December 15, 2017

Destinasi Wisata Perancis di Drama 'The Package'

cr: jtbc

Setelah nonton drama 'Heartstrings' lima tahun yang lalu, saya nggak pernah nonton drama Yonghwa lagi. Sampai akhirnya tiga minggu yang lalu saya minta file drama 'The Package' dari teman saya yang bilang mungkin saya akan menyukai drama ini karena temanya traveling.

'The Package' adalah drama Korea 12 episode yang pemeran utamanya Yonghwa dan Lee Yeonhee. Drama ini berlatar tempat di Perancis. Ceritanya Lee Yeonhee jadi tour guide sebuah rombongan turis Korea Selatan yang mengambil paket liburan ke Perancis.


Perjalanan mereka dimulai dari Bandara Charles de GaulleBandara ini dikenal juga dengan nama Roissy Airport atau Roissy. Awalnya bernama Aéroport de Paris Nord (Paris North Airport) tetapi kemudian dibuka kembali dengan nama bandara Charles de Gaulle pada Maret 1974 setelah delapan tahun direkonstruksi. Charles de Gaulle adalah mantan presiden Perancis yang memimpin kelompok pejuang Perancis Merdeka selama Perang Dunia II.


Banyak banget obyek wisata yang muncul di drama ini. Mulai dari yang mainstream sampai yang nggak familiar buat saya kayak Mont Saint-Michel. Obyek-obyek wisata yang dibahas di drama 'The Package' antara lain:

Arc de Triomphe dibangun tahun 1806-1836. Monumen bergaya Neoklasik dan Romawi kuno ini dibangun untuk memperingati kemenangan Napoleon atas Austerlitz pada tahun 1805. Di bawah bangunan ini ada 'Tomb of the Unknown Soldier' untuk menghormati jutaan tentara perang Perancis yang gugur selama Perang Dunia I.

Champs Elysees terkenal dengan julukan the world’s most beautiful avenue, membentang dua kilometer antara Place de la Concorde dan Arc de Triomphe. Di sekitarnya terdapat banyak restoran, butik ternama, museum, dan kelab malam. Pada waktu-waktu tertentu Champs Elysees juga digunakan untuk acara-acara besar seperti parade militer Bastille Day.

Place de la Concorde berada di ujung Champs Elysees. Didirikan pada tahun 1772, tempat ini merupakan tempat dimana Louis XVI dan Marie-Antoinette dieksekusi dengan pisau guillotine di masa Revolusi Perancis.
Menara Obelisk di Place de la Concorde

Menara Eiffel, ikon kota Paris yang terkenal sedunia. Menara setinggi 324 meter ini dirancang oleh arsitek Perancis bernama Gustave Eiffel. Menara Eiffel dibangun untuk memperingati seratus tahun Revolusi Perancis dan untuk menunjukkan kepada dunia tentang kekuatan industri Perancis.

Pont Neuf merupakan jembatan batu tertua di Paris. Raja Henri IV memerintahkan untuk membangun jembatan ini di tahun 1578. Pont Neuf membentang di atas sungai Seine.

Montmartre dikenal juga dengan nama The Mountain of Martyrs, merupakan bukit yang luas. Terdapat Gereja Sacre-Coeur di puncaknya, gereja ini mempunyai kubah berwarna putih.

Auvers-sur-Oise adalah sebuah kota kecil yang tenang dengan pemandangan yang indah. Pemandangan kota kecil ini banyak diabadikan oleh pelukis terkenal Vincent Van Gogh. Van Gogh meninggal di Auvers-sur-Oise pada 27 Juli 1890 (bunuh diri dengan menembak dadanya sendiri). Makam Van Gogh dikelilingi dengan ladang gandum. Di atas makamnya ditumbuhi tanaman ivy. Makam Vincent Van Gogh bersebelahan dengan makam adiknya, Theodore Van Gogh. Di Auvers-sur-Oise juga terdapat Eglise Notre-Dame d'Auvers, gereja yang juga diabadikan oleh Van Gogh di salah satu lukisannya.
Makam Van Gogh bersaudara

Mont Saint-Michel terletak di Normandia. Pulau ini terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Dulu Mont Saint-Michel dikenal sebagai tempat berziarah, dengan penjara dan benteng di tengah pulau. Di atas pulau kecil ini terdapat sebuah gereja Katolik. Pada malam hari air laut di sekitar pulau ini mengalami pasang yang mengakibatkan pulau ini terisolasi.

Honfleur pada abad 16 dan 17 merupakan pelabuhan penting untuk urusan komersil dan eksplorasi milik Perancis. Awal ekspedisi Perancis ke Brazil dan Newfoundland dimulai dari pelabuhan ini. Pada tahun 1608 seorang Perancis bernama Samuel de Champlain berangkat ekspedisi melalui Honfleur dan menemukan kota Quebec di Kanada.

