April 6, 2020

FF dan AU DAY6 Favorit


[UPDATE 010520] I write DAY6 oneshots fanfiction on Wattpad hehe, please click here. The title is 'The Book of Us'

FF itu apa? AU itu apa?

Dari sekian banyak deskripsi di internet, akhirnya nemu sebuah blog yang mendeskripsikan kedua istilah itu dengan tidak membingungkan. Nama blognya Eunhae Fanfics~.

Jadi FF (fan fiction) adalah sebuah karya tulis oleh fans mengenai para idola mereka. Bisa dari karakter dunia nyata, maupun novel terkenal dan cerita-cerita kenal. Sedangkan AU (alternate universe) adalah FF di mana cerita akan mengambil ‘dimensi’ yang berbeda dengan keadaan asli. Karakter akan diambil dari tokoh dunia asli, ataupun cerita yang sudah terkenal dan sudah ada. Namun situasi, tempat, dan penempatan sifat mereka akan memiliki perbedaan. Sebagai contoh, perbedaan pekerjaan atau usia.

Kalau menurut Wikipedia, AU ini merupakan salah satu genre FF. Saya setuju itu, dilihat dari dua deskripsi di atas pun memang AU ini bagian dari FF. Tapi jika melihat kultur di Twitter, kebanyakan fans akan menyebut FF di Twitter sebagai AU dan menyebut FF ketika ditulis di platfrom lain. Yasudah saya ngikut tren aja mau ngalir ke mana daripada pusing kan toh sama saja intinya.

Sejak mengenal Day6 saya jadi sering baca FF karena ternyata di fandom Day6 ini budaya baca dan bikin FF halu sangat disukai. Di fandom Seventeen juga gitu sih cuman bedanya di Day6 ini lebih beragam dan pairingnya bukan antar member. Saya sendiri baca FF Day6 di tiga platform yaitu Wattpad, Twitter, dan Tumblr.

Di postingan ini, saya tulis beberapa judul cerita favorit dari masing-masing platform. Selamat membaca!

Wattpad
1. Kosan Enam Hari by daytroit
The very first Day6 fanfiction I had read. Ceritanya tentang seorang mahasiswi yang ngekos di kosan yang isinya cowok semua. Kosannya emang campur cowok-cewek dan hanya boleh ada di kosan dari Senin sampai Sabtu aja. Minggu harus pulang ke rumah masing-masing. Alasannya? Baca sendiri deh biar seru.

Saya suka banget sama FF ini karena nama-nama cast anak Day6 dilokalin semua (Jevan, Ariya, Bhiyan, Natya, dan Danan). Terus penulisnya telaten pun sampai bikin akun instagram buat tokoh-tokoh fiktif ini. Tokoh ceweknya nggak dikasih lihat wajahnya seperti apa. Yuhuuu...nikmat mana yang kamu dustakan? Pembaca jadi bisa dengan leluasa bayangin cewek ini sebagai siapa. Saya sendiri bayangin cewek ini sebagai Shin Ye-eun, aktris yang pernah jadi model di MV Day6 'Shoot Me'. Mbanya wajahnya agak judes cantik gitu kan, sesuai sama Alka (tokoh utama cewek di ceritanya).
 
Cerita 'Kosan Enam Hari' ini ringan dan sangat dekat dengan kehidupan waktu kita masih jadi mahasiswa. Nggak lebay dan nggak FTV. Bahasa yang dipakai juga bahasa santai sehari-hari. FF ini paling juara di hati deh pokoknya hahaha.

2. UNINTENDED by daytroit
Ini sekuel dari 'Kosan Enam Hari'. Ceritanya masih on going. Sementara ini masih sampai di Alka dan Jevan yang LDR karena sebuah masalah keluarga yang dialami Jevan. Masalahnya berat cuy sampai Jevan harus sembunyi dulu di luar negeri. Untung aja ada empat cowok yang siap menemani Alka di masa-masa sulitnya.

3. DAY6 Imagines by daytroit
Kalau yang ini cerita lepas oneshot untuk masing-masing member. Genre ceritanya dimulai dari yang lucu-lucu ala romcom sampai ke rada-rada creepy stalker psikopat huhu.

4. Roaring of Youth (DAY6 AU SERIES • psj) by massungjean
Tokoh utamanya dua orang yaitu Sarah dan Satria (Park Sungjin). Sarah ini mahasiswi yang agak ngawur nyablak gitu anaknya, yang secara nggak sengaja dipertemukan dengan dosen muda bernama Satria melalui sebuah kejadian yang gemes-gemes kocak.

Tiap bab ditulis nggak terlalu panjang tapi poinnya dapet, plotnya oke. Bahasanya enak banget dibaca, lancar dan santai. Kekurangannya cuma ceweknya dikasih lihat wajahnya hahaha. Bukan seleb Korea kayaknya, lebih ke mbak-mbak Pinterest cmiiw.

