October 25, 2020

KOSAN ENAM HARI: Wattpad vs. Buku


PERHATIAN
Ulasan yang saya tulis di postingan ini hanya membocorkan sedikit potongan cerita Kosan Enam Hari versi Wattpad maupun versi buku, tidak mengungkap keseluruhan isi cerita.


Saya lupa tepatnya kapan pertama kali baca fanfiction Kosan Enam Hari di Wattpad dan siapa yang merekomendasikan. Kayaknya sih bacanya itu waktu mulai seriusin DAY6 di tahun 2019 dan kayaknya (lagi) yang merekomendasikan adalah teman saya yang penulis fanfiction juga di Wattpad. Yang jelas saya bacanya dulu itu bukan di aplikasi Wattpad tapi lewat Google.

Bacanya bikin ketagihan, bikin pingin terus baca karena ceritanya menyenangkan dan bikin penasaran dengan ending-nya. Setelah tamat baca, saya ngasih rekomendasi ke dua orang teman yang sama-sama suka DAY6. Mereka pun terkesan dengan ceritanya. Salah satu dari dua orang ini kebetulan sodara sendiri.

Sodara saya ini skill stalking-nya udah kayak agen CIA. Jadi tamat baca dia nyari-nyari tuh apakah Kosan Enam Hari ini ada versi bukunya. Ternyata nggak ada.

Lalu suatu hari di bulan Juni 2020, penulis fanfiction Kosan Enam Hari aka Daytroit mengumumkan kalau akan ada versi bukunya. Wah saya dan sodara saya seneng banget karena pucuk dicinta ulam pun tiba.

Begitu pre-order (PO) dibuka kami langsung pesan ke penerbitnya via chat WhatsApp. Ada dua versi waktu itu paket PO-nya, kami milih yang ada bonus tote bag-nya. Beginilah wujud paket yang kami pesan:


Saya baca versi bukunya ini dua kali, biar sama kayak baca versi Wattpadnya. Seperti yang sudah diumumkan oleh penulisnya, kedua versi ini ada perbedaan sekitar tujuh puluh lima persen. Banyak kan. Maka dari itu di tulisan ini saya mau ngomongin tentang perbedaan-perbedaan itu.

Tapi sebelumnya, buat yang belum pernah baca Kosan Enam Hari sama sekali ini blurp ceritanya biar ada gambaran:

Versi Wattpad
Ceritanya si Alka, mahasiswa Jurusan Komunikasi semester 5 yang jadi penghuni Kosan Enam Hari. Disebut Kosan Enam Hari karena emang ngekosnya cuma enam hari dalam seminggu. Penghuninya wajib pulang setiap weekend.

Nah, katanya sih ini kosan campur cewek-cowok. Tapi nyatanya? Alka cewek sendiri di antara kelima penghuni lainnya yang ternyata cowok semua.

Versi Buku
"Kosan hanya bisa ditempati selama enam hari. Hari Sabtu semua penghuni wajib meninggalkan kos dan pulang ke rumah."

Alka Dayana tidak menyangka bahwa hidupnya akan banyak berubah setelah bergabung menjadi penghuni kosan bernama Enam Hari. Awalnya memang Alka menganggap Ariya, Jevan, Bhiyan, Natya, dan Danan terlalu berbeda dengan hidupnya. Namun, kelimanya benar-benar membuat Alka sadar bahwa hidup memang harus dilalui dengan penuh perjuangan.

Menjadi satu-satunya cewek di antara kelima cowok penghuni kosan, Alka seperti mendapat tugas tersendiri di kosan itu. Terlebih ketika ada desas-desus tentang salah satu penghuni terdahulu yang meninggal di kosan dan itu menjadi asal-usul kenapa kosan ini menjadi Kosan Enam Hari.

Alka tahu semuanya. Namun, bagaimana cara Alka untuk meyakinkan semua orang bahwa teman kosnya bukan pembunuh?


Lanjut dengan poin-poin perbedaan versi Wattpad dan bukunya~

Alka, Jevan, dan Ariya
Versi Wattpad:
Alka kagum dengan sosok Ariya yang tegas, dewasa, mengayomi, dan ganteng tentu saja. Plis ya Ariya ini pakai visualisasinya Park Sungjin dan waktu baca itu tuh saya ngerasanya emang pas banget secara fisik (mari mengabaikan tingkah Sungjin irl kayak gimana wkwk).

