September 20, 2020

2/3 September Update


Hello long time no see how are you I'm fine thank you and you? Today I'm gonna write some updates of my K-Pop life selama sebulan terakhir (lupa bahasa Inggrisnya kayak gimana).

Sejak terakhir nulis tentang film #Alive, saya lebih suka update di blog sebelah. Memasuki akhir Agustus dan September banyak sekali kejadian yang bikin nggak mood nulis di blog ini jadi hari ini adalah saat yang tepat untuk update segalanya yang terlewat (diulang lagi).

Jadi di akhir Agustus kemarin DAY6 subunit pertama yang bernama Even of DAY6 (EoD) akhirnya resmi debut dengan lagu 'Where the Sea Sleeps' (WTSS). Subunit ini membernya cuma tiga orang yaitu trio KangWonDo alias YoungK, Wonpil, dan Dowoon. Dua member lainnya masih hiatus untuk promosi sebagai DAY6.

Tampilan MV-nya beda dengan semua MV yang pernah mereka rilis. WTSS pakai format animasi dan menampilkan tiga denimalz sebagai modelnya. Denimalz ini adalah karakter hewan untuk tiap member DAY6, yaitu beruang untuk Sungjin (namanya Bang), ayam untuk Jae (Jje), rubah untuk YoungK (Ke), kelinci untuk Wonpil (Pil), dan anjing untuk Dowoon (Don). Baca kata anjing pakai nada netral ya jangan ngegas thx.

Garis besar ceritanya Ke, Pil, dan Don jadi astronot yang mencari planet baru. Pesawat mereka rusak dan terdampar di antah berantah. Ke dan Pil memperbaiki pesawatnya sementara Don menjadi penggembira suasana. Pesawatnya udah bisa terbang lagi dan sudah dekat ke planet yang dituju eh tabrakan sama batu-batu luar angkasa. Meledaklah itu kendaraan dan melemparkan Ke, Pil, dan Don ke suatu perairan yang mana perairan itu ada di planet yang mereka tuju.

Apakah sesederhana itu? Oh tentu saja tidak Bella. Nonton MV ini langsung DHEG di scene ini:


Ada lima tangan denimalz...

Lanjut scene menampilkan boneka Bang dan Jje...udah deh mewek hamba. Nyalain subtitle malah makin berlelehan ini bulir-bulir mutiara mermaid (pret).



Kecengengan masih berlanjut hingga scene ini:



Don megangin Bang dan Jje sebelum pesawatnya bener-bener meledak dan dia pegang terus bahkan sampai di dalam air.

Pil udah mau "lewat" lah ya istilahnya, untung dia masih belum selesai. Pil mimpi didatengin sama teman-temannya yang lain dan dia bangun di saat yang tepat.


Yang namanya MV pasti bikin yang nonton menafsirkan artinya kan. From my point of view MV ini menggambarkan kejadian yang selama beberapa waktu terakhir sedang terjadi di fandom DAY6. Saya nggak tau mulainya dari mana pokoknya banyak muncul spekulasi yang mengkhawatirkan dua member akan hengkang. Bahkan papanya si ayam Jje dikata-katain egois lah, nggak mikirin band lah, sampai dia nangis dua kali di live DAY6 5th Anniversary. Ya Allah gengs jangan jahat-jahat ke dia, kasihan anak orang.

Kalau punya spekulasi yang tidak-tidak, sebaiknya simpen sendiri aja dan bagikan di dalam circle pertemanan pribadi, bukan di sosmed yang bisa dengan mudah disamber orang dan jadi bola salju menggelinding.

Let's just trust them, enjoy what they show, and don't make any negative speculations because we know nothing about them. They're working and our duty(?) is to appreciate their works.



WTSS ini jadi title track dari album 'The Book of Us: Gluon'. Albumnya sendiri isinya ada tujuh track yang terdiri dari 3 lagu utama, 2 interlude, 1 intro, dan 1 outro. Kalau didengarkan secara berurutan sambil baca liriknya, sealbum ini isinya kayak satu buku cerita. Mana denimalz ikutan nyanyi kan makin gemes jadinya. Suara denimalznya kayak apa? Ya kayak suara YoungK, Wonpil, dan Dowoon dikasih filter chipmunk hahaha. Mereka bertiga jadi pengisi suaranya.