5. yours, mas bra (DAY6 AU SERIES • youngk) by massungjean
Kalau ini tokohnya satu aja, namanya Brian (YoungK). Oneshot karena ceritanya dia monolog melalui surat untuk seseorang yang sangat dia sayangi. Sedih banget bacanya jadi pingin peluk masnya huhuhu.

6. Commuter Line (DAY6 AU SERIES • jae) by massungjean
Tokoh utamanya dua orang, yaitu Jaelani (Jae) dan Jihan. Tapi ceritanya ini ada benang merahnya sama cerita Sarah dan Satria. Jadi bacanya urut aja mending dari 'Roaring of Youth' lalu ke 'Yours, Mas Bra' kemudian baru ke sini.

Sama seperti 'Roaring of Youth', tiap bab ditulis nggak terlalu panjang tapi poinnya dapet dan plotnya oke. Bahasanya enak banget dibaca, lancar dan santai. Kekurangannya adalah tokoh cewek yang bernama Jihan ini kelihatan desperate banget gitu hidupnya harus wajib punya pacar hahaha.

7. Domestic 6 by mockingjaybirdx
Isinya beberapa cerita lepas member Day6 yang diceritakan udah nikah dan berkeluarga. Gemes sih bacanya karena sweet dan cute hehehe.

8. Dari Januari by skyfty
Tokoh utamanya bernama Nana dan Sungjin. Sungjin di sini berperan sebagai Sungjin Day6 yang sebenarnya. Iya ya yang sebagai gitaris band dan selebritis. Nana wanita kantoran non-seleb. Mereka pacaran dengan berbagai lika-liku perbedaan dunia kerjanya.

Cara penyampaian ceritanya kayak nulis twit. Tau nggak maksudnya? Yang nggak ada bumbu-bumbu sastranya. Jadi ngalir aja kayak ngetik curhatan. Sudut pandangnya pakai orang pertama dan diambil hanya dari sisi Nana.

9. Dari Januari Chapter 2.0 by skyfty
Lanjutan dari 'Dari Januari' dan ceritanya lebih kompleks karena Nana dan Sungjin sudah menikah. POV-nya juga nambah nggak hanya dari Nana tapi dari Sungjin juga. Kayaknya nggak bakal saya lanjutin baca deh, soalnya tokohnya makin banyak dan bukan dari grup yang saya ikuti.

10. With You: Day6 Sungjin by skyfty
FF ini mature content dengan kisah kehidupan rumah tangga Surya (Sungjin) dan Alya. Alya punya kakak yang namanya Jefri (Jae), mantan pacar bernama Alfi (Wonpil), dan rekan kerja bernama David (Dowoon). YoungK divisualisasikan sebagai Brian tapi saya lupa peran dia apa wkwkwkwk.

Paruh pertama menceritakan manis-manisnya hubungan Surya dan Alya. Tapi begitu sampai di paruh kedua...beuhhh banting setir. Emosi diaduk-aduk, diombang-ambing, dijungkir balik dengan drama yang tidak diinginkan oleh sepasang suami istri. Ikutan stres dan sedih bacanya.

11. When Hoteliers Meet Instruments by itjxxx
Ini favorit kedua setelah 'Kosan Enam Hari'!!! Mana nama-nama tokohnya keren semua, terutama Jae as Jagapati Erlangga. NANGIS DERES BAGUS BANGET NAMA JAGAPATI HUWEEE. YoungK jadi Januar Brianadhi (Brian), Wonpil jadi Krisna Wiratama (Krisna but I prefer Wira aja harusnya tapi yaudah serah yang bikin), Dowoon jadi Dion Perwira Julian (Dion), dan Sungjin jadi Satria Bayu Pamungkas (Satria).

Ceritanya lima orang ini kerja di hotel bintang lima di ibukota. Selang seling sih flashback jaman mereka kuliah perhotelan juga. Keren banget astaga penjabaran dan deskripsi ceritanya. Penulisnya orang hotel jadi kelihatan paham dan ngerti banget sama apa yang dia tulis. Istilah-istilah teknis banyak digunakan di dalam cerita.

Tema yang diangkat lebih ke persahabatan dan karir, bukan cinta-cintaan dengan lawan jenis. Juara banget ini tuh!!! Cerita ini masih on going. Oh iya Jagapati dkk selain kerja juga nyambi ngeband.

12. DEADLINE!!! by neustarcoll
Ini juga masih on going dengan cerita yang panjang dan alur yang cenderung lambat. Tokoh-tokohnya buanyak nggak hanya lima member Day6, tapi nggak membuat bingung kalau menurut saya karena masing-masing selalu dikasih jabatan mereka di kantor sebagai apa. Ceritanya mereka semua ini satu kantor di sebuah media cetak dan elektronik yang setiap hari kena deadline. Ada yang pemred, fotografer, reporter bola, reporter badminton, dll dkk dsb macem-macem deh. Seru kalau mereka semua lagi ngomong di grup chat.

Beberapa tokoh-tokohnya diberi visualisasi idol-idol Korea seperti Chanyeol, Ravi, Jamie, dan Moonbyul Mamamoo. Sayangnya cewek-cewek yang ditaksir sama tokoh-tokoh Day6 nggak ada yang sreg di mata saya wkwkwkwk. Rewel emang anaknya. Jadi kalau pas baca ya saya agak gimana gitu, berusaha nyari visualisasi yang saya suka orangnya. Misal nih untuk Jae yang berperan sebagai Jastra. Dia kan pacaran sama dokter, tapi saya nggak suka dengan visualisasi yang dikasih sama penulisnya. Jadi ya saya bayangin aja itu dokter sebagai Wendy Red Velvet hehehe.

13. Sabtu by agistajung
Kalau yang ini punya teman saya sendiri. Masih on going dan tiap babnya nggak terlalu panjang. To the point pokoknya.

Ceritanya ada seorang wanita karir yang akan menikah dengan kekasihnya tapi masih galau aja gitu mbaknya hahaha. Soalnya ada seorang sahabatnya yang ngasih perhatian yang nggak bisa didapat dari kekasihnya itu. Nah loh.

Saya tim mantau dari kejauhan sambil ngebucin mas Bian dan mba April wakakakak. Bentar lagi disleding nih saya sama penulisnya.

14. Before Finale by arbrlna
Awal tau cerita ini dari base MyDay (sekarang ceritanya masih on going). Penulisnya dulu cek ombak ada yang mau baca FF mature content dengan tiga tokoh Brian, Sungjin, dan Jae apa nggak. Brian dengan keribetan persiapan pernikahan, Sungjin dengan urusan anak, dan Jae sebagai duda beranak satu wakakakak. Sumpah ya yang bikin saya tertarik tuh yang bagian Jae HAHAHAHAHA. Nggak bayangin ya Allah ada duren kayak Park Jaehyung. Duren alias duda keren wth.

Brian dipinjam visualnya menjadi tokoh bernama Ryan, punya tunangan bernama Usya. Mereka berdua mau nikah tapi masih ribet aja nggak nemu-nemu tanggal buat ketemu WO berdua. Penulisnya sengaja nggak kasih visualisasi buat ceweknya. Naaah...di sini nih saya suka banget jadi bebas bisa bayangin Usya ini siapa. Hehe...saya bayangin Usya ini Solar Mamamoo. Sampai-sampai kalau Usya ngomong tuh suaranya udah suara Solar di dalam kepala saya. Bucin pairing YoungK-Solar emang huhuhu.
 
Sungjin jadi dosen muda sekaligus entrepreneur sukses bernama Estu. Dia dipanggil dengan sebutan Ayah Ganteng oleh seorang anak perempuan lucu berusia enam tahun bernama Alinea. Estu sayang banget ke Alinea, sayang banget level ga bakal nikah sama perempuan yang ga disetujui Alinea. Masa lalu Estu dan Alinea ini nih yang paling bikin saya penasaran di cerita ini.

Jae jadi pekerja kantoran dan seorang ayah muda, dia bernama Arsa. Anaknya cowok masih tiga tahunan apa ya, namanya Esa. Arsa bersama dengan mantan istrinya, Adel, ganti-gantian mengasuh Esa. Pasangan ini yang paling banyak fansnya di jagat 'Before Finale'. Paling direquest buat rujuk aja soalnya semua udah pada gemes HAHAHAHAHA. Ehem...saya bayangin Arsa-Adel ini sebagai Jae-Eunha GFRIEND. Di mata saya ya, Eunha cocok banget jadi visualisasi Adel yang mudah menangis dan bikin Arsa ga tega lihatnya bawaannya pingin meluk karena fragile.

15. Still Holding On by arbrlna
Spin-off 'Before Finale' tentang kehidupan Arsa dan Adel sebelum bercerai. NANGIS AJA UDAH. Penulisnya nggak ngasih alur cerita di sini, jadi suka-suka dia aja lagi mood cerita yang bagaimana. Tetep sih pendapat saya ke cerita soal Arsa-Adel ini: BIKIN GEMES!!!


Twitter
Dari sekian banyak AU yang berseliweran di timeline dan hanya sedikit yang menarik perhatian saya, ada dua yang paling favorit yaitu AU Jae bayi dan Jaendy + Kwon Yuli.

AU Jae bayi ini paling annoyingly cute sejagad raya huhuhu soalnya Jae yang segede itu tiba-tiba berubah jadi bayi dan bikin temen-temennya bingung. AU singkat tapi lawak ini bisa dibaca di sini.

