October 4, 2020

My Thoughts on BLACKPINK 'The Album'

Comeback yang ini kalau buat saya kayak nggak kerasa gitu datengnya. Sejak pre released single 'How You Like That' dirilis bulan Juni, emang tanggal rilis 'The Album' udah sekalian dikabarkan yaitu tanggal 2 Oktober 2020.

Waktu bulan Juni itu ngebayanginnya kayak lama banget ke Oktober. Eh ternyata ya nggak selama itu juga hehehe.

Sombong lu.

Banyak pengalih perhatiannya sih makanya kayak lama-lama nggak kerasa eh udah D-Day aja. Nggak deng, nggak langsung hari-H. Diawali dulu dengan teaser coming soon tanggal 21 September.

Waktu lihat teaser-nya saya langsung...hah? Terus cek kalender...lhah iya juga 2 Oktober udah minggu depan. 

Teaser foto per member dirilis bergiliran mulai tanggal 22 sampai 25 September. Foto-fotonya ada dua macam, satunya clear dan satunya lebih soft filternya. Kemudian teaser video per member dirilis bersamaan di tanggal 27 September.

Konsepnya dark setengah sendu (ape), waktu lihat foto-foto teaser itu saya langsung bersyukur kapan hari udah beli photobook '2020 Welcoming Collection' yang konsepnya cerah ceria. Karena mengharap BLACKPINK dikasih konsep bubble gum sealbum itu sama saja dengan mengharap YG ngasih minimal sepuluh lagu di album ini HAHAHAHAHA alias tida mungqin.

Beneran ternyata di tanggal 29 September, judul-judul lagu yang ada di album 'The Album' ini hanya berisi delapan helai saja pemirsa. Dua di antaranya ya 'How You Like That' dan 'Ice Cream'. Untung dari awal nggak ada ekspektasi apa-apa jadi ya not disappointed and not surprised.

Denger nama 'The Album' dulu aja udah kayak...oh ok YG I have zero expectation about it. Bukan karena ragu kualitasnya, bukan itu. I just don't want to expect something on human beings because humans are often disappointing lol malah melebar ke mana-mana.

Back to BLACKPINK. Di tanggal 30 September, teaser MV-nya dirilis. Suara gitar akustiknya kuat banget jadi langsung inget Taylor Swift wkwkwk BLACKPINK ada rencana collab sama TayTay nggak nih? Selain itu waktu member nyanyi "we are the lovesick girls~" di video teaser itu saya langsung keinget sama lagu 'Kick It'. Kayak sama feeling-nya gitu, ternyata pas MV-nya rilis full ya nggak sama hahahaha failed.

MV 'Lovesick Girls' gimana? Akhirnya ada model laki-lakinya lagi setelah bertahun-tahun lalu pakai model laki-laki juga di MV 'Playing with Fire'. Model di 'Lovesick Girls' ini nggak dilihatin wajahnya dengan jelas (sama kayak yang di 'Playing with Fire'). Bedanya model yang sekarang rambutnya gondrong dan tinggi. 

Tbh dia ngingetin saya ke Victor the Drum Destroyer, mantan drummer band About U yang terkenal gara-gara dipecat tiga minggu setelah debut karena matahin stik drum waktu perform di siaran acara musik Korea Selatan. Padahal ya bukan Victor hehehe. 

Menurut saya Victor pantes lho jadi model MV BLACKPINK, kayak pas aja gitu image dia sama lagu-lagu BLACKPINK. Coba tonton channel Youtubenya, he's adorable. Hello YG please hire Victor for the next MV model for BLACKPINK thank you.

Anyway, lagunya nggak langsung nyangkut ke telinga saya. Dengerin dua kali pun masih b aja. Malah bingung kayak pas dengerin 'Ddu Du Ddu Du' dulu, kayak...ini reff-nya di mana ya? Bridge-nya di mana ya? Padahal ya udah terpampang nyata wkwk emang buta nada aja sayanya.

Lama-lama bisa kok bedain hehehe dan mulai nyanyi-nyanyi sendiri bagian reff. Tapi jujur saya lebih suka sama 'How You Like That', dari arti lagunya pun lagu pre released itu lebih unggul. 'Lovesick Girls' ini kayak kurang girl power. Bukan berarti 'Lovesick Girls' jelek ya, hanya preferensi saya aja. Disclaimer dulu takut ada yang salah paham, hamba takut di-spill, fans zaman sekarang ngeri-ngeri. 😳

Lagu lainnya yang saya suka ada 'Crazy Over You', 'Love to Hate Me', dan 'You Never Know'. 'Crazy Over You' beda sendiri, musiknya kayak ala Timur Tengah, jadi langsung inget film 'Aladdin'. Liriknya masih tentang cinta kayak 'Lovesick Girls' cuman masih ada aura misteriusnya kalau buat saya, jadi 'Crazy Over You' lebih oke.

'Love to Hate Me' juga saya suka musik dan liriknya. Kayak nggak lemah gitu lho sebagai cewek. Sedangkan lirik 'You Never Know' lebih bisa diaplikasikan ke hidup secara umum, saya suka banget sama penggalan lirik yang ini "'Cause everybody sees what they wanna see. It's easier to judge me than to believe." Btw aura lagu 'You Never Know' langsung ngingetin saya ke lagu 'Stay'.

Saya belum nyambung sama dua lagu sisanya, yaitu 'Pretty Savage' dan 'Bet You Wanna'. 'Bet You Wanna' ini musiknya barat banget. Ya secara umum 'The Album' ini lebih barat sih lagu-lagunya dibanding lagu-lagu BLACKPINK sebelum ini. Ekspansinya udah global jadi kayaknya juga menyesuaikan selera pasar dunia. Bahkan jam rilisnya udah bukan jam 6 pm KST lagi tapi 12 am EST alias 1 pm KST. Well...

Oh iya! Lagu 'Ice Cream', 'Bet You Wanna', 'Crazy Over You', dan 'Love to Hate Me' liriknya full bahasa Inggris. Sedangkan 'How You Like That', 'Pretty Savage', 'Lovesick Girls', dan 'You Never Know' masih dalam bahasa Korea. Wow fifty fifty.

Terakhir, tentang penampakan fisik album 'The Album'...isi photobook-nya BEDA BANGET sama foto-foto teaser yang udah dirilis hahahaha. Foto-foto di photobook-nya tuh banyak yang minimalis alias background-nya polos dan baju-baju membernya pun polos semua. Coba tonton unboxing yang ini biar lebih jelas. Oh iya sampul photobook-nya bagus banget hologram huhuhu dan printilan di dalamnya banyak dan bentuknya nggak ngecewain. Nggak ada printilan yang unfaedah.

...

Baiklah sekian K-Pop blabbering untuk kali ini. Mohon maaf jika ada salah-salah kata. I love BLACKPINK. Bye! See you on my next post! 


*

No comments :

Post a Comment

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top