February 5, 2018

Keracunan Day6?


[UPDATE 210919] Hi Hello! I officially like DAY6! Lol it's an important information. xD

[UPDATE 231019] Daftar link variety show DAY6 bisa diklik di sini

Akhir-akhir ini saya lagi kepo sama Day6, sebuah band anak muda Korea Selatan. Mereka ini band ya bukan boyband. Setelah bertahun-tahun hanya CNBLUE yang berhasil menarik perhatian saya, sekarang nambah Day6. Mereka ini bukan dari agensi spesialis band FNC, tapi dari JYP.

Tahun lalu sudah pernah dengar nama Day6 yang katanya comeback tiap bulan. Saya tanya ke dua teman yang ngikutin duluan, Day6 bagus apa nggak. Jawaban mereka nggak pernah menjawab pertanyaan saya. 😅

Terus pas Desember 2017 sodara saya ngasih tau kalau Day6 bagus. Dia tau dari teman kerjanya. Sodara saya bilang Day6 mirip CNBLUE padahal dia nggak pernah dengerin CNBLUE secara serius sebelumnya. 😂😂😂 Sodara saya juga bilang kalau anak-anak Day6 ini paling tua kelahiran 1992, paling muda 1995. Mereka juga nggak segan ngomong bahasa Inggris. WOW!

Download semua MV Day6, After School Club (ASC) yang guestnya Day6, dan video Unhelpful Guide to Day6. Band ini kan cuma 5 orang ya, berasa ringan banget karena sebelumnya ngafalin 13 orang. 😂


Member
Member yang paling tua dan paling tinggi namanya Jae, gitaris dan vokalis. Dia lahir di Argentina dan besar di Amerika Serikat. Kebiasaan dengerin Vernon sama Joshua yang kalau ngomong bahasa Inggris santai dan bersahaja, dengerin Jae ngomong saya gegar budaya (?) karena ngomongnya cepet banget kayak anak gaul Amrik. Dia mengklaim dirinya mirip Chicken Little. DAN KALAU DILIHAT-LIHAT MEMANG MIRIP! WHYYY!

Meskipun paling tua Jae bukan leader Day6, leader-nya Sungjin. Kelahiran Januari 1993. Selain leader dia juga vokalis utama dan gitaris. Suaranya ngerock abis jadi ngingetin saya ke Yonghwa, apalagi Sungjin juga sama-sama dari Busan. Logat Busannya kentara banget ya dia. Kirain Sungjin ini pendiam soalnya di MV dia selalu jadi pihak yang tersakiti, cintanya bertepuk sebelah tangan. 😂 Btw waktu lihat video 'Unhelpful Guide to Day6', salah satu foto Sungjin kok mirip mantan saya lol. NGGAK YA MAAFIN INI HALU. Kalau mirip ya saya nggak mau diputusin. #skip

A post shared by DAY6 (@day6kilogram) on



Sungjin ini katanya suka ngebully maknae line, Wonpil dan Dowoon. Tapi saya mau bahas Dowoon dulu yang paling muda. First impression waktu nonton Dowoon di ASC: KOK MIRIP SEHUN??? 😂 Dia ini drummer btw, suaranya gede, dan nggak nyanyi. Dia nggak ragu untuk ngomong bahasa Inggris kalau situasi sedang mengharuskan dia untuk berbahasa asing. Kata hyung-hyungnya dia ini mood maker-nya Day6. Awalnya saya ragu, masa sih?? HAHAHAHA. Ternyata iya dia ini tingkahnya lawak. Terus yang lucu itu dia selalu bilang ngerasa sedikit kaget dengan hidupnya karena dulunya orang biasa kemudian mendadak jadi selebritis. 😂 Masa trainee-nya paling singkat dibanding member-member lain.

A post shared by DAY6 (@day6kilogram) on



Kalau Dowoon masih bisa melawan pas dibully hyung-hyungnya, Wonpil nggak bisa. 😂😂😂 Pasrah aja dia. 😂😂😂 Dulu pas sekadar stalking instagram Day6, Wonpil ini member yang eye catching buat saya soalnya ganteng banget ala model. Campuran Hong Jonghyun dan Kim Woobin. Pas lihat videonya...astagaaaaa Byun Baekhyun abis kelakuannya WKWKWKWKWK. Baekhyun versi polos tapi. Sekarang kalau dengar suaranya aja saya udah ketawa kebayang tingkah lakunya. 😂 Oiya Wonpil ini keyboardist dan vokalis.

A post shared by DAY6 (@day6kilogram) on



Kaki keyboard Wonpil pernah njeglek(?) ke bawah pas Day6 perform live. 😂😂😂😂😂 Dan member di sebelahnya nggak sadar sama musibah yang menimpa Wonpil wkwkwkwk. Siapa dia? Young K. Duh Young K ini tuh paket komplit: nyanyi bisa, ngerap bisa, ngedance bisa, main bass bisa, main gitar bisa, beatboxing bisa, niruin suara trompet pakai mulut bisa, akting bisa, ganteng terus nggak capek-capek bisa, huhuhu. Satu yang dia nggak bisa: jadi milikku. Badannya tinggi pula, jago bahasa Inggris (anak Toronto punya), pandai matematika, dan rajin kuliah.

[Baca juga: 30 Days Young K Challenge; 'Color Your Bias' Challenge (Young K Ver.)]

Menurut saya wajah Young K mirip Jung Ilwoo, beda di rahang aja. Terus ternyata jauh sebelum saya terperosok ke jurang Day6, saya udah pernah nonton video Young K perform dua kali! Yang pertama waktu dia masih jadi trainee JYP. Ingat WIN nggak?? Nah di salah satu episode WIN yang YG vs JYP, disitu ada Young K ngerap sama nyanyi. Kemudian yang kedua di webdrama 'Touching You', dia jadi cameo di episode 11.
A post shared by DAY6 (@day6kilogram) on




Nyanyi Lagu Grup Lain
Day6 pernah nyanyi lagunya CNBLUE yang judulnya 'I'm A Loner' waktu K-Con 2017.

Gimana Day6 mirip CNBLUE nggak?

Kalau menurut saya, mereka sama-sama rock band tapi masih lebih ngerock CNBLUE. Day6 masih ada cute-cutenya dikit. Yah istilahnya CNBLUE sama Day6 itu kayak Zach sama adiknya di 'Jurassic World' hahahaha. *band dibandingin sama film* *maunya apa*

Mereka pernah nyanyi lagu-lagunya Twice juga macam 'TT', 'Signal', 'Knock-Knock', dan 'Ooh Ahh'. Jadi lebih bagus. Setelah nonton Day6 nyanyi 'Ooh Ahh' saya baru sadar kalau ternyata lagu itu nadanya tinggi.

Saya udah lama nggak ngikutin penyanyi-penyanyi Korea nyanyi lagu barat, terus dikasih tau teman kalau Day6 sering banget nyanyi lagu-lagu berbahasa Inggris. Download semua dong HAHAHA. Ada yang kocak pas Sungjin sama Wonpil nyanyi 'All of Me', Sungjin off beat satu kata sedangkan Wonpil vocal crack pas reff. 😂 Paling bikin garuk-garuk aspal (saking bagusnya buat saya) yang Young K nyanyi 'Lost Stars'.



MV Review
Lagu-lagu Day6 yang ada MV-nya banyak yang bagus. Kasih review singkat sekalian deh ya disini hehehe. Eh sebelumnya saya mau cerita dulu, nggak penting sih tapi gapapa biar saya ingat terus hahaha (blog ini sesungguhnya digunakan untuk menyimpan memori sang pemilik).

Jadi dulu itu pas udah download semua MV Day6, saya nontonnya acak. Dan itu bikin bingung soalnya beberapa MV ternyata harus urut nontonnya karena ada alur ceritanya.

1. Congratulations

Ini adalah MV debut Day6. Band ini awalnya punya 6 member. Mantan member ini pegang keyboard (sekarang Wonpil yang main keyboard, dulu Wonpil pegang synthesizer), suaranya bagus, halus gitu, stabil, dan bisa mencapai nada tinggi dengan santai. Dia kontraknya diputus sama JYP karena pacaran sama fans. Chat pribadi mereka tersebar ke publik. Saya baca di netizenbuzz (lol) katanya si cewek yang nyebarin. Dulu member Day6 semuanya punya akun instagram sendiri-sendiri tapi sejak peristiwa itu mereka menghapus akun pribadi masing-masing dan sekarang hanya punya akun resmi satu.

Selama ini JYP kayak nggak ngelarang artisnya pacaran ya, wong nikah aja diijinin ya kan. Mungkin mantan member Day6 itu menurut tim JYP belum apa-apa kok udah begitu, gitu mungkin. Akhirnya daripada image grup yang masih baru banget itu "rusak", dia ditendang aja. Wallahu a'lam.

Back to MV. Visualisasinya gabungan dari anak-anak Day6 nyanyi, scene cowok yang nggak sengaja ketemu mantan di kereta (mantan ini udah punya pacar baru), dan kenangan masa lalu mereka. Lirik lagu 'Congratulations' ini tentang ngasih selamat ke mantan yang udah punya pacar baru tapi ngasih selamatnya nggak ikhlas, agak-agak nyindir ceweknya juga sih. Cowoknya belum move on. Agak wow gitu pas tau lagu patah hati gini jadi lagu debut hahaha. Soalnya kan selama ini grup-grup yang saya suka lagu debutnya lagu senang-senang. *kemudian ingat kalau lagu debut CNBLUE juga lagu yang nggak bahagia*

Model cowoknya dulu saya kira Dowoon tapi kok ganteng. 😅 Ternyata dia adalah Choi Woo Shik, aktor imut yang pernah main drama 'Rooftop Prince' dan 'The Package'. Pantes kok familiar. Ceweknya namanya Jang Heeryeong, saya baru lihat dia di MV ini. Mbaknya cantik, cantik yang nggak ngeselin. Seandainya dia suatu hari jadi model MV Seventeen gitu saya rela. 😂
2. Letting Go

MV yang dirilis pasca Im Junhyeok hengkang. Banyak yang bilang lagu ini untuk melepaskan kepergiannya dari grup. Lagunya sedih tapi nggak yang cengeng. Emmm...sedihnya cowok yang menegar-negarkan diri gitu lho hahaha penjelasannya nggak nolong ya. Ya pokoknya gitu deh.

MV-nya full member Day6 dikelilingi alat-alat musik. Banyak gitar (atau bass?) yang rusak patah berserakan (JYP kaya raya). Background-nya polos minimalis. Ruangannya ada yang terang, ada yang remang-remang biru-hitam.

Salah satu baju Sungjin yang biru motif awan-awan putih, ngingetin saya ke bajunya Baekhyun yang ngerap lawak pas 'EXO's Show Time' dulu. Terus katanya Tuyeol Botak, Young K disini lama-lama mirip Charly van Houten. 😂😂 wth. Bener juga sih, Young K kalau rambutnya lagi model belahan tengah gitu jangan pakai anting panjang dua kanan kiri plis. 😂


3. I Wait

Lagu ini lebih ngerock dan lebih berisik dibanding lagu-lagu lainnya. MV 'I Wait' dibuat dengan budget yang (kelihatannya) nggak terlalu banyak. Membernya akting dan main musik dengan latar belakang green screen. Urusan lebih lanjut serahkan pada staf DKV. Tebakan saya sih gitu pas nonton MV ini, cmiiw.

Ohiya sepengamatan saya, Dowoon ikut nyumbang suara dikiiiiiiiit di lagu ini. Di 'Letting Go' dia juga berpartisipasi juga.


