July 14, 2014

Belajar Bahasa Korea Gratis tapi Berkualitas, Dimana?

Jangan salah menilai para K-Popers, kita enggak cuma heboh histeris waktu melihat artis yang disukai nongol di tivi, majalah, internet, ataupun baliho salon kecantikan saja, sebagian dari K-Popers *ehem termasuk saya* lebih tertarik untuk mempelajari bahasa-ibu oppa-oppa ganteng negeri ginseng ketimbang sekedar ngefans-ngefans alay. Terkadang saya suka gemes kalau melihat variety show bagus tapi enggak ada sub bahasa Inggrisnya, jadinya cuma ikut-ikutan ketawa waktu orang-orangnya ketawa tapi enggak ngerti ngomong apa, atau waktu oppa-oppa ngetwit dan ngepost foto-foto di instagram tapi caption-nya bahasa Korea, aduuuh ngomong apa sih ganteng aku enggak ngerti tauk... pake bahasa Inggris aja kenapa?? Well, dari situ saya akhirnya berniat untuk mempelajari bahasa Korea supaya bisa sedikit banyak tahu mereka lagi ngomongin apa.


Saya mencari-cari buku untuk belajar bahasa Korea di toko buku, tapi kebanyakan judulnya macam begini “24 Jam Menguasai Bahasa Korea” atau “Jago Ngomong Korea dalam Seminggu” atau yang lebih ekstrim “5 Hari Lancar Menguasai Tata Bahasa Korea”. Saudara saya yang kuliah di jurusan Bahasa Jerman pernah bilang begini, “Kata dosenku kalau mau belajar bahasa asing jangan beli buku yang kayak gitu”. Bener juga sih kalau dipikir-pikir, bukunya juga sebagian besar enggak ada CD audionya, padahal kalau belajar bahasa asing kan selain visual juga butuh audionya. Hemm... saya mulai putar otak mencari cara belajar bahasa Korea lengkap ada audio visulanya dan enggak perlu keluar uang banyak dan kalau perlu gratis sekalian, hehehe.

Iseng saya ketik belajar bahasa Korea gratis di Mbah Google, setelah saya sortir cepat ada satu website yang menurut saya cocok dengan keinginan saya itu, nama websitenya www.talktomeinkorean.com. Di dalam website tersebut lengkap sekali pelajarannya mulai level 1 yang dasar banget sampai level 9, di tiap level terdapat 25 sampai 30 lesson. Handout-nya tersedia dalam bentuk PDF yang harus digunakan bersamaan dengan audio MP3, semuanya dapat diunduh secara GRATIS!! Kurikulum levelnya disusun oleh sunsaengnim-sunsaengnim asli Korea yang berkompeten untuk mempermudah kita orang luar Korea mempelajari bahasa mereka. Audionya memakai bahasa Inggris yang pronounciation-nya sangat bagus dan mudah dimengerti, durasi paling lama sekitar 40 menit untuk satu lesson. Sayangnya PDF dan audio untuk pengenalan hangeul (huruf Korea) kurang lengkap di website ini. Eits... jangan khawatir masih ada Youtube, video pengenalan hangeul dapat dengan mudah ditemukan dan diunduh. Saya mengunduh video dari channel Sweet and Tasty untuk belajar hangeul karena paling cocok untuk saya, total ada lima video.

Pertama kali yang saya lakukan untuk mempelajari bahasa Korea adalah mengenal dan menghafal hangeul. Inilah yang membuat saya semakin interest mempelajari bahasa Korea, hurufnya sedikit dan mudah dihafal! Saya hanya perlu menghafal sekitar 24 huruf, tidak seperti bahasa Jepang yang harus menghafal sekitar 2136 huruf, juga tidak seperti bahasa Mandarin yang harus menghafal lebih dari 5000 huruf! Setelah hafal dan mampu membaca hangeul, saya mulai masuk level 1 dan wow... ini handout keren banget *agak lebay* tapi beneran gampang banget kita mengikuti alur kurikulumnya, sampai level 3 saya sudah bisa membuat kalimat sederhana seperti ini di instagram “Hyojin-sunsaengnim kakak saya menggambarkan ini untuk Anda, apakah Anda suka?” dalam bahasa Korea. Hyojin-sunsaengnim adalah salah seorang pengajar di Talk To Me In Korean (TTMIK), sunsaengnim-sunsaengnim disini masih muda-muda lho dan kita dapat keep in touch dengan mereka via instagram, twitter, facebook, maupun youtube. Selain sudah bisa membuat kalimat yang dapat dimengerti oleh orang Korea *wohoo!* saya juga sudah dapat mengerti secara garis besar maksud twit dan caption instagram bias-bias saya, hehehe.
 
Saran saya untuk yang benar-benar berniat mendalami bahasa Korea secara otodidak seperti saya, belilah kamus bahasa Korea agar kosakata menjadi semakin banyak. Saya mempunyai kamus bahasa Korea milik LeeDya Cristina yang diterbitkan oleh Ruang Kata. Kamus Korea-Indonesia dan Indonesia-Korea ini memiliki keunggulan ditulis dalam hangeul untuk Korea-Indonesia, tidak menggunakan romanisasi seperti kebanyakan kamus Korea-Indonesia lainnya. Jadi kalau misalnya bias saya menulis 아깝닀 maka saya langsung menuju ke huruf γ…‡. Cara mencarinya sama kok dengan mencari arti kata dalam kamus Inggris-Indonesia. Oh iya, harga kamus ini terjangkau lho, sekitar Rp 50.000,- saja.

Oke balik lagi ke TTMIK, ada banyak video maupun audio yang dapat diunduh dari website tersebut. Saya biasanya mengikuti Ask Hyojin, How Do You Say This In Korean, dan Iyagi. Dua yang pertama adalah video yang berisi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan “siswa-siswa” TTMIK dari seluruh dunia (biasanya yang paling menarik dan paling banyak ditanyakan, pertanyaan saya juga pernah dijawab lho tentang Korean Age *naikin kerah baju*), sedangkan Iyagi berisi percakapan antara dua orang mengenai suatu topik, seratus persen percakapan dilakukan dalam bahasa Korea. Iyagi ini diperuntukkan bagi yang sudah intermediate (di atas level 4), yang di bawah level 4 juga enggak apa-apa kok asal enggak pusing aja dengarnya, hehehe.

Bagi yang punya uang lebih dan ingin membeli buku latihan (semacam LKS kalau disini, tapi bagus) bisa juga lho membelinya di My Korean Store milik TTMIK (kalau saya jujur belum pernah beli disana karena alasan finansial dan eman, hahaha). Masih banyak sekali yang bisa dipelajari dari website TTMIK, silakan diubek-ubek sendiri websitenyaaa... Baiklah sampai disini saja info dari saya, semoga bermanfaat dan selamat belajar bahasa Korea bagi yang berminaaat, FIGHTING!!

2 comments: