April 22, 2021

Tentang Kembalinya DAY6 yang Tanpa Promosi


Saya lagi mampet ide rasanya, tapi kalau kemampetan ini nggak dijebol kan bakal mampet terus ya. Yaudah hari ini nulis tentang DAY6 aja soalnya mereka baru comeback juga. Karena tulisan ini ceritanya adalah tulisan penjebol kebuntuan, jadi isinya ya curhat semata bukan analisis teknis atau teori MV lol.

Berita DAY6 comeback di bulan April keluar bertepatan dengan saya yang sedang clbk ke CNBLUE. Jadi nggak terlalu nunggu-nungguin dan nggak kzl ke Studio J. Studio J baru merilis comeback poster di akhir Maret kalau nggak salah ingat, sekalian tertulis tuh tanggalnya tanggal 19 April. So chill guys kalau udah waktunya rilis pasti rilis kok, namanya juga industri pasti ada time table sendiri merekanya.

Video pertama yang dirilis nampilin siluet-siluet member DAY6 dengan back sound instrumen lagu Letting Go. Sampai di sini saya bingung, hah masa comeback sama lagu lama? 😂 Bagian akhir video ini ngingetin saya ke siluet F4 Meteor Garden 2001 HUHUHUHU.


Kemudian berturut-turut rilis trailer film, epilog film versi Korea yang naratornya YoungK, dan epilog film versi bahasa Inggris yang naratornya Jae. Waktu nonton trailer film itu saya jatuh cinta dengan tema warna yang akan mereka pakai di comeback ini: jingga dan hitam.

Lalu ada sosok perempuan yang ditampilan di kedua video epilognya. Sampai sini saya bertanya-tanya wah bakal ada cewek nggak ya di MV yang ini, atau dia hanya muncul di video epilog aja? MV DAY6 yang ada model ceweknya terakhir tuh kalau nggak salah Shoot Me tahun 2018 bukan? Gila lama banget ternyata.


Berikutnya mereka merilis track list dan sneak peek album. Comeback kali ini judulnya The Book of Us: Negentropy - Chaos swallowed up in love. Seperti yang sudah tertulis di comeback poster yang berbunyi "O, all the chaos and utopia of demons that bloom in the mother nature! With a prayer, thou shalt disappear and true love will bloom in place", konsep comeback-nya bernuansa healing.

Udah capek kan tuh jingkrak-jingkrak dari zaman Gravity, pekat dan cenderung gelap di era Entropy dan The Demon, sampai peralihan dari musim galau ke musim bahagia di Gluon, maka semua itu ditutup dengan puk-puk lembut oleh Negentropy. Ibarat senam SKJ nih ya, Gravity itu pemanasan; Entropy dan The Demon itu inti; Gluon dan Negentropy itu pendinginan.

Btw kalian pernah ngalamin era senam SKJ tiap pagi nggak waktu masih SD? WKWK.

Skip.

Negentropy jadi penutup seri The Book of Us yang total albumnya ada sembilan. Versi album Negentropy sama seperti Gravity dan Entropy: dua macam saja (sebenarnya The Demon juga cuma dua macam tapi selimut cover-nya masing-masing lima macam alias individual cover terselubung). Versi Negentropy namanya One& dan Only. One& ini cover-nya foto siluet asli member DAY6 yang sedang memandang sunset, sedangkan Only sampulnya berupa foto One& yang disketsakan menjadi sebuah gambar digital.

Lanjut ke teaser foto per member. Berbeda dengan sebelumnya, teaser foto di comeback kali ini urutan keluarnya dibalik menjadi maknae duluan terus leader belakangan. Jadi urutannya Dowoon, Wonpil, YoungK (nasib anak tengah mau gimana pun urutannya dia tetep yang ketiga😀), Jae, dan Sungjin. Mungkin karena dua nama terakhir hiatus setahunan karena gangguan kecemasan kali ya akhirnya rilisnya belakangan sekaligus dijadikan gong biar pacar-pacar sedunianya ini menunggu dengan antisipasi yang tinggi. /pret

Teaser foto Dowoon bagus dan cakep seperti biasa. Saya nggak kaget udah sama dia hahaha karena kagetnya udah habis di teaser Entropy dulu. GILA SIH ITU TITIK DI MANA HAMBA OLENG KE OKNUM YDW WKWK. Dowoon gaya rambutnya nggak berubah banyak dari era Gluon.