4. You Were Beautiful
AKU JATUH CINTA DENGAN LAGU DAN MV INI!

'You Were Beautiful' adalah kelanjutan dari 'Congratulations'. Bedanya kalau di 'Congratulations' MV-nya dari sudut pandang si cowok, di 'You Were Beautiful' ini MV-nya dari sudut pandang si cewek. Cewek ini lembur sampai hampir tengah malam. Sebuah email muncul di tengah-tengah kegiatannya menyesap kopi usai menyelesaikan pekerjaan. Email itu dari mantannya yang berisi video-video indah mereka saat masih pacaran. Videonya bagus, efeknya ala-ala gudak cam. Cewek itu menikmati setiap detik video kiriman mantan kekasihnya itu. Di akhir MV dia nangis dan ingat lagi saat-saat mutusin mantan cowoknya dulu.

Lagunya sendiri sih kalau buat saya kesannya tetap dari cowok untuk mantan ceweknya itu. Semacam backsound untuk video yang dia kirimkan. Dan suara Wonpil sangat sesuai banget untuk 'You Were Beautiful'. Mendayu-dayu dan menyayat hati.

Mongomong selain wajahnya cantik, rambut mbak modelnya juga bagus.


5. How Can I Say

Sebelas duabelas sama 'I Wait'. 'How Can I Say' lebih ngerock dan lebih berisik dibanding lagu-lagu lainnya. MV-nya juga dibuat dengan budget yang (kelihatannya) nggak terlalu banyak. Membernya main musik dengan latar belakang green screen, untuk urusan lebih lanjut serahkan pada staf DKV. Malah pendapat saya, biaya untuk bikin MV 'I Wait' lebih mahal.

Meskipun begitu, beneran ya suara anak-anak Day6 ini nggak ada yang jelek. Cerdas banget JYP mendebutkan mereka sebagai band bukan boyband.


6. I'm Serious
AKU JATUH CINTA DENGAN LAGU DAN MV INI! (2) *ctrl C ctrl V 100x*

Akhirnya setelah lima MV dengan nuansa sedih dan patah hati, Day6 punya lagu bermelodi bahagia juga. Mereka syuting di pantai. Kurang tau nama pantainya apa, nanti deh googling kalau sudah nemu saya update disini. Nama pantainya Geumjin di daerah Gangneung, lokasi tepatnya di Shimgok port. Pertama kali lihat MV ini langsung keinget MV One Direction 'What Makes You Beautiful'. Efek MV-nya sama kayak di 'You Were Beautiful', ala-ala gudak cam.

Mereka berlima becanda-becanda, main instrumen musik, lari-lari, dan ngebully Wonpil di pinggir pantai. 😂😂 Beneran sih nih anak kalau dibully nurut aja. 😂 Btw pembagian syut antar member adil loh meskipun Dowoon nggak ikut nyanyi, dia dikasih jatah scene bermain dengan anjing. DAN YOUNG K GANTENG BANGET DI MV INI. 😭😭 Potongan rambutnya pas, jadi meskipun pakai anting dua nggak terkesan kayak Charly HAHAHAHAHA. Malah mirip banget sama Jung Ilwoo huhuhu tipikal wajah aktor mahal. Matanya juga bagus banget huhuhu.


7. Dance Dance

Lagu bahagia lagi dari Day6. Kalau 'I'm Serious' MV-nya yang bikin saya ingat One Direction, kalau 'Dance Dance' lagunya yang ngingetin saya ke One Direction.

MV-nya hitam putih dengan latar tempat studio rekaman. Selain main musik dan bernyanyi dengan baik dan benar, mereka berlima juga joget-joget nggak jelas kesana kemari. Akting kacau dan menggila sesuka hati, terus tukeran instrumen. Ada scene mereka nulis-nulis juga, mungkin nulis lirik lagu. Tapi bisa juga nulis thanks to untuk di album.

Sungjin sama Dowoon makin ganteng di MV ini (tapi gaya dance Sungjin tetep kebapak-bapakan wkwkwk). Semua member poninya nutup jidat jadi lucu semua. :3


8. I Smile

Debut Sungjin sebagai pemeran utama MV dimulai. Ceritanya dia dan member lain jadi guest star di salah satu pesta. Eh ternyata pas mau nyanyi Sungjin sadar ada mantannya di depan mata lagi ngobrol sama cowok. Pas Sungjin nyanyi si cewek mengenali suaranya dan pandangan mereka bertemu.

Scene-nya nggak melulu di pesta sih ada juga yang di padang rumput berbunga dan gudang terbengkalai tapi estetik di sampingnya. Si cewek juga ikutan jalan-jalan disitu. Model cewek yang disini cantik, imut, dan kalem banget (ada yang tau namanya?). Nama modelnya Lee Solip.


Btw detik pertama MV ini kok ada cewek mirip Seohyun. Seohyun beneran bukan yang ngelihat jam tangan itu?

Lagunya sendiri bercerita tentang seseorang yang walaupun patah hati dia akan tetap tersenyum dalam keadaan apapun. Habis dua MV berlagu bahagia, mereka balik patah hati lagi. 😂 Beberapa fans akhirnya ngasih julukan 'Pitiful6' ke Day6 saking seringnya ngerilis lagu sedih wkwkwk.


9. Hi Hello


Lagu bertempo(?) lambat. Tenang aja bukan lagu patah hati kok. Menurut saya lagu ini bisa untuk lagu cinta-cintaa maupun persahatan. Tapi kalau sama nonton MV-nya, lagu ini lebih pas ke tema persahabatan.

Sungjin nyetir mobil lagi di 'Hi Hello' (di 'I'm Serious' dia juga nyetir). Dia nyetir di jalan country side. Kanan kirinya sawah-sawah yang baru habis dibajak dan belum ada tanamannya. Mobilnya pick-up dan Dowoon tidur di atas baknya. Ceritanya kelima member Day6 nggak kenal satu sama lain. Satu per satu gabung naik ke mobil Sungjin.