Museum Louvre yang sudah tersohor ke seluruh dunia dengan ribuan koleksi lukisan klasik dan modern. Lukisan Mona Lisa tersimpan di dalam museum ini. Mona artinya nona dalam bahasa Perancis, Lisa rapper Blackpink nama model di lukisannya. Museum Louvre aslinya adalah sebuah benteng yang dibangun pada tahun 1190. Kemudian pada abad ke-16 direkonstruksi menjadi istana kerajaan. 

Notre-Dame de Paris atau yang dikenal juga dengan Cathedral of Notre-Dame de Paris adalah sebuah gereja bergaya Gothic yang dibangun pada abad pertengahan (abad 13-15). Gereja ini rusak parah pada masa Revolusi Perancis dan direnovasi kembali pada abad 19 oleh arsitek Viollet-le-Duc.

Kemudian mereka juga mengunjungi Deauville dan Point Zero. Deauville adalah kota yang menjadi pusat casino Perancis. Point Zero adalah kilometer 0 kota Paris. Konon katanya kalau menginjak bagian perunggu Point Zero ini si penginjak akan selalu kembali ke Paris.

Nah sekarang mari ngobrol tentang jalan cerita dramanya.

Peserta tur yang dibawa Lee Yeonhee (berperan sebagai Yoon Soso) berjumlah tujuh orang. Mereka berpasang-pasangan kecuali Yonghwa (berperan sebagai San Maru).


dramafever.com

Selain menjelaskan tentang destinasi wisata yang sudah saya tulis tadi, dalam drama ini juga diceritakan konflik-konflik yang terjadi pada tiap pasangan peserta paket wisata. Konflik-konflik ini diselipkan dalam bentuk flashback maupun current situation di dalam episode-episode. Pengemasan alur ceritanya nggak bikin bingung dan nggak berat ke salah satu atau beberapa tokoh. Adil lah pembagiannya, nggak melulu tokoh utama yang dibahas.

Saya sendiri nggak terlalu tertarik dengan konflik Yoon Soso dan San Maru. Nggak cocok sama gaya akting Lee Yeonhee. Menurut saya dia ekspresinya nggak kaya hahaha. Sok banget ya saya mengkritisi aktris berpengalaman. Tapi mau gimana emang yang saya lihat kayak gitu. Mau marah, mau bentak, mau sedih, mau biasa aja, ekspresi Lee Yeonhee ya gitu itu. Kalau Yonghwa saya nggak sukanya karena dia ngeratain gigi nggak rapinya. Saya anaknya berorientasi ke penampilan fisik sorry not sorry. Coba tonton drama 'Heartstrings' dan bandingkan Yonghwa dulu dengan Yonghwa sekarang. Lebih cakep dulu ya kan.

Lanjut~

Saya malah tertarik sama konflik pasangan pemeran pendukung. Pasangan kekasih yang cowoknya lucu banget tapi ceweknya nyebelin (awalnya lol). So sweet banget loh pasangan initu huhuhu. Sama pasangan bapak-bapak dengan gadis muda. Bapak-bapak ini ganteng loh meskipun sudah berumur. Terus gaya berpakaian dan garis wajah gadis mudanya ngingetin saya ke Jennie Blackpink.


koreandrama.org

koreandrama.org

Adik Yoon Soso yang bernama Yoon Soosoo juga menarik perhatian soalnya ganteng! Pacarnya lucu lagi. Cantik dan bubbly gitu gemes. Kedua keluarga mereka juga asik akrab banget.


koreandrama.org

Meskipun saya nggak peduli sama Yoon Soso-San Maru, saya nggak seratus persen cuekin San Maru kok hahaha. Saya masih nyimak konflik San Maru sama pacarnya yang ada di Korea. Menurut saya pacar San Maru ini pipi nyempluk-nya mirip Seohyun, eaaa YongSeo shipper mode on. Buat saya konflik San Maru dan pacarnya ini lebih seru dibanding kisah San Maru-Yoon Soso.

Buat kamu yang suka negara Perancis dan nggak suka tema drama yang berat-berat, cus langsung tonton 'The Package'. Download-nya bisa di Dramafire. See you!



**

Referensi:
http://digitalcosmonaut.com/2015/paris-point-zero/

Sumber gambar obyek wisata Perancis: Pixabay.com

2 comments:

  1. Oke mbak, nanti kalau ke Paris aku bakal ke tempat-tempat tsb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nitip nama blogku difotoin di paris ya😂😂😂 #PanjatSosial

      Delete