February 19, 2018

Tentang Kembalinya Seventeen (+ Rekomendasi Varshow!)

[UPDATE 2019] Halo buat kamu yang cari daftar link download varshow SEVENTEEN langsung ke sini aja ya (akan terus di-update sewaktu-waktu), postingan ini berisi review varshownya saja. πŸ‘Œ

-----------------------------------------------


Baru dapat mood nulis setelah nonton 'Weekly Idol' dan kemarin Seventeen sudah goodbye stage. πŸ™ˆ

cr: pledis_17

Caratdeul gimana kabar hatinya setelah tanggal 14 kemarin Sebong dapat award di Gaon sama #Thanks1stwin?? Makin sayang nggak? Huhuhu.

Seventeen comeback lagi setelah tiga bulan lalu comeback dengan album 'teen,age'. Kali ini comeback dengan merilis album spesial bertajuk 'Director's Cut' yang mana adalah repackage dari album sebelumnya.

Versi album 'Director's Cut' ada tiga: 'Plot', 'Sunset', dan kino. Foto-foto di album 'Plot' dikonsep santai, sedangkan di 'Sunset' lebih dewasa. Bayangan-banyangan benda yang ada di foto masing-masing member di album 'Sunset' tidak lain tidak bukan adalah benda-benda yang ada di era 'Don't Wanna Cry'. Jadi masih sambung-menyambung gitu deh. Makanya kok CD plate dibuat random sama kayak Al1, Alone, dan All. πŸ˜…

Stopwatch yang ada di versi 'Sunset' muncul di teaser 'Alone' ini (cr: pledis_17)

Ketika tau piringan CD dapatnya random member saya langsung mundur teratur nggak jadi beli hahaha. Bisa sih beli yang unsealed biar dapat CD plate bias tapi sensasi deg-degan unboxing-nya nggak dapet kan nggak enak ya. Ya sudah nanti saja beli kalau Seventeen rilis album individual cover. *teteuuup*

Album kino saya nggak paham bentuknya gimana. Ada sih unboxing kino dari artis-artis lain tapi males mau nonton mwehehe. Album kino ini terbatas yang dapet di Indonesia. Dari pabrik kinonya sendiri emang bikinnya terbatas sih. Bukan pabrik permen Kino lho ya, beda.

Ada empat lagu baru yang ditambahkan di album 'Director's Cut': 'Thanks' (alias gomapta), 'Thinkin' about You', 'Run to You', dan 'Falling for U' (duet JiHan). Buat saya 'Thinkin' about You' yang paling bagus. Beat lagunya cepat, wanjon my style. 'Run to You' sebenernya juga termasuk lagu cepat tapi masih enak 'Thinkin' about You' di telinga saya. 'Run to You' ini tipe lagu OST anime banget. Sedangkan lagu 'Falling for U' melodinya cafe banget. Cocok didengerin sambil ngopi pas hujan-hujan. Suara Jeonghan sama Joshua sungguh menghangatkan. Mereka berdua ngerap juga lho di akhir lagu.

Errr...lagu 'Thanks' ini gimana ya, nggak terlalu semangat sih saya pas pertama kali dengerin. Soalnya mellow rada-rada gelap gitu aura lagunya, meskipun tiba-tiba upbeat di bagian rap. Saya sebenernya bingung ini lagu klimaksnya dimana. πŸ˜… Maklum yes amatir di bidang musik. Walaupun begitu, MV-nya memanjakan mata saya banget. Ganteng semua ini tiga belas orang tolong. Apalagi si bule omg makin gede makin yahud aja dia, pasti emaknya bangga.



Pas teaser MV 'Thanks' yang pertama muncul, yang beberapa member lari-lari itu, saya kira yang paling belakang Dino. Lha kok noleh belakang bias gue. πŸ˜‚ Dugeun-dugeun seketika. Untung sih scene dia noleh ini masuk MV.



Yang sayang ya teaser kedua ini pas Minghao bangkit berdiri setelah scene Cheolan (Seungcheol-Dilan lol) nyanyi, eh dipotong semena-mena di MV. Padahal kan bagus kalau dilanjut aja. Ywdc serah Pledis.



Lagi-lagi prediksi akan muncul cewek di MV 'Thanks' meleset. Nggak ada makhluk Hawa sama sekali. Adanya ya mereka bertiga belas lagi nari-nari, bikin lagu, rekaman, sama dirias di belakang panggung. Kayaknya gara-gara lagu ini buat Carat deh makanya nggak ada model perempuannya.

Terus tentang video fanchant guide 'Thanks' saya ikut girang pas nonton soalnya Hoshi sama Seungkwan sebelah-sebelahan dan semangat banget sepanjang lagu. Udah kayak fangirl beneran. πŸ˜‚ Jeonghan naik kelas karena lulus dari bawa contekan. Jun sama Dino tinggal kelas karena sama aja kayak pas 'Clap' bawa contekan. πŸ˜‚ Minghao tetap hobi salto carbong di tangan. Meme Vernon dari awal sampai akhir alhamdulillah tidak keluar, wajahnya bahagia secara sewajarnya. Uji tetap paling santai. Sebelahan sama Mingyu dia, the smolest and the tallest members. Yang paling bikin gemes tentu Jeon Wonwoo. MALES AMAT NI ANAK BUKA MULUT. πŸ˜‚πŸ˜‚ Rasanya pingin teriak kenceng ke dia 'NU NGOMONG NU JANGAN MAGABUT!!'. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚



Kemudian nonton video koreografinya...subhanallah why so sinkron??? Ini gerakannya beda-beda tapi bisa kelihatan kompak dan indah berapa lama latihannya?? Beda banget sama dance-dance sebelumnya, kalau menurut saya dance 'Thanks' ini kelihatan lebih rumit. πŸ‘πŸ‘



Oh iya berhubung sering banget kata pencarian 'seventeen varshow' nyantol ke blog ini, sekalian deh bikin daftar rekomendasi variety show Seventeen:


[NOTE: Khusus untuk link ke Like17Subs, karena kanal Youtube mereka di-suspend pihak Youtube jadi kalau mau download langsung ke website mereka ya, di like17subs.com]

1. 17 Project
Syutingnya sebelum Seventeen debut. Jeonghan masih didandani ala Ren N'uest. Manggungnya masih mureh banget merekanya masih bisa dipegang-pegang. 17 Project ada 6 (atau 7?) episode, bisa diunduh di Like17Subs.

2. One Fine Day
'One Fine Day' pertama lebih tepat disebut 'Castaway' lol. Mereka diasingkan ke pulau Yoseodo. Varshow era 'Adore U'. Minghao masih belum fasih bahasa Korea jadi banyak diemnya. Jumlah episode sebanyak 9 dan bisa diunduh di Like17Subs Hampir di semua episode mereka no makeup.
'One Fine Day in Japan' bisa dibilang versi upgrade karena bener-bener fine day bukan castaway lol. Baju-bajunya udah bagus dan pastinya mereka tampil full makeup dong. Main-mainnya seru, ada scene Hoshi marah juga, ada scene mereka ski di salju juga. Yang jago ski ternyata cuma Mingyu, Vernon, The8, Jeonghan, Hoshi, sama Joshua. πŸ˜‚ 'OFD in Japan' ada 8 episode bisa diunduh di Like17Subs.
[Update] Jangan lupa nonton 'OFD in Japan Unreleased Video' juga ya! Download-nya tetep lah di Like17Subs. xD

3. After School Club episode 166
Masih di era 'Adore U' syutingnya. Rap Wonwoo keren banget di acara ini. AFC Seventeen ini bisa diunduh di sini.