Nah pas ketemu Young K di jalan, dia diajak naik sama yang lain. Nggak mau. Terus tiba-tiba mobilnya mogok, Young K bantuin Sungjin benerin. Habis mobilnya bisa jalan lagi, Young K tetep menolak gabung. Beberapa detik kemudian dia sadar atas kebodohannya. Hari sudah hampir maghrib dan jalanan sepi nggak ada mobil lain. Untung Sungjin belum jauh, jadi masih bisa terkejar. Btw Young K di MV ini mirip Kevin Woo.

Mereka berlima akhirnya sudah ada di mobil Sungjin. Tertawa bersama menatap jalanan lurus di depan. Filosofis ya.


10. What Can I Do


MV ini bagus dari sisi jalan cerita. Semua member akting dan punya peran yang sama, member satu nggak lebih utama dari member lain. Sip kan kan kan?? Nggak kayak CNBLUE yang terlalu fokus ke Yonghwa. *mulaaaaai*

Dowoon ceritanya jadi cowok populer di sekolah. Dikejar-kejar banyak cewek tapi dia nggak tertarik sedikit pun.

Jae jadi tipikal siswa yang punya banyak teman cewek. Tapi dia nggak letoy. Teman saya ada yang kayak Jae gitu, enak banget diajak curhat hahaha.

Sungjin jadi cowok yang naksir teman dekat Jae. Cewek yang disukai Sungjin ini kadang-kadang kalau ketawa mirip Minah Girl's Day.


Kim Jieun, aktris di MV triloginya Day6 (sumber dari komentar di threadnya @yehetsongomo)

Young K jadi murid slengean ganteng tapi nggak disukai sama banyak teman cewek sekelasnya hahaha. Soalnya galaknya nggak mengenal gender. Peran yang biasa dipegang Kim Woobin di drama-drama sekolahan.

Wonpil jadi sahabat Sungjin yang ngerti kalau Sungjin suka sama cewek yang mirip Minah. Di saat yang sama Wonpil juga kuatir sama Sungjin soalnya dia tau kalau cinta Sungjin bertepuk sebelah tangan. Cewek itu sukanya ke Young K wkwkwkwk such a twist.


11. I Loved You


MV 'I Loved You' merupakan episode kedua dari drama si MV 'What Can I Do'. Lagunya sudah mengarah ke hawa-hawa mau akan patah hati. *kalimat tidak efektif*

Masing-masing member lebih tereksplor perannya. Dowoon meskipun suka tidur pas pelajaran, ternyata dia pandai. Young K tetap cuek dan tegaan sama cewek, tapi dia care sama Dowoon lol. Jae ternyata naksir mbak-mbak pegawai kafe, anak Amrik emang beda. Wonpil masih tetap kuatir sama nasib hati Sungjin. Nah Sungjin sendiri malah nembak cewek mirip Minah yang dia sukai di MV ini. Tapi jawaban si cewek ditaruh di MV selanjutnya. Pinter emang JYP.


12. When You Love Someone


Fix Sungjin patah hati di MV 'When You Love Someone'. Dia ditolak cewek yang dia suka. Beberapa hari kemudian makin remuk hatinya soalnya cewek itu berduaan sama Young K di ayunan di sebuah taman. *puk puk bapak leader*

Young K kok ramah sama cewek?

Ceritanya dia lagi kerja paruh waktu di minimarket. Bosen mungkin ya dia karena nggak ada pembeli jadinya main game. Nah cewek itu masuk mau beli sesuatu tapi Young K cuma ngelirik aja sambil tetep main game. Yang punya minimarket datang dan Young K dimarahin terus kayaknya dituduh ngambil uang di laci kasir solanya pas dihitung uangnya kayaknya kurang banyak. Si cewek itu belain Young K kemudian dia marah sambil narik Young K keluar karena kemungkinan si pemilik minimarket nggak percaya sama penjelasan mbaknya. Akhirnya mereka ngobrol deh di taman. Young K lalu sadar kalau cewek yang selama ini dia cuekin ternyata cute.

Sungjin sendiri kayak yang "yaudah dia sukanya sama Young K aku sama Wonpil aja"...............HAHAHAHAHAHA NGGAK YHAAA BERCANDA!!! Mereka berdua normal koook. Awalnya saya mikir Wonpil suka Sungjin tapi setelah nonton behind the scene MV making-nya saya paham kalau Wonpil ini semacam guardian angel-nya Sungjin.

Sementara Jae masih tetap suka mbak pegawai kafe, dia senyum-senyum sendiri kalau mengingat-ingat senyum mbak pegawai kafe itu.


Mba-mba kafe yang disukai Jae, belum ada yang tau namanya gaes hehe (diambil dari reply di utas @yehetsongomo)

Dowoon.....bener tebakan saya dia ini anak orang kaya yang kesepian.

[Baca juga: DAY6 Siblings]

Makin kesini kok makin cuma bahas alur cerita MV ya. Musik sama lirik nggak dibahas. 😅



13. All Alone


'All Alone' adalah lagu akustik yang MV-nya merupakan penutup dari tiga MV sebelumnya. Flashback kejadian di MV 'What Can I Do', 'I Loved You', dan 'When You Love Someone' berselang-seling ditampilkan.

Day6 nggak gaya-gaya di MV ini, cuma duduk aja sambil nyanyi-nyanyi dan main alat musik akustik. Lagunya cocok buat pengantar tidur.



14. I Like You
(Videonya di-embed kok nggak bisa hih, yaudah klik disini aja kalau mau tau MV-nya)

'I Like You' adalah MV terakhir Day6 di tahun 2017. Setelah sekian lama nggak menggunakan model couple, akhirnya di MV ini ada lagi. Saya nggak tau model cowok-cewek disini siapa, kayaknya yang cowok ini terkenal soalnya wajahnya kayak familiar gitu. Kalian tau nggak nama model cowok di MV 'I Like You' ini siapa? Kasih tau dong.

Aktor dan aktris di MV 'I Like You': Jung Gunjoo dan Park Gyuyoung (sumber)

Mereka cara nyanyinya nyeret-nyeret gitu, tapi bagus pakai nada tinggi. Yang saya agak nggak sreg adalah ending lagunya yang musiknya nggak berhenti. Main terus tapi suaranya makin pelan makin pelan makin pelan sampai durasinya selesai.

Di akhir MV ada tulisan 'the show must go on'. Mari kita nantikan akan melakukan apa Day6 tahun ini! Yang jelas sih katanya mereka nggak merilis MV tiap bulan lagi. Mau agak istirahat katanya. 😂 Baiklah...


[UPDATE 150220]
Do you have interest on my other posts about DAY6? Just click this link >> DAY6 (it's safe, don't worry).
Enjoy!



Eh.....sekarang tanggal 5 ya? Wah nggak sabar nunggu jam 4 sore. MV GOMAPTA-NYA SEVENTEEN MAU RILIS!! OMG OMG!!

*

43 comments :

  1. Haiiii aku mau komen sedikit😂 nggak tau sih ini bener apa nggak.
    Cuma yg aku tangkap dari bagian Jae naksir mbak pelayan kafe, si mbak itu kalo ga salah mirip Minkyung Davichi😂
    Tolong dicek bener apa nggak 😂 maap juga ini udah lewat jauuuuh banget dari 2017😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh...iya mirip mereka, aku kok nggak kepikiran dia mirip kang minkyung ya hahahaha makasih udah komen

      Delete
  2. Yaampun, aku setuju banget sama tulisan ini. 80% mewakili pendapat saya pribadi. Kita sepemikiran mbak. Kalo aku pribadi sih 2017 tau Day6 karena lagu Yeppeosseo dan suka banget sama lagu itu. Tapi saat itu dari sekian banyak lagu Day6 aku cuma mau dengerin lagu itu. Dan di Oktober 2019 aku baru tau lagu Congratulations, parah banget sih. Dan itu karena ga sengaja gara2 liat comeback Sweet Chaos. Nah dari Sweet Chaos merembet ke Congratulations, Time of our life dan mundur ke lagu2 mereka yg rilis 2017. Tapi sayang TV korea kurang mengapresiasi mereka padahal mereka konser Gravity Tour dari Asia sampe Eropa kan. Jadi inget pertama kalinya mereka perform di acara Award pas di MAMA 2017 yg bahkan Mnet ga ngebiarin mereka perform bawain lagu mereka sendiri. Sangat disayangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeppeoseo emang juarak!! Wkwkwk I feel youuu kalau denger satu lagu pasti merembet ke lagu lain TT mana bagus semua TT
      Benerrrrr mereka tuh underrated banget, padahal lagu oke, suara ga usah ditanya, tour udah sampe benua amerika-australia-eropa, they deserve more tbh
      EH SUMPAHHH??? DIH MNET EMANG GITU KZL!!

      Delete
    2. Jujur aku akhir-akhir ini lg kepo bngt sama day6, dan abis ngeliat tulisan kakak, aku makin kepooo pake bngtt makasiii kakak 😂

      Delete
    3. Waaaa makasih😭 yok sama-sama jadi bucin day6 yok😂

      Delete
  3. Makasih lhoooo infonya, kepincut gegara yeppeosseo jga dong, #korban.. ga perlu ubek2 blog lain, in dah trlengkap pkoknya. Thanks lhooo.. luv luv lah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk yeppeosseo emang racun🥰 waaa makasih banyak!!🤙💛

      Delete
    2. Waah ternyata ada yg sama kepincut gara² yeppeosseo wkwk 😂 dari yeppeosseo langsung deh menjalar ke akar² nya

      Delete
    3. Banyak banget korban yeppeosseo🥰

      Delete
  4. Me too.. aku juga kepincut sama day6 gara" denger yeppeoseo . Trus aku cari siapa penyanyinya.. btw wktu pertama liat young k ,aku langsung ngerasa kalo dia tu mirip bnget sama yoon shi yoon, ya gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. EH IYA MIRIP!! Wah kemana saja hamba baru sadar

      Delete
  5. Eonnie, gomawooooo. Aku baru suka Day6 sekarang. Iya sekarang tahun 2020!!! Huaaaa, dari dulu band yg aku tau cuma FT Island sama CN BLUE aja;( dan ulasan eonnie serta arti dan list MV ini sangat amat membantu bikin aku makin suka bgtbgtbgtbgt hingga tak terhingga sama Day6 (terutama Young K a.k.a Brian hahaha)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo Fitriani makasih udah mampir!! Sama dong kita biasnya YoungK wkwk, yuk yuk mari bersama membucin Day6😭

      Delete
  6. halo kak! jadi aku lagi searching foto sungjin di google, eh nemu blog ini wkwkwk. aku bener2 baru suka sama day6 jadi rasanya masih membara banget(?). makasih banget karena blog ini aku jadi lebih terbantu buat kenal day6 lebih dalam. jujur aku awalnya suka karena denger lagunya ear-catching banget (tanpa kenal membernya dan ngikutin performnya) tapi ternyata pas kepoin seru banget dan akhirnya jadi suka semua membernya (biasku sungjin). dan juga makasih banget buat daftar variety shownya! karena awalnya aku emang bingung mau kepoin day6 mulai darimana. last but not least, sukses selalu ya kak! salam dari aku yg baru jadi My Day:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaa makasih banget komentarnya😭 you make my day💕 your bias is my recent bias-list-wrecker lol park sungjin bahaya kalo dilihat lama-lama😂 kamu juga sukses selalu ya, yuk mari sama-sama jadi myday yang membucin day6 hahaha

      Delete
  7. hallo kak terimakasih untuk tulisannya aku jadi makin bucin day6 awal tau mereka juga dari yepoosooo terus merembet ke congras terus ke i loved you baru time our life awalnya suka liat wonpil rada mirip mingyu seventeen sama park bogum sih menurutku wkwkwk eee lama kelamaan suka jae, tapi jujur kesan awal aku suka sama semua member day6 nyesel banget baru tau mereka setelah mereka dah konser ke indo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih😭 hahaha wonpil emang kayaknya perpaduan orang-orang ganteng deh wajahnya, wah...satu lagi korban oknum jae😂 gapapa kata day6 sendiri kapan pun kalian menemukan day6 itu bukan masalah, yang penting mendukung mereka, ayooo semangat tahun depan kalo ada konser mereka lagi nonton aja ga rugi asli!!

      Delete
  8. kakkk, makasih tulisannya di blog ini super luengkap tentang Day6. Kk nulis ini 2018, sedangkan aku baru bucin akhir tahun 2019 kemarin krn denger lagu Yepeoso, kayaknya emang lagu kebangsaan MyDay banget hahaha, biasku awalnya Jae eh belok ke Wonpil eh ternyata mereka berdua deket banget eh jadi tambah ngebucinin hihihiii... Aku selalu tunggu post dari Kk, have a nice day kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Anggi🤙 wahhh udah jadi korban yeppeoseo yang ke sekian wakakakak, welcome to dunia bucin day6🤙🤙 JAEPIL LUCU BANGET EMANG😭 makasih komentarnya bikin aku semangat nulis tentang day6 lagi💕 mba Anggi juga have a nice day...eh udah malem ya hehe have a good sleep😴

      Delete
  9. Hi aku baru tau tentang day6, diriku kemana ajh selama ini haha, kepicut gegara liat english versionnya congratulations dan merembet ke you were beautiful sm shoot me, yang paling nyess menurutku yang i smiled :" dan mulai nonton video secara acak, pas liat artikel kakak nonton ulang haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo! Hahaha hayo kemana :p
      Iya yang I Smile selain nyess juga rada nyesek :"
      Lebih greget kan kalau nontonnya sesuai urutan😎

      Delete
  10. MNETTTT PABOYAAA, aku kepincut day6 sama gegara yepposo ��, yepposo tuh emang bener bener lagu sejuta umatttt ❤️, trus aku liat mv nya kayak ada drama nya gitu kan suka jadi ditonton terus, tapi belum ngeh suka aku teh, trus kan aku suka skz aku stay, seungmin kayaknya suka pake banget day6 sampe disebut my day President, jadi aja aku donlot semua lagunya dan ternyata masterpiece banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seungmin mirip Wonpil😭 lagunya day6 hampir gak ada yang jelek👌

      Delete
  11. hai kak, aku lagi nyari2 teori lagu - lagunya day6, tiba - tiba ngeliat blog ini, karena aku kepo jadinya aku buka, gilakkk lengkap banget inih. ga sia sia searching mpe sejauh ini buat cari blog yg bener2 bahas day6. makasih lo kak, gr" blognya aku makin kepincut sama day6. ya walaupun aku suka day6 karena diracuni temenku. hehehe. emang day6 lagunya... gilakkk bagus banget. o ya kak kapan" bahas day6 lagi dong terutama tentang album terbarunya,si mas young k tambah ganteng gilakk. dowoon jugakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo makasih komentarnya, it makes my day😭 sama dong kita, aku juga diracuni sama temenku soal day6 hahaha, untuk album barunya aku udah nulis di tulisan yang judulnya 'I feel like I became a zombie" jangan lupa dicek~~ IYAAA YOUNGK SAMA DOWOON CAKEP BANGET DI ERA THE DEMON😭

      Delete
  12. aku suka bgt bacabaca info ttg day6 ginii, akhir2 ini lagi suka dengerin day6 wwkwkwk, aku suka day6 semenjak dengerin lagu yeppeoseo😁 suara member day6 mmg juara deh apalagi kl tampil live huhuu bgt bgttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Meliya! Makasih udah mampir ke sini, lagu yeppeosseo emang enak banget didengerin😭 iyaaa suara mereka udah ga perlu diragukan lagi lah ya, kalau ada waktu coba deh dengerin playlist live mereka yang nyanyi di radio

      Delete
  13. Kakkk makasi banget blognya jadi bikin aku makin bucin sama day6 TT
    Pertama liat mv mereka yang Zombie:) aku suka banget sama dowoon huhu TT tapi lama kelamaan jadi bucin semua TT trus pas nnton congratulations agak bingung kok membernya nambah satu;) dan kakak jelasin disini aku jadi ngerti sengertinyaaa😊 suara mereka bagus banget😭 btw aku baru pertama kali ini bucinn banget sama band bukannya boyband😭 tambah lagi liat blog kakak makin bucinnn banget sama merekaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooo makasih udah baca dan komen, it really means a lot for me T.T senang bisa membantu, ayoook membucin day6 bareng bareng hahaha, dowoon emang di mv zombie ganteng banget huhuhuhu ga paham

      Delete
  14. Tau day6 dulu pas debut, kepo apa ini congratulations kan trs gw suka lagunya, udah cuman sebagai pendengar itu aja sama kenal brian doang alias youngk, sampe akhirnya di titik aku mau lebih meluas bucin kpop ga mentok ke fandom aku, aku stalk tu day6 tahun 2019 mungkin, sumpah telat bgt pas itu pas kambek sweet chaos kan, akhirnya w ngenalin member trs tertarik ma dowoon, lagunya juga aku mulai dengerin, sampai akhirnya brp bulan kemudian kaget lagu you were beautiful up :")