Ariya juga nggak cuek begitu saja dengan Alka. Dia ini bisa dibilang hmmm...ada ketertarikan dengan Alka juga. Nah di saat yang sama Jevan juga menunjukkan rasa sukanya ke Alka. Sayangnya si Jevan ini tsundere jadi Alka kelihatan kayak cewek nggak peka karena nggak mau kegeeran.

Ariya nggak nyerah begitu saja dong, "persaingan halus" di antara keduanya kelihatan. Penggambaran karakter Ariya di versi Wattpad ini bagus banget, perkembangannya kelihatan rapi dan jelas sampai hamba termehek-mehek WKWKWKWK. Apalagi waktu bab mereka main ke theme park, waduh itu bagus banget lah dari sisi Ariya maupun dari sisi Jevan.

Jevan tsundere-nya konsisten dari awal hingga akhir (tsundere tapi bucin hahaha), sama dengan ke-nggakpeka-an Alka (sampai di mata teman-temannya dia kelihatan bego) juga konsisten sepanjang cerita.

Versi buku:
Porsi cerita Ariya versi buku nggak sebanyak versi Wattpad. Malah Ariya ini terlihat seperti mendadak suka Alka padahal sebelumnya biasa-biasa saja. Adegan di restoran cepat saji antara Ariya dan Alka juga nggak bikin blushing karena kesannya memang Ariya nggak ada rasa ke Alka. Kalau di Wattpad tuh beuhhh sampai senyum-senyum sendiri baca cerita Ariya-Alka di restoran cepat saji.

Hal ini karena dari awal bukunya dikonsep Alka-Jevan sentris untuk aspek romance-nya. Dua-duanya udah suka satu sama lain tapi Alka nggak tau kalau Jevan lah sosok yang dia cari karena penampilan Jevan beda dengan sosok yang dia temui di masa lampau. Anak-anak kosan pun tau kalau Jevan udah suka ke Alka, tinggal nunggu aja Alka kapan pekanya.

Tipe karakter cowoknya tetep kok, Ariya tetap tegas, dewasa, mengayomi, dan ganteng. Jevan tetap tsundere dan cakep.


Alka dan Natya
(Ssst...Natya ini cowok)
Versi Wattpad:
Natya digambarkan sebagai tokoh yang ikut menaruh ketertarikan ke Alka, ikut memberi perhatian ke Alka selayaknya perhatian laki-laki ke perempuan yang dia sukai. Karakter Natya ini sebenernya mudah suka ke orang lain dan ganti-ganti (dalam arti positif tentu saja). Misal dia udah tau nih Alka nggak milih dia, nah baru deh suka ke orang lain. Begitu.

Versi buku:
Perhatian Natya ke Alka ya selayaknya perhatian antar sahabat, nggak ada bumbu-bumbu naksir. Natya di versi buku lebih Wonpil banget kalau menurut saya. Masih tetap dengan motor ninja dan helm full face, keren banget asli deh bayangin dia naik motor ninja huhu.

Kapan hari waktu DAY6 Even of Day tampil di Lake Music Festival, Wonpil pakai jaket kulit...gila Natya banget!



Bhiyan dan Kiran
Versi Wattpad:
Bhiyan di sini digambarkan sebagai player, nggak heran sih karena YoungK (yang dijadikan visualisasi Bhiyan) waktu tahun 2017 (di mana awal Kosan Enam Hari ditulis) tuh penampilannya sangat mendukung untuk digambarkan seperti itu hahaha. Suka clubbing demi mendekati seorang perempuan bernama Kiran.

Walaupun player, kalau udah nemu satu yang cocok gitu ya ybs bisa setia juga bahkan sampai potek huhu pukpuk Bang Bhiyan. Poteknya ini nggak digambarkan di Wattpad, tapi secara implisit tergambar di komentar anak kosan di salah satu postingan instagramnya. Iya anak-anak kosan ini dibikinkan akun instagram beneran. Username-nya bisa dicek di bio twitter @kosanenamhari.

Walaupun player (lagi), Bhiyan nggak serta merta jadiin Alka target operasinya. Dia ini player elegan lah istilahnya, nggak semua diembat. Jago nulis lirik lagu pula, kayaknya pengalamannya yang banyak itu dipakai sebagai bahan bakar nulis.

