February 5, 2018

Keracunan Day6?

cr: Jae_Day6

Akhir-akhir ini saya lagi kepo sama Day6, sebuah band anak muda Korea Selatan. Mereka ini band ya bukan boyband. Setelah bertahun-tahun hanya CNBLUE yang berhasil menarik perhatian saya, sekarang nambah Day6. Mereka ini bukan dari agensi spesialis band FNC, tapi dari JYP.

Tahun lalu sudah pernah dengar nama Day6 yang katanya comeback tiap bulan. Saya tanya ke dua teman yang ngikutin duluan, Day6 bagus apa nggak. Jawaban mereka nggak pernah menjawab pertanyaan saya. 😅

Terus pas Desember 2017 sodara saya ngasih tau kalau Day6 bagus. Dia tau dari teman kerjanya. Sodara saya bilang Day6 mirip CNBLUE padahal dia nggak pernah dengerin CNBLUE secara serius sebelumnya. 😂😂😂 Sodara saya juga bilang kalau anak-anak Day6 ini paling tua kelahiran 1992, paling muda 1995. Mereka juga nggak segan ngomong bahasa Inggris. WOW!

Download semua MV Day6, After School Club (ASC) yang guestnya Day6, dan video Unhelpful Guide to Day6. Band ini kan cuma 5 orang ya, berasa ringan banget karena sebelumnya ngafalin 13 orang. 😂


Member
Member yang paling tua dan paling tinggi namanya Jae, gitaris dan vokalis. Dia lahir di Argentina dan besar di Amerika Serikat. Kebiasaan dengerin Vernon sama Joshua yang kalau ngomong bahasa Inggris santai dan bersahaja, dengerin Jae ngomong saya gegar budaya (?) karena ngomongnya cepet banget kayak anak gaul Amrik. Dia mengklaim dirinya mirip Chicken Little. DAN KALAU DILIHAT-LIHAT MEMANG MIRIP! WHYYY!

Meskipun paling tua Jae bukan leader Day6, leader-nya Sungjin. Kelahiran Januari 1993. Selain leader dia juga vokalis utama dan gitaris. Suaranya ngerock abis jadi ngingetin saya ke Yonghwa, apalagi Sungjin juga sama-sama dari Busan. Logat Busannya kentara banget ya dia. Kirain Sungjin ini pendiam soalnya di MV dia selalu jadi pihak yang tersakiti, cintanya bertepuk sebelah tangan. 😂 Btw waktu lihat video 'Unhelpful Guide to Day6', salah satu foto Sungjin kok mirip mantan saya lol. NGGAK YA MAAFIN INI HALU. Kalau mirip ya saya nggak mau diputusin. #skip

A post shared by DAY6 (@day6kilogram) on



Sungjin ini katanya suka ngebully maknae line, Wonpil dan Dowoon. Tapi saya mau bahas Dowoon dulu yang paling muda. First impression waktu nonton Dowoon di ASC: KOK MIRIP SEHUN??? 😂 Dia ini drummer btw, suaranya gede, dan nggak nyanyi. Dia nggak ragu untuk ngomong bahasa Inggris kalau situasi sedang mengharuskan dia untuk berbahasa asing. Kata hyung-hyungnya dia ini mood maker-nya Day6. Awalnya saya ragu, masa sih?? HAHAHAHA. Ternyata iya dia ini tingkahnya lawak. Terus yang lucu itu dia selalu bilang ngerasa sedikit kaget dengan hidupnya karena dulunya orang biasa kemudian mendadak jadi selebritis. 😂 Masa trainee-nya paling singkat dibanding member-member lain.

A post shared by DAY6 (@day6kilogram) on



Kalau Dowoon masih bisa melawan pas dibully hyung-hyungnya, Wonpil nggak bisa. 😂😂😂 Pasrah aja dia. 😂😂😂 Dulu pas sekadar stalking instagram Day6, Wonpil ini member yang eye catching buat saya soalnya ganteng banget ala model. Campuran Hong Jonghyun dan Kim Woobin. Pas lihat videonya...astagaaaaa Byun Baekhyun abis kelakuannya WKWKWKWKWK. Baekhyun versi polos tapi. Sekarang kalau dengar suaranya aja saya udah ketawa kebayang tingkah lakunya. 😂 Oiya Wonpil ini keyboardist dan vokalis.

A post shared by DAY6 (@day6kilogram) on



Kaki keyboard Wonpil pernah njeglek(?) ke bawah pas Day6 perform live. 😂😂😂😂😂 Dan member di sebelahnya nggak sadar sama musibah yang menimpa Wonpil wkwkwkwk. Siapa dia? Young K. Duh Young K ini tuh paket komplit: nyanyi bisa, ngerap bisa, ngedance bisa, main bass bisa, main gitar bisa, beatboxing bisa, niruin suara trompet pakai mulut bisa, akting bisa, ganteng terus nggak capek-capek bisa, huhuhu. Satu yang dia nggak bisa: jadi milikku. Badannya tinggi pula, jago bahasa Inggris (anak Toronto punya), pandai matematika, dan rajin kuliah. Menurut saya wajah Young K mirip Jung Ilwoo, beda di rahang aja. Terus ternyata jauh sebelum saya terperosok ke jurang Day6, saya udah pernah nonton video Young K perform dua kali! Yang pertama waktu dia masih jadi trainee JYP. Ingat WIN nggak?? Nah di salah satu episode WIN yang YG vs JYP, disitu ada Young K ngerap sama nyanyi. Kemudian yang kedua di webdrama 'Touching You', dia jadi cameo di episode 11.
A post shared by DAY6 (@day6kilogram) on




Nyanyi Lagu Grup Lain
Day6 pernah nyanyi lagunya CNBLUE yang judulnya 'I'm A Loner' waktu K-Con 2017.

Gimana Day6 mirip CNBLUE nggak?

Kalau menurut saya, mereka sama-sama rock band tapi masih lebih ngerock CNBLUE. Day6 masih ada cute-cutenya dikit. Yah istilahnya CNBLUE sama Day6 itu kayak Zach sama adiknya di 'Jurassic World' hahahaha. *band dibandingin sama film* *maunya apa*

Mereka pernah nyanyi lagu-lagunya Twice juga macam 'TT', 'Signal', 'Knock-Knock', dan 'Ooh Ahh'. Jadi lebih bagus. Setelah nonton Day6 nyanyi 'Ooh Ahh' saya baru sadar kalau ternyata lagu itu nadanya tinggi.

Saya udah lama nggak ngikutin penyanyi-penyanyi Korea nyanyi lagu barat, terus dikasih tau teman kalau Day6 sering banget nyanyi lagu-lagu berbahasa Inggris. Download semua dong HAHAHA. Ada yang kocak pas Sungjin sama Wonpil nyanyi 'All of Me', Sungjin off beat satu kata sedangkan Wonpil vocal crack pas reff. 😂 Paling bikin garuk-garuk aspal (saking bagusnya buat saya) yang Young K nyanyi 'Lost Stars'.



MV Review
Lagu-lagu Day6 yang ada MV-nya banyak yang bagus. Kasih review singkat sekalian deh ya disini hehehe. Eh sebelumnya saya mau cerita dulu, nggak penting sih tapi gapapa biar saya ingat terus hahaha (blog ini sesungguhnya digunakan untuk menyimpan memori sang pemilik).

Jadi dulu itu pas udah download semua MV Day6, saya nontonnya acak. Dan itu bikin bingung soalnya beberapa MV ternyata harus urut nontonnya karena ada alur ceritanya.

1. Congratulation

Ini adalah MV debut Day6. Band ini awalnya punya 6 member. Mantan member ini pegang keyboard (sekarang Wonpil yang main keyboard, dulu Wonpil pegang synthesizer), suaranya bagus, halus gitu, stabil, dan bisa mencapai nada tinggi dengan santai. Dia kontraknya diputus sama JYP karena pacaran sama fans. Chat pribadi mereka tersebar ke publik. Saya baca di netizenbuzz (lol) katanya si cewek yang nyebarin. Dulu member Day6 semuanya punya akun instagram sendiri-sendiri tapi sejak peristiwa itu mereka menghapus akun pribadi masing-masing dan sekarang hanya punya akun resmi satu.

