June 23, 2020

17 Poin tentang Heng:garae SEVENTEEN


Hellooo~~~ I'm back again today haha. Kali ini mau ngomongin tentang comeback grup SEVENTEEN yang secara resmi dirilis kemarin Senin tanggal 22 Juni 2020 dengan mini album berjudul Heng:garae. Komennya pakai poin-poin biar mudah dan langsung pada intinya.

  1. Lupa-lupa ingat sebenernya awal menyambut comeback SEVENTEEN yang ini seperti apa. Kayaknya saya datar-datar aja baca berita mereka mau comeback tanggal 22 Juni karena comeback sebelumnya mereka pakai konsep dark kan untuk title track-nya, jadi saya nggak ada ekspektasi sama sekali apalagi manajemennya sudah diakuisisi manajemen lain.
  2. Ternyata emang bener kalau nggak mengharap apapun dari manusia tuh dapatnya malah dapat hal yang tak terduga hoho. Comeback kali ini konsepnya kayak 'Oh My' HUHUHUHU AKHIRNYAAA SEVENTEEN!!! Soalnya saya jatuh cinta sama grup ini kan di lagu 'Pretty U' ya, di mana konsepnya tuh warna-warni pastel dan cute. Unik gitu lho, di saat boy group lain tampil gahar dan dark, SEVENTEEN malah lucu kayak gini gemes banget suka!
  3. Album Heng:garae ada empat versi: Hana, Dul, Set, dan Net. Di dalam masing-masing versi ada lagi berversi-versi photobook yang dapatnya random. Photobook-photobook ini bisa dilepas dan disusun sendiri karena albumnya ada bautnya wkwkwkwk. Gila SEVENTEEN fansnya disuruh assembling sendiri. Unik. Tapi saya nggak beli karena nanti aja nunggu individual cover hahaha saya suka yang pasti-pasti, yang ini terlalu banyak randomnya monmaap.
  4. Printilan albumnya kayak photocard dan bookmark juga jadi banyak banget, semangat teman-temanku yang kolektor kertas ganteng. I wish you all get what you want in trading and buying those things!
  5. Tbh baru nonton live performances dan MV mereka tadi siang. Live performancesnya di Mnet dengan lagu Fearless, My My, dan Left & Right. Keren banget dance Fearless aku terkezut waktu Jeonghan jalan di atas punggung dancer dan teman-temannya wow. Koreografi Fearless ini teatrikal, nyeritain liriknya. Dance-nya SEVENTEEN makin bagus wah saya lama nggak lihat mereka, balik-balik saya makin berdecak kagum.
  6. My My juga teatrikal, lucu banget waktu Seungkwan naik perahu dari tangan Vernon sama DK, dan teman-temannya yang lain jadi ombak HUHUHUHU KENAPA SIH KALIAN SELALU KREATIF KAYAK GINI. 😭
  7. Performance Left & Right diberi drama bisu dikit dulu di openingnya. Habis itu mereka ngumpul semua dan mulai menyanyi dan menari. Semuanya saya suka, entah itu lagunya, entah itu koreonya, entah itu anak-anaknya. Kelihatan having fun sekali mereka.
  8. Untuk MV Left & Right-nya sendiri, untuk pertama kalinya saya ngakak nonton sebuah music video. Ngakaknya karena tiga hal. Pertama, di DETIK KE-45!!! Ceritanya balapan lari terus yang lari malah Seungkwan sendirian HAHAHAHAHHAHA KAMPRET! Lainnya santai-santai aja gitu, kemudian joget bersama. Kedua, di menit ke-2:00 waktu DK nengok ke kiri terus ke kanan lihatin temen-temennya ngedance, muka dia kocak banget tolong kenapaaa huhuhu apa ini emang sayanya yang refleks ketawa aja gitu bawaannya kalau lihat DK cengo huhuhu. Ketiga, di menit ke-2:32 WOY KENAPA DAH MOBILNYA JADI ROKET??? HABIS GITU JATUH NYUNGSEP TAPI SUPIRNYA SI BAPAK CHEOL KELUAR DARI MOBIL MUKANYA BERSIH NGGAK CEMONG!!! Malah lanjut ngedance HUHUHUHU SERAH KALIAN AJA LAH SERAH. Sebenarnya kalau mau dikulik lebih jauh, MV ini banyak banget filosofinya. Kayak di menit ke-1:30 itu ada papan reklame tulisannya "Youth can change everything". Tapi ya tentu saja pekerjaan kulik-kulik MV ini saya nggak sanggup, monggo Carat yorobun sekalian barangkali ada yang sanggup membedah MV dipersilakan. Saya mau sedikit komentarin lagu di mini album ini aja, saya tulis di poin 9-14.
  9. Fearless: mungkin ini ada kaitannya sama Fear yang di album An Ode ya soalnya masih ada poison-poisonnya liriknya, gatau saya nggak terlalu menyimak Fear, yang pasti Fearless ini dark tapi tumbenan saya suka (kayak pas Getting Closer dulu). Liriknya tentang new me yang nggak lagi takut menghadapi masalah, malah nantang pingin sesuatu yang baru lagi, good lyrics.
  10. Left & Right: lagunya bisa bikin otomatis joget-joget goyang-goyang bahu pas dengerin, cerah, liriknya mengajak untuk keep going dan nggak usah menggubris ejekan orang, kita nggak sendirian di hidup ini, orang lain juga sedang menghadapi masalah sama seperti kita, kalau mau istirahat dulu ya oke silakan, habis gitu lari lagi dengan semangat lagi.
  11. I Wish: agak sedikit kalem dengan lirik yang sepertinya menghibur seorang cewek yang ceweknya ini ditinggal cowoknya, semacam cinta segitiga gitu but cmiiw.
  12. My My: lagunya ceria dan bright dengan arti lirik yang 11-12 sama Fearless plus Left & Right, tentang hidup ini jalanin aja dengan nggak usah ngotot, tenang aja kamu sudah melakukan yang terbaik jadi keep going dan ingat perjalananmu adalah milikmu, nggak perlu dibandingin sama hidup orang lain, you are doing fine.
  13. Kidult: surprisingly ini lagu ternyata mellow ya, tenang gitu maksudnya kirain bakal kayak Left & Right, lagunya nggak terlalu suka tbh tapi liriknya bagus banget. Kayaknya emang benang merah album ini tuh menegaskan tentang di hidup ini kamu nggak sendirian, ada aku, ada mereka, kita semua precious, nggak usah terlalu keras ke diri sendiri, istirahat gapapa kalo capek. Nangis gapapa kalo masalah lagi berat, bagaimanapun kita ini adalah anak yang tumbuh dewasa, gak ada salahnya nangis, habis itu bangkit lagi.
  14. Together: suka banget sama lagu ini, tersuka(?) setelah Left & Right, lagunya cerah dan liriknya juga (lagi-lagi) memberi semangat. It's okay kalau dunia terlihat nggak berpihak pada kita, it's okay kalau kompas kehidupan kita kayaknya nggak berfungsi dengan baik, it's okay karena jalan di depan kita terbentang banyak sekali, gapapa you are doing fine.
  15. Peringkat lagu dari mini album Heng:garae ini sebelum saya baca liriknya adalah seperti ini (judging from its music and perhaps melody?): pertama, Left & Right-Together-MyMy; kedua, Fearless-I Wish; ketiga, Kidult.
  16. Setelah baca liriknya, peringkatnya berubah menjadi: pertama, Left & Right-Together-MyMy; kedua, Fearless-Kidult; ketiga, I Wish. Hahahaha I Wish sama Kidult berubah tempat. Dengerin album Heng:garae full bisa di Spotify.
  17. Nggak afdol kalau nggak milih satu foto teaser terfavorit. Favorit saya tentu saja...siapa lagi kalau bukan Hansol Vernon Chwe hahahaha udah bias ini harap maklum. Saya paling suka foto dia yang warna hijau, kelihatan bule banget di situ huhuhu cakep. Yang ini nih fotonya:
cr: pledis_17

