October 4, 2018

Tentang Idol Star Athletics Championship (ISAC) Chuseok 2018


Siapa yang kalau nonton ISAC suka deg-degan?

*ngacung tinggi*

Deg-degan sambil ngomong sendiri macam "ayo ayo plis kamu bisa menang plis". Ya padahal nggak perlu juga sih karena bukan siaran langsung hahaha.

Nonton ISAC Chuseok 2018 ini juga masih deg-degan dan ngomong sendiri gitu. Apalagi kalau yang sedang bertanding grup kesayangan.

(Baca juga: Seollal? Chuseok? Apa Itu?)

ISAC Chuseok tahun ini banyak banget episodenya, dua kali lipat dari sebelum-sebelumnya. Biasanya kan dua ya, kali ini empat episode. Tapi parade sama sumpah atletnya nggak ada. Atlet-atletnya sih tetep pakai baju warna beda-beda. Celananya sekarang seragam dari satu sponsor: celana pendek hitam dengan legging hitam. Biarpun pakai legging begitu tetep kece-kece lah mereka. Apalagi Jeon Wonwoo wkwkwk.

Ada enam cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu: bowling, panahan, lari 60 m, lari estafet, senam ritmik, dan foot volleyball. Bahas satu-satu per cabang olahraga ya.

Bowling
Cabang olahraga bowling mendapat jatah tayang paling lama di acara ini. Episode tiga malah bisa dibilang bowling semua isinya. Awalnya sih seru, lama-lama bosen juga.

Shindong dan Yang Sehyung mungkin jadi atlet paling senior di ISAC kali ini

Paling serius nyimak jelas pas Mingyu-Seungkwan vs Ken-Ravi VIXX. Walaupun Mingyu-Seungkwan kalah, karena suka duluan sama atletnya ya pasti dijabanin sampai selesai hahaha. Ravi beneran sih bagus banget mainnya sampai dapet turkey (tiga kali strike beruntun).


Seungkwan dan Mingyu

Ken dan Ravi

Kalau yang cewek saya nyimak pas final GFRIEND vs. 9Muses. Umji dan Sowon mewakili GFRIEND, Kyungri dan Hyemi mewakili 9Muses. Kyungri jadi blackhole soalnya sering banget bolanya masuk gutter wakakakak. Tapi plot twist dong mereka ngalahin GFRIEND hanya dengan selisih tiga atau lima angka. Sayang banget padahal GFRIEND sempet unggul. Kayaknya mereka nerves dan tertekan gitu lihat Hyemi strike terus.

Hyemi dan Kyungri

Umji dan Sowon

Panahan
Belum apa-apa sudah disuguhi Red Velvet vs. Twice. WENDY TURUN LHOOOO HOHOHO, alhamdulillah naik pangkat soalnya biasanya jadi penggembira tim saja. Wendy melawan Dahyun di partai awal, menurut saya nih dua-duanya belum stabil keakuratan tembakannya (ini cabor panahan apa menembak sih sebenernya). Wendy kadang bagus, kadang melenceng. Dahyun juga gitu. Tapi Wendy bisa dibilang sedikiiit lebih maju dari Dahyun. Dahyun juga sudah bisa mengontrol wajahnya ketika tembakannya meleset.

Wakil Red Velvet: Irene, Yeri, dan Wendy

Wakil Twice: Tzuyu, Chaeyeon, dan Dahyun

Partai kedua giliran Yeri yang turun. Twice diwakili sama Chaeyeon. Permainan Yeri lebih bagus daripada Chaeyeon. Twice ini yang paling stabil dan paling akurat masih Tzuyu. Dia turun di partai terakhir melawan Irene. Ledakan visual terjadi, CANTIK SEMUA BOS!

Tzuyu

Irene

Red Velvet pada akhirnya maju ke babak final melawan Gugudan. Gugudan ngalahin GFRIEND. Gugudan ini "anak baru" yang prestasinya melejit di cabang panahan. ISAC sebelumnya dapat emas, ISAC sekarang juga dapat emas. Skornya cantik-cantik pula, angka sembilan jejer terus-terusan. Hmmm...tangmentang namanya Gu9udan.

Wakil Gugudan: Sejong, Mina, dan satu lagi nggak tau namanya

Mongomong meskipun Red Velvet dapat perak, Irene jadi pahlawan para atlet yang datang waktu itu. Kenapa? Karena dia berhasil memanah tepat ke lensa kamera. Komentator Jo Hyunmoo janji kalau sampai ada atlet yang memanah kamera, dia bakal beliin ayam goreng semua atlet yang ada di situ.

Jo Hyunmoo paling kiri pake jas

Lari 60 m
Yang cowok-cowok nggak terlalu saya perhatiin soalnya nggak ada yang tau huhuhu muda-muda semua. Yang jelas medali peraknya diraih dua atlet. Nggak ada yang dapat perunggu.

Ada sebuah kontroversi yang terjadi di track cewek-cewek. Lee Nakyung Fromis9 didiskualifikasi karena menyerobot lintasan lawannya waktu masuk ke garis finish (jadi jatuhnya kayak menghalang-halangi lawan, bahasa kasarnya curang). Lee Nakyung gagal dapat emas. Yang posisi keempat naik jadi posisi ketiga dan dapat perunggu.

