I Feel Like I Became A Zombie~


Hellooo!!! Welcome back!

Setelah mengalami beberapa kali pasang surut suasana hati sejak tanggal 11 Mei, akhirnya hari ini saya memutuskan untuk nulis aja tentang comeback DAY6 dengan mini album kesekiannya (lupa angkanya huhu) yang bertajuk 'The Book of Us: The Demon'. Ini adalah akhir dari trilogi 'The Book of Us', sebelumnya sudah ada Gravity dan Entropy yang tentunya terlewat untuk direview di blog ini karena saya kebanyakan alasan menunda-nunda.

Baiklah mari mulai saja.

Comeback ini termasuk yang sangat dinanti-nanti oleh fans setelah DAY6 merampungkan world tour concert GRAVITY dengan last stop di Spanyol pada Januari lalu. Februari mereka istirahat hampir sebulan, Maret mereka gagal ke Indonesia untuk konser festival HITC gara-gara nappeun corona, dan bulan April itu ngapain ya mereka? Sampai lupa. Pokoknya akhir April itu sudah heboh lah kita (???) karena akhirnya DAY6 dikonfirmasi comeback tanggal 11 Mei.

Emang suka sok-sokan kangen. Begitu diumumin beneran malah kalang kabut pakai alasan nggak siap lah, deg-degan lah. Halah kalian semua tuh!

*kemudian refleksi diri*

Beberapa fans agak ribut dengan masalah schedule comeback ini, pada marah-marah ke Studio J sampai jadi trending topic pakai tagar berbahasa Korea 'Studio J bangun kalian!'. Saya inget banget kejadian ini tuh waktu nggak buka twitter sama sekali. Ditinggal cuma semalam aja udah panas banget TL wkwkwk. Ada yang sampai war dengan fans grup satu agensinya. Wah heboh pokoknya. Saya cuma mantau sambil makan siang soalnya pas lagi nggak puasa. *disambit*

Intinya comeback ini dirasa kurang persiapan karena baru upload foto-foto teaser di H-10 alias tanggal 1 Mei. Yang grup satunya itu comeback masih bulan depan tapi udah gas pol promosi. Terus ditambah nggak ada jadwal promosi apa-apa di fancafe(?)nya DAY6. Ternyata pemirsa...

DAY6 harus istirahat dulu nggak promosi untuk comeback kali ini karena dua orang member terkena gejala anxiety. :(

Pengumuman ini dikeluarkan di H-1 perilisan MV. Gila itu TL pada banjir emot nangis semua. Sayanya merinding mikirin orang-orang yang kemarin marah-marah apa nggak DHEG gitu baca berita ini (saya sendiri baru bisa nangis pas nonton MV Making). Pelajaran untuk kita semua supaya tidak lagi bersumbu pendek.

Di hari perilisan MV saya langsung nonton dan streaming di Youtube. Lanjut memantau TL yang mana sangat takjub dengan kerja keras MyDay di seluruh dunia. Lagu 'Zombie' berhasil memuncaki beberapa chart musik seperti Genie dan Bugs. Melon pernah peringkat satu nggak? Lupa. Youtube pun berhasil mencapai satu juta views dalam beberapa jam setelah perilisan, termasuk yang tercepat sejauh ini dibanding MV-MV DAY6 yang lain.

Ini lho yang saya dulu kaget. Anjir lah ini grup underrated banget. MV sama lagunya tuh bagus-bagus tapi yang nonton nggak banyak. Buat mencapai satu juta views setelah perilisan tuh kayak lama banget. Langsung berasa effort yang dikeluarkan harus lebih keras daripada, misalnya, pas Seventeen atau Blackpink comeback. Blackpink mah saya tinggal tidur juga udah pasti memecahkan rekor views mereka sendiri.

Menyinggung tentang MV 'Zombie' (ini title tracknya), setelah tiga kali comeback nggak pakai model, akhirnya kali ini ada model di MV-nya. Dia adalah Kim Jihoon, model dari agensi YGKPLUS. Di MV dia akting jadi manusia kantoran yang jalannya udah kayak zombie karena rutinitas yang membuatnya nggak tau lagi harus gimana. Wajahnya udah pucat dan kuyu, kantong mata dan lingkaran hitam di bawah matanya makin negesin kalau dia lagi lelah menjalani hidup.