Kiran digambarkan sebagai sosok perempuan yang lebih dewasa daripada Bhiyan. Kiran di versi Wattpad membukakan jalan untuk band anak kosan ke produser musik. Gimana Bhiyan nggak main tergila-gila? :)

Versi buku:
Jujur Bhiyan di versi buku jadi makin seru kelakuannya HAHAHAHAHA. Di versi Wattpad dia udah sering zonk lawak gitu kan, nah di bukunya ini lebih menjadi-jadi lagi. Bayangin tuh. Bener kata dia, "Kosan nggak seru kalau nggak ada gue." Siap!

Sisi player-nya hanya dijadikan guyonan bahan basa-basi oleh anak kosan yang cowok, sesungguhnya dia adalah sadboi huhu Bang Bhiyan mau nggak aku peluk? Jadi make sense gitu dia kalau nulis lirik kan suka galau gundah gulana karena ya emang romance life-nya bergenre angst huhu. Sosok Bhiyan di versi buku lebih mirip ke YoungK era 2019-2020.

Kiran di versi buku dibuat berbeda seratus delapan puluh derajat. Udah ya nggak perlu dijabarin lebih lanjut ya hehehe. Kalau pendapat saya pribadi sih, akan lebih baik kalau Kiran digambarkan seperti tokoh Teng Tang Jing di serial Meteor Garden. Because a heart break of a man can caused by a good hearted girl too.


Danan, Aya, dan kucing
Karakter dan perkembangan cerita mereka semua (yak termasuk si kucing) nggak banyak beda di versi Wattpad maupun buku. Bedanya di versi buku ada akronim nama anak-anak kucingnya Danan. Lucu banget namanya.


Cerita secara umum...
Versi Wattpad:
Konflik bandnya lebih chill, banyakan fokus ke anak kosan dengan kehidupan sehari-hari di rumah kos. Tokoh-tokoh sampingannya nggak terlalu banyak. Semua karakter tokoh utamanya well developed sampai bikin nempel banget di kepala, si ini kayak gini terus si itu kayak gitu.

Versi buku:
Konflik bandnya lebih dramatis dan lebih mendalam diceritakan, berimbang antara masalah band dengan hidup sehari-hari anak Kosan Enam Hari. Tokoh-tokoh sampingannya banyak yang baru dan nggak ada di versi Wattpad. Semua masih tetap dikemas dengan bahasa yang santai dan lebih terstruktur dibanding versi Wattpad (tentu saja karena ada peran editor di sini).

Kekurangan dari versi buku ini lebih ke arah teknis seperti ada beberapa kalimat yang kurang ketik kata-kata lanjutannya tapi masih bisa ditebak kok kata yang kurang itu apa jadi nggak merusak jalan cerita. Terus ilustrasi di dalam bukunya ADA YANG KURANG PERSONIL HUHUHUHU, harusnya ada lima orang tapi di bukunya hanya ada empat orang di halaman perkenalan tokoh utama. Kemudian ilustrasi untuk mengisi halaman kosong juga kalau menurut saya akan lebih baik jika diisi saja dengan denah kosan bukan diisi dengan gambar tokoh utama karena nggak lengkap juga kalau dilihat-lihat. Ada sosok yang nggak masuk di halaman ilustrasi.


Kesimpulan:
Bagi yang belum pernah baca Kosan Enam Hari, baca versi Wattpadnya dulu kalau pingin terkagum-kagum dengan sosok Ariya HAHAHAHA. Begitu juga bagi yang pingin "menancapkan" dulu karakter tokoh-tokoh utamanya, saya sarankan baca Wattpadnya dulu sebagai perkenalan. Sekalian biar bisa tau bedanya apa antara versi Wattpad dan versi buku.

Versi bukunya mengalami beberapa penyesuaian dengan perkembangan zaman. Selain itu juga dilakukan penyesuaian dengan cerita behind the scene Alka dan Jevan di versi Bercerita Bercharity serta sekuel Kosan Enam Hari, yaitu Unintended di Wattpad.

Wah harus baca cerita Jevan-Alka versi Bercerita Bercharity juga dong? Bacanya di mana? Di akun Wattpad penulisnya udah nggak ada?

Tenang...semua cerita itu udah ada di versi bukunya, jadi nggak usah pake ribet nyari versi Bercerita Bercharity karena memang sudah di-take down dari Wattpad oleh Daytroit sendiri. 😉

Ada yang udah baca cerita Kosan Enam Hari versi Wattpad dan versi buku juga? Share you thoughts with me!

Btw thank you Sipa aka Daytroit for writing such a good story and make it into book version. 💙


*

2 comments :

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top