Selama ini JYP kayak nggak ngelarang artisnya pacaran ya, wong nikah aja diijinin ya kan. Mungkin mantan member Day6 itu menurut tim JYP belum apa-apa kok udah begitu, gitu mungkin. Akhirnya daripada image grup yang masih baru banget itu "rusak", dia ditendang aja. Wallahu a'lam.

Back to MV. Visualisasinya gabungan dari anak-anak Day6 nyanyi, scene cowok yang nggak sengaja ketemu mantan di kereta (mantan ini udah punya pacar baru), dan kenangan masa lalu mereka. Lirik lagu 'Congratulation' ini tentang ngasih selamat ke mantan yang udah punya pacar baru tapi ngasih selamatnya nggak ikhlas, agak-agak nyindir ceweknya juga sih. Cowoknya belum move on. Agak wow gitu pas tau lagu patah hati gini jadi lagu debut hahaha. Soalnya kan selama ini grup-grup yang saya suka lagu debutnya lagu senang-senang. *kemudian ingat kalau lagu debut CNBLUE juga lagu yang nggak bahagia*

Model cowoknya dulu saya kira Dowoon tapi kok ganteng. 😅 Ternyata dia adalah Choi Woo Shik, aktor imut yang pernah main drama 'Rooftop Prince' dan 'The Package'. Pantes kok familiar. Ceweknya namanya Jang Heeryeong, saya baru lihat dia di MV ini. Mbaknya cantik, cantik yang nggak ngeselin. Seandainya dia suatu hari jadi model MV Seventeen gitu saya rela. 😂
2. Letting Go

MV yang dirilis pasca Im Junhyeok hengkang. Banyak yang bilang lagu ini untuk melepaskan kepergiannya dari grup. Lagunya sedih tapi nggak yang cengeng. Emmm...sedihnya cowok yang menegar-negarkan diri gitu lho hahaha penjelasannya nggak nolong ya. Ya pokoknya gitu deh.

MV-nya full member Day6 dikelilingi alat-alat musik. Banyak gitar (atau bass?) yang rusak patah berserakan (JYP kaya raya). Background-nya polos minimalis. Ruangannya ada yang terang, ada yang remang-remang biru-hitam.

Salah satu baju Sungjin yang biru motif awan-awan putih, ngingetin saya ke bajunya Baekhyun yang ngerap lawak pas 'EXO's Show Time' dulu. Terus katanya Tuyeol Botak, Young K disini lama-lama mirip Charly van Houten. 😂😂 wth. Bener juga sih, Young K kalau rambutnya lagi model belahan tengah gitu jangan pakai anting panjang dua kanan kiri plis. 😂


3. I Wait

Lagu ini lebih ngerock dan lebih berisik dibanding lagu-lagu lainnya. MV 'I Wait' dibuat dengan budget yang (kelihatannya) nggak terlalu banyak. Membernya akting dan main musik dengan latar belakang green screen. Urusan lebih lanjut serahkan pada staf DKV. Tebakan saya sih gitu pas nonton MV ini, cmiiw.

Ohiya sepengamatan saya, Dowoon ikut nyumbang suara dikiiiiiiiit di lagu ini. Di 'Letting Go' dia juga berpartisipasi juga.


4. You Were Beautiful
AKU JATUH CINTA DENGAN LAGU DAN MV INI!

'You Were Beautiful' adalah kelanjutan dari 'Congratulation'. Bedanya kalau di 'Congratulation' MV-nya dari sudut pandang si cowok, di 'You Were Beautiful' ini MV-nya dari sudut pandang si cewek. Cewek ini lembur sampai hampir tengah malam. Sebuah email muncul di tengah-tengah kegiatannya menyesap kopi usai menyelesaikan pekerjaan. Email itu dari mantannya yang berisi video-video indah mereka saat masih pacaran. Videonya bagus, efeknya ala-ala gudak cam. Cewek itu menikmati setiap detik video kiriman mantan kekasihnya itu. Di akhir MV dia nangis dan ingat lagi saat-saat mutusin mantan cowoknya dulu.