MV kedua yang saya tonton sebulan terakhir adalah 'Ice Cream'-nya BLACKPINK ft. Selena Gomez. Girly banget lagu dan visualisasi MV-nya, warna pink sangat mendominasi. Sangat anak-anak BLACKPINK in variety show soalnya mereka girly gitu kan seringnya jadi di MV ini ya kayak nggak akting. Liriknya agak nakal sih buat BLACKPINK imo hehehehe. Secara pribadi saya masih lebih suka 'Sour Candy'.

Kemudian akhirnya nonton MV 'Dynamite'-nya BTS setelah baca salah satu postingan Jane from the Blog hahahaha. Setelah berhari-hari rilis akhirnya pecah telor juga nonton MV ini. Lucu bangeeet visual MV-nya warna warni cerah dan pastel jadi satu. Udahlah kalau kena MV modelan begini saya pasti suka lihatnya. Lagunya BTS lain yang saya suka ada 'Spring Day', 'Not Today', dan 'IDOL'.

Urusan per-MV-an sudah selesai, sekarang masuk ke update printilan K-Pop yang dibeli sebulan terakhir. Total ada empat item yaitu bass mini, baju marine (keduanya untuk denimalz Ke punya saya), album Gluon, dan photobook Story of Us (merchandise Gluon). Semuanya udah lunas dan langsung bikin mengurut dada lihat total nominalnya. Alamat bakalan puasa sampai akhir tahun. :)

Bass mini ini barang unofficial, belinya karena gemes bentuknya lucu banget ada strapnya dan bisa dipakein ke denimalz huhuhu. Murah pula nggak sampai 25k. Awalnya saya beli keychain bass YoungK yang namanya Lisa tapi ternyata detilnya salah harusnya merah marun bukan hitam. Yaudah beli bass Tyson deh yang detilnya lebih mantap sampai goresannya ada.


Baju marine saya beli yang putih (beretnya biru). Barang ini official dan masuk di jajaran merchandise Gluon. Gila emang JYP mentang-mentang lagi pandemi semua dijual-jual demi menutup anggaran konser yang lagi nggak bisa dilakukan. Video call event juga digeber semua baik album maupun merchandise. Gas pol rem blong capitalism!

Kira-kita seperti ini lah bentukan kostum marine, lihatnya ke benda yang dipegang ya bukan yang megang (cr: MNET).

Album Gluon dan photobook Story of Us ini menjadi dua barang pertama yang saya beli dengan metode beli kucing dalam karung alias nggak nunggu nonton unboxing orang. Edan. Untung dalamnya bagus dan masuk ke selera, kalau nggak yaudah garuk-garuk aspal sambil bingung jual lagi wkwk. Kalau barangnya sampai, video unboxing-nya saya update di sini aja.

[UPDATE] 26th October 2020: DAY6 Even of Day 'GLUON' Unboxing

[UPDATE] 23th November 2020: The Story of Us Photobook Flipthrough


 

Terus apa lagi ya hmmm...ooohhh ini deh sekalian update doll SEVENTEEN yang akhirnya sampai setelah setahun lebih. Belinya April 2019, sampainya bulan apa ya kemarin...Juli 2020 kalau nggak salah. Nunggunya udah dari yang excited banget, nggak sabar, netral, sampai pasrah deh lu serah mau nyampe kapan wkwkwkwk. Kena pandemi ini lho jadi semuanya mundur, mana masternimnya orang China. Untung bonusnya banyak dan ada kacamata mininya jadi bisa dipakein juga ke denimalz Ke hehehe.


Btw denimalz Ke saya namain Edward Kang. Kenapa Edward?

Satu, karena Hoshi SEVENTEEN pernah cover lagu 'You were Beautiful'-nya DAY6 and it really quenched my CaratDay dry soul. Hoshi ini bikin nama buat dirinya sendiri yaitu Soonyoung Edward Kwon setelah denger Vernon perkenalan diri dengan menyebut nama aslinya Hansol Vernon Chwe hahahah. Lha kan kalo Vernon emang Vernon-Chwe itu marga ibu bapaknya, Hoshi cuma ikut-ikutan. 😂😂😂

Dua, biar nggak ada yang ngembarin. Dulu saya namainnya Keyomi sebelum barangnya ada, udah saya tag tuh namanya dari Desember 2019. Eh diambil orang yang barangnya nyampe duluan. Kan males ya. Yaudah sekalian namain yang nggak ada unsur Ke-nya.