4. Star Show 360 episode 5-6
Mantan member I.O.I Kim Sohye jadi co-MC dan kentara banget suka Mingyu hahaha. Wonwoo akting jadi asshole di acara ini. Ada segmen peringkat siapa yang paling boyfriend material. Acara ini bisa diunduh di SVTunited Subs. Ada acara 'The Ranking is Up to Me' juga di channel ini, silakan ubek-ubek sendiri ya.

5. Weekly Idol episode 222, 308, 342, dan 350
Seventeen (dengan formasi lengkap) sudah tiga kali datang ke 'Weekly Idol'. Pertama kali pas era 'Mansae'. Masih pakai nametag. Baju tiap unit seragam. Ada permainan paper kiss yang bikin Wonwoo-S.Coups dikartu kuning sama Seungkwan lol.
Kedua pas mereka comeback 'Don't Wanna Cry'. Jeonghan, Vernon, sama Woozi aegyo 'Oppaya'. Terus lainnya saya lupa ngapain aja.
Ketiga, yang paling baru era 'Thanks', mereka pakai hanbok karena spesial Lunar New Year. Kocak abis, permainannya lucu-lucu, Mingyu makin-makin kelihatan gede badan doang aslinya mah bocah. πŸ˜‚
Mingyu sama DK berdua juga pernah datang pas spesial anjing di episode 336. Anjingnya Mingyu namanya Aji sumpah nakal dan gemesin banget hahaha. Nggak betah sama Mingyu, maunya sama mamanya Mingyu. Jadi sering banget melarikan diri di tengah syuting sampai Mingyu gobyos kejar-kejaran sama Aji. Sementara Coco anjingnya DK anteng abis. Penurut banget bahkan sama yang bukan tuannya wkwk.
Episode 350 hanya dihadiri Wonwoo dan Joshua (bareng sama buanyak artis-artis lain). Nggak rekomendid sih ini sebenernya. Cari aja potongan-potongan video pas mereka muncul.
'Weekly Idol' bisa diunduh di kshow123 atau kshowonline.

6. ISAC
Seventeen mulai ikut ISAC di tahun 2015. Belum kelihatan prestasi olahraganya gimana. Prestasi yang paling gemilang ya ISAC tahun lalu. Highlight ISAC 2017 pernah saya bahas di postingan ini. Oh iya kalau mau download cus ke kshow123 atau kshowonline.
Review(?) ISAC 2018 ada di thread twitter saya ini ya:

Review ISAC Chuseok 2018 saya tulis di postingan ini.


7. Running Man episode 271
Seventeen tampil di segmen terakhir 100 vs 100. Seungkwan sama DK wow survival skill-nya. Bisa diunduh di kshow123.

8. Master Key episode 3, 8, 9, 12, dan 13
Mingyu aja yang ikut. Ada sih satu episode yang Seungkwan cuma saya nggak nonton hehehe. Mayan seru lah soalnya ada Kang Daniel juga di beberapa episode haha. Episode 13 yang nggak seru sama sekali. 'Master Key' bisa diunduh di kshow123.

9. TBS K-Popular with As One Radio
Vernon sama Joshua aja yang diundang. Duo English native speakers. Dari acara ini saya akhirnya bisa nulis postingan berisi fakta Vernon dan Joshua. Acara ini bisa didownload di sini untuk part 1/4, sisanya cari sendiri ya di Youtube.
Banyak banget sebenernya acara radio yang dihadiri sama Seventeen. Ada Hongkira, Sukira, Young Street-nya Lee Gookjoo, NCT Night-Night, Cultwo Show, Arirang radio, sampai 2PM Ji Sukjin. Cari aja di Google atau langsung ke Youtube. Kalau nanti engsub-nya dalam bentuk CC dan kalian nggak punya aplikasi untuk download video plus CC sub-nya, kalian bisa download CC sub secara terpisah lewat downsub.com. Nanti file yang diunduh berbentuk .srt, tinggal drag aja ke video kalau nonton.

10. Law of the Jungle in Komodo Island
Pernah saya tulis di postingan ini.

11. Baek Jong Won's Top 3 Chef King
Acara masak-masak yang dihadiri Mingyu sama Seungkwan. Habis nonton acara ini saya makin klepek-klepek sama Mingyu. πŸ˜‚πŸ˜‚ Udah ganteng, manis, tinggi, konyol, lucuk, jago masak lagi. Video bisa diunduh dari sini.

12. Mingyu in Thai Sitcom
Oke ini bukan varshow tapi layak dimasukkan ke dalam daftar rekomendasi. Mingyu akting di sitcom Thailand. Dua episode aja. Sitcom ini aslik lawak banget. Gaya humornya nggak jauh-jauh sama gaya humor Indonesia. Tautan download: episode 1 dan episode 2.

13. Seventeen's Unit Hometown
Hiphop team ke Anyang, kampung halamannya Mingyu. Menurut saya mereka yang paling seru. Performance team juga seru sih tapi di bawahnya Hiphop team. Vocal team indoor kalau nggak salah dan saya lupa ke kampung halamannya siapa. Saya dulu download dari Youtube tapi ini tadi nyari kok nggak nemu lol.

14. Where is My Friend's Island?
Dua hari mereka piknik ke pulau Jeju, Seungkwan jadi tour guide-nya. Acara di era Hoshi masih berambut biru setengah hijau. Ada 7 episode dan bisa diunduh di sini.

15. Hiphop team's Mukbang in Malaysia Mukbang Race
Satu episode singkat, durasinya lupa 27 menitan. Syutingnya barengan sama konser DE di Malaysia. Mereka makan-makan di sebuah restoran sambil main games. Bisa dijadikan referensi pilihan menu makanan kalau pergi ke Malaysia. Ini juga cari di Youtube kok nggak ada padahal dulu ada Download di sini untuk Hiphop team's Mukbang Race.
Performance team's Mukbang Race di Taiwan di sini.
Vocal team's Mukbang Race di Filipina di sini.

16. LieV Hiphop team and Seventeen as a group
Ini di Vlive Channel mereka. Konsep acaranya ngobrol sambil rebahan, diselingi baca komentar-komentar dari fans. Kurang lebih durasinya satu jam. Sebenernya banyak sih acara di Vlive yang bagus kualitas videonya, kayak yang mereka rooftop party itu tapi saya nggak nonton sampai habis karena....bosen. πŸ˜‚
Terus yang Vernon, DK, sama Jeonghan bisik-bisik itu juga pernah nonton, entahlah Vlive apa bukan saya lupa. Terus ada Dingo juga yang Mingyu sama Hoshi makan-makan di kedai makanan Jepang sambil dikerjain.

17. Talkshow di Cina dan Korea
Mereka beberapa kali ikut talkshow di Cina. Yang terbaru di Korea kemarin yang dateng cuma separuh grup: Vernon, Wonwoo, DK, Jeonghan, Jun, sama Hoshi.

18. Amigo TV Season 2
WAJIB DITONTON!! Episode 1 masih jawab-jawab pertanyaan dari fans. Episode 2 games menyusun snack tapi nggak boleh berisik. Episode 3 sepak takraw yang mana chaos abis. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Cari aja videonya di Google atau Youtube.

19. Battle Trip episode 78
Mingyu dan Seungkwan berkunjung ke Pyeongchang dengan modal 100,000 won (nggak termasuk biaya KTX dan sewa mobil). Di Pyeongchang mereka makan-makan, mancing ikan di danau beku, main-main permainan VR di Pyeongchang ICT Center, dan jalan-jalan di hutan Woljeongsa.
Karena acara ini tipenya battle, maka ada lawannya. Lawan mereka dari Infinite, Sungjong dan Woohyun. Mereka jalan-jalan ke pantai di Gangneung. Menyusuri jalan raya di bibir pantai, jalan ini namanya Heonhwa Road membentang 8 km dari pantai Geumjin ke Jeongdongjin. Di pantai Geumnjin ada pelabuhan Shimgok yang terkenal dengan mercusuar warna merah menyala. Dan ternyata tempat ini pernah muncul di MV Day6 'I'm Serious'! Akhirnya terjawab sudah pertanyaan di postingan ini. Hohoho.
Acara KBS 'Battle Trip' ini bisa diunduh dari sini.


Nanti kalau ada yang baru lagi, insyaAllah saya update lagi di bawah postingan ini atau kalau nggak males ya saya bikin reviewnya di postingan lain hahaha. See you on my next post!

*


[UPDATE 2018]

20. Creaking Heroes
Kemarin saya baru selesai nonton 'Creaking Heroes' episode 1-2. Hoshi jadi salah satu peserta di situ bersama dengan beberapa laki-laki lainnya yang saya lupa namanya. Satu-satunya yang saya ingat adalah lelaki berkumis bernama Yoo Byungjae.


cr: MBC

cr: MBC

Konsep acara ini adalah melatih pria-pria tersebut untuk menjadi super hero. Mereka terpilih karena dianggap memiliki beberapa keistimewaan. Hoshi misalnya punya keistimewaan penglihatan yang tajam. OH IYA SAYA JUGA INGAT ADA ZION.T!! Zion.T ini punya pendengaran yang tajam.


cr: MBC

Latihannya sendiri menurut saya ya tipe-tipe permainan varshow Korea macam 'Running Man' jaman dulu versi kurang seru wkwkwk. Sebenernya training para hero ini pada akhirnya useless gitu HAHAHAHAHA. Soalnya ending-nya mereka melakukan "baksos" untuk menolong beberapa orang yang memerlukan bantuan. Mereka membantu cewek calon pramugari yang ingin kurus, bapak-bapak yang ingin merasakan hangout dengan anak laki-laki karena beliau hanya punya anak perempuan, dan anak-anak TK yang harus dibangun kepercayaan dirinya sejak dini. Para hero dibagi jadi tiga tim dan mbak calon pramugari itu pelukan sama Hoshi huhuhu aku juga mau.

Kalau nggak karena Hoshi ada di acara itu sih saya nggak akan nonton hohoho. Ada Hoshi aja kadang saya bosen, soalnya acaranya gaje dan Hoshi cuma dikit dapet shoot-nya (wajar sih karena banyak orang kan ya, lagian juga Hoshi nggak banyak bicara di acara itu, mungkin dia awkward karena dia paling muda). Kocaknya nanggung, apalagi episode satu. Episode dua mayan lah bikin ngakak. Dan sesungguhnya menurut saya penyelamat acara ini adalah Hong Jinkyung :)))


Screencap by luxurytime615

Download acara ini bisa di KShowOnline.



21. Abema Up-Close! Seventeen
cr: kwonvely

Download bisa di channel kwonvely atau Like17Subs. Jumlah episode ada 3. Inti acara ini adalah membuka sifat masing-masing member wkwk. Jadi awalnya akan dibuka image mereka menurut fans kemudian dikomentari sama member yang lain. Terus dilanjut dengan membicarakan sifat mereka yang sesungguhnya menurut masing-masing member. Sedangkan member yang dievaluasi ini duduk di samping MC sambil dengerin musik, jadi dia nggak tau member-membernya ngomong apa. MC-nya tentu saja MC Aki yang cute itu hahaha.


MC Aki dan BtoB Changsub (sumber)



22. Happy Together episode 533
Episode ini khusus menghadirkan artis-artis yang bukan pure orang Korea: Abigail Alderete, Sam Okyere, Han Hyunmin, Vernon, dan Sazal Mahamud.

from ohmywonwoo

Abigail berdarah Paraguay yang menjadi wartawan jalan-jalan di Korea Selatan. Ibu Abigail juga berasal dari Paraguay tapi menjadi penerjemah bahasa di Korea. Saat ini ibunya sudah memegang kewarganegaraan Korsel.

Sam Okyere yang sudah berada di Korea sejak tahun 2009, sering diundang menghadiri acara-acara varshow di Korea. Sam berasal dari Ghana. Dia dulunya suka sama Abigail. Entahlah sekarang soalnya kemarin pas saya iseng-iseng main instagram, ternyata Abigail sudah punya pacar orang Korea asli.

Serupa tapi tak sama dengan Sam, Han Hyunmin memiliki darah Afrika tepatnya Nigeria. Dia ini model berumur 17 tahun yang baru-baru ini masuk di majalah 'Time' sebagai 30 remaja yang paling berpengaruh. Ibu Han Hyunmin adalah orang Korea, sementara ayahnya orang Nigeria. Dia merupakan sulung dari empat bersaudara. Uniknya meskipun ayahnya bekerja sebagai pengajar bahasa Inggris, Han Hyunmin nggak bisa ngomong Inggris. xD

Vernon.....perlu dibahas nggak? HAHAHAHA. Perlu dong. Dia di 'Happy Together' GEMESIN BANGET SUMPAH!! Malu-malu gitu gengs apalagi kalau sudah disebut-sebut wajahnya ganteng, uwuwuwu. Vernon cerita kalau dulu pas kecil dia nggak nyaman sama tatapan orang-orang ke dia, katanya itu bikin dia sedikit sociophobia. Ya gimana nggak ditatap, orang ganteng gitu sedari kecil huhuhu. Dia juga cerita tentang orangtuanya, ketemunya dimana, nikahnya dimana, sampai kalau mereka bertengkar swearing-nya pakai bahasa apa wakakakak. Oh iya Vernon sekarang sudah dinaturalisasi menjadi warga negara Korea.

from koreaboo

cr: Jack Rose

Sazal Mahamud aslinya dari Bangladesh tapi sekarang sudah menjadi warga negara Korea Selatan. Dulunya pemain kriket terus jadi aktor di beberapa drakor juga.

'Happy Together' ini kocak banget acaranya. Tonton deh. Satu setengah jam nggak kerasa. Soalnya host-nya pada lawak-lawak macam Yoo Jaesuk, Jo Hyunmo, Park Myungsoo, dan Jo Seho. Guest-nya juga nggak awkward (err...Vernon rada awkward sih wkwkwk), malah mereka talk-active banget apalagi Abigail, Sam, dan Han Hyunmin. Download 'Happy Together' episode 533 bisa di kshow123 atau kshowonline.


23. Can I Join You?
Saya nggak tau episode berapa, yang jelas cuma Seungkwan aja yang ikut. Download Seungkwan cut di sini.
Kalau hanya dari episode ini, bisa saya simpulkan bahwa acara ini intinya numpang kendaraan ke orang yang mau memberi tumpangan. Kemudian mereka harus membantu orang yang memberi tumpangan tersebut. Membantu apa pun.
Kalau Seungkwan kemarin sama ahjussi yang jadi host-nya (saya lupa namanya), numpang di mobil keluarga (ayah-ibu-dua orang anak lakik) yang mau camping. Sesampainya di camping ground mereka membantu menyiapkan makanan untuk keluarga itu. Sedangkan lawan mereka, DinDin dan seorang ahjussi yang saya juga lupa namanya wkwk, menumpang mobil ke orang yang mau kondangan. Jadilah DinDin nyanyi di acara kondangan itu.
Acaranya mayan seru dan saya sesekali ngakak-ngakak karena Seungkwan berulah. xD Untungnya sih yang ikut Seungkwan ya, jadi rame gitu dia cerewet.


24. Hello Counselor episode 302 dan 365
 Tahun 2016 yang hadir di 'Hello Counselor' episode 302 adalah Seungkwan dan Jeonghan. Acara ini kan duduknya lesehan sambil bersila ya, ternyata Seungkwan nggak bisa duduk sila karena suatu alasan kesehatan. Jadi dia duduknya selonjor sendiri. Sedangkan di tahun 2018 (episode 365) yang hadir Seungkwan dan Hoshi.


cr: KBS Hello Counselor

cr: KBS Hello Counselor

Tau dong ya kalau 'Hello Counselor' ini acara semacam konsultasi masalah hidup orang-orang Korea Selatan yang bukan dari golongan selebritis, Seungkwan kan anaknya emosional jadi dalam beberapa kasus dia hampir nangis sambil ngasih saran ataupun nasihat. Kalau Jeonghan sama Hoshi lempeng aja nggak nangis nggak apa. Acara ini bisa diunduh di KShowOnline.


25. SVT Club
Saya tulis terpisah di postingan ini ya: Topik Obrolan di 'SVT CLUB'


26. Unexpected Q episode 08
Meskipun Seungkwan sudah jadi permanent member di 'Unexpected Q', nyatanya saya baru nonton satu kali yang episode 08 karena Mingyu jadi guest-nya. :') Saya nggak ada bayangan sama sekali tentang acara ini, nggak pingin cari tau juga di portal berita. Nonton acara ini tuh clueless abis. Kemudian pelan-pelan paham ooohhh acara kuis tentang musik ternyata.


cr: pledis_17

Nontonnya sambil saya cepet-cepetin soalnya kadang nggak familiar sama lagu Korea yang terlalu tua, yang baru-baru aja nggak semua tau hahaha. Segmen yang paling keren menurut saya yang The Koox itu (atau entah namanya apa). Mereka gabung-gabungin reff dari banyak lagu kemudian diaransemen ulang untuk dinyanyikan peserta 'Unexpected Q'. Kemudian yang nebak judul lagu dari emoji juga mayan seru.


Seungkwan ya pengetahuan musiknya luas sekali. Mingyu walaupun ilmunya nggak sedalam Seungkwan, sempet menjawab beberapa soal dengan tepat. Terus waktu kena angin semburan kalau timnya salah, lawak gitu dia kaget hahaha. Poninya sampai keangkat. Tetep ganteng nggak? OYAPASTINYA HAHAHA. Mingyu juga beberapa kali ikut nge-dance lagu yang terjawab dengan benar seperti 'Catallena', 'Russian Roulette', 'Decalcomanie', 'Rokkugo', dan 'Touch My Body'. Seungkwan juga nge-dance, yang pasti mereka nge-dance clumsy. πŸ˜‚πŸ˜‚


27. Idol Room episode 11
Seventeen di 'Idol Room' lumayan seru. Banyak ngedancenya dan buat saya sudah pasti mereka keren hohoho. Mingyu tetap menjadi yang paling clumsy tapi nggak terlalu dominan. Seungkwan juga tetap jadi yang paling cerewet. DK yang paling apes di awal segmen karena dituduh melakukan dirty looks sehingga membuyarkan konsentrasi member lain. πŸ˜‚πŸ˜‚ Jeonghan tetap raja ngeles, Joshua ngeles juga pas dance battle, Wonwoo sama Jun nggak ngomong sama sekali, sementara Vernon duduk di kursi karena waktu syuting 'Idol Room' kakinya yang keseleo masih dalam proses penyembuhan. :(

cr: jtbc

cr: jtbc

Hoshi tetap uwu di mataku hahahaha subyektif abis, The8 keren b-boyingnya ya dah dari orok menekuni dunia itu, Woozi juga ternyata wow sekali skill ngedancenya saya baru nyadar hehe maafkan karena fokusnya ke bule, Seungcheol dapet close-up camera, dan Dino warna rambutnya sama dengan tembok studio syuting 'Idol Room' yaitu peach pastel (cantik lho warnanya).

cr: jtbc

cr: jtbc

cr: jtbc


28. Happy Together episode 546-548
Mingyu dan Seungkwan berpartisipasi di segmen 'Karaoke Room' menjelang akhir acara. Mereka ini bersama dengan artis lain (Hyorin, Jungin, dan duo rapper yang nggak saya ingat siapa dan siapa) menunggu di lantai bawah sebuah gedung karaoke. Menunggu apa? Menunggu lagu mereka dinyanyikan sama pengunjung karaoke. Cepet-cepetan gitu, siapa yang lagunya dinyanyiin duluan dia yang pulang duluan. Asli bikin iri soalnya begitu nyanyi lagu artis yang ada di situ, artisnya langsung naik dan masuk ke ruangannya terus karaoke bareng huhuhu. Acara ini bisa diunduh di web KShowOnline.


29. Cover Brother episode 5
Seungkwan dan Jeonghan jadi guest di acara ini. Host-nya Jo Seho, mungkin komedian lain yang ada di situ adalah co-host. Entahlah saya nggak pernah nonton acara ini sebelumnya. Ada Block-B PO juga. Mereka syuting di waterpark. SUMPAH YA WAHANANYA BIKIN NGILER! Seumur-umur saya cuma pernah ke 'Hawai Waterpark' dan wahana di sana seru. Tapi di atas langit masih ada langit hehehe. Wahana di waterpark tempat 'Cover Brothers' syuting jauh lebih menantang. Games-nya juga seru dan mayan kocak karena para cast-nya banyak yang dari kalangan komedian. Download di sini.


30. Gachi! Sebuchi TV episode 1-4
Acara ini diproduksi di negara Jepang dan dipandu oleh MC Aki tentu saja hohoho. Katanya sih ada empat episode tapi yang episode 4 belum ada kabarnya.
Seventeen dikasih misi untuk membuat sesuatu selama 60 menit. Di episode 1 mereka harus membuat MV 'Love Letter' Japanese version menggunakan kamera henpon. Ide jalan ceritanya mereka buat sendiri dan syutingnya juga pakai member sendiri.
Di episode 2 mereka melakukan reka ulang adegan drama-drama Jepang. Dan yang nyambung di saya cuma pas mereka reka ulang 'Hana Yori Dango' wkwk. Seungkwan jadi Shancai versi Jepang, sementara Mingyu, Vernon, DK, dan The8 jadi F4. Of course Daoming Si diperankan oleh Kim Mingyu. Joshua, Hoshi, dan Jeonghan jadi pemain figuran. Mereka ceritanya geng cewek-cewek hahaha. Hoshi sumpah ya pas banget jadi cewek jutek. 
Di episode 3 mereka masak-masak. Tim dibagi menjadi tiga menurut unit masing-masing. Hiphop Team masak takoyaki, Vocal Team masak sushi bunga-bunga, dan Performance Team masak kue dango. Seru sih lihat cowok-cowok masak hohoho.
Episode 4 paling kocak sih kalau menurut saya, entah kocak beneran atau saya masih dalam pengaruh euforia pasca nonton konser 'Ideal Cut' hehehe. Member Seventeen dikasih games tebak gaya. Member terakhir harus menebak jawaban dari 17 soal dengan tepat sebelum waktu berakhir (60 menit). Hadiahnya daging traktiran dari MC Aki hahaha, Aki ini diperes deh sama anak-anak Sebong. Episode terakhir ini pada dasarnya adalah 1 vs. 13 alias Aki vs. Seventeen wkwk.


31. Fuji TV Seventeen Holiday
Games pertama naik tangga untuk mendapatkan tiket masuk ke sebuah bangunan bulat (Hachitama the Shpere Observation Room di Odaiba, Jepang) yang isinya penuh dengan mainan berbau anime 'One Piece'. Untuk bisa dapat mainan yang dipilih mereka harus akting membuat hati Carat deg-degan.

