October 1, 2020

Saying "This way!" in Korean


Halo hari ini saya mau nulis tentang belajar bahasa Korea. Terakhir nulis ternyata udah dua tahun yang lalu hahaha. Saya lagi pingin gas lagi belajar bahasa Korea yang sudah diniati dari tahun 2014 tapi kok nggak lancar-lancar juga sampai sekarang. *kurang usaha* 
 
Hal ini dipicu oleh peraturan Youtube yang mulai tanggal 28 September 2020 kemarin menghilangkan fitur community subtitle service alias fitur yang menyediakan tempat bagi siapa pun untuk ngasih subtitle bahasa ke sebuah video. Jadi sekarang subtitle hanya bisa disediakan oleh yang upload video. Infonya dapat dari postingan channel Solarsido. 
 
Kalau yang upload nggak nyediain translate ke bahasa yang kita ngerti gimana? Yaudah dinikmati aja videonya sambil hah hoh hahahaha. 
 
Untuk meminimalisir ke-hah-hoh-an tersebut maka hal yang harus dilakukan tentu saja mempelajari bahasa asli si pengunggah videonya. Dalam kasus ini bahasa Korea karena saya sukanya nonton video artis-artis Korea.
 
Walaupun nggak langsung paham semua yang diomongkan sama si artis, paling tidak udah ada usaha kan ya belajar bahasa mereka dan yaaa paham sepersekiannya aja dulu dari keseluruhan. Mulai dari yang kecil dulu. Belajar sedikit-sedikit secara terus-menerus. *plis ayo konsisten kamu admin blog ini!!* 
 
Karena saya belajarnya milih yang gratisan dan online serta di lingkungan sekitar nggak ada yang ngomong dan bisa diajak ngomong Korea, maka harus keluar tenaga dan waktu ekstra untuk bisa bahasa Korea aktif. Untuk sekarang nggak mau muluk-muluk, bisa ngerti sepenggal kalimat bahasa Korea aja udah syukur wkwkwk. 
 
Anyway, kali ini belajar cara mengucapkan "this way" dalam bahasa Korea. Sumbernya tentu dari Youtube Talk to Me in Korean alias TTMIK. Video referensinya yang ini:

Kata kunci untuk topik ini adalah: 이쪽으로

digunakan untuk menunjukkan arah atau sisi, seperti 왼쪽 (left/kiri), 오른쪽 (right/kanan), 위쪽 (top/atas), 아래쪽 (bottom/bawah), 이쪽 (here/di sini), dan 저쪽 (there/di sana).

*baca 위쪽 sama 아래쪽 langsung inget lagunya EXID yang 아래 아래*

sumber: buzzfeed[dot]com
 

*skip*

으로 artinya "to" atau "toward", 으로 ini adalah partikel yang punya banyak fungsi tapi di topik ini dibatasi hanya untuk artian "to" atau "toward" tadi. 

Jadi 이쪽으로 artinya "to this way" or "to here".

Contoh penggunaan 이쪽으로 dalam kalimat:

  1. 이쪽으로 오세요: Please come this way
  2. 이쪽으로 올라오세요: Please come up this way
  3. 이쪽으로 모이세요: Please gather here
  4. 이쪽으로 숨으세요: Please hide here
  5. 이쪽으로 앉으세요: Please take a seat here
  6. 이쪽으로 던지세요: Please throw it this way
  7. 이쪽으로 옮기세요: Please move it here

- (으)세요 ini stem yang digunakan untuk menyuruh seseorang (imperative/to tell someone to do action).

End of the lesson.

Nulis di blog begini biar ada arsip yang sewaktu-waktu bisa dibuka di mana saja dan kapan saja kalau lagi perlu hehehe. Semoga bermanfaat!


*


No comments :

Post a Comment

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top