February 3, 2017

Pesta Olahraga K-Pop


Dari kecil saya suka banget nonton pesta olahraga internasional. Mulai dari SEA Games, Asian Games, sampai Olimpiade. Cabang olahraga favorit saya renang, renang indah, loncat indah, senam ritmik, lari, dan bulutangkis pastinya. Nggak semua saya tonton sih tergantung apa yang sedang ditayangkan di televisi aja hehehe.

Dan surga dunia banget waktu ada pesta olahraga untuk member-member girl group dan boy group K-Pop. Nggak ada translate bahasa Inggrisnya nggak masalah. Karena ya nonton orang lomba lari mah ngapain cari video yang ada english subtitle-nya wkwkwk. Modal bisa baca huruf Korea udah cukup biar tau siapa lawan siapa.

Pesta olahraga artis-artis K-Pop ini namanya 'Idol Star Athletics Championship' (ISAC). Dulu pernah outdoor waktu jamannya Super Junior masih muda-muda lol. Sekarang nggak tau kenapa kok indoor terus. Mungkin karena Chuseok jatuhnya sering di musim dingin. Iya ISAC biasanya diadakan di tahun baru Chuseok.

Kali ini saya mau bahas tentang ISAC 2017. Bahasnya per poin biar gampang.


Partisipan
Wow pada wajah baru-baru semua. Regenerasi banget ISAC 2017 ini. Sisa partisipan jaman dulu paling B1A4, Teen Top, sama EXO. BtoB, ZE:A, SISTAR, bahkan A Pink aja udah nggak ikutan. Luar biasa. Time flies so fast.


Yang cewek-cewek sih banyak yang masih tau ini siapa itu siapa. Kayak GFRIEND, Red Velvet, Twice, AOA. Yang jadi masalah adalah cowok-cowoknya, sumpah saya nggak banyak tau ini siapa dari grup apa. KNK, Snuper, UP10TION, Astro, VICTON.....I have no idea who is who. Seventeen masih tau lah ya beberapa. *kemudian teriak VERNOOOOON* 😂 Btw Vernon kalau dihangulin kok jelek amat. Bonon. Hih. Nyebelin.



Just Pink and White
Surprisingly nggak ada lagi grup A, B, C, D...Z, AA, AB, dst. Pusing kali panitianya bagi-bagi ini grup A, itu grup B. Bagus sih saya suka. Nggak ada lagi juara umum-juara umuman di akhir acara. Agak nggak fair tahun lalu, dimana tiap grup jumlah orangnya beda-beda. Tahun ini semua yang cewek pakai setelan pink. Semua yang cowok pakai setelan putih. Good job!



Sumpah atlet
Seperti biasa ada sumpah atlet untuk fair play. Empat orang mewakili untuk membaca sumpah di atas panggung. Dulu pernah nyebelin banget Suzy disuruh baca sumpah. Lha wong Suzy posisi start lari aja nggak bisa kok mewakili baca sumpah. Kelihatan banget cuma lihat fisik sama ketenaran. Kalau acara awards sih gapapa ya, kalau olahraga kan beda. Yang mewakili harus yang jago olahraga. Kayaknya tim produksi ISAC bisa baca pikiran saya waktu itu *ge-er mode on* tahun berikutnya yang baca sumpah Bora SISTAR, Minho SHINee, sama siapa lagi ya lupa pokoknya semua jago olahraga.

Lha kok tahun ini terulang lagi sejarah "Suzy". Seolhyun baca sumpah. Maaf nih ya fans AOA. Coba lihat sendiri deh Seolhyun pas tanding panahan kayak gimana. Mending yang baca sumpah Yuju GFRIEND atau Junghwa EXID. Cowoknya yang baca sumpah Baro B1A4. Masuk banget karena dia jago sprint dan sepak bola.



Rambut tergerai
Coba tonton lomba lari ISAC 2010-2017 kategori cewek. Sebagian besar partisipan yang rambutnya panjang, nggak ada yang dikuncir. Tergerai menjuntai waktu start, tergerai melayang-layang waktu lari. Kok nyaman ya?? Saya aja yang lihat rasanya sumpek loh. *itu masalah lo nyet*


Menjaga penampilan biar cantik selalu itu bagus, cuma ya lihat-lihat kondisi lah lagi dimana dan ngapain. *ngatur* Entah kebetulan atau bukan, partisipan yang rambut panjangnya dibiarin tergerai kebanyakan justru nggak jadi juara. Yang juara malah yang rambutnya diikat atau yang rambutnya pendek. Karena apa? Karena mereka konsen ke pertandingan bukan ke penampilan. #dikeroyokmassa


NO MORE FUTSAL!!!!!!!!!!
YEAYYY!!!!!!!!!! Futsal in ISAC is so boring af.


Lompat tinggi ditiadakan
Karena juara bertahan Lee Minhyuk BtoB sudah pensiun dari ISAC. Wkwkwk. Ngaco lu ndro. 


Cabang olahraga baru
Sebagai pengganti futsal dan lompat tinggi, diadakanlah senam ritmik dan aerobik. Senam ritmik ini perorangan untuk cewek, sementara aerobik beregu untuk cowok.

Partisipan senam ritmik cantik-cantik kostum, tata rambut, dan gerakannya.






Terus ada Cao Lu!! Di antara daun-daun muda, Cao Lu masih bisa meraih medali emas senam ritmik. Cao Lu ini udah 29 tahun loh, bahkan sama Tzuyu aja beda umurnya 12 tahun. Gileee masih enerjik aja lawan teenagers. *sungkem*


Aerobik ada beberapa tim yang wow aerobik banget gerakannya. Tapi ya karena keseringan nonton mereka nge-dance di music video dan acara musik mingguan Korea, jadinya biasa aja nggak terus-terusan bikin heboh. Hahaha. Kostumnya hampir semua ada unsur emas dan bling-bling.








Anyway terlepas dari kritikan saya sebagai penikmat ISAC, saya salut banget sama mereka semua yang ikut ISAC. Benar-benar latihan keras dan tampil maksimal. Two thumbs up!

Oh iya tambahan, alhamdulillah nggak ada yang cedera serius gara-gara ikut ISAC. Paling Leo VIXX yang jatuh pas estafet. But he looked fine.

Kemarin-kemarin sempat baca di netizenbuzz tentang makan siang partisipan-partisipan ISAC. Katanya ada yang mewah tapi ada juga yang cuma roti sama air mineral. Sempat heboh sih kayaknya. Tapi saya nggak paham kenapa heboh jadi nggak mau komentar. :p

Terus ada juga orang Korea yang nyinyir dan nggak suka ISAC. Katanya acaranya jelek dan bosenin. Tapi penonton live di studio tetep banyak gitu.

Menurut saya ISAC ini dilestarikan aja. Nggak laku di Korea kan tapi laku di internasional ya, hahaha. Oke sip sip sip??


(all photos are from MBC's website)

No comments:

Post a Comment