February 22, 2018

Sekilas tentang Wajib Militer di Korea Selatan

cr: katc.mil.kr

Tanggal 5 Maret nanti Yonghwa akan menjalani wajib militer (wamil). Ada kejadian nggak mengenakkan beberapa waktu lalu sebelum rencana keberangkatan wamilnya, kasus curang di ujian masuk Universitas Kyunghee. Saya nggak mau komentar banyak. Takut salah.

Mending saya nulis tentang wajib militer di Korea Selatan. Nulisnya berdasarkan sumber-sumber yang saya cantumkan di referensi di akhir postingan ini.

Wajib militer di Korea Selatan hukumnya wajib bagi laki-laki berkebangsaan Korea Selatan. Nggak pandang bulu mau sekaya apapun atau setenar apapun seorang laki-laki di sana harus ikut wamil. Laki-laki yang berusia 18-35 tahun dan secara fisik mampu harus ikut wamil minimal 21 bulan.

Sebelum ditempatkan di angkatan darat, laut, udara, atau kepolisian, ada training dulu selama 5 minggu. Selama training para lelaki tersebut diajari hal-hal kemiliteran seperti menembak dan simulasi perang. Perang ini nih yang jadi alasan kenapa wamil ada di Korea Selatan. Perang dengan siapa? Korea Utara. Perang Korea pecah di tahun 1950-1953 dan diakhiri dengan gencatan senjata bukan dengan perjanjian damai, jadi sejatinya dua Korea itu masih berperang. Laki-laki Korea Selatan diharapkan sudah siap dan bisa bertempur kalau sewaktu-waktu perang pecah lagi (SEMOGA JANGAN SAMPAI AAMIN!).

Btw jangka waktu wamil di masing-masing kesatuan militer berbeda-beda. Angkatan darat 21 bulan, angkatan laut 23 bulan, dan angkatan udara 24 bulan. Bagi yang wamil di pelayanan publik (bukan di lapangan) jangka waktunya 24-36 bulan.

Wajib militer ini biasanya menjadi ganjalan karir oppa-oppa selebritis. Hiatus dua tahun demi negara dan kemungkinan sudah disalip daun-daun muda ketika kembali ke jagad hiburan. Tapi kalau nggak wamil malah karirnya berakhir.

Pernah dengar kasus Steve Yoo atau Yoo Seungjun nggak? Dia ini penyanyi Korea Selatan yang debut tahun 1997. Tahun 2002 dia ganti kewarganegaraan dari Korea Selatan menjadi Amerika Serikat. Hal ini diduga sama pemerintah Korea Selatan untuk menghindari kewajiban wamil. Akhirnya Yoo Seungjun dilarang masuk negeri ginseng tersebut sampai sekarang.

Ada lagi kasus artis hiphop MC Mong. Gigi MC Mong banyak yang tanggal hingga nggak lolos tes kesehatan untuk wamil. Dia diduga sengaja mencabut giginya untuk menghindari wamil. Tapi dia membantah di konferensi persnya kalau hal tersebut murni masalah kesehatan.

Katanya kalau punya alasan yang bisa diterima pemerintah Korea Selatan, bisa kok seorang laki-laki menunda atau bahkan nggak ikut wamil. Misalnya melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dengan cara yang benar, menyumbang medali emas di ajang olahraga bergengsi tingkat dunia, punya penglihatan yang sangat buruk, atau menjadi satu-satunya tulang punggung keluarga yang sakit-sakitan semua. Kalau alasannya dirasa dibuat-buat untuk sengaja menghindari kewajiban ya bakal dipenjara. Alasan yang dibuat-buat misalnya sengaja memiskinkan diri sendiri, sengaja operasi dislokasi bahu biar nggak lolos tes kesehatan, atau memperbanyak tato di badan.

Kalau mau tau lebih dalam tentang bagaimana pengalaman wajib militer, kalian bisa nonton video di bawah ini. Hal-hal yang dibahas di antaranya tentang bayaran yang diterima ketika wamil, jatah liburan sewaktu wamil, kebersihan para soldiers di barak militer, dan topless jogging training di bulan Desember-Januari.



Sekarang mari beralih ke topik ucapan yang umum diucapkan kepada orang yang akan menjalani wamil. Yang saya tulis disini hanya hangul dan artinya saja. Untuk pengucapan dan arti tiap kata sila cek video yang ada di bawahnya ya.

건강 잘 챙겨
Be healthy and come back healthy

면회 갈게
I will go visit (you)

편지 할게
I will write a letter

휴가 나오면 연락해
If come out on a leave, contact me

2년 금방 갈 거야
Two years will pass soon

풀 메이크업하고 면회 갈게
I will visit you with full make-up on
Note: show up as pretty as possible, doesn't mean full heavy make up



Kosakata yang berkaitan dengan wajib militer:


군대 (gundae)
army/military

병역의 의무 (byeongyeok-eui eui-mu) / 군복모 (gunbokmo dibaca gunbongmo)
military duty

군인 (gunin)
soldier

Sekian untuk hari ini, semoga bermanfaat!


*

Referensi berita:
http://www.businessinsider.com/what-its-like-south-korea-mandatory-military-service-2017-5/?IR=T
http://www.straitstimes.com/asia/east-asia/south-koreas-military-seeks-to-scrap-all-existing-exemptions-to-conscription
https://www.reuters.com/article/us-korea-army-conscience/jail-stigma-await-south-korean-men-who-refuse-military-service-idUSBRE97R07N20130828
https://www.soompi.com/2011/04/19/mc-mong-opens-up-about-military-dodging-allegations/


2 comments: