September 19, 2018

#IDEALCUTinJKT: You Are My Healing~


AKHIRNYA KETEMU SEVENTEEN JUGA!!! Harus cepet-cepet ditulis biar nggak lupa. Biar inget sampai sedetil-detilnya.

Tulisan ini saya bagi jadi tiga bagian: Prolog, D-Day, dan Epilog. Kalau pingin langsung baca pas hari-H konser bisa langsung ke bagian D-Day. ;)


Prolog: Bersakit-sakit Dahulu
Sejak tanggal konser diumumkan bulan Mei 2018 oleh Mecimapro selaku promotor, saya sudah kalang kabut duluan. Seventeen dijadwalkan datang ke Jakarta tanggal 16 September 2018. Biasanya bulan-bulan itu kerjaan lagi deadline. Berhubung bulan Mei itu bulan puasa, saya berdoa banyak-banyak supaya dikasih kelancaraan nonton konser. Udah pingin banget nonton soalnya.

Saya kalau sudah kalang kabut gitu suka ngrusuhin orang. Panik tanya-tanya enaknya nonton section apa dan ke Jakarta pilih naik apa. Alhamdulillah nggak bingung untuk penginapan karena udah janjian nginap di kos teman. Janjiannya dari bulan Maret 2018, jauh sebelum tanggal konser diumumkan hahaha.



Makin kalang kabut waktu Mecima rilis harga tiket sama seat plan di bulan Juni 2018, seminggu sebelum Idul Fitri. *tepuk tangan* *mengais THR*

Saya dulu bingung mau nonton di section Pink atau Yellow. Pink bisa deket banget ke panggung tapi harus berjuang desek-desekan dan harganya paling mehong. Sementara di Yellow harganya lebih terjangkau dan nggak usah desek-desekan karena sudah pasti tau duduk dimana tapi jauh dari panggung. Hmmm.

Diskusi panjang sama seorang teman (dia udah mantap Pink B) tentang untung rugi setiap section, nontonin video perform Seventeen guna mencari bias banyaknya di sisi apa, dll dsb dan akhirnya pilihan saya jatuh juga ke Pink B. Lanjut bimbang gundah gulana nanti nonton di depan apa di belakang. Dulu saya udah pasrah banget nonton dari belakang aja.

Pembelian tiket dibuka seminggu setelah hari raya. Saya yang cemen dan ogah ribet ticket war ini sudah jelas memanfaatkan jastip offline/langsung beli di konter (deg-degan parah waktu disuruh siap-siap dapat Blue huhu namun pada akhirnya jodohku tetap Pink B). Guna menambah wawasan, saya sempatkan menemani beberapa teman perang tiket online.

Tiket sudah pasti dapat kemudian lanjut cari tiket pesawat PP Malang-Jakarta (mau naik kereta api yang lebih murah tapi sang waktu tidak mengijinkan). Sebenarnya saya udah bolak-balik ngecek tiket pesawat untuk tanggal 15 dan 17 September sejak Mecima rilis tanggal konser wkwkwk. Udah niat beli saat itu juga tapi kata temen saya yang sudah pernah nonton SS4 bertahun-tahun lalu, belinya nanti aja pas udah pasti dapat tiket masuk konser. Okesip.

Sambil menunggu bulan September tiba, Seventeen comeback dong bulan Juli hohoho gas pol rem blong bgt mz ngeruk duitnya. πŸ‘Œ Beli albumnya nggak? Lho masih ditanya, ya beli dong. πŸ’ΈπŸ˜­πŸ˜­ Beli versi Meet dan tarikanku sangat mantul hiphop team in the house!! Minus si bule tentu saja HUHUHU KAPAN SIH DEK KAMUTU MAMPIR KE UNBOXINGKU???


Photocard Mingyu dan S.Coups, lenti S.Coups saya tinggal di rumah nggak ikut dibawa ke venue. Ntar lecek/patah kan hamsyong. Sodara saya dapat photocard Wonwoo sama Dino, lentinya dapat Wonwoo. See? Vernon nggak ada. :D

[Baca juga: Seventeen UwU]

Semakin mendekati bulan konser, di bulan Agustus perhatian saya justru teralihkan ke Asian Games. Sumpah ya selama Asian Games saya nggak nyimak K-Pop sama sekali. Ibaratnya tuh kayak nemu bias baru terus lupa sama bias lama. Jadi tiap hari stalking-nya pindah ke Jojo cs wakakak. Bahkan sampai H-2 sebelum berangkat ke Jakarta, wicis hari Kamis, segala kelebayan saya selama Mei sampai Juli menyublim ke udara tanpa sisa.
H-2 itu beneran ya Allah badan saya sakit semua kurang tidur, kepala mumet dan agak demam. Nggak lucu banget nonton konser sambil sakit. 😭😭 Gublu memang begadang karena stalking twitter @aabadmintonpics. 😭 Langsung lah doping madu, susu beruang, tolak angin, sama vitamin C dan tidur cepet.

[Baca juga: Asian Games 2018: Kilas Balik Ini dan Itu]

Jumat malam (H-1 keberangkatan) saya mulai menyelesaikan proyek packing yang mangkrak dari hari sebelumnya. Packing ini mayan nguras keringat ugha ya. Karena saya #TeamBackpack sekaligus #TeamSayangPunggung maka tujuan utama tetap packing minimalis biar (1) pundak dan punggung tidak mudah capek, (2) tidak terlihat seperti orang mau minggat sebulan padahal cuma piknik tiga hari, dan (3) tidak ribet ketika bermobilisasi. Soalnya sebelum ke kos teman di Tangerang Selatan, saya jalan-jalan dulu ke ibukota.

[Baca juga: Check In Jakarta City]


D-Day: I'm Just A Lucky Little Shit
Puji syukur alhamdulillah saya bangun pagi dalam keadaan segar bugar, capek hasil jalan-jalan hari kemarin nggak kerasa. Gabungan antara tidur cukup dan excited mau ketemu anak ayam.

Karena dari awal sudah berencana untuk tidak ngoyo, maka saya nggak tubir waktu dikasih tau tiket fisik baru bisa diambil jam 09.00-11.00 di mbak jastip. Masih sempat sarapan dan beli-beli snack.

Begitu sampai di venue, saya yang nggak pernah nonton konser K-Pop sebelumnya ini pun sangat terkaget-kaget karena sudah rame banget-bangetan. Yaiyalah sist udah jam sepuluh hahahaha.



Usai terima tiket fisik dari mbak jastip, cus berburu freebies ke segala penjuru. Another new experience for me. Ada rame-rame langsung samperin wkwkwk. Freebies Vernon jarang banget ada huhuhu. Nggak tau sih antara jarang atau saya aja yang kurang informasi. Paling banyak sudah pasti duo mahal Meanie uwu.



Anyway waktu ngantri freebies di depan Hall 6, ada yang jualan slogan gambarnya Jonatan Christie pakai udeng Bali. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Nyesel kenapa nggak beli waktu itu padahal harganya lima ribu aja huhuhu. Saya cuma beli slogan Vernon warna kuning. πŸ’›

Dari pagi teman saya yang sama-sama Pink B udah tanya-tanya kapan saya masuk ke holding area (dia ngantri dari pukul 05.30 pagi). Sampai saya tanya ke teman saya yang lain apakah saya terlalu santai? Jawabnya enggak karena dia pas konser Seventeen 'Diamond Edge' tahun lalu malah masuk habis ashar, sama-sama pemegang tiket Pink.

Btw banyak yang bilang ICE gersang dan panas. Well buat saya sendiri nggak gersang-gersang amat waktu itu, dan panasnya masih bisa saya tolelir. Maklum anaknya tahan sumuk (atau memang ICE sudah tidak segersang dan sepanas tahun lalu).


Selesai makan siang dengan nasi ayam seharga dua puluh ribu plus gratis photocard tiga lembar (sama mbak yang jual disuruh milih ya otomatis saya ngelunjak ngacak sendiri tumpukan photocard-nya nyari bule, bapak jenderal, dan marmut), saya masuk juga ke holding area. Subhanallah ya emang dasarnya newbie, makanan dan minuman saya kena sita semua huhuhuhu kirain nyitanya nggak disitu. Air minum dua botol, satu bar coklat utuh(!!!), dan susu beruangku dikarungin sama ibu penjaga pintu surganya. 😭😭 Sempet ngabisin hampir sebotol airnya sih di hadapan si ibu, untung saja boleh karena aku sudah dehidrasi maksimal. πŸ˜₯

Pintu razia barang bawaan (ini saya ngambil fotonya dari dalam).


Antrian di deposit counter, tempat meniripkan barang-barang berharga yang nggak boleh dibawa masuk holding area.

Pintu masuk holding area.

Begitu masuk hall-nya saya langsung cus cari teman saya yang udah dari pagi ada di sana. Saya disuruh duduk di sebelahnya. Tangannya udah dingin banget ya Allah kena AC berjam-jam, mana sarapan nggak makan nasi. 😭 Untung tangan saya anget jadi bisa ngangetin tangannya yang dingin.

Antrian Pink B (kiri) dan Pink A (kanan).

Di dalam holding area ini ada stan-stan makanan, booth yang jualan official merch, dan toilet. Toilet cowok-ceweknya bersih (isinya cewek semua wkwk), petugasnya stand by, Carats juga masuk dengan tertib. πŸ‘ Ada juga wall of fame, foto member Seventeen segede gambreng buat foto-foto di sebelahnya. Dipegang juga boleh soalnya hanya gambar belaka. Antri buat foto sama papan bergambar ini subhanallah uler naga banget.

Para penjual makanan, teman saya beli nasi pecel satu porsi harganya tiga puluh lima ribu kalau nggak salah.

Mengantri demi berfoto dengan.....gambar oppa.

FINALLY NYAMPE JUGA SETELAH ANTRI DUA PULUH MENITAN!! Beruntung banget Vernon fotonya ada di pinggir sendiri, jadi nggak kena photobomb siapa pun ahey.

Jam tigaan mulai kedengeran suara Seventeen rehearsal. Seluruh aula langsung bergetar bergema berteriak. Dasar kuping saya agak sombong (atau memang saya Carat karbitan fufufu), lagu-lagu yang sayup-sayup terdengar itu nggak saya kenali semua. Padahal Carat lain sudah nyanyi-nyanyi. :(

Jam empatan pintu-pintu pemisah holding area dan Hall 3A mulai dibuka (AKU MULAI DEG-DEGAN!!!) (BERHARAP ADA SIAPA KEK GITU MEMBER NGINTIP DARI GORDEN HITAM!!) (HARAPAN SEMU). Wooo makin bergetar seluruh aula karena teriakan makin kenceng. Ada mas panitia yang sampai nutup kuping wkwkwk.

Para panitianya tegas tapi nggak galak menurut saya. Kalau Carat sudah berdiri sebelum disuruh, langsung deh diteriakin suruh duduk atau kalau nggak gitu badannya dilaser. Dan Carat ini nggak ricuh, langsung duduk manis uwu demi kebaikan diri sendiri.

Nggak lama kemudian pemegang tiket Pink B dipersilakan masuk Hall 3A (MAKIN DEG-DEGAN!!!) dengan tertib dan tenang nggak pakai acara lari-larian segala. Jalan cepet boleh.

Ternyata Hall 3A ICE nggak seluas yang saya bayangkan. Jarak panggung ke pagar besi pembatas Pink B deket banget. Saya dan teman saya dapat row tiga dari depan. Kami ngambil tempat di dekat extended stage.

Sambil nunggu semua masuk ke section masing-masing, di layar dimainkan MV-MV Seventeen dengan volume suara yang nggak terlalu gede. Udah banyak yang nyanyi dengan semangat 45!! Baru MV lho ini, yang notabene tiap hari ditonton. Gimana kalau orangnya asli yang keluar?????????


Nulis ini aja saya gemeteran lagi huhuhu. Bingung mau nulis dari mana. Yang jelas lagu 'Indonesia Raya' diputer duluan sebelum tiga belas pria itu muncul di atas panggung.

[WARNING]
Bagi yang nggak tahan baca tulisan kepslok jebol, dipersilakan close tab segera setelah membaca peringatan ini, terima kasih.

.

.

.

DAAANNNNN AMBYAR SUDAH WAKTU SEVENTEEN MENUNJUKKAN DIRI. 😭😭😭 UNTUK BEBERAPA DETIK SAYA NGGAK PERCAYA DENGAN APA YANG SAYA LIHAT. TIGA BELAS ORANG YANG BIASANYA SAYA TONTON DARI LAYAR HP, LAPTOP, DAN KOMPUTER SEKARANG ADA DI DEPAN MATA!!! 😭😭😭 SAYA LUPA SIAPA YANG PERTAMA KALI SAYA LIHAT HUHUHU KALAU NGGAK HOSHI YA DINO. 😭😭

SAYA SIBUK NYARI VERNON DAN DIA GLOWING PARAH BERDIRI PALING ATAS!!! YA ALLAH!!!!!! 😭😭😭😭😭

Jujur saya nggak inget urutan lagu sepanjang konser apa aja. Fanchant juga lupa semua. Nyamber beberapa lirik yang tau aja. Sisanya teriak-teriak. Beneran sih ini kesihir muka mereka. NGGAK ADA YANG JELEK!! GANTENG SEMUA!! KETERLALUAN INI PADA NGEMBAT KEGANTENGANNYA SENDIRI-SENDIRI.

Seketika ranking di postingan saya yang ini nggak berlaku.

AKU BINGUNG MAU LANJUT CERITA MODEL GIMANA. 😭😭 CERITA PER MEMBER AJA DEH YA URUT UMUR.

CHOI SEUNGCHEOL
SUKA NGE-WINK SEMBARANGAN!!! 😭 Bibirnya semerah itu gaesss. Kulitnya seputih itu gaesss. RAMBUTNYA ITEM!!!!! Nggak sekekar yang saya pikirkan gapapa aku menerimamu apa adanya Cheol. Malam itu si bapak terlihat having fun sekali, good mood, murah senyum, cerah ceria pokoknya, suka lompat-lompat. SERING BANGET MAMPIR KE PINK B TANPA DIUNDANG YA ALLAH ALHAMDULILLAH. Saya sampai mangap waktu dia ada di depan mata, literally mangap.

YOON JEONGHAN
Cuma sekali ada di depan Pink B. Sepertinya wilayah kekuasaannya di Pink A.

HONG JISOO
BAIIIIIK BANGET!!! RAMAAAAH BANGET!!! YA ALLAH SENYUMNYAAA BIKIN ADEM SUASANA YANG PANAS MENGGELORA KARENA BERDESAK-DESAKAN. Mbak yang ada di depanku agak serong ke kanan dikit, dinotis sama mas Josh. Mbaknya ngasih gestur heart setengah gitu (yang tangannya ada di atas kepala), SAMA DIA DIBALES!!!

WEN JUNHUI
ANOTHER MEMBER YANG RAMAH TAMAH KEPADA MASYARAKAT PINK B. Nggak banyak omong, langsung take action dadah-dadah.

KWON SOONYOUNG
Nggak terlalu sering ke Pink B, sekalinya lewat cepet banget sambil nyengir. Malam itu dia enerjik seperti anak kecil uwu.

JEON WONWOO
GANTENG, TAMPAN, HANDSOME, GOOD LOOKING, JALSENGKYOTA, PERFECTO MORIBUTEOPALKKEUTKAJI YOU NAME IT. Selamat kepada warga Pink A!!

LEE JIHOON
Sepertinya dia satu geng dengan Jeonghan dan Wonwoo di Pink A. Rambutnya malam itu lucu banget sumpah huhuhu. Cepak kayak anak SD baru masuk tahun ajaran baru. >.<

XU MINGHAO
GA PEDULI DIBILANG HALU ATAU APA YANG JELAS SAYA SAMA MINGHAO LIHAT-LIHATAN GAESSS FOR LIKE THREE SECONDS WAKTU LAGU NO F.U.N!!! DAN SAYA CENGO DIEM NGGAK BISA NGAPA-NGAPAIN!! INI ANAK MEMANG SEARTISTIK DAN SEBERKHARISMA ITU KALAU LAGI SERIUS! THE OLD CUPU HAO SUDAH TIDAK ADA JEJAKNYA LAGI.

KIM MINGYU
Jika aku punya anjing kecil akan kuberi nama Mingyu. Definisi dari puppy yang sebenar-benarnya. Puppy tapi bongsor. Tapi aslinya nggak segede itu sih dia badannya, saya kira bakal berotot gimana gitu kan ternyata enggak.

Dan dia sadar dia seksi makanya waktu keringetan itu rambutnya dikibas-kibasin sambil nge-dance biar keringetnya muncrat kemana-mana tapi nggak sampai ke aku sayangnya. :(((


Dia bilangnya sih capek tapi ya gitu main-main lari-lari kesana-kemari tetap jalan dan dinikmati. Anjing kecil kan juga gitu ya. Gemesin. Aku lelah melihat keuwuannya. :)))

Seperti yang sudah melekat menjadi bagian hidupnya, Mingyu ini wajah mahal tapi fanservice murah sekali astagaaa berkah Pink B. Woozi yang dipanggil dia yang datang mendekat huhuhu. :') Warna dan tekstur rambutnya bagus banget malam itu.

LEE SEOKMIN
Senyum nyengir selalu. Kelihatannya dia penghuni Pink A yang sering main ke Pink B. Nggak segila biasanya sih dia kalau menurut saya.

BOO SEUNGKWAN
Nggak pernah ke Pink B. 😭😭😭😭😭 Lihatnya dari layar terus huhuhu.

HANSOL VERNON CHWE
I COULDN'T STOP STARING AT HIM WALAUPUN MALAM ITU DIA BANYAK DIEMNYA πŸ˜­πŸ˜­ SUMPAH GANTENG BANGET. 😭 JAUH GANTENGAN ASLINYA DARIPADA FOTONYA. 😭😭 HE REALLY HAS WELL-SHAPED-SQUARE-JAW. 😭😭 KULITNYA PUTIH BANGET!!! BANYAK BULENYA DARIPADA ASIANYA YA ALLAH SUMPAH DIA SAMA MINGYU DAN SEUNGCHEOL ADALAH TRIO BANGSAT PINK B. πŸ’›πŸ’–πŸ’š

LEE CHAN
Maknae sangat-sangat bersemangat malam itu. So sweet suka dadah-dadah ke Carat di seluruh penjuru panggung. Dia itu kayak ngasih semua yang dia punya malam itu buat Carat yang datang. Gemes banget waktu dia ngomong "Aku cintaaa" sambil gestur big heart. :3

Seventeen bilang katanya Carat yang hadir malam itu semangatnya luar biasa. Mereka nggak nyangka dapat sambutan semeriah itu. Ke depannya mereka pingin tampil di panggung yang lebih besar.

Oh iya untuk member yang nggak ada fotonya bukan berarti saya nggak sayang ya, itu semata-mata karena memang foto yang saya dapat blur dan nggak layak dipajang di blog huhuhu. Fotonya Jeonghan sama Seokmin itu ngeblurnya paling mending masih kelihatan wajahnya.


