January 5, 2021

Penjelasan tentang 은/는 dan 이/가 (Topic and Subject Marking Particles in Korean Language)


Annyeonghaseyo yorobun! Walaupun sudah tanggal 5, karena ini masih Januari maka saya ucapkan 새해 복 많이 받으세요 alias selamat tahun baru~~~ Semoga tahun ini jauh lebih baik dari tahun kemarin dan segala yang kita resolusikan bisa terwujud dan berjalan dengan lancar. Aamiin!

Mengawali postingan perdana di tahun baru, saya nggak akan nulis banyak-banyak. Hari ini ceritanya mau sharing sumber belajar bahasa Korea yang akhirnya membuat saya lebih mengerti penggunaan partikel 은/는 dan 이/가.

Topik tentang 은/는 dan 이/가 ini tergolong berat dan susah buat saya huhuhuhu. Dulu pernah belajar dari pdf dan mp3-nya website talktomeinkorean (TTMIK) tentang topik ini. Level 1 udah kena 은/는 dan 이/가 yang bikin pusing. Memang pembahasan ini penting sih dalam bahasa Korea makanya ditaruh di level 1, tapi hamba tidak mampu menangkap intisari materinya. Udah dengerin beberapa kali tetep aja nggak ngeh. :)

Hingga akhirnya di bulan Agustus tahun kemarin saya nemu satu video yang ttak! Cocok, nyambung, dan membuat saya lebih paham dari sebelumnya. Bayangin, belajar dari tahun 2014 dan baru pahamnya di tahun 2020 wkwkwkwk. Yaudasih gapapa yang penting terus belajar kan ye wakakakak mencari pembelaan. :p

Mana sih video yang bikin paham itu?

Nih~



Selamat nonton dan belajar buat yang belum paham dengan materi ini juga. Semoga tercerahkan!

Bye and see you on my next post! *ppyong*


*

4 comments :

  1. Kirain mo dijelasin ternyata disuruh nonton video kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. WKWKWKWK ga berani akutu jelasin topik yang ini, berat shay...

      Delete
  2. Yoo kak Endah. Kali pertama aku berkunjung kemari niiih.

    Dan kita samaaaaaa!! Eh tapi kalo aku lebih parah belajar dari tahun 2012 sampe sekarang belom paham banget, paham sekali abis itu lupa. eh aku juga belajar dari pdf, mau beli buku panduannya yg besar itu belom kesampean.

    Kedua partikel diatas yang sering kita dengar ya dari bahasa korea + juga 입니다 / 입니까 , bener apa gak ya hahah

    Anyway thankyou kak buat sharingnya, bisa jadi referensi baru buat belajar bakor lagi nih 👍💪

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohooo makasih mba Reka!

      Gapapa yang penting terus belajar, tbh materi pdf yang aku print dari TTMIK itu aku downloadnya dari tahun 2012 dan baru sempet mempelajarinya dua tahun kemudian. xD

      Semoga nanti kesampaian beli bukunya itu biar bisa belajar lagi.

      Iya bener sering banget dua partikel sama ending stem yang mba Reka sebutin itu dipakai sama orang Korea kalau ngomong.

      Yuhuuu sama-sama, mari sama-sama terus belajar!

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top