December 29, 2018

Tips Mengurangi Kecanduan K-pop


Tulisan ini saya tulis di tahun 2015, dimana lagi galau-galaunya mikirin K-Pop dan kerjaan. Ngendon lama banget di draft karena galau lagi mau publish apa nggak, akhirnya kelupaan dan baru hari ini iseng-iseng buka draft terus nemu. Kalau dibaca sekarang KOCAK WOY.

===


Tipsnya ala saya sendiri dan silakan kalo tipsnya mau dipake semua, dipake sebagian sesuai kondisi, atau gak dipake sama sekali karena meaningless juga seterah aja. Bebas.

Saya mulai suka K-pop itu tahun 2011 akhir. Awalnya masih suka CNBLUE. Terus merembet suka Super Junior, SNSD, K-drama, Running Man, We Got Married, Lee Joon, B1A4, Big Bang, A Pink, Juniel, sampe yang terakhir EXO, WINNER, sama Bobby iKon. Dari pertengahan tahun 2014 kesukaan saya terhadap K-pop agak berlebihan. Saya merasa kecanduan K-pop. Kalo gak mantau timeline twitter sama instagram bentar aja udah panik mikirin bias-bias lol. Apalagi akses internet cepat dan unlimited (sumber info K-pop di Indonesia tergantung internet kan). Jadilah gak fokus kerja. Kalo dibiarkan lama-lama bisa gawat dong, gak lucu banget dimarahin bos gara-gara K-pop.

Untuk mengurangi kecanduan K-pop yang pertama jelas kudu punya niat yang kuat dulu. Terus tanamkan dalam pikiran kalo sekolah, kuliah, dan pekerjaan kita ini lebih penting dari K-pop. *beda kasus ya kalo kerjaannya berhubungan sama K-pop*

Niat tanpa usaha gak akan jalan. Usaha kedua tentukan satu atau dua bias aja untuk disukai, gak usah banyak-banyak. Bikin pusing.

Langkah ketiga, mulai unfollow akun sosmed mantan bias. Contoh, saya mulai unfollow akun instagram Dara, Donghae, Jessica, dan Baro. Cuma follow Chanyeol sama Yonghwa. Ini berlaku juga untuk twitter, cukup follow allkpop aja. Portal berita bisa dipercaya untuk mendapatkan informasi penting dari bias. Gak usah terlalu mau tau kegiatan semua bias kita setiap waktu. Hipnotis diri sendiri dengan kata-kata "bias gak mungkin mikirin gue setiap saat kayak gue mikirin mereka setiap saat". 🤣

Kalo udah, yang keempat tentukan kapan waktu untuk akses internet. Bisa sehari dua kali aja, pagi sama sore misalkan. Tahan keinginan untuk buka sosmed di luar jam itu. Buat kesibukan sendiri dengan baca buku favorit, bikin pe-er, berkebun, olahraga, bersih-bersih rumah, bantu-bantu ibu, mengaji, dll. Pokoknya kegiatan yang menghindarkan kita buat pegang hp.

Gongnya: harus istikomah supaya empat langkah tadi gak sia-sia :)

Alhamdulillah ya setelah susah payah menerapkan langkah-langkah itu saya balik normal lagi dan gak kecanduan K-pop. Saya selalu menanamkan pemikiran kalo Chanyeol, Donghae oppa, Jessica Jung, dkk gak akan bertanggung jawab kalo kerjaan saya gak beres. LOL. *yaiya* *makanya gak usah lebay kalo ngefans* *gausah kebanyakan bias*

Teman-teman yang masih sekolah atau kuliah, coba deh renungkan berapa banyak waktu yang terbuang untuk hanya update tentang printilan K-pop. Waktu yang seharusnya digunakan buat ngerjain tugas dan kegiatan lainnya yang lebih bermanfaat. Oppa-oppa itu gak bisa dimintai tanggung jawab lho kalo nilai ujian jelek dan skripsi gak selesai-selesai. Ya kan?

Hmmm...kok jadi menggurui gini ya bahasanya. Hahaha. Udahan deh. Kalo ada pertanyaan jangan ragu-ragu langsung tanyain aja ya.

SEMANGAT!

===

Seinget saya tahun 2014-2015 tren K-Pop lagi turun dan saya kena sindrom quarter life crisis wakakak. Haduh haduh seru juga ada jejak digital kayak begini. Bisa jadi bahan tertawaan sendiri hahaha.


*

6 comments :

  1. Kalo aku kpop belum ada rencana ninggalin atau sekarang kebiasaan aku sih sekedarnya saja.. bahkan aku belum pernah beli ls, album dsb. aku suka kpop ya karena musiknya dan hiburan disaat aku lagi jenuh kerja. jadi lebih ke obat stress sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga sekarang jadi obat stres, dulu pingin ninggalin tapi akhirnya balik lagi dan jadi seperti sekarang😂

      Delete
    2. Mau keluar dari kpop itu susah banget lo.. bener2 susah.. ibarat pengen keluar pintu tapi pintunya itu ada tembok lagi XD benar2 yang hatinya penuh hidayah dan 100% ingin ninggalin itu yang berhasil. kalo dikit2 masih baca postingan ya bakal susah..

      Delete
    3. Ngurangin aja susah apalagi ninggalin :')
      Tahun 2015 nulis tips mengurangi kecanduan kpop, tahun 2018 nonton konser kpop :)))

      Delete
  2. apakah sekarang masih kecanduan? hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. TENTU SAJA😂 tapi kecanduannya diiringi dengan kebijaksanaan /apeu

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top