Lagunya sendiri sih kalau buat saya kesannya tetap dari cowok untuk mantan ceweknya itu. Semacam backsound untuk video yang dia kirimkan. Dan suara Wonpil sangat sesuai banget untuk 'You Were Beautiful'. Mendayu-dayu dan menyayat hati.

Mongomong selain wajahnya cantik, rambut mbak modelnya juga bagus.


5. How Can I Say

Sebelas duabelas sama 'I Wait'. 'How Can I Say' lebih ngerock dan lebih berisik dibanding lagu-lagu lainnya. MV-nya juga dibuat dengan budget yang (kelihatannya) nggak terlalu banyak. Membernya main musik dengan latar belakang green screen, untuk urusan lebih lanjut serahkan pada staf DKV. Malah pendapat saya, biaya untuk bikin MV 'I Wait' lebih mahal.

Meskipun begitu, beneran ya suara anak-anak Day6 ini nggak ada yang jelek. Cerdas banget JYP mendebutkan mereka sebagai band bukan boyband.


6. I'm Serious
AKU JATUH CINTA DENGAN LAGU DAN MV INI! (2) *ctrl C ctrl V 100x*

Akhirnya setelah lima MV dengan nuansa sedih dan patah hati, Day6 punya lagu bermelodi bahagia juga. Mereka syuting di pantai. Kurang tau nama pantainya apa, nanti deh googling kalau sudah nemu saya update disini. Nama pantainya Geumjin di daerah Gangneung, lokasi tepatnya di Shimgok port. Pertama kali lihat MV ini langsung keinget MV One Direction 'What Makes You Beautiful'. Efek MV-nya sama kayak di 'You Were Beautiful', ala-ala gudak cam.

Mereka berlima becanda-becanda, main instrumen musik, lari-lari, dan ngebully Wonpil di pinggir pantai. 😂😂 Beneran sih nih anak kalau dibully nurut aja. 😂 Btw pembagian syut antar member adil loh meskipun Dowoon nggak ikut nyanyi, dia dikasih jatah scene bermain dengan anjing. DAN YOUNG K GANTENG BANGET DI MV INI. 😭😭 Potongan rambutnya pas, jadi meskipun pakai anting dua nggak terkesan kayak Charly HAHAHAHAHA. Malah mirip banget sama Jung Ilwoo huhuhu tipikal wajah aktor mahal. Matanya juga bagus banget huhuhu.


7. Dance Dance

Lagu bahagia lagi dari Day6. Kalau 'I'm Serious' MV-nya yang bikin saya ingat One Direction, kalau 'Dance Dance' lagunya yang ngingetin saya ke One Direction.

MV-nya hitam putih dengan latar tempat studio rekaman. Selain main musik dan bernyanyi dengan baik dan benar, mereka berlima juga joget-joget nggak jelas kesana kemari. Akting kacau dan menggila sesuka hati, terus tukeran instrumen. Ada scene mereka nulis-nulis juga, mungkin nulis lirik lagu. Tapi bisa juga nulis thanks to untuk di album.

Sungjin sama Dowoon makin ganteng di MV ini (tapi gaya dance Sungjin tetep kebapak-bapakan wkwkwk). Semua member poninya nutup jidat jadi lucu semua. :3


8. I Smile

Debut Sungjin sebagai pemeran utama MV dimulai. Ceritanya dia dan member lain jadi guest star di salah satu pesta. Eh ternyata pas mau nyanyi Sungjin sadar ada mantannya di depan mata lagi ngobrol sama cowok. Pas Sungjin nyanyi si cewek mengenali suaranya dan pandangan mereka bertemu.