Giliran teaser foto Wonpil yang rilis, nah baru deh tuh saya heboh soalnya DIA GANTENG BANGET! Udah ketampar sama kegantengan Wonpil sejak nonton konser Gravity tempo hari, tapi tetep aja gitu kalau lihat Wonpil tuh bawaannya ingin menjeriti ketampanan tuan muda. 😭 Mana teaser di pantai dia pakai jaket kulit kan...udah deh Natya banget.


Terus...teaser foto YoungK. Gimana ya ngomongnya hahahaha. Dua teaser sebelumnya tuh saya nggak nungguin yang gimana-gimana, malah kadang lupa dan udah tidur. Waktu tau hari perilisan teaser YoungK jatuh, saya dalam hati jadi ada perasaan menunggu bakal kayak apa fotonya. Mendekati jam 10 malam WIB, udah feeling kalau kegiatan ini tuh salah (kegiatan nungguin maksudnya). Bener aja tepat pukul 10 teaser fotonya keluar saya langsung...BRIAN DANGDUT BANGET! 😂


Member berikutnya yang foto teaser-nya dirilis adalah Jae. Sumpah ya ini anak kayaknya emang terlahir dengan pembawaan keren. Pose di depan mobil jadul sambil lihat kamera gitu aja udah cakep banget, gils.


Terakhir fotonya Sungjin...tindikan tiga. 😭😭😭😭😭 Bye world~~~ Saya mau nulis aneh-aneh tapi ini masih puasa takut hanya mendapat lapar dan dahaga semata wakakak jadi mari disudahi membahas Bapak Sungjin.


Yang jelas dari teaser lima member ini dapat ditarik satu kesimpulan: hidung anak DAY6 tinggi semua. 👍


Kalau diranking, urutan kesukaan teaser versi saya nomor satu jelas Jae, dua Sungjin, tiga Wonpil, empat Dowoon, dan terakhir...kesayangan aku YoungK Younghyun Brian Kang. 😂

Lanjut ke lyric film yang mana berupa video singkat pemandangan dengan tulisan lirik dan back sound instrumen masing-masing track list. Ada everyday we fight, You make Me, Healer, Only, above the clouds, ONE, dan so let's love. Favorit saya Healer, langsung nyangkut sekali dengar. Dan bener aja waktu lagu full-nya rilis, Healer menjadi track yang saya suka dalam satu kali dengar. Bahkan You make Me yang title track aja butuh dua kali dengar untuk suka.

Biar urut bahasnya dari everyday we fight. Yang saya suka dari lagu ini adalah salah satu penggalan liriknya yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi seperti ini: Let's fight, the pain will be brief. But we will get stronger. It's fine. Rasanya kayak disemangatin lagi hehehe padahal lagunya lagu cinta sebenernya, cuman bisa diterapkan di life in general.

Next, You make Me, the title track of this album. Sudah jelas ada MV-nya pasti. Waktu teaser MV You make Me rilis, ditampilin tuh ada model cewek sama cowok yang nari-nari sambil gandengan tangan di pantai dan kelima member DAY6 tampak menatap mereka berdua (tapi kalau menurut saya, dilihat dari arah mata mereka berlima, mereka lihatnya ke arah langit atau ke matahari terbenam, kayak kalau lagi di pantai menikmati sunset terus ada orang di depannya nari-nari, yang kelihatan ya tetep sunset-nya, but this is just my opinion). Waktu nonton scene ini saya langsung...wah jadi meme nih bentar lagi. Bener aja lol. Dari sekian banyak meme dan interpretasi dari yang kelewat galau sampai yang kocak, saya paling suka yang ini:


Kabarnya MV You make Me tidak boleh tayang di KBS karena melanggar tata tertib mengemudi. Emang sih yang nyetir itu mas-mas yang sedang berdarah-darah terluka. Sampai dia nggak sadar diri, ceweknya bingung. Cerita di MV ini metafora sih kalau kata saya, tapi berhubung hamba bukan penikmat teori jadi yaudah lewat aja lol. Waktu nonton MV-nya, saya kedistrak sama alur ceritanya jadi lagunya nggak terlalu ngeh. Baru suka dan menilai lagu ini bagus ketika dengerin dari Spotify.

Healer udah saya jelasin tadi jadi track terfavorit karena lagunya upbeat dan bikin kangen nonton konser di venue HUHUHUHUHU corontong plis cepet kelar dong u napa awet banget di dunia. 😭

Terus lagu Only kesannya jadul tapi enak karena kalem tapi masih ceria. Lagu bucin yang dibuka dengan YoungK nyanyi "Beautiful, beautiful, beautiful, beautiful, beautiful you, I love you". Ada yang bikin meme lagi, coba lihat video ini karena saya nggak mau geli sambil ngikik sendirian:


Lagu above the clouds sedih bangeeet HUHUHUHU. Lagu tentang orang yang sudah meninggal. 😭 Dengerinnya hati rasanya nyesss trenyuh pingin nangis. 😭

Lagu ONE sama so let's love jadi least favorite saya. Bukan berarti lagunya jelek ya, cuman sampai hari ini masih belum terngiang-ngiang secara otomatis aja di kepala. Mungkin perlu beberapa kali lagi dengar terus jadi suka semua lagu yang ada di album Negentropy ini.

Anyway untuk MV-nya bisa ditonton di channel YouTube JYP, full album bisa didengerin di Spotify, dan terjemahan bahasa Inggris lirik tiap lagu bisa dilihat di website Genius. Secara keseluruhan, lagu-lagu yang ada di The Book of Us: Negentropy ini rasanya beda dengan lagu-lagu yang pernah dirilis DAY6 sebelumnya. Bedanya di mana? Saya nggak nemu kata-kata untuk mendeskripsikan. Kalau ada yang mau tau coba aja dengerin lagu-lagu DAY6 yang lama terus bandingin sama lagu-lagu baru ini and share your thoughts with in the comment section if you don't mind.

Apa lagi ya...hmmm OH IYA MODEL MV-NYA. Model yang cowok namanya Sung Yonglok, yang cewek Lee Seoyeon. Dua-duanya dari agensi model YGK+, sama kayak model MV Zombie tahun lalu.

Kalau pingin tau bentuk dalam albumnya seperti apa, silakan lihat unboxing albumnya di video K-THING TV ini. Bener tebakan saya, teaser foto yang di pantai untuk versi One& dan teaser indoor sama mobil untuk versi Only. YoungK lucu banget di photocard grup yang versi One& rambutnya kena angin HUHUHUHU. *kostum dangdut termaafkan seketika*

Thanks to-nya Wonpil juga bikin mewek. 🥺🥺🥺


Terakhir, untuk menjelaskan judul postingan ini. DAY6 nggak ada promosi untuk Negentropy karena Sungjin, leader-nya, sedang wamil. Insyaallah discharge tanggal 7 September 2022 kalau nggak meleset hitungannya. Habis itu gantian lainnya yang wamil wkwk. Sabar ya my fellow MyDay friends, we can get through this together. Wamil is not an ending

Bye, happy Earth day and see you on my next post!


*




4 comments :

  1. Lagi mampet ide aja, hasil tulisannya bisa ngalir sepanjang gini. Emang beda yah kalau udah ahli nulis.

    Melihat endah yang bersemangat membahas mulai dari teaser video, teaser foto, konsep, mv dan dan menilai setiap lagu di album terbaru Day6, aku semakin sadar bahwa aku adalah tipikal fans yang lempeng. wkwk.