Saya penasaran ini gimana cara syutingnya sampai ada banyak orang-orang yang lalu lalang dengan cepat di sekitar mas Jihoon ini. Kan di Korea lagi social distancing kan, jadi makin pingin tau ini sebenernya kayak apa keadaannya pas syuting. Apa ada beberapa orang aja yang jadi ekstra terus kemudian diedit pake CG biar kelihatan banyak orang? Pas di dalam kantor juga gitu, kelihatan ada banyak pekerja. Kayak kehidupan kantor pada umumnya sebelum pandemi corona.

Di IG mas Jihoon sendiri sih diupload foto pas di jalan dan sekitarnya sepi. Oh iya btw yang komentar di postingan foto dia yang lagi syuting MV ini pada dilike lho hehe. Komentar saya ikutan dilike sama masnya huhuhu. Nggak dinotis DAY6 tapi dinotis model MV-nya aja udah seneng deg-degan begini. T_____T


Btw fyi lokasi syutingnya ada di daerah Gangnam. Berdasarkan informasi dari maknae line DAY6 waktu mereka live Vlive ZomBehind wkwkwk. Tonton deh itu videonya (link warna merah di kalimat sebelum ini, udah ada engsubnya), lucu banget mereka huhuhu. Nggak ada hyung line, YoungK yang jadi pengayom Dopil hahahaha.

Lirik lagu 'Zombie' sendiri kalau menurut saya sangat depresif, nggak ada jalan keluarnya. Nggak kayak 'For Me' misalnya yang memang mengakui hidup ini berat, tapi 'For Me' masih ngasih solusi berupa dukungan kepada diri sendiri.

Untuk yang sedang berada di titik terendah dalam hidup dan mudah ketrigger, sebaiknya jangan dengerin atau baca lirik lagu 'Zombie' dulu. Kalau udah siap, baru deh dengerin atau baca gapapa. Pokoknya kondisikan sesuai dengan kondisi masing-masing.

Saya sendiri di hari perilisan MV ini masih nggak kenapa-kenapa. Masih streaming sambil menikmati lagunya. DAY6 ini jago banget emang bikin lagu yang liriknya apa, melodinya gimana. Kalau nggak ngerti arti liriknya, lagu 'Zombie' ini tuh melodinya nggak depresif sama sekali. Kayak...yaudah santai aja gitu.

Bahkan di malam hari saya dengerin semua lagu di 'The Demon' ini sambil nyari arti liriknya apa. Ada delapan lagu yaitu 'Day and Night', 'Zombie', 'Tick Tock', 'Love Me or Leave Me', 'Stop', '1 to 10', 'Afraid', dan 'Zombie' English version (saya bingung bikin peringkat lagu-lagu ini bagaimana, cuman yang 'Love Me or Leave' akhir-akhir ini nyantol banget di kepala).

Review amatiran versi saya untuk masing-masing lagu seperti ini:

  1. Day and night: Liriknya galau, tapi lagunya jedak jeduk. Niscaya jika tidak membaca terjemahan lirik dan tidak mengerti bahasa Korea maka akan salah duga lagu ini lagu ceria. Liriknya tentang dua orang yang seperti matahari dan bulan, nggak pernah ketemu. Konteksnya urusan cinta ya, jadi ceritanya udah pacaran. Ini persis kayak trailer film 'The Demon' yang dua hati satu panas satu dingin. Saya dengerinnya sambil joget-joget terus miris karena udah ngerti liriknya hahaha.
  2. Zombie: udah dibahas di paragraf-paragraf sebelumnya.
  3. Tick tock: Yang Ini mending lah antara lirik sama melodi(?)nya match, sedih bertemu sedih. Kangen dengan masa-masa di mana masih saling ngobrol tentang hal-hal tidak penting dengan pacar. Reffnyaaaaaa...hamba melebur. Vibe lagu ini mirip lagunya 'Rainy Day' punya Mamamoo.
  4. Love me or leave me: Ngebeat, ngerock kayak lagu anime. Terus liriknya itu dinyanyiinnya cepet. Gedebuk drumnya kedengeran, raungan(?) gitar elektriknya juga kedengeran banyak. Lirik lagu ini tegas menyuruh love me or leave me (cukup jelas seperti tertera di judul). "Terserah beb keputusan kamu apa, aku ngikut. Kasih tau aku kalau kamu bilang NO. Tapi aku tau kamu bakal bilang NO" yaaa kayak udah siap ditinggal gitu lah masnya, udah pasrah.
  5. Stop: Ini juga setipe dengan sebelumnya tapi bukan anime, sama-sama ngerock maksudnya. Di lirik lagunya masnya udah capek sama pasangannya yang kalau ngomong belibet. Emang dasarnya hubungannya dibangun di atas pondasi yang tidak kuat alias pasir, jadi ya gitu sampai belakang berantakan. Masnya ga bisa rapihin, ceweknya juga. Masnya frontal kalau marah bawa-bawa otak. 🤣 Huhuhu takut akutu dimarahin.
  6. 1 to 10: LAGU BOCEEENN HADEH BRIII BOCEN SIAPA BRIIIIII?????? "Nobody loves you more than me babe, you dont have to know where we going pokoknya semua udah aku siapin" gitu intinya. Lagunya ngebeat cuma intronya agak ga enak, pas masuk ke partnya Jae mulai enakan.
  7. Afraid: NANGIS AJA NGERTI LIRIKNYA. 😭 PARK SUNGJIN YA AMPUN JIIIINNN ENGGAK JIN ENGGAK GITU KITA, NGGAK KAYAK DI LIRIK KOK KAMU TENANG AJA.😭 Ini melodinya ngingetin saya ke lagu Taylor Swift yang gitar-gitar akustik terus dicampur lagunya Avril Lavigne. HEHEHEHE mohon dimaklumi kalau menyentuh intrumen dan melodi lagu, deskripsi hamba sangat jongkok. BUT AFRAID IS SO GOOD. Saya kira bakal mendayu-dayu mellow gitu ternyata tidak. Untung saja, bisa banjir air mata kita kalau kayak gitu skenarionya. 💆‍♀️
  8. Zombie (Eng ver.): Gak mau bahas liriknya, intinya sama kayak yang Korean ver. cuma yaaa lebih Amerika(???). Lebih literally mendeskripsikan zombie, kalau yang versi Korea kan lebih kiasan.

Baru kemudian besoknya ngerasa ketrigger wkwkwk sampai berpikir ulang jadi beli albumnya apa nggak. Soalnya isinya sedih semua brooo hahahaha kecuali lagu '1 to 10' sih itu lagu orang bucin uhukbrianuhuk. Nggak tau ya orang lain bagaimana, cuma kalau lagi ada di fase ketrigger tuh saya langsung berasa pundak dan leher berat banget mikirin hidup. Kalau udah kayak gini saya langsung stop nggak dengerin lagi. Baru lanjut kalau udah baik-baik saja.

Sejauh ini walaupun mood suka kayak roller coaster, saya baik-baik saja dan selalu berusaha untuk seperti itu sekuatnya. Kalau nggak kuat ya gapapa, it's okay to be not okay. Anyway saya kayaknya bakal jadi beli albumnya deh hehehehe. Foto-fotonya ada bunga-bunganya huhuhuhu. YoungK sama Dowoon juga rambutnya lagi cakep banget warna item dan modelnya bagus, kok sayang jika dilewatkan h3h3.

[UPDATE] Tanggal 7 Juli kemarin albumku udah dateng gaes HEHEHE

 

Ini albumnya pakai paper cover yang di dalamnya ada foto member semacam poster panjang tapi dilipat jadi sampul buku, dapatnya random alias individual cover terselubung. Printilannya dapat satu postcard, satu bookmark, dan satu photocard. Ada dua versi untuk albumnya sendiri yaitu Midday dan Midnight. Photocard di versi Midday ini bentuknya selca, di Midnight mereka foto grup. Biar lebih jelas silakan tonton video unboxing berikut ini:



Baiklah...sepertinya postingan ini sudah sangat panjang jadi mari diakhiri saja sampai di sini. Mari diakhiri dengan foto-foto ganteng lima member DAY6 di MV 'Zombie' dan pesan untuk mereka.