Scene-nya nggak melulu di pesta sih ada juga yang di padang rumput berbunga dan gudang terbengkalai tapi estetik di sampingnya. Si cewek juga ikutan jalan-jalan disitu. Model cewek yang disini cantik, imut, dan kalem banget. Btw detik pertama MV ini kok ada cewek mirip Seohyun. Seohyun beneran bukan yang ngelihat jam tangan itu?

Lagunya sendiri bercerita tentang seseorang yang walaupun patah hati dia akan tetap tersenyum dalam keadaan apapun. Habis dua MV berlagu bahagia, mereka balik patah hati lagi. 😂 Beberapa fans akhirnya ngasih julukan 'Pitiful6' ke Day6 saking seringnya ngerilis lagu sedih wkwkwk.


9. Hi Hello


Lagu bertempo(?) lambat. Tenang aja bukan lagu patah hati kok. Menurut saya lagu ini bisa untuk lagu cinta-cintaa maupun persahatan. Tapi kalau sama nonton MV-nya, lagu ini lebih pas ke tema persahabatan.

Sungjin nyetir mobil lagi di 'Hi Hello' (di 'I'm Serious' dia juga nyetir). Dia nyetir di jalan country side. Kanan kirinya sawah-sawah yang baru habis dibajak dan belum ada tanamannya. Mobilnya pick-up dan Dowoon tidur di atas baknya. Ceritanya kelima member Day6 nggak kenal satu sama lain. Satu per satu gabung naik ke mobil Sungjin.

Nah pas ketemu Young K di jalan, dia diajak naik sama yang lain. Nggak mau. Terus tiba-tiba mobilnya mogok, Young K bantuin Sungjin benerin. Habis mobilnya bisa jalan lagi, Young K tetep menolak gabung. Beberapa detik kemudian dia sadar atas kebodohannya. Hari sudah hampir maghrib dan jalanan sepi nggak ada mobil lain. Untung Sungjin belum jauh, jadi masih bisa terkejar. Btw Young K di MV ini mirip Kevin Woo.

Mereka berlima akhirnya sudah ada di mobil Sungjin. Tertawa bersama menatap jalanan lurus di depan. Filosofis ya.


10. What Can I Do


MV ini bagus dari sisi jalan cerita. Semua member akting dan punya peran yang sama, member satu nggak lebih utama dari member lain. Sip kan kan kan?? Nggak kayak CNBLUE yang terlalu fokus ke Yonghwa. *mulaaaaai*

Dowoon ceritanya jadi cowok populer di sekolah. Dikejar-kejar banyak cewek tapi dia nggak tertarik sedikit pun.

Jae jadi tipikal siswa yang punya banyak teman cewek. Tapi dia nggak letoy. Teman saya ada yang kayak Jae gitu, enak banget diajak curhat hahaha.

Sungjin jadi cowok yang naksir teman dekat Jae. Cewek yang disukai Sungjin ini kadang-kadang kalau ketawa mirip Minah Girl's Day.

Young K jadi murid slengean ganteng tapi nggak disukai sama banyak teman cewek sekelasnya hahaha. Soalnya galaknya nggak mengenal gender. Peran yang biasa dipegang Kim Woobin di drama-drama sekolahan.

Wonpil jadi sahabat Sungjin yang ngerti kalau Sungjin suka sama cewek yang mirip Minah. Di saat yang sama Wonpil juga kuatir sama Sungjin soalnya dia tau kalau cinta Sungjin bertepuk sebelah tangan. Cewek itu sukanya ke Young K wkwkwkwk such a twist.


11. I Loved You


MV 'I Loved You' merupakan episode kedua dari drama si MV 'What Can I Do'. Lagunya sudah mengarah ke hawa-hawa mau akan patah hati. *kalimat tidak efektif*

Masing-masing member lebih tereksplor perannya. Dowoon meskipun suka tidur pas pelajaran, ternyata dia pandai. Young K tetap cuek dan tegaan sama cewek, tapi dia care sama Dowoon lol. Jae ternyata naksir mbak-mbak pegawai kafe, anak Amrik emang beda. Wonpil masih tetap kuatir sama nasib hati Sungjin. Nah Sungjin sendiri malah nembak cewek mirip Minah yang dia sukai di MV ini. Tapi jawaban si cewek ditaruh di MV selanjutnya. Pinter emang JYP.



