October 23, 2023

Tentang NewJeans


NewJeans debut di masa-masa saya kurang antusias dengan K-Pop, jadi nggak terlalu memperhatikan. Pernah baca berita tentang mereka dan lagu Cookie. Beritanya agak kurang bagus sih, tentang usia member NewJeans yang masih muda dengan dugaan makna lagu yang secara implisit agak sensual. Namun, pada akhirnya berita tersebut menjadi perantara saya untuk mendengarkan lagu NewJeans yang berjudul Cookie tersebut.

Secara umum, lagunya nggak masuk ke selera saya. Walaupun begitu, saya tetap kepo dengan lagu-lagu NewJeans lainnya seperti Attention dan Hype Boy. Sama dengan Cookie, dua lagu tadi juga nggak masuk ke selera saya. Saya kira NewJeans ini konsepnya cerah ceria seperti GFRIEND era Love Whisper. Ternyata enggak. Udah beda era kayaknya ya, konsep cute sepertinya sedang tidak diminati K-Pop untuk saat ini.

(((Perbendaharaann))) saya tentang lagu NewJeans bertambah lagi ketika mendengarkan salah satu episode podcast Kekoreaan. Ron dan Dita pada saat itu membahas lagu Ditto. Ditto ini sedang meroket banget pada saat itu. Saya coba lah nonton MV-nya (side A dan side B). Lagunya bisa masuk ke selera saya, dan yang paling penting adalah visualisasi MV-nya. Wah gila kok bisa bikin nostalgia ya, wkwkwkwk.

Salah satu scene di MV-nya itu bentuknya rekaman handycam jadul. Yang menambah kesan nostalgia juga adalah rambut member NewJeans yang semuanya warna hitam dan modelnya nggak aneh-aneh. Terus mereka ada dua versi dance nggak sih, salah satunya jadul 98 version. Sumpah nostalgia era 90-an dan 2000-an awal makin terasa. Baju mereka gombrong semuaaa...yang mana baju-baju kayak gitu ngetren banget di akhir 90-an dan awal 2000-an. Gilaaa gila fashion akhirnya kembali berputar setelah kurang lebih 23 tahun berlalu.

Anyway, lagu-lagu NewJeans setelah Ditto ini lebih banyak yang bisa saya terima, seperti Cool With You, ASAP, dan Super Shy. Ciri khas mereka ini lagu-lagunya cenderung datar ya. Nggak ada pamer-pamer nada tinggi. Mungkin seperti halnya konsep cute, konsep pamer nada tinggi sedang tidak diminati di K-Pop saat ini. Dance mereka juga kayak khas gitu. Banyak banget gerakan tangan dan kaki yang kelihatannya kayak nggak beraturan tapi bagus.

Kembali ke masalah lagu-lagu NewJeans yang cenderung nyanyinya datar. Saya penasaran lho siapa sebenernya yang suaranya bagus di NewJeans. Setelah nonton mereka nyanyi live, kelihatannya yang vokalnya kuat itu Hyein, Hanni, dan Danielle. Hyein part-nya banyak di Ditto. Hanni dan Danielle pernah nyanyi lagu SNSD Into the New World. Minji ini center ya? Kalau Haerin visual? Cmiiw soalnya saya lihatnya seperti itu.

Aslinya saya kayak semacam nggak sadar gitu lho udah ngefans NewJeans, sampai akhirnya tau-tau bela-belain beli McD edisi NewJeans, wkwkwkwk. Bonusnya kartu pos yang gambarnya kentang goreng, nggak ada NewJeans-nya sama sekali. Cuma bungkus nugget ayamnya aja yang ada gambar kelincinya. 😂 Udah gila emang. 😁

Setelah beli baru mikir...oh kayaknya emang suka beneran ke NewJeans sih ini. 😂😂 Kertas kemasan nugget-nya saya tempel di buku sambil sekalian nyari nama-nama member plus tanggal lahirnya. NIAT BANGET KAN FOSIL SATU INI. 😆

NewJeans ini udah 5th gen kah?

Saya nggak inget kapan tepatnya bisa bedain siapa yang mana di NewJeans. Ingetnya pas nonton Ditto dulu itu NewJeans di benak saya adalah Danielle and the two twins. 😭 Minji dan Hanni kayak kembar, apalagi Haerin dan Hyein. ☺☺ Setelah bisa bedain Minji dan Hanni, saya masih struggle mengingat siapa yang Haerin dan siapa yang Hyein. Kadang sampai sekarang masih suka ketuker-tuker namanya. 😆

Eh tapi ada satu pencapaian yang besar banget buat saya dalam hal ngefans NewJeans ini: bisa mengenali karakter mereka di versi Power Puff Girls. 😁 Yang ijo matanya galak Haerin, yang alisnya tebel Minji, yang rambutnya banyak kupu-kupunya Hanni, yang kuning Danielle, dan yang matanya ungu Hyein~~~

Tuh kan gimana nggak makin nostalgia coba, karakter mereka aja dibikin versi Power Puff. Power Puff Girls ini dulu serial yang saya suka tonton di hari Minggu pagi jam 9 di RCTI!!! 😭 Episode yang paling menarik itu waktu ada Power Puff versi laki-laki. Lucu deh. Di K-Pop juga kalau dilihat-lihat sebenernya ada versi laki-laki dari NewJeans...

Siapa?

...RIIZE.

WKWKWKWKWKWKWK.

Bahas grup SM paling baru itu di postingan lain aja. Sampai jumpa!


*

No comments :

Post a Comment

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top