October 20, 2015

Makanan Korea Halal buatan KIRIN

Hai!

Picky eater mau review makanan Korea nih sekarang. Semua makanan ini pernah saya posting fotonya di instagram tapi gak pernah saya jelaskan detail rasa, harga, dimana belinya, bla bla bla karena intinya males aja nulis caption banyak-banyak. XD

Semua makanan Korea yang ada di postingan ini saya beli di Korean Shop "KIRIN" alias Kimbab Rina. Lokasinya ada di depan hotel Kalpataru Kota Malang tepatnya di Jl. Kalpataru No. 40, Kota Malang, Jawa Timur 65151. KIRIN buka dari jam 12.00 WIB-habis (kalo hari Jumat buka dari 12.15 WIB-habis). Buka setiap hari kecuali hari Kamis dan hari libur nasional.

Karena KIRIN ini rumahan, tempat makan dan rumah pemiliknya jadi satu, jadi makannya lesehan terus tempat parkir dalam pagarnya sempit dan parkir luar pagarnya mepet banget sama jalan raya. Tapi tenang, ada tukang parkirnya kok. :)

Meja makannya ada sekitar 9 buah, plus 1 meja untuk tempat nunggu pesanan yang dibungkus atau nunggu antrean meja makan. Kalo suka sama lagu-lagu Korea insyaAllah nunggu giliran dapat meja gak membosankan karena ada TV yang khusus menayangkan MV-MV lagu Korea yang baru-baru. :)

Cus ke menunya. Saya pernah nyoba kimbab beef, kimbab tuna, nasi goreng kimchi, ttokpokki, rapokki, jjajangmyeon, dakgalbi sama patbingsu.

Kimbab beef
Berupa nasi gulung (dicampur wijen) berbalut nori yang di dalamnya ada telur dadar, daging sapi cincang gurih, wortel, mentimun, dan damyuji (radish kimchi). Satu porsi dapat 10 potong. Rasanya enak dan MENGENYANGKAN. Udah gitu aja. LOL. *failed to be food blogger*
Mbaknya rapi dan bagus banget motong kimbabnya, jadi penampilan kimbabnya cantik, gak berantakan, dan menggugah selera.
Harga: Rp. 17.500,00
Nilai: 4/5


Kimbab tuna
Sama kayak kimbab beef tapi daging sapi cincangnya diganti tuna yang dicampur mayones (tapi gak ada radish kimchinya). Kalo kimbab tuna ini saya cuma ngicip satu biji punya temen karena saya anaknya gak doyan ikan tapi penasaran rasanya. XD Ternyata kimbab tuna lebih enak dari kimbab beef! Pengaruh mayones kali ya.
Harga: Rp: 17.000,00
Nilai: 4/5

Nasi goreng kimchi
Awal-awal KIRIN baru buka dulu, nasi goreng kimchinya asin banget menurut saya. Jadi cuma habis separo aja. :'( Mungkin dulu lidah saya gak pernah kena kimchi terus kena kimchi jadi shock *maklum lidah kamffung* atau bisa jadi emang keasinan pas masak. Tapi sekarang nasi goreng kimchinya so much much much better dari yang dulu. Rasanya udah gak keasinan lagi, udah pas di lidah orang Indonesia.
Nasi goreng kimchi ini disajikan bersama lembaran nori gurih, telur mata sapi, dan kimchi lobak segar. Nasinya bercampur dengan kimchi sawi putih. Tekstur nasinya lebih lembek dibandingkan nasi goreng 69 di Matos. Norinya enak tapi terlalu sedikit, kalo norinya ditambah pasti lebih enak. *ngelunjak* Telur mata sapinya juara! Pinggiran putih telurnya gak terlalu kering tapi kuning telurnya matang sempurna. Pas buat yang gak suka kuning telur setengah matang. Kimchi lobak segarnya.....emmm.....asem kayak cuka, makanan ferementasi kan ya emang.
Harga: Rp. 17.000,00
Nilai: 3,5/5 (kalo lagi kelaparan 4/5)

Ttokpokki
Porsinya paling sedikit dibanding menu-menu KIRIN yang lain. Isinya kue beras, bakso ikan, wortel, kubis, bawang bombay, ditaburi wijen dan daun bawang terus pedes (karena memang bumbunya bumbu gochujang alias pasta cabe Korea) padahal cuma level 1. Levelnya bisa sampai 3.
Kue berasnya kenyal dan licin banget cin jadi susah disumpit, sumpitnya melamin sih. *nyalahin sumpit* Kalo sumpitnya sumpit bambu mungkin bisa kepegang. Belum pernah (dan gak akan pernah) bawa sumpit bambu sendiri sih buat makan ttokpokki di KIRIN. -_____- Pake garpu ato sendok aja paling gampang.
Harga: 18.000,00
Nilai: 3/5 (ralat di komen instagram 3.5/5)

Rapokki
Ttokpokki yang ditambah dengan mi ramen. Mi-nya bukan mi instan merk lokal tenang aja. Ini juga pedes meskipun cuma level 1. Gak bisa level 0. Ttokpokki dan rapokki ada yang ditambah parutan keju, harganya lebih mahal. Suka-suka aja pilih yang mana. Saya juga cuma ngicip punya temen. BAHAHAHA.
Harga: Rp. 21.500,00
Nilai: 3,5/5

Jjajangmyeon
Mi dibumbui dengan saus hitam (chunjang), ada taburan wijen dan irisan timun di atasnya. Jjajangmyeon ini dilengkapi udang atau cumi, bawang bombay, dan kentang. Karena seafood banget jadi saya gak terlalu suka.
Mi-nya kayaknya pake mi spaghetti, rasanya kenyal. Ini juga licin susah disumpit, mending langsung makan pake garpu aja. Menu ini tersedia hanya di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.
Harga: Rp. 23.500,00
Nilai: 2,5/5

Dakgalbi
Heavenly delicious! Lebay tapi serius dakgalbi ini ENAK BANGET!!! Berupa potongan daging ayam yang dimasak bumbu galbi terus ada ubi, kue beras, dan sayurannya. Daging ayamnya ituhhhhh.....wenak pol, GAK ADA TULANGNYA. Ubinya juga juara, gak ganyong sepotong pun! Anyway ganyong ini bukan bahasa Korea lho ya *ganyonghaseyo* *garing* *gak lucu*, tapi bahasanya......errr.....ibuk sama tetangga-tetangga saya untuk menyebut ubi yang rasanya gak enak. Biasanya ubi yang bengkok-bengkok dan bongkotan (pangkal) yang rasanya aneh itu lho istilahnya ganyong. Tau gak maksudnya? Tau aja biar cepet.
Dakgalbi ini kering, gak berkuah saus kayak ttokpokki. Bisa banget disumpit. Porsinya banyak dan mengenyangkan. Levelnya bisa 1, 2, atau 3 tergantung selera. Buat yang doyan pedes, level 1 ini rasanya manis. Kalo buat saya ya udah pas banget lah level 1 lol. *lidahnya cemen*
Harga: 21.500,00
Nilai: 5/5

Patbingsu
Es campur khas Korea yang isinya es serut (tapi di KIRIN es-nya gak diserut, bentuk es-nya berupa butiran es batu kecil-kecil kayak kerikil) sama saus kacang merah yang tersembunyi di antara es batu di bawah topping berupa buah-buahan (stroberi, kiwi, dan pisang), corn flakes, mochi, dan es krim. Satu porsi patbingsu tidak untuk 1 orang saja melainkan untuk 2-3 orang.
Cara makannya diaduk sampe semua isinya tercampur rata. Bentuknya memang jadi gak secantik sebelumnya, tapi rasanya SEGER DAN ENAK BANGET! Apalagi sekarang hawa kota Malang semakin hot, cocok sekali siang-siang makan patbingsu. :9
Harga: Rp. 22.500,00
Nilai: 5/5

Ada satu menu lagi yang hanya tersedia di hari Minggu dan Senin, namanya Odeng. Odeng ini berupa sup berisi lembaran fish cake dan bola-bola bakso ikan. Saya gak pernah nyoba menu ini karena pasti gak bisa makannya, ikan-ikanan semua bahannya. T_____T

Eh ada satu lagi ding yang belum saya coba, sundubu jjigae. Nanti kalo udah nyoba saya review juga deh disini. ;)

Oiya KIRIN punya akun twitter yang update kalo misalnya menunya udah habis ataupun tutup sewaktu-waktu, jadi bisa meminimalisir tingkat kecele pelanggannya. Baik banget ya yang punya. T_____T Terus ada instagramnya juga, silakan cek-cek galerinya kalo ingin tau foto lain yang lebih artistik dan menggugah selera. ;) Punya facebook juga, tapi saya gak tau isinya apa, jarang buka facebook. Hehehe. :p

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca ^^

6 comments:

  1. Waduh, ini sih deket banget sama kosan saya. Wah, kalau main ke Malang mampir ah. Terimakasih infonya mbak. :D
    eh, salam kenal ya. Saya baru pertama main ke blog ini. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak silviana noerita! salam kenal juga, makasih sudah mampir dan komen^^ blog mbak silviana keren ya dan saya baru tau ada blog hello malang *padahal saya orang malang* -_____-

      Delete
    2. Terimakasih mba, sampai sekarang masih belajar juga nih. Blognya mba juga bagus, banyak informasinya. Meskipun saya bukan K-Pop Lover sih tapi lumayan buat tambahan pengetahuan. Hihihi..

      Iya mba, itu baru banget. Baru ada bulan Oktober, anak dari Ezy travel. Kapan- kapan kalau di Malang, boleh dong makan di tempat ini bareng. :D. Saya sudah lulus sih soalnya, jadi ke Malang sesekali aja.

      Delete
    3. hihihi banyak postingan alaynya ini blog, wah boleh boleh..dulu kuliah di malang kah? kosnya daerah mana mbak?

      Delete
    4. Iya di UM mba, di jalan Sumbersari belakang SMP 4 depan Matos. hehehe

      Delete
    5. wah deket semoga kapan-kapan bisa meet up ya pas lagi di malang, saya dulu kuliah di UB :)

      Delete