12. When You Love Someone


Fix Sungjin patah hati di MV 'When You Love Someone'. Dia ditolak cewek yang dia suka. Beberapa hari kemudian makin remuk hatinya soalnya cewek itu berduaan sama Young K di ayunan di sebuah taman. *puk puk bapak leader*

Young K kok ramah sama cewek?

Ceritanya dia lagi kerja paruh waktu di minimarket. Bosen mungkin ya dia karena nggak ada pembeli jadinya main game. Nah cewek itu masuk mau beli sesuatu tapi Young K cuma ngelirik aja sambil tetep main game. Yang punya minimarket datang dan Young K dimarahin terus kayaknya dituduh ngambil uang di laci kasir solanya pas dihitung uangnya kayaknya kurang banyak. Si cewek itu belain Young K kemudian dia marah sambil narik Young K keluar karena kemungkinan si pemilik minimarket nggak percaya sama penjelasan mbaknya. Akhirnya mereka ngobrol deh di taman. Young K lalu sadar kalau cewek yang selama ini dia cuekin ternyata cute.

Sungjin sendiri kayak yang "yaudah dia sukanya sama Young K aku sama Wonpil aja"...............HAHAHAHAHAHA NGGAK YHAAA BERCANDA!!! Mereka berdua normal koook. Awalnya saya mikir Wonpil suka Sungjin tapi setelah nonton behind the scene MV making-nya saya paham kalau Wonpil ini semacam guardian angel-nya Sungjin.

Sementara Jae masih tetap suka mbak pegawai kafe, dia senyum-senyum sendiri kalau mengingat-ingat senyum mbak pegawai kafe itu. Dowoon.....bener tebakan saya dia ini anak orang kaya yang kesepian.

Makin kesini kok makin cuma bahas alur cerita MV ya. Musik sama lirik nggak dibahas. 😅



13. All Alone


'All Alone' adalah lagu akustik yang MV-nya merupakan penutup dari tiga MV sebelumnya. Flashback kejadian di MV 'What Can I Do', 'I Loved You', dan 'When You Love Someone' berselang-seling ditampilkan.

Day6 nggak gaya-gaya di MV ini, cuma duduk aja sambil nyanyi-nyanyi dan main alat musik akustik. Lagunya cocok buat pengantar tidur.



14. I Like You
(Videonya di-embed kok nggak bisa hih, yaudah klik disini aja kalau mau tau MV-nya)

'I Like You' adalah MV terakhir Day6 di tahun 2017. Setelah sekian lama nggak menggunakan model couple, akhirnya di MV ini ada lagi. Saya nggak tau model cowok-cewek disini siapa, kayaknya yang cowok ini terkenal soalnya wajahnya kayak familiar gitu. Kalian tau nggak nama model cowok di MV 'I Like You' ini siapa? Kasih tau dong.

Mereka cara nyanyinya nyeret-nyeret gitu, tapi bagus pakai nada tinggi. Yang saya agak nggak sreg adalah ending lagunya yang musiknya nggak berhenti. Main terus tapi suaranya makin pelan makin pelan makin pelan sampai durasinya selesai.

Di akhir MV ada tulisan 'the show must go on'. Mari kita nantikan akan melakukan apa Day6 tahun ini! Yang jelas sih katanya mereka nggak merilis MV tiap bulan lagi. Mau agak istirahat katanya. 😂 Baiklah...



Eh.....sekarang tanggal 5 ya? Wah nggak sabar nunggu jam 4 sore. MV GOMAPTA-NYA SEVENTEEN MAU RILIS!! OMG OMG!!

*

No comments:

Post a Comment