Lanjut ke segmen lie detector (wajib ditonton!), member yang akan dites bohong/nggak. Bebas milih dikasih pertanyaan sama siapa:
Mingyu: I like being MC in Inkigayo rather than dancing practice (pertanyaan dari Seungkwan)
Dino: I dance better than Hoshi (pertanyaan dari DK)
Wonwoo: I want to go home right now (pertanyaan dari Mingyu)
Joshua: I'm not good at lying (pertanyaan dari Mingyu)
The8: Drinking wine and painting are just for image concept (pertanyaan dari S.Coups)
DK: Usually when the members are joking with you, sometimes you get really annoyed that there is a member you want to hit (pertanyaan dari Vernon)
Seungkwan: I like being on variety show more than Seventeen (pertanyaan dari Jun)
Vernon: I actually hear everything the members are saying, but I pretend not to hear (pertanyaan dari Wonwoo)
Jun: I think that I'm really funny (pertanyaan dari Vernon)
Jeonghan: Hanging around with Dokyeom is hard (pertanyaan dari Wonwoo)
Hoshi: I've never act like prince before (in reality) (pertanyaan dari Dino)
Woozi: I actually like playing around like Jun (pertanyaan dari Wonwoo)
S.Coups: Right now I just want to eat and not playing the game (pertanyaan dari Vernon)
MC Furuya: I'm so sick of Seventeen (pertanyaan dari Seungkwan)

Lanjut main games per unit: lempar bola, telepati menggambar, dan hulahop. Asli sih ini ngakak banget, terngakak setelah segmen lie detector. Waktu games hulahop Vernon protes pinggangnya mau copot sementara lawannya main hulahop pake leher wkwkwk. Hadiahnya makan ramen, ngiler sodaraaa mana nonton pas laper malem-malem huhuhu.

Acara ini unexpectedly menghibur banget sih, awalnya saya kira garing soalnya MC-nya kayak nggak meyakinkan gitu hehehe ternyata kocak juga acaranya.

-----------------------------------------------
[UPDATE 2019]

[010919] Halo! Update review varshow SEVENTEEN untuk tahun 2019 saya akhiri sampai sini ya. Tapi nonton acara varshow anak-anak ayam ini masih terus lanjut kok. Cuman emang nggak pingin nulis reviewnya lagi soalnya...capek hahaha. Untuk link download langsung ke sini aja ya, akan terus diupdate! Makasih♡

28. Seventeen on Build Series Facebook Live
Wawancara Seventeen dengan Jeff Benjamin untuk Build Series ini dilakukan di New York. Full bahasa Inggris dengan Joshua dan Vernon yang merangkap sebagai translator wkwk. Hoshi sungguh sangat hiperaktif memecah suasana awkward. xD


27. DINGO's Bingo Trip in Jeju Island
Seungkwan ngetrip sendirian ke pulau Jeju. Tema tripnya bikin bingo dengan beberapa misi yang disiapkan oleh tim DINGO. Timnya cewek semua dan Seungkwan ngeblend bekerja sama dengan sempurna as always. Saya kira semua Carat udah tau lah ya kalau Seungkwan ini skill entertainmentnya nggak perlu diragukan lagi, jadi ya walaupun sendirian dia itu seru banget menyelesaikan misinya.

Pak Sabar alias manajernim Jeon Younghwan ikut juga lho di trip ini. Endingnya Seungkwan, tim DINGO, dan Pak Sabar dimasakin sama Mama Jwa (mamanya Seungkwan). Terus cerita-cerita pengalaman yang agak mengharukan gitu Mama Jwa sampai Seungkwan dan mbak-mbak DINGOnya nangis, sementara Pak Sabar tetap nikmat makan di tengah lautan air mata wkwkwkwk. Beliau ngambilin tisu buat yang nangis, so sweet nggak sih Pak Sabar huhuhu.

Karena foto-foto Seungkwan yang ada di pulau Jeju ini hasilnya lucu-lucu jadi saya masukin aja di sini hohoho (fotografernya Pak Sabar).








26. Seventeen Interview with Anan Web 2019
Ini wawancara yang pegang tanda O dan X. Jadi tiap member punya satu pertanyaan yang nanti dijawab sama member lain pakai O kalau iya/setuju dan X kalau jawabannya tidak/nggak setuju. Hoshi kena skak mulu sama Ujik HAHAHAHAHA.


25. Battle Trip Ep. 145-146
Saya tulis sendiri di postingan yang judulnya 'WonJeongCheol's Trip in Yogyakarta'.


24. Seventeen's No. 1 Battle in Harajuku
Battle-nya apa aja? Ada tiga yaitu battle telinga kelinci, fashion show, dan selfie estetik. Battle telinga kelinci gimana? Jadi mereka bertiga belas pakai topi kelinci yang ada pencetannya buat naik turunin telinga topinya. MC ngasih instruksi dalam bahasa Jepang harus angkat telinga mana, nurunin telinga mana, dst. Mereka harus konsentrasi penuh biar nggak salah pencet. Kalau salah pencet dan telinga kanan kiri geraknya nggak cocok sama instruksi MC ya mereka tereliminasi.

Di battle fashion show, instruksinya pakai undian. Dapet tema dan budget secara acak. Setelah itu dikasih waktu sekian menit buat belanja baju. Belanjanya ya di situ-situ aja soalnya syutingnya juga di dalem toko baju. Satu orang dinilai sama dua belas orang lainnya dari skala 1 sampai 5.

Kalau battle selfie estetik, ada beberapa kue yang sudah disiapkan. Mereka tinggal pilih mau kue yang mana buat properti selfienya. Nggak hanya kue sih, ada permen dan kembang gula juga. Battle yang ini nilainya ditentukan oleh angka like di instagram acaranya.

Acaranya seru tapi editannya agak berantakan menurut saya. Berantakannya gimana? Jadi misal battle fashion show lagi berjalan setengah peserta gitu langsung pindah ke battle selfie estetik. Yang buat saya kayak ngapain sih dipisah segala lagi asik nonton ini, gitu hehehe.


23. Seventeen 300x2
Acara ini dulu paling saya tunggu-tunggu banget soalnya di timeline twitter lumayan heboh beberapa adegan yang dicut sama orang-orang di luar sana. Terus pas nonton sendiri kok rasanya nggak seseru itu hahaha. Seru sih tapi bukan yang seru banget.

Kenapa acaranya namanya 300x2? Karena kalau penonton yang daftar dan ngedance bareng mereka beneran 300 orang dan semuanya datang ke studio, maka sumbangan atas nama Seventeen akan digandakan nilainya. Sejauh ini (sampai Seventeen jadi guestnya maksudnya) baru dua grup yang fansnya datang semua 300 orang, yaitu Twice dan Mamamoo.

Bagaimana dengan fans Seventeen? DATENG SEMUA HUHUHU ALHAMDULILLAH CARATS ARE THE BEST! Mereka ini datang ada yang bersama teman dan nggak sedikit juga yang bersama dengan orangtuanya. Para orangtua ini sungguh mendukung hobi anaknya! Saya sampai pingin nangis nontonnya huhuhu merinding dan terharu dengan kasih sayang orangtua yang fisiknya nggak muda lagi tapi demi anak mereka ikutan ngedance. T_____T

Selain dilihatin Seventeen ngedance bersama 300 fans, bagian waktu mereka di backstage pun dilihatin juga. MC-nya seru semua ada Boom, Shindong, dan Kang Hodong, yang mana bodor semua wkwk. Ternyata di dalam 300 orang itu ada selebritis dan koreografer juga untuk mengkoordinir lainnya. Pantesan bisa kompak! Nggak hanya orang Korea yang ikut, ada juga mbak-mbak berjilbab yang ambil bagian dalam acara Seventeen 300x2. Mbaknya saya nggak tau tepatnya orang mana tapi kayaknya kemungkinan besar dia dari Asia Tenggara.


