Advertisement

Dari "Cool Kiz on the Block: Swimming" Saya Belajar...


Berawal dari keinginan untuk nonton variety show yang di dalamnya ada Kang Minhyuk, terdampar lah saya di acara Cool Kiz on the Block: Swimming. Cool Kiz on the Block ini variety show yang bertema olahraga. Dulu pernah nonton yang edisi badminton ketika Jae DAY6 ikut berpartisipasi di dua episodenya.

Kaget sekaligus bahagia waktu tau Kang Minhyuk ikut acara ini dan temanya kebagian berenang. I love swimming huhuhu walaupun baru bisa berenang di usia seperempat abad wkwkwkwk. Nonton 12 episode Cool Kiz on the Block: Swimming jadi nggak bosen.

Episode pertama tentu perkenalan para member Cool Kiz, acara ini dipandu oleh Kang Hodong dan Jung Hyungdon. Para member ini ada yang memang dari awal sudah masuk tanpa seleksi on camera dan ada juga yang diseleksi on camera dulu. Pada akhirnya member Cool Kiz edisi berenang ini adalah Kang Hodong, Jung Hyungdon, Sean, Kang Minhyuk, Yuri, Sunghoon, Seo Jisuk, Eun Jiwon, dan Lee Jaeyoon (kalau mau tau ini siapa itu siapa langsung googling aja ya gaes). Sunghoon dan Lee Jaeyoon masuk ke tim setelah menampilkan kemampuan terbaik mereka dalam seleksi on camera.

Pola di episode-episode selanjutnya bisa dikatakan sama. Para member Cool Kiz bertanding dengan perenang-perenang lain dari berbagai kalangan. Ada yang dari keluarga yang sekeluarga semuanya perenang, tim penjaga lautan Korea, sampai sesama selebritis lainnya (seperti Jackson Wang, Kevin Woo, Julien Kang, Hong Sukchun, Jo Seho, Hani, dll). Gaya renang yang dipakai tentu mencakup semuanya, yaitu gaya bebas, gaya punggung, gaya dada, dan gaya kupu-kupu.

Tim Cool Kiz dilatih oleh seorang mantan perenang Olimpiade dan dua mantan atlet lainnya. Beberapa episode juga menampilkan atlet-atlet yang masih aktif untuk bertanding melawan tim Cool Kiz. Cara bertandingnya bagaimana, tonton sendiri aja biar seru wkwkwkwk. Favorit saya adalah ketika ada atlet finswimmer yang datang. Dia ini spesialis berenang menggunakan fin (yang dipakai di kaki itu lho). Fin-nya bentuk ekor mermaid dan dia berenangnya cepet banget di bawah air, gile sampe jaw drop lihatnya.

Jung Hyungdon, Kang Hodong, dan Seo Jisuk membuktikan bahwa usia bukan penghalang untuk belajar berenang. Seo Jisuk malah dari yang nggak bisa berenang sampai akhirnya bisa berenang nggak hanya gaya bebas tapi juga gaya punggung. Ada juga lho seorang nenek berusia 72 tahun yang baru belajar berenang di usia 56 tahun dan dia turun gelanggang untuk bertanding melawan Jung Hyungdon. Age is just a number.

Kang Minhyuk dari yang berenangnya nabrak-nabrak pembatas kolam, bisa sampai berenang lurus. Dia juga berhasil berkompetisi dengan dirinya sendiri dengan terus memperbaiki catatan waktu finish, walaupun nggak pernah menang melawan orang lain.

Yuri...wah gila sih dia bikin saya kagum. Dia belajar berenang sudah dari kecil dan skill-nya tetap oke di usia dewasa. Saya jadi keinget perkataan seorang guru waktu masih SMA bahwa skill manusia nggak bisa hilang, yang ada hanya berkurang. Bener juga soalnya Yuri waktu kalah di satu pertandingan, dia ngaku kalau sedang kendor latihan. Sementara lawannya yang menang justru tekun berlatih setelah kalah dari Yuri.

Sean pernah kalah dari anak kecil di satu pertandingan, kemudian dia berpesan ke anak-anaknya untuk tidak malas selagi masih muda. Masa muda adalah waktu yang tepat untuk mengasah kemampuan sampai menjadi hebat sebagai bekal di kemudian hari. Kalau masih usia sekolah gitu kan diajari apa pun cepet bisa ya karena kemampuan menyerap apa yang diajarkan masih tinggi.

Sunghoon dan Lee Jaeyoon sempet nangis karena merasa nggak bisa ngasih kemenangan ke tim Cool Kiz di sebuah pertandingan. Mereka kemudian ditenangkan oleh member lainnya karena ya mereka berdua sudah berusaha dengan baik dan memberikan yang terbaik untuk tim Cool Kiz. It's okay to lose. Namanya juga pertandingan, ada yang kalah dan ada yang menang. Lawan yang kalah bisa jadi menang karena mereka juga belajar dari kekalahan sebelumnya dan memperbaiki diri. Dapat pelajaran juga bahwa meraih kemenangan itu sulit, dan lebih sulit lagi untuk mempertahankannya. But don't worry, life is like a wheel, sometimes you're up and sometimes you're down. Just do your best and be a better version than you were.

Nonton variety show aja banyak banget pelajaran hidup yang didapat wkwkwkwk. Kalau tertarik nonton acara ini bisa search di YouTube "Cool Kiz on the Block Swimming". Udah dibuatin playlist-nya sama KBS, udah di-engsub juga. Selamat nonton!


*

P.S. Yuri and Kang Minhyuk on Cool Kiz on the Block moments >.<

Post a Comment

0 Comments