu Xiaotien. Enggak hanya menguasai bahasa Mandarin, om ini juga bisa berbahasa Inggris dan Kanton.

Selain pernah bermain di Meteor Garden, Ken juga pernah membintangi drama Taiwan ‘Orange Boy’ (Marmalade Boy) dan ‘Poor Prince’ (yang ini sama Vic Chou, Ken jadi ayahnya Vic) (denger-denger ‘Poor Prince’ ini lawak banget dramanya). Ken ini suka banget sama makanan dan masak sampai punya buku masak sendiri berjudul ‘Delicious Relations’ yang terbit tahun 2006. Pantes badanya paling tambun XD

Last but not least ada Vic Chou yang banyak banget fansnya soalnya paling ganteng (katanya). Enggak juga sih menurut saya XD gantengan Ken Zhu *diulang lagi* Vic ini lebih cocok dibilang yang paling imut soalnya doski paling muda ya kan, lahir tanggal 9 Juni 1981. Punya nama Mandarin Chou Yumin dan nama panggilan Chai Chai (dari neneknya) yang artinya bocah kecil. Karena jadi yang paling muda, Vic diperlakukan istimewa oleh personel yang lain. Hebat ya F4 maknae-nya diperlakukan istimewa, untung Vic bukan maknae-nya SHINee atau Big Bang.

Kemampuan vokal Vic enggak usah diragukan lagi, banyak banget lagu solonya baik di album F4 maupun nyanyi soundtrack buat film yang dia bintangi. Generasi yang nonton Meteor Garden 2 tau ya kalo dia cinlok sama Barbie Hsu dan pacaran bertahun-tahun tapi kandas di tengah jalan. Barbie Hsu menikah dengan lelaki lain :O *puk-puk Chai Chai* Vic pernah bermain drama ‘Mars’ bersama Barbie Hsu waktu masih pacaran. Pernah juga beradu akting dengan aktris cantik Taiwan, Vivian Hsu, di drama ‘Love Storm’.
Barbie Hsu dan suaminya (kiri), duuuh anaknya tante cungetz kayak ibunya gitu imut-imut ngeselin pingin cubit >.< EYESMILE-NYA GEMESH (cr: as tagged)

Pada sadar enggak sih kalau Vic Chou ini mirip sama biksu Tong Sam Chong-nya Sun Go Kong? Jangan-jangan mereka ponakan sama om lagi.
-__________-
Mirip kan?? Saya bilang juga apa lol (cr: owner, I just combine these two pictures)

Kemarin sempat kepo-kepo Barbie Hsu juga, kali aja dia punya instagram. Eh ternyata punya beneran! Lumayan update lho tante cantik dan imut ini, boleh lah kalo ada yang mau follow~ Postingan Barbie Hsu enggak hanya tentang kegiatannya sehari-hari aja tapi kadang throwback Meteor Garden juga. Duuuh tante sayang banget sama fans-nya ih sukak deh. Nih ada beberapa postingan menarik yang saya capture:

Iseng lihat siapa yang di-follow:
OHH KEN ZHU PUNYA INSTAGRAM yatapi jarang diurus -___-
Vanness udah ganti ID, enggak alay lagi cem ni: _____v_____ Eh itu yang bawah sendiri kayak kenal *salah fokus*

P.S. Waktu kepo akun instagram Barbie Hsu ini, televisi di kantor kan nyala. Buset ada Raisa nyanyi Terjebak Nostalgia, berasa disontrekin sama Raisa.

Ada temen saya yang enggak suka banget waktu saya bahas-bahas F4, padahal mah umur kita sama. Tuaan dia beberapa bulan malah. Katanya Jerry itu mukanya gini gini gini, gaya mereka enggak banget gini gini gini. Pft ngurusin selera orang. Say goodbye aja sama orang yang kayak begitu *malah ghibah*

Selamat bernostalgia!

P.S. (lagi) EXO kemarin enggak comeback-comeback saya caci maki saya tunggu-tunggu, giliran EXO comeback beneran rilis teaser eh saya malah ga minat bahas malah bahas F4 kaya gini, njir :')

1 comment:

  1. Everyone would wish life was in good condition. But unfortunately, some of the world's public figures did not die in a state as expected.
    suksestoto

    ReplyDelete