22. Seventeen Cocktail Party 4th Anniversary
Karena semua member sudah cukup umur jadi perayaan karir ke empat tahun ini diisi dengan tipsy party mimik alkohol. Acara dibuka dengan para member yang masuk ke ruangan dengan bawa bunga warna pink dan biru, dapetnya random kayaknya. Terus mereka masing-masing ngasih rekomendasi cocktail ke member lainnya. Terserah mereka maunya gimana sambil mengira-ngira kira-kira ini member cocoknya gimana ya minumannya, gitu.

Lanjut empat orang belajar jadi bartender. Mereka adalah Hoshi, Jeonghan, Mingyu, sama Dino. Ada om-om bartender asli yang ngajarin. Terus di akhir sesi ini mereka mempromosikan cocktail buatannya ke member lainnya dan siapa yang dapat dukungan paling banyak, dia yang menang.

Lanjut ke flashback ngomongin album debut sampai dengan yang terbaru. Sesi ini cocok buat yang belum tau album apa aja yang pernah dikeluarin sama Seventeen. Nggak hanya album dan mini album sih, ada single juga. Terus nggak hanya Korea, tapi juga Jepang. Total ada empat belas karya yang udah mereka rilis secara resmi mulai dari mini album debut '17 Carat', mini album kedua 'Boys Be', single 'QnA', album pertama 'Love Letter', album repackage 'Love Letter', mini album ketiga 'Going Seventeen', mini album keempat 'Al1', album kedua 'Teen, Age', special album 'Director's Cut', lagu debut BooSeokSoon 'Just Do It', mini album Jepang 'We Make You', mini album kelima 'You Make My Day', mini album keenam 'You Made My Day', sampai single Jepang terbaru 'Happy Ending'. Wow banyak ya ngetiknya sampai ngos-ngosan. Lebih banyak dari jumlah membernya lho. Semoga mereka makin sukses! Oh iya sambil ngomongin album-album ini mereka sambil minum cocktail yang direkomendasiin di sesi awal. Beneran dibuatin sama bartender wkwkwk.

Habis gitu di sesi akhir mereka baca roll paper untuk masing-masing member. Kocak sih hahaha. Sayangnya nggak dibacain semua huhuhu.


21. Kitchen Pui Pui Seventeen
Yang hadir di acara ini cuma tiga orang, yaitu Hoshi, Jeonghan, sama Vernon. Acaranya ngelihatin seorang chef masak Japanese-style eggroll sandwich. Pertama masakannya kelihatan kayak failed gitu sampai bikin tiga anak ayam ini ketawa. Eh lama-lama jadi cantik dong gorengan eggroll chefnya. Hebat bener. Ini saya nontonnya sampai diulang-ulang terus siapa tau chefnya nuker adonan yang asli sama yang udah disiapin di belakang, ternyata enggak emang chefnya tekun banget benerin eggrollnya sampai jadi cantik. Luar biasa. Terus mereka bertiga makan hasil masakan chefnya deh di akhir acara, bareng sama guest dari Jepang lainnya.


20. Nephew TV in My Hands (Mingyu and Jeonghan)
Mereka hanya tampil di dua episode, videonya bisa diunduh di website like17subs[dot]com. Mingyu dan Jeonghan syuting bersama Sua dan Suji, Youtuber balita kembar yang disukai Seungkwan. Di episode pertama Jeonghan sudah bisa mengambil hati Sua dan Suji dalam waktu singkat, sementara Mingyu masih terasing hahaha. Lama-lama Sua ngasih perhatian juga ke Mingyu sedangkan Suji sudah lengket dengan Jeonghan. Suji ini cantik banget ya wajahnya mirip sama teman seperkonseran saya dulu, dia seorang fanartist Seventeen yang membias Jeonghan. Sua mirip dengan artis Shim Eunkyung yang pernah main di film 'Sunny'.

Kegiatan yang mereka berempat lakukan bersama antara lain mewarnai gambar, tebak-tebakan nama hewan, makan, dan syuting parodi drama 'Sky Castle'. Sebelum makan-makan, Sua dan Suji harus belanja dulu ke supermarket. Terus lanjut Mingyu yang masak, Jeonghwan main-main sama si kembar selama menunggu makanan matang. Mingyu ya aduuuh udah nggak gengsi masak, tinggi, ganteng, pinter cari uang, dimanakah bisa kutemukan pria seperti dia? HAHAHAHAHAHA. Acara ini bikin saya halu sih dengan kehidupan masa depan Mingyu dan Jeonghan. Nanti kalau mereka sudah punya pasangan hidup lucu gitu ya Mingyu yang masak terus pasangannya yang mengasuh anak, kalau Jeonghan waktu pasangannya masak dia yang mengambil alih menjaga anak-anaknya hehehe. Konten super halusss huhuhu. Terus yang parodi 'Sky Castle' saya nggak bisa komen lebih jauh karena nggak nonton dramanya. Yang jelas Jeonghan cringe sendiri lihat aktingnya hahaha, meanwhile Mingyu berkumis anjir mirip bapaknya Kobo Chan. :') Sua dan Suji aktingnya bagus. Sua ini lebih memiliki sense of variety, sedangkan Suji kadang sering terlihat asik sendiri bermain. Sua kelihatan banget tegasnya khas unnie-unnie, Suji banyak aegyo-nya. Kembar dua nih bikin gemes huhuhu.

Episode kedua mereka pergi hocance alias liburan di hotel. Seru deh mereka main-main, makan-makan, pakai makeup, nge-dance, nyanyi, dan bikin MV. Ada drama yang terjadi juga. Ceritanya Sua ngajak Mingyu foto-foto, eh giliran Mingyu yang dikasih kamera dia larinya ke Suji hahahaha. Sua jealous dan ngambek beberapa saat nggak mau main sama Jeonghan maupun Mingyu. Padahal Jeonghan kan jago ngomong sama anak kecil ya, ini semua bujuk rayunya nggak mempan. Sampai akhirnya dia akting nangis dan hati Sua pun luluh HAHAHAHAHAHA. Lucu banget Sua pas mau dipeluk Mingyu dia nolak sambil nyikut terus berikutnya dia smirk ngece gitu pas ditanyain kejadian itu WKWKWKWKWK.

Namanya momong anak kecil seharian ya, dua laki-laki dewasa itu sering kecapekan sementara Sua dan Suji energinya kayak nggak habis-habis apalagi setelah makan siang. Saking semangatnya main Sua sampai bejek-bejek wajahnya Jeonghan sama Mingyu hahahaha yang sabar ya samchondeul. Yang lucu itu waktu mereka izin keluar sebentar terus ngetes Sua-Suji kalau kedatangan tamu asing. Tonton sendiri deh saya nggak bisa jabarin lengkap di sini. :p

Terakhir Sua dan Suji makeupin Mingyu dan Jeonghan. Ini juga konter super halusss. T_____T Suji lebih jago dandanin orang. Sua unggul di bagian tarik suara. Nyanyinya udah menghayati dan sesuai kuncinya (menurut telinga saya, saya anaknya nggak terlalu paham musik btw tapi suaranya Sua emang enak didengerin), sedangkan Suji sering fals wkwkwkwk. Mingyu jadi model MV-nya. Lagunya masih nyambung dengan drama Sua yang ngambek tadi hahaha. Habis nonton acara ini saya berdoa supaya nanti Mingyu punya anak cewek kembar tiga, kalau Jeonghan punya anak pertama cewek terus kedua cowok. HAHAHAHAHAHA.


