November 7, 2020

K-Pop Music Videos I Watched this Week


Minggu ini ada beberapa K-Pop music video (MV) yang saya tonton. Sebagian yang saya tonton ada yang berturut-turut bagus semua, akhirnya jadi seperti semacam mood booster gitu langsung bahagia habis nonton.

Tulisan di postingan ini sifatnya adalah pendapat pribadi alias opini seorang penikmat K-Pop yang sudah pasti seleranya akan berbeda dengan beberapa orang.

AYA by Mamamoo
Setelah merilis MV pre-released yang berjudul Dingga, Mamamoo akhirnya resmi comeback dengan MV lagu yang berjudul AYA. Mau komentar tentang Dingga dulu. I LOVE THE MV AND THE SONG! Warna-warni banget MV-nya terus lagunya cerah ceria seperti mengajak bermain. Pas baca terjemahan liriknya lhah emang ini lagu ngajak main wkwkwkwk.

Liriknya kalau menurut saya sih ringan ya maknanya, dalam artian nggak yang deep banget mikirin masa depan seperti apa atau berfilosofi mikirin jalan yang sudah dilalui seperti apa kemudian mengajak semangat menatap masa depan, enggak gitu. Kesan liriknya kayak di masa seperti ini kita tetap bernafas itu sudah alhamdulillah banget jadi ayo main bersama untuk merayakan, gitu kalo interpretasi saya.

Lagu Dingga yang cerah ceria ini ada sedikit kesan retronya, baik dari segi suara musiknya maupun visualisasi MV-nya. Member Mamamoo main-main pakai sepatu roda kayak punyanya Olga Sepatu Roda (hayo jangan pura-pura nggak tau siapa Olga Sepatu Roda biar dikira masih belia ya kalian ya wakakakak). Saking sukanya sama Dingga ini saya sampai nonton dance practice (mereka nyanyi langsung dan seperti yang bisa ditebak, their voices are arts indeed), performance video, versi Halloween, dan live waktu di radio.

Kalau Dingga dari sisi lagu dan MV-nya warna-warni cerah, lain hal dengan AYA. Lagu dan MV-nya dark, dark tapi rasa etnik. Waktu nonton teaser-nya dulu saya kira akan seperti Egotistic, ternyata enggak. Dengerinnya tuh kesannya kayak pekat gitu lagunya which is not my style. Terus bagian menjelang akhirnya ada dance break yang mengingatkan saya ke lagu Ddu-Du-Ddu-Du punya BLACKPINK, kayak misah dengan suara musik sebelumnya. AYA ini kalau didengarkan itu seperti ada sentuhan-sentuhan musik Timur Tengah kalau kata saya.

Lirik dari AYA memang tentang putus cinta, jadi seseorang yang udah capek dengan hubungan yang dia jalani dengan kekasihnya. Hubungan ini mereka katakan sebagai bad love, terus mereka udah eneg dan mengakhirinya.


Don't Touch Me by Refund Sisters
Refund Sisters ini membernya ada empat wanita yang kalau ketemu mereka lagi nongkrong bareng di tangga gitu kayaknya saya mending puter balik dan cari jalan lain, takut huhuhuhu. Mengintimidasi tapi tidak dalam hal negatif, kayak sungkan aja gitu kalau ketemu mereka kayak...siapalah hamba ini wkwk.

Siapa sih mereka? Refund Sisters beranggotakan Uhm Junghwa, Lee Hyori, Jessi, dan Hwasa Mamamoo. Kalau pingin tau kiprah mereka seperti apa di dunia K-Pop (seperti kapan mereka debut, penghargaan yang diraih, dll dsb) silakan googling sendiri ya, yang jelas kalau buat saya empat orang wanita ini luar biasa. Secara umum Uhm Junghwa mewakili wanita di usia 50-an, Lee Hyori 40-an, Jessi 30-an, dan Hwasa 20-an.

Waktu tau Uhm Junghwa ini usianya 51 tahun saya langsung...wtf she's still as gorgeous as younger women. Langsung bercita-cita kalau mencapai usia 50-an harus tetap bugar dan produktif. Nggak mau ikut-ikutan culture beberapa fans zaman sekarang yang masih under twenty five aja udah ngerasa jompo wkwkwkwk malu sama Uhm Junghwa. Trust me, you are still young and strong.

Begitu juga waktu lihat Lee Hyori, tapi kalau beliau sih saya udah kagum dari lama. Kayak nggak kehilangan skill, ya emang skill nggak bisa hilang sih, tumpul bisa tapi enggak bisa hilang. Dan Lee Hyori tetap mempesona bahkan ketika di variety show. Saya suka pembawaannya yang santai tapi celetukannya bisa bikin ketawa. Nyeletuknya juga bukan yang bodor, tapi yang khas wanita dewasa yang kalau digodain laki-laki maka laki-laki itu akan dia ceramahin sampai bersih.