    Intinya ku nyesel knp pas congrast aku ga lanjut stalk,mungkin pas jaman itu tipeku masih labil ,mentok smaa satu fandon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh my goodness kamu udah tau day6 dari debut, beruntung banget😭 dowoon di era sweet chaos beneran cakepnya mentok ujung diborong sendiri😭 aku pun sebenernya nyesel kenapa gak tau mereka dari dulu-dulu😅 cuman kata jae gak ada kata telat untuk ngefans mereka, jadi yaaa yuk lanjut aja kapan pun menemukan mereka🌸

      Delete
  15. Thanks blognya kak, aku baru Suka sama day6 grgr iseng denger Zombie trs kepincut sama Yeopposso. Bingung mau mulai dr mana eh nemu tulisan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo sama-sama, makasih udah baca dan komen juga🥰 Yeppeosseo emang racun🌸🌸🌸 btw udah nemu bias belum nih di day6😆

      Delete
  16. KAAAA MAKASI BANGET BLOG NYAAAAA, AAAA akhirnya nemu yang pas bgttt😭😭😭😭 aku mulai stan day6 pas quarantine ini. HUAA NYESEL BARU TAU SEKARANG😭😭😭😭. aku kpincut gegara ga sengaja denger yepposeo di spotify, SUMPAH GILAK RACUN BGT GA BOONG!!! pertama kali denger langsung nangis kejer😭😭😭😭😭😭😭😭 trus merambat ke where the sea sleeps, ko kyknya mv nya kiyowo ada kartun nya, eh ditengah2 mv tiba2 nangis😭😭😭😭 (pdhl gatau artinya dan blm kenal bgt sm membernya)😭😭😭😭 pokonya sedih bgt. setelah searching2 akhirnya tau kalo itu lagu sub unit gegara 2 member nya lg hiatus (gegara gangguan kecemasan). LANGSUNG TAMBAH NANGIS DONG😭😭😭😭😭😭😭😭 yampun gaperna liat kartun smpe senangis iniiii😭😭😭😭😭. dan hari itu juga aku langsung ngestan mereka. gatau ka, makin kesini rasanya makin syg bgt sm mereka😭😭😭😭😭 aku udh jd mulfand kpopers sekitar 5 tahun-an, tp ga pernah secinta ini sm satu band, heol daebak😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭. Eh iya ka, pas pertama kali denger yepposeo, langsung jatuh cinta bgt sm suara nya jae!!!!! ENAK DAN CANDU BGT PARAHHHH, serak2 basah gimanaaa gitu. HUAAA GABISA LEPAS DARI DAY66666666!!!😭😭😭😭😭. bener ka, kyk komenan temen2 lain yg diatas, day6 krg diapresiasi tv korea, padahal KUALITAS NYA JUARA BGT< GADA YANG NYAINGIN😭😭😭😭😭. industri hiburan korea kyknya lebih prefer ke boyband dibanding ke 'band' biasa. walaupun kualitas lagu mereka udh diatas rata2, udh tour ke byk benua, kyknya masih blm cukup buat dongkrakin popularitas mereka, krn mash jarang bgt band2 kyk day6 di industri kpop. I AM VERY PROUD TO BE A PART OF THIS FANDOM. AYO MYDAY KITA BUAT SEJARAH BARU UTK DAY6 DAN SEMUA MYDAY DILUAR SANA. THEY DESERVE WHAT THEY HAVE FOUNGHT FOR DAY6 AND MYDAY SO FAR!!!! saranghae day6, saranghae authorrr🌸🌸

    ReplyDelete
    Replies
    1. gila ga keitung berapa byk emot "😭😭😭😭😭😭😭😭" nyaa😂😂😂

      Delete
    2. Hellooo uri chicken little makasih komen panjangnya, mood booster banget😭 nanggepinnya pake poin:
      1. Gapapa baru tau Day6 sekarang yang penting terus mendukung dengan positif, nasihat dari Park Jaehyung.
      2. Hohohoho satu lagi korban Yeppeosseo🥰 lagunya langsung nyangkut emang sekali denger, I can relate
      3. Iyaaa yang lagu Where the Sea Sleeps itu MV-nya kayak semacam visualisasi kartun dari kejadian yang nyata terjadi di antara para membernya, apalagi pas sebelum EoD debut tuh kayak banyak banget kan konfliknya yang bikin pusing juga soalnya banyak spekulasi fans bermunculan. Sama dong aku nonton MV itu juga nangis air mata berlelehan wkwkwkwkwkwk
      4. Jae suaranya half voice half air juga nggak sih, semacam mendesah gitu hahahaha coba dengerin I Wait sama How to Love, kelihatan banget di situ
      5. Yes mungkin juga band di sana nggak sepopuler boyband, aku pernah baca thread twitter yang menjelaskan kenapa band nggak gitu populer di sana karena di masa lalu ada satu band yang performnya nggak sopan jadi kayak ada trauma sama band, tapi aku lupa sumbernya dari mana udah lama bacanya dan nggak di-bookmark juga twitnya
      6. Semoga Day6 menang MAMA tahun ini aamiin, vote di website MAMA jangan lupa ya, sampai tanggal 3 Desember kalo gak salah

      Once again thank you so much for your comment🌸🌸🌸 lucu banget emot nangisnya di mana-mana😂