19. Running Man Ep. 448 (Mingyu and Seungkwan)
Akhirnya setelah bertahun-tahun berlalu Seventeen balik lagi ke 'Running Man', yaaa...walaupun nggak full team. Kali ini yang datang hanya dua orang, Mingyu dan Seungkwan. Selain mereka berdua ada guest yang lain juga, yaitu Hani, Solji, Han Boreum, dan satu lagi aktris drama 'Sky Castle' yang jadi Kang Yeseo saya lupa nama aslinya siapa hehehe. Mayan seru sih episode ini tapi masih lebih seru 'Running Man' waktu Jennie masuk rumah hantu bareng Kwangsoo wkwkwk. Omong-omong saya sudah nggak rajin nonton 'Running Man' lagi kayak dulu, sekarang kalau nggak familiar sama guest-nya saya nggak nonton. Entahlah tiba-tiba rasa bosan itu datang setelah nonton episode yang Jennie datang untuk kedua kalinya. Sejak itu saya jadi pilih-pilih episode, sebelum episode Mingyu dan Seungkwan ini saya pernah nonton yang waktu guest-nya Honey Lee dkk (para pemain film 'Extreme Job'), dan itu juga nggak terlalu seru huhuhu.

Sebelum engsubnya keluar, saya udah terlanjur baca twit Seungkwan yang spoiler mereka kalah hahaha. Jadi nontonnya nggak seru deh. Tapi tetep penasaran mereka kalahnya kenapa. Saya kira mereka kalah games nametag karena sial bertemu Kim Jongkook, eh ternyata enggak. Nggak ada games nametag. Tonton sendiri aja lah episode ini, mayan menghibur kok.


18. Mafia Game in Prison
Kocak karena para pesertanya juga seru-seru macam Lee Soogeun, Jung Hyungdon, Jang Doyeon, dan beberapa gag men dan gag women lainnya. Idolnya ada Seungkwan, JB, Yena, sama siapa sih satunya lagi member IZ*ONE pokoknya. Tapi saya cukup nonton episode 1 sama 2 aja, episode 3 kayaknya sama aja tetep main games mafia. *yaiyaaa orang judul acaranya aja mafia game in prison*


17. Dingo Future Diary
Member yang berpartisipasi di sini hanya dua orang yaitu S.coups dan Wonwoo. Mereka masing-masing nulisin diary satu sama lain. Yaudahlah ya jadinya sama-sama ngerjain hahaha. Wonwoo sih lebih sadis nulis diary buat leadernya wkwk. Dia aegyo lho di acara ini huhuhu mana aegyonya imut banget lagi mirip Seulgi huhuhu. Wonwoo plis sering-sering aegyo ya kamu ya, jago banget lho udah.


16. The Boss is Watching
Sejak dari jaman jadi baby Carat dulu saya selalu pingin nonton acara ini. Dua tahun kemudian baru nemu link downloadnya huhuhu akhirnya. Jadi Seventeen di acara ini masih baru enam bulan debut. Masih sangat-sangat rookie. Yang hadir di acara ini ada banyak grup dari berbagai manajemen kayak EXID, GFRIEND, BtoB, BTS, CLC, Monsta X, Samuel, Brave Girls, AOA, N.Flying, dll. Mereka main games dan ditonton sama bos masing-masing. Yang saya suka dari episode ini adalah scene S.coups menang Korean wrestling melawan Jungkook BTS, Seungkwan nyanyi solo waktu unjuk bakat, dan games chicken fight.


15. re:memVer Party 2019 TOP 10 Vlive
Isi acaranya ngobrol-ngobrol tentang video vlive yang pernah mereka bikin. Terus ngasih awards ke masing-masing member dan Carat yorobun sekalian. Terus bikin time capsule berisi foto-foto polaroid hari itu untuk dibuka 17 tahun dari sekarang yaitu tahun 2036. Terakhir mereka nyanyi 'Home' live.


14. Christmas Week Ep. 4
Acara udah lama sih ini, pas era 'Boom Boom'. Udah lama pingin nonton juga tapi pas itu masih ndeso belum kenal vlive jadi nyari di Youtube nggak nemu-nemu. Setelah agak (((kotaan))) dikit, akhirnya nyari videonya di vlive yang memang kalau sudah lama pasti ada engsubnya. Komentar untuk acara ini: HECTIC. UDAH ITU AJA. xD


13. I Can See Your Voice Season 6 Ep. 6
Seventeen formasi lengkap jadi guest di acara ini. Nebak siapa peserta yang tone deaf, siapa yang suaranya bagus alias beneran penyanyi. Peserta yang berhasil menipu guest keluar sebagai pemenang dan berhak mendapat uang sebesar lima juta won.

Acara ini dipandu oleh Kim Jongkook, Yoo Seyoon, dan Leeteuk Super Junior. Host-nya aja seru kan ya, terus tone deaf detective team-nya juga lawak, alhasil acara ini menghibur saya banget. Ya ampun mana pesertanya yang beneran penyanyi itu suaranya bagus banget astaga, ini kali pertama saya nonton 'I Can See Your Voice' dan selalu tepuk tangan setiap mereka selesai nyanyi. Seungkwan bahkan sampai menitikkan air mata.

Oh iya kakak tertua Seungkwan, Boo Jinseol, muncul di episode ini untuk memberi clue kepada Seventeen terkait salah satu peserta. If you need some consolation, I recommend this show.


12. Omniscient Interfering View Episode 42
Varshow ini menampilkan kegiatan Seventeen bersama manajernya. Cuma satu hari sih, tapi lumayan lah memberikan gambaran bagaimana artis favorit kita (?) ini berkegiatan saat promosi album.

Jadi grup dengan banyak orang ini diurusi oleh 3 orang manajer, 3 orang stylist, dan 10 orang MUA. Sekali pergi ke acara musik bawaannya bisa sampai 40 koper. Literally pindahan. Bayangkan kalau mereka pergi konser ke luar negeri.

Tiga orang manajer ini semuanya pria, dan yang paling muda dan uwu namanya Jeon Younghwan. Younghwan hyung ini tugasnya beliin makanan sama ngabsen member. Kalau ada yang hilang satu gitu, hyung ini udah bingung nyari-nyari lol. Younghwan masih bekerja dengan Seventeen hampir satu bulan, kadang dia ngerasa berat banget jadi manajer wkwk, tapi begitu Seventeen dapat awards atau menang acara musik gitu beliaunya terharu huhuhu.

Dua orang manajer lainnya tugasnya bangunin member dan nyuruh mereka siap-siap untuk skejul hari itu. Yang hobi nonton dedek-dedek Seventeen completely bare face baru bangun tidur dan masih beler, tonton segera acara ini! Worth it! HAHAHAHAHA.

11. YMMDawn Promotion on Radio
Yang saya tonton ada empat radio dengan DJ masing-masing: Choi Hwajung, Jung Somin, Moon Heejun, dan AKMU Suhyun. Yang di radio Jung Somin hanya Hip Hop Unit yang hadir. Wonwoo jadi banyak ngomong. Keempatnya seru untuk disimak, sama subber-nya videonya disingkat jadi cuma 30 menitan. Aslinya satu jam. Karena mungkin pas iklan dan pemutaran lagu nggak ikut di-sub.


10. [슀말슀] μŠ€νƒ€κ°€ λ§ν•˜λŠ” μŠ€νƒ€ μ„ΈλΈν‹΄νŽΈ
Bahasa Inggrisnya apa ya? Acara ini udah lama, bertahun-tahun lalu pas jaman Boom Boom kayaknya. Dan saya baru nonton baru-baru ini wkwkwkwk. Trigger-nya adalah video ini.


9. SVT School
Acara yang bekerja sama dengan Dispatch dan ada empat episode plus dua episode ekstra. Episode pertama menampilkan para member jadi siswa di kelas, Boo jadi gurunya. Episode pertama kelas musik, episode kedua kelas seni (gurunya Jeonghan), episode ketiga kelas PE alias olahraga (gurunya Jun), dan episode keempat kelas konsentrasi (gurunya Woozi). Mayan lah buat mengobati kekangenan diriku akan tingkah mereka yang belum ada bau akan syuting varshow lagi. Terus yang dua episode ekstra itu tentang pemberian hadiah. Episode awal mereka jelasin tentang hadiah mereka yang pada useless karena temanya useless. Episode akhir bagi-bagi hadiahnya dipandu sama Mingyu. Oh iya buat fans Wonwoo, huhu dia nggak ikut acara ini gengs bikos lagi sakit. :(


8. Seventeen Star Road
Acara ini kerjasama sama Star Road ya? Star Road tuh apaan sih? HAHAHAHA. Acara ini ada banyak episode, yang saya tonton cuma beberapa episode aja karena menurut saya beberapa episode itulah yang paling seru.