Jessi dan Hwasa nggak usah dibahas terlalu banyak lah ya, kayaknya sebagian besar udah tau image mereka yang bold dan nggak peduli apa kata haters.

Lagu Don't Touch Me ini arti liriknya tentang komentar-komentar orang yang keterlaluan ke mereka ("mereka" di sini bisa diartikan siapa saja, "kita" misalnya hehehehe), terus mereka kayak bilang terserah kalian mau ngatain model gimana kami akan terus berkarya dan melangkah ke depan, katain aja sesuka kalian tapi don't touch me physically. Begitu.

Paling suka sama lirik yang terjemahannya "No matter how old I get, I never feel inferior". Woohoo...langsung tepuk tangan. Kayak gimana ya hmmm di dunia hiburan kayak dunia mereka tuh kadang yang sudah tua dipandang sebelah mata kan sama fans-fans yang baru terjun ke dunia K-Pop. Kayak fans baru ini merasa kayak...idol gue lah paling hebat bisa begini bisa begitu bla bla bla. Padahal ya kalau nggak ada senior yang mendahului babat alas juga nggak mungkin idol-idol muda ini semulus sekarang jalannya.

Nggak maksud belain berlebihan idol-idol yang sudah senior, karena kalau nggak ada idol baru pun regenerasi juga nggak ada kan. Tapi beberapa fans zaman sekarang tuh kayak suka mengagung-agungkan idolnya sendiri PLUS nggak menghormati grup-grup senior dari grup idolanya gitu lho. Padahal saya yakin sih idola mereka tuh pasti respect sama senior-seniornya.

Begitulah...intinya Don't Touch Me dari Refund Sisters ini membawa pesan girl power, jangan takut sama usia, be original dan tetaplah berkarya. Karena kalau kata YoungK DAY6 "Youth starts from you were born till you die."


Shall We Kiss by Jung Yonghwa (OST drama The Spy Who Loved Me)
Kalau video ini nggak muncul di rekomendasi, kayaknya saya nggak bakal tau deh hahahaha. Fans CNBLUE abal-abal ya begini. Eh btw CNBLUE comeback tanggal 17 November nanti lhoh huhuhuhu akhirnya setelah sekian lama menanti. Comeback-nya bertiga karena yang satu sudah hengkang akibat perbuatan tercelanya sendiri. Masih belum tau konsep comeback mereka akan seperti apa sih, tapi kalau misalnya photobook albumnya nanti pakai bunga-bunga seperti Season Greeting-nya mereka ya sudah hamba habis hwhw. Oh iya comeback CNBLUE nanti berbarengan dengan debut girl group baru SM yang namanya aespa.

Back to Shall We Kiss. Lagu ini adalah soundtrack dari drama The Spy Who Loved Me, saya nggak tau dunia perdrakoran ya yang jelas dari MV-nya sih yang main aktris Yoo Inna. Terus kalau dilihat dari terjemahan liriknya, ada lirik yang diterjemahkan begini: "before it's too late, shall we kiss". Again, I have no idea about the story of this drama jadi nggak bisa komentar menyambungkan lirik dengan jalan cerita dramanya. Yang jelas dibaca dari judulnya saja sudah tertebak ini lagu cinta.

Suara Yonghwa itu lho khas banget, kayak kalau dia nyanyi walaupun nggak kelihatan mukanya tuh orang udah bisa nebak siapa di balik suara itu (untuk yang pernah ngikutin CNBLUE lah ya paling nggak). Udah kangen banget sama CNBLUE huhuhuhu tapi takut kalau terlalu berharap nanti kayak pas comeback Can't Stop Me enam tahun yang lalu, yang saya nggak terlalu suka lagunya wkwkwkwk.


Dancing Cartoon by Bol4
MV TERGEMES MINGGU INI!!! Wonpil DAY6 jadi model laki-lakinya dan dia tuh bener-bener cocok dengan lagu dan konsep MV yang cute dan sweet seperti ini HUHUHUHUHUHUHUHU. Mana matanya menjiwai banget kalau akting, please somebody give him a role in a webdrama!!!

Terus suaranya Ahn Jiyoung yang sangat khas itu juga bikin lagu Dancing Cartoon makin imut gemesin huweee. Tone warna MV-nya pastel warna warni, dibuat ada jalan ceritanya. Liriknya menceritakan seseorang yang ingin melupakan crush-nya karena crush ini dingin orangnya wkwkwkwk. Tonton deh MV dan arti liriknya itu selaras. MASIH TETEP GEMES SAMPAI SEKARANG! T.T

Teman band-nya Wonpil yang namanya Jae sampai ketawa ngakak puas banget waktu lihat MV ini HAHAHAHAHA. Kayaknya Wonpil di dorm diceng-cengin sampai akhir tahun deh gara-gara jadi model MV ini.


Got that Boom by Secret Number
Saya langsung suka sama MV Got that Boom ini dalam sekali tonton. Kalau menurut saya lagu dan MV-nya lebih bagus daripada lagu debutnya yang berjudul Who Dis. Saya dulu sempet ketar-ketir Secret Number akan hanya boom di awal, tapi ternyata mereka mematahkannya. Semoga karir Secret Number semakin cerah seiring dengan berjalannya waktu dan memang MAMA 2020 kategori Rookie of the Year ya kalau nggak salah, aamiin.

Lagunya lagu disko dan liriknya juga ternyata ngajak joget bersama. Banyak bagian-bagian yang earcatching di lagu ini. Coba deh dengerin. Oh iya sama tonton video mereka yang dance pakai suit, keren banget Dita Karang sunbaenim.


+5 STAR+ by CL
Kemarin timeline Twitter saya sempet heboh dengan beberapa teman yang teruwu-uwu dengan MV CL terbaru berjudul +5 STAR+. Mereka menyebut-nyebut nama DPRIan juga. DPRIan ini nggak ada hubungannya dengan DPR RI ya btw.

Terus saya penasaran dan akhirnya nonton. Oh ternyata CL ini nyanyi sendiri, kirain bakal duet dengan DPRIan, nge-rap bareng gitu saya kira awalnya. CL di lagu ini nggak bold, cenderung lebih feminin dengan bernyanyi. Lirik lagunya memang tentang cinta, seseorang nggak mau ditinggalin sama kekasihnya. Nggak lagi bertengkar juga sih, cuma emang ya gitu lagi bucin aja kayaknya. Bagus sih saya baca terjemahannya tuh cantik pilihan katanya. Scene yang ada juga semua menampilkan akting cewek-cowok kalau pacaran.

Siapa cewek-cowok itu? Ya CL dan Ian. Eh ini bener nggak sih manggilnya Ian? HAHAHAHAHA saya nggak ngikutin DPRIan soalnya, nggak tau apa-apa tentang itu. Padahal tinggal googling aja kan bisa ya, cuma nggak dilakuin.


The Melody by Super Junior
Lagu The Melody dirilis untuk merayakan lima belas tahun Super Junior berkarir di indistri hiburan K-Pop. Bayangkan lima belas tahun tuh selama apa, kayak seseorang dari lahir sampai mau masuk SMA! Lama banget gila emang Super Junior. Kalau menilik karir mereka dari awal dulu sampai sekarang tuh wah takjub banget deh sama macam-macam kejadian yang mereka lewati baik itu suka maupun duka. Kadang suka heran saya sama fans zaman sekarang yang kayaknya benciii banget sama Super Junior. Kayak...kalian tuh ada masalah apa sih sama om-om ini hahahaha.

Anyway lagunya sepertinya juga dipersembahkan kepada ELF ya. MV-nya diberi cuplikan-cuplikan karya mereka terdahulu. Terus visualisasinya tuh kayak menghias digital journal. Hmmm...apa ya istilah yang tepat kok lupa tiba-tiba. Ya pokoknya gitu deh. Lagunya kalem.


Yak itu tadi tujuh MV yang saya tonton selama satu minggu ini. Mana yang jadi favoritmu?


*

2 comments :

  1. 5 Star-nya CL dong~~

    Terus itu lho MV The Melody-nya Suju rasanya aku pengen ngakak aja kalau liat. Gagal romantis malah isinya ngakak aja melulu.

    AYA aku juga suka tapi ya apa ya udah gitu, kek Egoitistic ini aku nontonnya pas premier bareng temenku yang MooMoo wkwkwkwkwk

    Terus apalagi, Got That Boom ini kek surprisingly di luar ekspektasi. Sama kek mbaendah, aku sih ngiranya Secret Number bakal jadi one hit wonder ternyata nggak.

    AAAHHHH SUMPAH WONPIL ITU MOODBOOSTER DI MV BOBBALGANA GEMES

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagunya bagus yang 5 Star, CL banget wkwkwkwk terus bisa nggak sih CL sama Ian jadian aja HAHAHAHAHHAHA

      WKWKWKWKWK saking lawaknya om-om di luar MV sampe MV konsep romantis malah bikin ngakak

      Kalau menurutku bagusan Egotistic, lebih masuk di aku karena lagunya nggak terlalu dark wkwkwkwk

      IYAAAA semoga sukses Secret Number di comeback ini terus menang Rookie of the Year

      HUHUHUHUHUHUHUH Wonpil really radiates big uwu energy :3

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top