      Delete
  17. Hay kak 😉 maaf nih mau izin curhat, nyloteh, bawel atau apalah nih disini, maaf ya kalau kepanjangan dan hyper sendiri. Maklum aku baru-baru ini dengerin lagunya day6, lumayan banyak sih dan suka semua ❤️❤️. Awal tau day6 itu dari Ig dan lagi lagi dengan alasan yang sama 🤣 yaitu karena 'you were beautiful' yah meskipun agak aneh nih, soalnya aku muter musiknya versi Korea tapi aku nyanyi yang versi Inggrisnya, wkwkwk gak apalah ya 😂😂🤣. Aku juga baru suka K-Pop tahun 2020 karena aku dulu lebih suka ke drakornya sih dan waktu itu aku nonton 'At eighten' jadi nyangkut ke Ong sengwoo dan merambatlah ke wannaone tapi sedihnya mereka udah disband 😢😭😭 . Waktu nonton mvnya 'You were beautiful' suka banget sama jae, tapi lama-lama ya gitu sering oleng ke yang lain juga, salah sendiri pada ganteng dan kece semua sih 😝😂😂. Suka sama 💟young-k💟 yang multi talent, 💖sungjin💖 yang suaranya rock tapi tetep lembut dan aku kok lihat dia mirip jongkook apalagi waktu mv 'when you love someone' pas sungjin nyatain perasaan ke mbaknya sambil senyum, bikin yang nonton mvnya gak bisa kedip 🙃🙃, kalau lihat❣️woonpil❣️ tuh visualnya mirip Ong tapi kalau natap matanya mirip park woojin kalau suaranya mah cuma woonpil yang punya bikin adem yang dengerin😍, lucu juga apalagi kalau lihat ekspresi pasrahnya. 💗Dowoon💗 yang paling keren apalagi waktu maen drum 😘😘 ternyata bisa bikin orang ngakak kalau lihat kelakuannya, inget jaehwan jadinya, wkwkwk 🤣🤣. 💞Mas jae💞 yang meskipun paling tua tapi tetep aja gantengnya kebangetan 😊😊 apalagi waktu nyanyi sambil main gitar, ah mantapp 👍👍😬 sempet sedih waktu tau lagi sakit apalagi dia punya banyak alergi, but we know and believe that you're strong man. Meskipun gak sering tampil di show seperti boyband dimana biasanya disitu tempat nunjuk in gimana kebersamaan atau gak hubungan sesama member grup, tapi MyDay gak perlu khawatir apalagi setelah nonton mvnya "Where the Sea Sleep", campur aduk rasanya 😭💟😘🤣😂💪🤘👊💟💓💞💗❣️. Kita berdoa aja semoga keadaan cepet pulih dan bisa cepet cepet ketemu mereka, Amiin ya rabbal'alamin 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atau akunya aja yang masih kurang maratonin mereka 🤣😂😂 kasih tau dong Kak apa aja yang harus aku lihat + tau biar makin jatuh hati dan gak berpaling dari mereka 💓💞💗❣️💖

      Delete
    2. Halo Dece, suka deh sama sharing ceritanya🥰

      You were Beautiful emang racun, lagu yang bikin banyak orang jadi penasaran dan akhirnya ngefans Day6🤩 Iya Wannaone disband karena emang udah waktunya :(

      Wonpil tuh emang mukanya ganteng jadi banyak dimiripin sama orang-orang ganteng lainnya, mana anaknya soft banget🥺

      Sungjin suaranya rock banget aku sukaaa huhuhu kayak Yonghwa🤩 YoungK makin ke sini makin bikin aku kagum, apalagi kemarin itu dia lagi trending di Korea karena udah berusaha sebaik-baiknya banget di Dekira waktu guestnya nggak friendly :)

      DOWOON TUH MAKIN GEMESIN GAK SIH😭😭😭 mana makin ganteng huhu beberapa hari yang lalu upload foto dia dapet endorse-an tapi captionnya lucu banget lawak ala Cak Lontong😂 natural comedian emang si maknae😆

      Jaeee ya ampun kamu udah baca yang dia wawancara di Allure belum yang tentang pengalaman dia kena panic attack?? Yup setuju banget kalau kamu bilang dia strong man💪💪💪

      Aku nangis banget waktu nonton MV Where the Sea Sleeps :))) ikut mengamini doa kamu🥰🥰🥰🙏

      Aku udah nulis semua varshow Day6 yang pernah aku tonton Dece, coba klik link ini: https://happinessanddelight.blogspot.com/p/k-varshow.html

      Eh tapi misal suatu hari berpaling tuh gapapa lhoh beneran, let's enjoy this hobby freely🎉🎉🎉

      Delete
  18. Aku seneng bgt nemu blog yg bahas day6 huhu .. aku kenal day6 sebenernya dari 2018 tapi cuma tau lagu2nya aja itu juga gara2 temen aku sering nyanyiin part rapnya mas bri yg di congratulations 😂
    Dan baru2 ini aku stan desix gara2 gatse hehe, tapi aku tetep sayang dan support mereka.
    btw lagu day6 itu bagus2 semuaaaa , aku baru ikutin mereka lagi pas era zombie dan sedih rasanya ternyata mereka nggak ada comeback show :(, nah masih jadi tim penunggu live show zombie wkwk. Dan aku baru tau klo nonton MV desix itu harus urut huhu, gara2 blog ini aku nonton ulang hehe, sekalian naikin viewers ..
    walaupun day6 belum sepenuhnya aktif kaya tahun2 sblmnya, makanya aku cari2 vashow yg isinya full day6 semua .. dan ketemulah blog ini ..

    semoga selesai sungjin wamil, day6 bisa comeback bareng dan muncul di mushow .. amin 🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah mampir ke sini dan ngasih komen yang bikin aku senyum-senyum sendiri huhu😭🌸

      Yesss setuju lagunya desik bagus semua, kalau lagi dengerin di spotify gitu aku nggak pernah skip🤜🤛 dan yes lagi aku pun nungguin live Zombie berlima!!! Kemarin ada Zombie yang Jae solo waktu ikutan 88 rising.

      Aamiin aamiin semoga nanti habisnya Sungjin wamil, yang semua juga selesai wamil, mereka bisa aktif lagi seperti kayak sebelum pandemi🤲

      Delete
  19. YAY!!! Makasih udah mampir~~~ <3

    ReplyDelete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top