    Soalnya kalau BTS comeback, aku cuma nunggu MV dan dengerin lagu, udah kelar. Padahal BTS juga terkenal dengan teori2 pada MV dan albumnya, tapi aku bener-bener ga tertarik mendalami teori.

    Sebagai yg suka juga sama lagu-lagu Day6 (belum merasa pantas disebut my day), aku juga sedang Day6 comback lengkap. Dan beneran, lagu barunya langsung masuk ke kuping. Tapi shock juga, pas pengumuman mereka comeback lengkap tp Sungjin malah wamil, jadi ini yang bikin mereka ga promosi yah?

    Oh iya, Jae dan Sungjin hiatus setahun karena masalah mental health kan? Tapi yang aku bingung, Jae itu malah aktif di twitter dan platform live twitch. Jadi aku ingin denger komentar endah sebagai my day.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhu tulisan curcol memang mantap untuk membuka jalan ketika mampet ide mba.

      WKWKWKWK gapapa lempeng tapi tetap mendukung. Tulisan-tulisanku yang model begini hampir semuanya isinya mengorek memori ketika lihat teaser sampai MV rilis mba Dila, nggak ada yang based on teknis musik dll dkk juga karena nggak bisa. xD

      Asal baca nggak sih mba kalau ada teori tewat TL? Karena biasanya pusing duluan bacanya kalau aku hahaha.

      Mba Dila kayak temenku, langsung masuk kuping dia juga lagu barunya Day6 yang ini. Iya gara-gara leadernya wamil akhirnya nggak ada promosi sama sekali.

      Kalo tentang Jae yang aktif platform-platform itu di masa hiatus kegiatan band, dari artikel Allure yang aku baca ya mba, itu karena dia mau sharing cerita struggle-nya ke fans. Pingin nunjukkin kalau idol tuh manusia biasa juga yang nggak sempurna. Dia sering dapat komen "kamu role model aku Jae", terus dia pingin nunjukin kalau role model itu nggak sempurna, sama aja kayak kalian kalau pas ngerasa nggak sempurna. Sama ini sih, dia pingin banyak orang aware dengan masalah kesehatan mental. Gitu sih mba Dila setauku dari wawancara dia sama majalah Allure.

      Delete
    2. Ternyata ada typo, bukan 'sedang' tp 'senang'. Mungkin krn aku ga hobi baca novel, jd ga tertarik jg sama teori2. Atau emang otaknya ga nyampe..wkwk

      Oh gitu. Mgkn mental health ada tipe2nya yah. Klo Jae malah pengen lebih akrab sama fansnya. Tp aku jg pernah denger klo jae kecewa sm jyp krn day6 kurang dapat perhartian. Waktu itu pernah jae ngeluarin single (ntah feat sm artis lain, aku lupa), trus si pihak jyp ga promosiin gitu. Trus dia protes di twitter. Apa jgn2 dia tu sebenarnya ngambek sm jyp makanya milih hiatus.

      Delete
    3. Mbaaa aku gak ngeh ada typo😂 aku bacanya nyambung-nyambung aja maksudnya, kayaknya aku ngebacanya "senang" deh😂

      Oh iya pernah mba Dila. Waktu itu dia ngetwit reply ke twitter official DAY6 nanya kenapa kegiatannya nggak ditwit. Waktu itu twitter officialnya ngetwit kegiatan YoungK. Waktu itu aku pikir dia bercanda kan soalnya dia suka bodor kalo di twitter. Eh beneran protes😅 Udah beberapa kali juga setelah itu dia sering speak up masalah manajemennya.

      Nah kalau masalah dugaan dia hiatus gara-gara nggak gitu dipromosiin sama manajemennya, aku nggak pernah nemu artikel atau translate dia ngomong kayak gitu pas streaming dll sih mba.

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top