Lee Nakyung Fromis9

Duri (nama orang) yang lintasannya dimasuki Nakyung waktu garis finish

Lari Estafet
Medali emas cewek diraih sama WJSN. Pelari terakhir WJSN (Eunseo) menarik perhatian komentator Leeteuk soalnya wajahnya santai sambil senyum gitu tapi larinya cepet wkwkwkwk.

Nah yang cowok nih mau saya bahas agak panjang. Jadi ceritanya SEVENTEEN ditinggal sama pelari terakhir, tercepat, dan terambisius di lintasan estafet (iya ini lagi rasan-rasan Bapak Choi Seungcheol). Nggak tau lagi kemana beliaunya (dan beberapa temannya), yang jelas member yang hadir waktu itu hanya delapan orang saja.

(cr: pledis_17)

Biasanya line-up untuk lari estafet SEVENTEEN diisi sama Wonwoo, Jeonghan, Mingyu, dan S.Coups. Berhubung Mingyu dan Jeonghan masing-masing sudah turun di cabang bowling dan foot volleyball, maka line-up utama hanya tersisa Jeon Wonwoo seorang.

Nggak mungkin dong Wonwoo turun sendirian, maka dari itu dikeluarkanlah line-up cadangan Hoshi, Dino, dan DK untuk menemani mas Wonwoo agar tidak ijen seperti kawah. Urutan larinya begini: Hoshi-Dino-Wonwoo-DK.

DK, Dino, dan Hoshi

Menurut saya, menurut saya lho ya (bisa jadi ISAC selanjutnya saya ditampar dengan prestasi line-up cadangan ini), tim SEVENTEEN beruntung dengan adanya beberapa lawan yang jatuh atau tongkat estafetnya jatuh. Nggak, saya nggak bersyukur atas terjatuhnya beberapa atlet. Suer deh. Ini jujur aja dari hasil pengamatan.

Di babak penyisihan, ada satu atlet yang jatuh (lupa namanya siapa) dan Dino refleks menghindarnya cepet banget luar biasa maknae!! SEVENTEEN bisa finish kedua dan masuk ke babak final. Syukur alhamdulillah atlet yang jatuh nggak cedera sama sekali. Siapa pun kamu dan grupmu, gapapa tahun ini belum berhasil, dicoba lagi di ISAC selanjutnya.

(Baca juga: Pesta Olahraga K-Pop)

Di babak final, lagi-lagi ada yang jatuh. Kali ini tongkat estafet yang jatuh (dan seharusnya kalau tongkat estafet jatuh pelarinya didiskualifikasi kan? ini kok nggak sih? ganti ya aturan lari estafet?). Dan lagi-lagi Dino refleks menghindarnya akurat sekali nggak nabrak nggak apa langsung lolos menerobos ((( kekeosan ))) suasana.

SEVENTEEN punya bibit unggul penerus keambisiusan sang leader. *tepuk tangan* Dek Ichan tuh beneran ya semangatnya luar biasa. SEVENTEEN finish kedua dan berhasil meraih perak.

Sebenarnya jauh sebelum ISAC ditayangkan, sudah ada foto-foto idol yang menjadi atlet ini yang dirilis para fansite. Saya nahan-nahan banget untuk nggak kepo biar nggak kena spoiler. Paling benci spoiler soalnya hahahaha (tapi suka ngasih spoiler *dijitak*). Eh...lha kok pas sudah download tapi belum nonton kemarin itu keduluan baca twit Dino yang nyatain kalau mereka dapat perak. Gagal deg-degan dengan sempurna deh jadinya. :)



Senam Ritmik
Diisi dengan beberapa wajah-wajah baru. Juara bertahan Cheng Xiao nggak ikut berpartisipasi. Wajah-wajah baru ini kalau dari kacamata saya kelihatan masih belum luwes gitu gerakannya. Mungkin gugup atau mungkin saya aja yang salah hahaha udah amatir sok-sok menilai pula wkwk. Yang luwes justru mulai Nayoung PRISTIN dan peserta-peserta setelahnya. Jadi kayak paruh keduanya gitu lho yang gerakannya bagus-bagus.

Nayoung yaaa...hmmm posturnya bagus banget. Dia kan senam pakai pita, ayunan pitanya jadi makin bagus karena dia tinggi. Jadi keliahatan kayak pitanya mengayun dan berputar lebih lama dan lebih indah. But surprisingly dia kalah loh huhu kusedih.



Nayoung PRISTIN

Yang dapat emas namanya Naeun dari APRIL apa ya...bukan sih kayaknya auk ah lupa, yang perunggu juga lupa siapa, yang perak ini peserta lawas Jang Seungyeon CLC. Kostum Seungyeon lain daripada yang lain. Lainnya pakai rok dia pakai celana. Saya baru tau lho kalau kostum senam ritmik ada yang kayak gini:


Foot Volleyball
Cuma nonton sekilas, nggak begitu tertarik hehehe. Atletnya campur-campur sih. Pokoknya tim pertandingan cabor ini harus mencapai skor 15 biar menang.

Udah itu aja.

Btw happy birthday Yoon Jeonghan!


(all idols pics are from MBC)


*

No comments :

Post a Comment

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top