7. Seventeen 'YMMDawn' Comeback D-1 and Showcase
Ini semua ada di channel Vlive mereka. Isi acaranya yaaa...jelasin konsep comeback 'YMMDawn' lol. Yang D-1 cuma ngobrol-ngobrol aja dipandu MC Boo dan Hoshi, yang showcase mereka perform lagu-lagunya.


6. Heol Quiz
Member yang berpartisipasi dalam acara ini ada empat orang: DK, Joshua, Vernon, dan Dino. Acara ini formatnya kayak siaran langsung untuk pemirsa Korea Selatan. Host dan bintang tamunya akan ngasih pertanyaan dan pemirsanya menebak lewat portal online. Pemenangnya langsung diumumkan di akhir acara.


5. Seventeen Language Bus Tour
Acara waktu mereka debut di Jepang. Pemandu acaranya MC Aki. Acara ini menampilkan para member yang belajar bahasa Jepang bersama MC Aki di sebuah bus. Bus ini nantinya akan membawa mereka ke Tokyo Tower untuk bertemu dengan maskot Tokyo Tower. Sebelum bertemu dengan maskot-maskot ini, mereka harus menebak seperti apa bentuk maskotnya. Masing-masing member menggambar di kertas yang telah disediakan dan tebakan mereka meleset semua. xD

4. Visiting Teacher
Yang ikut cuma Vernon, dia jadi tutor bahasa Inggris untuk Esther (siswi yang nilai bahasa Inggrsinya jeblok). Esther ini ngefans banget sama Seventeen dan begitu tau Vernon jadi guru les privat bahasa Inggrisnya, dia langsung semangat belajar. VERNON GANTENG BANGET GAES! Haduh aku juga mau dilesin bahasa Inggris sama dia. :((( Btw Esther ini anaknya jago main biola, dia punya channel Youtube sendiri.

Selain jadi tutor bahasa Inggris, Vernon juga jadi tutor bahasa Korea untuk siswa lain. Saya nggak nyimak episode-episode selanjutnya karena belum ada yang ngesub bahasa Inggris sampai sekarang HUHUHU.


3. MT SVT REALITY (TTT)
Acara ini ada tiga episode, mereka bertiga belas melakukan retreat selama dua hari satu malam. Review lengkap baca di tulisan saya yang ini.


2. Going Seventeen Spin Off Ep. 19
Episode 19 ini menayangkan sekilas konser 'Ideal Cut' di Jakarta tahun lalu. Video dibuka dengan beberapa member yang main-main di kolam renang. Yang nunggu Mingyu topless, tonton aja episode ini. Oh iya kalau mau baca pengalama saya nonton 'Ideal Cut' bisa klik link ini ya hehehe gomawo.


1. Seventeen Oh My Halloween!
Vlive pada waktu mereka ngerayain Halloween. Masing-masing member pakai kostum dari berbagai tokoh film maupun buku:
S.Coups: Chucky
Jeonghan: Zombie
Joshua: Joker
Jun: Grim Reaper
Hoshi: Nutcracker
Wonwoo: Dracula
Woozi: Teletubbies Po
DK: Clown
Mingyu: Edward Scissorhands
The8: Jack Skellington
Seungkwan: Anpanman
Vernon: Wally
Dino: Pikachu

Seperti yang sudah jadi ciri khas live di Vlive, acaranya tanpa editan yang kadang bikin bosen mwehehe. Acara ini berhasil bikin saya nonton film 'Edward Scissorhands' dan 'Warm Bodies' (zombie), serta download 'Nutcracker and the Four Realms'.

Nonton film Chucky, drakula (Nosferatu), badut Penny Wise (It), Jack Skellington (The Nightmare Before Christmas), Teletubbies, Anpanman, dan Pikachu (dulu pas SD banyak yang jual DVD-nya di pasar) udah pernah semua. Mau nonton Joker tapi nggak suka franchise(?) Batman, mau nonton Grim Reaper tapi nggak suka drakor, mau nonton Wally tapi kayaknya ini buku ya dan kalau pun diserialkan susah gitu nyari link download-nya. :(

-----------------------------------------------

28 comments:

  1. Kak download nya dmn yaa kasih tau dong please

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akses link ini, semua link download ada di situ:
      https://happinessanddelight.blogspot.com/p/k-varshow.html?m=1

      Delete
  2. makasih banget author nim, cari link realityshow/program tv yg ada seventeennya itu sulit:( tapi disini lengkap huhuuu terharu seneng bengaaaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, senang bisa membantu, nanti kalau ada link yang nggak fungsi kasih tau ya, aku usahakan cari lagi yang masih bisa diakses

      Delete
  3. kak varity show yg wonwoo gendong mingyu itu namanya apa ya???
    yg pakek baju putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh itu, anan web kayaknya, iya ya ada itu juga hehe lupa nggak aku tulis di sini

      Delete
  4. Omg makasih banyak,lama fokus diri sendiri jd banyak skip :"

    ReplyDelete
  5. Kak yg idol room promo home gak dimasukin juga? Macam gak nemu😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku masukin kok tapi di sini: https://happinessanddelight.blogspot.com/p/k-varshow.html?m=1

      Hehe langsung linknya nggak pake direview dulu, skrol aja agak di tengah soalnya.

      Delete
  6. Makasih ka udh nge share, kalo acara svt yang baru di jepang apa ya namanya, yang di abema

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, oh yang ada hiphop team main games low note battle? Aku belum cari tau lebih lanjut :(

      Delete
  7. request daftar reality show tapi dalemnya cuma meber doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seventeen project
      Seventeen one fine day 1 & 2
      After school club
      Star show 360
      Weekly idol 222, 308, 336
      Where is my friend's island?
      The ranking is up to me
      Amigo TV season 2
      Abema up close seventeen
      SVT club
      Idol room 11 & 36
      Gachi sebuchi tv
      Seventeen holiday fuji tv
      Seventeen oh my halloween
      Seventeen language bus on tour
      SVT school
      Seventeen in twitter blue room
      Omniscient interfering view
      I can see your voice
      Christmas week
      Going seventeen
      Seventeen cocktail party
      Seventeen 300x2

      Delete
  8. min yang waktu main detektor kebohongan itu variety apa sih 🀣 mau nonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama acaranya fuji tv seventeen holiday, diengsub sama like17subs

      Delete
  9. Kak variety yg pake putih2 yg gendong2an judulnya apa? Kok aku gak nemu kak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. judulnya anan web, tanggal 20 juni 2017, aku ga nemu engsubnya :(
      ini yang raw: https://www.youtube.com/watch?v=XU07X7lG1Ac

      Delete
  10. Min yg ada jun nya selain all member apa yah? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Acara china? Aku nggak ngikutin :(
      Tapi coba cek twit ini https://twitter.com/EightMoonSubs/status/1150807383951544320?s=19

      Delete
  11. Kak, nephew tv ada link tp gabisa didownload ya? Cuma bisa distream? Link2 like17sub gimana ka downloadnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, di web like17subs pilih server openload dan di situ langsung ada button buat download

      Delete
  12. Kak, nephew tv ada link tp gabisa didownload ya? Cuma bisa distream? Link2 like17sub gimana ka downloadnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah aku jawab di atas komentar kamu yang ini ya...

      Delete