Sebagai kesimpulan untuk merangkum semua ini: SEVENTEEN comeback dengan konsep bright and fun but more mature than before

Makna lagu-lagunya sebenarnya kalau mau dibandingkan dengan grup yang juga saya suka saat ini yaitu DAY6, tema liriknya udah beberapa kali dipakai di lagu-lagunya DAY6. Nggak heran sih karena DAY6 kan hampir semua membernya lebih tua dari member SEVENTEEN (kecuali maknae Dowoon yang lebih muda tujuh belas hari dari leader sekaligus member tertua SEVENTEEN yaitu Choi Seungcheol wkwk I just realized this fact ya pas nulis kalimat ini), jadi DAY6 lebih duluan mengalaminya daripada SEVENTEEN. Still...I LOVE THEM BOTH!

See you on my next post!


*

2 comments :

  1. Mbak Endah produktif bangeeeet!!!
    Aku juga sebagai penggemar bright concept suka sama comeback yang sekarang, hehehe. Trus poin no.11 kok relate banget sama aku seakan2 Seventeen tau keadaanku :'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas niat ini nulisnya dan biar nggak tidur sore-sore😂 akhirnya seventeen kembali menjadi seventeen tapi versi lebih dewasa🥰 hehehe makin jatuh nggak tuh sama seventeen?

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top