Epilog: "Terima Kasih~ Aku Cinta~"
Tiga jam rasanya bentar banget tapi lumayan bikin kaki pegel jinjit dan leher sakit karena ndangak hehehe. Nggak banyak hape yang terangkat di atas kepala (sejauh yang saya lihat dari Pink B). Hampir semuanya menikmati dengan melihat aslinya. Sesekali memang merekam tapi nggak lama-lama karena takut tercyduk dan dikeluarkan dari venue. Di Pink B yang saya tau ada satu orang yang diseret panitia karena melanggar aturan.

Saya puas banget nonton konser ini. Everything was so amazing, fun, and warm hearted. Layar gede di kanan kiri panggung bener-bener HD menampilkan wajah member, kulit mereka masih manusiawi kok.

Waktu VCR nayangin mereka ngomong satu-satu, saya nangis pas Wonwoo bilang kurang lebih intinya begini: "Ketika Carat menghadapi masa sulit di dalam hidup, Seventeen akan menyalurkan energi". Seketika ingat deadline kerjaan. Wonwoo-ssi kamsahaeyo!!! 😭😭😭 

Huhuhu aku nggak peduli Won kamu gombal apa nggak.

BIG THANKS untuk sista-sista:
@audiamon yang bersedia menampung diriku selama dua malam di Tangerang Selatan, naik KRL dan pesan ojek online sewaktu berangkat dan pulang konser, lari-lari bersama dari satu hall ke hall lainnya berburu freebies, makan bersama, dan mengajak ikut jastip tiket konser.


@dawardaa yang sudah ngantri dari pagi dan ngasih saya tempat di belakangnya, membantu memfotokan diriku di wall of fame, ngasih angin dari kipas angin yang dia bawa waktu desek-desekan dekat panggung, berpegangan tangan setiap kali Seungcheol menghampiri, syukur alhamdulillah dapat beberapa freebies Mingyu dan Seungcheol jadi saya bisa sedikit balas budi huhuhu.



@cikiyoon yang sudah menyisakan freebies Vernon untuk hamba yang haus bule ini, bersama @paper_yjh menjadi teman di bandara dan pesawat karena ternyata kami bertiga ngambil jadwal penerbangan yang sama pulang-pergi, kosakata kalian berdua sungguh menghibur luar biasa. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ AKU LUPA NGAJAK FOTO. πŸ˜­

@putri_rosiana yang ternyata satu pesawat juga waktu berangkat, jadi teman ngobrol di bandara menunggu gate dibuka (dia ketinggalan kereta wkwkwk), kemudian menyapa diriku yang celingukan sendiri di holding area sehingga akhirnya bertemu juga dengan mami @seunghoney17 huhuhu.


Tahun depan Seventeen bilang mau datang ke Indonesia lagi lho. Ayo yang pingin nonton semangat nabung dari sekarang. πŸ’ͺ


Muka-muka blushing habis lihat bias dari jarak dekat. Belum sadar kalau slogan official biru bertuliskan SEVENTEEN (yang sebelumnya dipakai berfoto bersama gambar oppa di wall of fame) sudah hancur lebur di dalam tasnya karena terkena air mineral yang pecah kegencet orang dari depan dan belakang. 


*

[UPDATE 190320]

Baru dapet mood ngedit fancam enam bulan setelah nonton konser.
:)))



4 comments:

  1. Ya Allah mbak baca ini lagi kebayang2 konsernya lagi. ini seharian aku ngga bisa move on dengerin lagu seventeen terus jadi pengen datang ke konsernya lagi T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu sama aku juga gabisa move on, tapi belum berani dengerin lagunya huhuhu

      Delete
  2. Enak banget ya Mecima nge-arrange konsernya? Nggak ada kan yang namanya rusuh begini begitu? Pas GOT7 kemarin juga begitu Mbak Endah hahaha. Wah akhirnya nonton juga yaaaa~ Selamaatt!!! Selamat nggak bisa move on dari konser hingga berbulan-bulan ke depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah semua lancarπŸ˜‡ HAHAHAHA EFEKNYA BULANAN YA HMMM HMMM HMMMMM

      Delete