MyDay banyakan namain denimalz-denimalznya pakai atribut Bang, Jje, Ke, Pil, dan Don atau huruf depannya aja yang dipake. Ada sih satu teman yang namain Ke-nya Anderson Kang karena YoungK pernah namain seekor anak anjing pakai nama itu. Ganteng banget namanya, cerdas sekali memang emaknya Anderson Kang.

Yang doll SEVENTEEN itu saya kasih nama Chwe Bononie WKWKWKWK. Panggilannya bebas mau Bonon boleh, Bono boleh, atau Verzi juga boleh.

JAUH AMAT VERZI??? Ya kan masih nama spesies doll-nya: Harry Verzi.

Sebenarnya Bono tuh dapat inspirasi dari Bono-nya film 'Aruna dan Lidahnya' yang diperanin sama mas Nicsap hehehe. Terus kok pas banget sama ejaan hangeul nama Vernon, maka jadilah nama Chwe Bononie. Begitulah kira-kira sejarahnya. 😂

Kemudian tentang podcast. Selain dengerin podcast Jae DAY6 'How Did I Get Here' (HDIGH), akhir-akhir ini saya juga rajin dengerin podcast BM KARD, Ashley Ladies' Code, dan Peniel BtoB yang nama programnya GET REAL. Podcastnya ngomongin tentang adulthood. Karena umur mereka nggak jauh-jauh dari saya maka pembahasannya bisa saya ikuti dan sering banget merasa relate. Tbh dibanding HDIGH, topik yang ada di GET REAL lebih ngena ke saya. Terus kalau misal guestnya ada yang saya suka, podcast KPop Debak w/ Eric Nam juga saya dengerin. Ketiga podcast tersebut ada di bawah naungan DIVE Studios. Mayan bisa najamin listening skill karena host-hostnya English native speakers (dengan aksen Amerika).

Udah sih itu aja. Mari kita sudahi semua ini karena sudah sangat panjang sekali. Happy Sunday!


*

4 comments :

  1. Tadi pagi aku ngecek playlist Kpop Daebak di Spotify, si "Where The Sea Sleeps" ini ada di urutan ketiga apa keempat gitu. Belum denger tapi setelah lihat ringkasan MV animasinya, KOK KAYAKNYA MENARIK. Aku sampai hari ini belum pernah denger DAY6 nihh. Genre-nya mirip-mirip CNBLUE gitu nggak?

    HAHAHA SELAMAT YAA UDAH NONTON DYNAMITE 🎉😆 lucuk kan emang MV-nya. ARMY sih gemes yang B-side version-nya LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tonton Where the Sea Sleeps Ci and share your thought as an orang luar hehehe. Genrenya sama-sama K-rock band cuman kalau CNBLUE kan lagunya cepet, nah DAY6 ini lebih kalem.

      Barusan nonton B-side versionnya juga hahaha, lebih fokus ke member ya. Dynamite ini tipe lagu yang masuk ke selera aku sih Ci, langsung nyantol.

      Delete
  2. gue masih enggak ada gambaran day6 ini lagunya yang kayak gimana. kayaknya harus didengerin terlebih dahulu.

    kalo lagu yg dynamite ataupun ice cream, beberapa kali suka denger. karena anak rumah suka muterin lagu tersebut.

    pengetahuan gue akan kpop ini nol besar ternyata
    ehe
    lebih ngikutin drakornya ketimbang kpop nya. ya meski pun enggak paham" banget sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas coba dengerin lagu Day6 yang You Were Beautiful deh, banyak orang yang suka lagu itu dan akhirnya dengerin lagu-lagu lain dari Day6.

      Wah kita kebalikan, aku anak kpop banget dan nggak ngikutin drakor😅
      Makasih sudah komentar di sini, btw kalau mau memperdalam pengetahuan kpopnya bisa baca-baca postinganku yang lain hlo hehehe shameless promotion.

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top