Sedangkan Jaendy + Kwon Yuli ceritanya pairing Jae dan Wendy Red Velvet yang mengasuh seorang balita cewek bernama Kwon Yuli. Fix sih baca ini karena gemes banget sama mereka bertiga. Terus AU-nya bentuk chat dan ada yang narasi juga tapi cuma pendek aja (yang narasi ditulis di write.as). Luv banget pokoknya mana nggak cheesy. Ada sekuelnya tapi ga minat baca hehe cukuplah satu sekuel yang paling the best aja agar supaya meninggalkan kesan di hati. Pret. AU-nya bisa di sini.

Sebenernya ada satu lagi yang casually saya ikuti. Temanya dulu lebih banyak persahabatan di antara mereka berlima. Cinta-cintaannya palingan cuma Dowoon yang pacaran sama seorang cewek bernama Haru (fyi Haru ini panggilan untuk MyDay alias fansnya Day6 wkwk). Judul AU-nya 'Pecel Lele/Wonpil Sejurusan'. Bentuk ceritanya chat WA dan 99% bahasa Jawa logat Jogja-Magelang tapi settingnya Unair Surabaya hahaha.

Agak aneh sih awalnya kalau baca chat Dowoon sama Wonpil yang bahasanya tuh kulonan dan halus banget untuk ukuran anak asli Surabaya, tapi lama-lama terbiasa dan bahkan suara mereka udah terngiang di kepala kalau lagi baca chatnya wkwk. Padahal bahasa Jawa lho. Kalau tiga lainnya udah pas banget karakter dan bahasa yang dipakai. Sungjin asli Jogja, sedangkan Jae dan Brian anak gewl ibukota.

Dulu saya ngikutin banget, terus lama-lama lebih banyak pairing Jae, Brian, dan Doyeon yang errr...saya nggak terlalu sreg. Jadi agak berhenti ngikutin. Kemudian pairing tersebut udah nggak semasif sebelumnya jadi saya ngikutin lagi hehe. Cuman sekarang Brian lagi dipairing sama Seulgi, which is I don't really like it too (Seulgi udah saya pairing sama Wonwoo Seventeen hahaha). Suka skip part mereka. Saya lebih suka pairingnya sama cewek yang bukan artis gitu, misal Dowoon-Haru yang nggak spesifik selebritis. Tapi suka-suka yang bikin sih, saya penikmat ya tinggal pilih-pilih aja mana yang sreg.


Tumblr
Nah kalau di platform ini banyakan yang anu-anu genrenya dan oneshot (yang nggak suka smut diskip aja ya part ini hehe). Sudut pandangnya pakai sudut pandang reader dengan tidak menyebutkan nama ceweknya. Ceweknya dibahasakan sebagai "you".  Rata-rata yang nulis kayaknya English native speakers jadi pilihan kosakatanya rapi dan mulus. 

Dari beberapa cerita yang sudah saya baca, masing-masing member ada satu cerita yang paling saya favortikan, yaitu:
  1. Sungjin: Breaking It In (fluffy romantic)
  2. Jae: Bathroom (ini nggak yakin judulnya begini soalnya kalau nggak salah dulu pakai angka jam gitu tapi biar mudah saya nyebutnya Bathroom hahahaha)
  3. YoungK: The Back Up Plan (romantic angst)
  4. Wonpil: This is My Bed Too! (walaupun judulnya begini tapi ini ratingnya SU alias Semua Umur wakakak, saya ga tega baca yang aneh-aneh kalau castnya Wonpil huhu terlalu soft anak orang)
  5. Dowoon: Soft Christmas (ini juga judulnya bukan ini, ga berjudul malah seingat saya)



Bisa dilihat cerita favorit saya paling banyak ada di Wattpad karena memang nyamannya baca di situ. Kalau dalam bentuk thread Twitter dan kepanjangan saya suka males skrol hahahaha. Begitu pun kalau di Tumblr soalnya saya nggak familiar dengan platform ini. Nggak pernah bikin akun Tumblr sebelumnya, jadi lebih milih oneshot aja kalau di platform ini karena bacanya lewat halaman Google.

Kalau ada yang punya rekomendasi FF atau AU Day6 lainnya, bisa tulis judul atau link di kolom komentar. Sampai jumpa!


*

2 comments :

  1. lengkap banget mbak....aaaaaaak...aku juga baru ngikutin FF Day6 di Wattpad, aku juga lagi bikin FF hahahahhh... doakan bisa lekas selesai, masih baru banget bebikinan cerita panjang kayak FF soalnya, kebiasaan ngeblog ma puisi receh aja hhhihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru ya ngikutin ff mereka haha, hooo semangat semoga cepet selesai ffnya!!

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top