Sungjin nggak lihat ke kamera sama sekali di MV huhuhu. Di scene awal yang dia sahut-sahutan nyanyinya sama Wonpil itu ya ampuuun hatiku mencelos karena dia melengos dari kamera yang tepat ada di depan dia. T_____T

Jae juga nggak lihat ke kamera sama sekali. Saya sadarnya dua member ini nggak lihat kamera ya pas lihat scene Jae yang ini. Sebelum scene ini kan ada scene YoungK yang sama anglenya kayak gini (ada di bawah), tapi YoungK lihat ke kamera.

GANTENG BANGET PACAR AKU!! *disleding*

Tuan muda Kim Wonpil dan keyboardnya. Coba lihat di sisi kiri atas kan ada benda kecil merah ya, itu tuh Denimalz Pil HAHAHAHAHA. Jadi di MV ini kicik-kicik Denimalz masing-masing member ditaruh sebagai properti. Denimalznya dipakein baju setan. Cuma Denimalznya Dowoon yang nggak kelihatan.

ADIK GANTENG!!! T_____T

Itu drum yang dipakai Dowoon modelnya transparan, cantik banget. YoungK juga bassnya baru, dia pakai bass bentuk biola. Namanya Ola wakakakak. Menurut info dia di Vlive ZomBehind, dia mau pakai Goldie tapi takut Goldienya kena air jadi dia beli bass baru.

Kim Jihoon yang terlalu sayang untuk nggak dicapture scenenya. :3

I know you guys are not going to know this post exists, but...Sungjin dan Jae semoga lancar masa penyembuhannya, gausah tergesa-gesa, take your time okay. YoungK, Wonpil, dan Dowoon terima kasih karena tetap memberi konten di masa-masa hiatus promosi ini, jaga kesehatan ya kayak yang kalian selalu bilang ke MyDay untuk 'stay happy and healthy'. I love you all. We love you all. 💞🥰


*

Comments

  1. AFRAID njir T_T serasa dengar titel trackeunya DAY6, andai masih di era everyday6 dah pasti dibikinin MVnya...
    Pokoknya di album kali ini, aku addict banget sama DAY6, mulai dari lagu yang meaningfull, visual nya cetarrr melemahkan behhh... lagu ini sudah termasuk hebat untuk DAY6 yang bahkan bisa nangkring trending #4 YT Indo dan turun secara perlahan. daebak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudahlah kalau beneran nanti dibikinin MV Afraid mari menangis bersama-sama T_____T
      Iya pencapaian era Zombie ini di chart dan Youtube kelihatannya yang terbaik sejauh ini, luar biasa DAY6 dan MyDay!!

      Delete
  2. Afraid dan Love Me or Leave Me!!!! Album ini emang badasss banget lah aku suka nggak tau lagi hahaha. Trus outfit mereka di MV Zombie tuh ya cocok banget sama mereka. Mereka jadi tambah guantengssss... Saya juga ngikutin trending Studio J emang bawaannya kesel, hahaha udahlah mereka ini paket komplit tapi kok ya kayak promonya kayak anyep, padahal kerja keras banget. Saya juga pingin beli albumnya tapi mamak nabung dulu, kwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Potongan rambutnya juga pas semua😭 underrated ga sih :( wkwk semangat mamak nabungnya✊

      Delete

Post a Comment

Halo! Komentar yang perlu segera mendapat balasan, silakan mention ke twitter @winteryspring ^^ Terima kasih♡

Popular this week!

SVT Siblings

DAY6 Siblings

Tentang Kembalinya Seventeen (+ Rekomendasi Varshow!)

Keracunan Day6?

Seventeen Visual Ranking

Summary of 'Going Seventeen 2019'