February 8, 2018

Basic Table Manners in Korea

sumber

Entah sudah berapa tahun saya terdistrak film-film barat dan video-video K-pop, sampai saya lupa kalau pernah download banyak sekali video-video bermanfaat tentang budaya Korea Selatan hahaha (Korea Selatan selanjutnya saya sebut Korea aja biar cepet). Salah satu channel tentang budaya Korea yang saya favoritkan adalah sweetandtastyTV yang dimiliki oleh Professor Oh. Nama aslinya sih Mina Oh. Beliau ini tinggal di California tapi punya darah Korea. Channel-nya didedikasikan untuk mengeksplor segala macam tentang Korea, khususnya bidang kuliner.

Bicara soal kuliner, Korea punya table manners yang nggak ada salahnya untuk diketahui oleh orang yang bukan orang Korea kayak kita-kita ini. Siapa tau di masa depan dapat kesempatan makan satu meja dengan keluarga besar Lee Donghae gitu kan biar nggak kagok ya. #skip


Professor Oh menjelaskan paling tidak ada sebelas aturan dasar. Let's check them out!

1. Mengucapkan "잘 먹겠습니다" yang artinya "selamat makan/I'll eat well/bon appetit" sebelum mulai makan.

2. Orang yang lebih tua harus mengambil makanan terlebih dahulu baru kemudian diikuti orang yang lebih muda.

3. Don't finish your eat before the elders, enjoy your food~

4. Never ever dig around the dishes! Ambil langsung makanan yang kita mau, nggak usah dikorek-korek dulu milih yang kelihatan enak.

5. Jangan mengunyah dengan mulut terbuka and also don't slurp.

6. Nggak boleh meninggalkan meja makan ketika yang lain masih makan, sebaiknya ke toilet sebelum makan.

7. Biarkan mangkuk tetap di atas meja. Jangan mengangkat dan mengokop(?) mangkuk.
This is what I called "mengokop mangkuk" (sumber)

8. Gunakan sumpit dan/atau sendok tapi jangan memegang keduanya di satu tangan. And don't use bare hands!

9. Dilarang menancapkan sumpit ke nasi karena mirip dupa untuk orang yang sudah tiada.

10. Duduk dengan baik, don't shake your legs, dan jangan mengangkat kaki atau bersila kalau sedang duduk di kursi. Kalau makannya lesehan sih gapapa bersila.

11. Mengucapkan "잘 먹었습니다" setelah makanan habis. "잘 먹었습니다" artinya "I ate well". Ucapan ini untuk menghormati dan berterima kasih kepada orang yang telah memasak makanan.


Bagaimana dengan di Indonesia sendiri?

Menurut pengalaman yang saya dapat di rumah maupun di lingkungan sekitar, aturan-aturan makan adalah seperti ini:

1. Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.
2. Menggunakan tangan kanan untuk makan. Dua orang teman saya kidal, waktu saya tanya mereka makan pakai tangan apa jawabnya tangan kanan.
3. Berdoa sebelum dan sesudah makan, atau paling tidak membaca bismillah dan alhamdulillah untuk yang beragama Islam.
4. Mengunyah dengan mulut tertutup. Kata orang-orang tua dulu nih selain nggak sopan, kalau mengunyah makanan dengan mulut terbuka mirip sapi.
5. Kalau makan pakai sendok harus nggak berisik, dalam artian nggak kelontangan antara piring sama sendoknya.
6. Makan harus sambil duduk, nggak boleh berdiri, dan nggak boleh di depan pintu atau di dalam kamar tidur.
7. Sendawa karena kenyang nggak boleh keras-keras karena ada orang yang jijik sama suara sendawa wkwk.

Karena Indonesia ini luas sekali dan terdiri dari banyak suku, barangkali ada yang mau menambahkan tentang aturan makan di daerah masing-masing? Komentar di bawah ya!

See you on my next post!


*

4 comments:

  1. Table manner orang Korea ternyata nggak jauh berbeda dengan orang Jepang dan China, ya. Cuma bedanya kalo di Jepang, makan makanan berkuah/ramen, justru harus di-slrupppp, itu tandanya enak banget hahahaha

    Btw, jadi inget beberapa hari lalu waktu beres makan di rumah, aku kebiasaan numpukin piring2 kotor di atas meja, mertuaku nyeletuk katanya kalo masih ada yang makan nggak boleh numpukin piring kotor. Aku nggak tahu ini berlaku di budaya kita or Chinese doang, tapi bener juga, sih, kurang sopan ya haha :D

    Makasih infonya ya, Mba!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama ci jane :D
      aah iya kalau di jepang justru harus slurrrpp gitu ya, kebalikannya korea
      kalau yang numpuk-numpuk piring pas masih ada yang makan gitu selama ini di keluarga atau lingkungan sekitarku nggak mempermasalahkan xD

      Delete
  2. Duh banyak ya mannernya...Orang tua sangat dihormati banget ya, makan aja harus mereka terlebih dahulu.

    ReplyDelete