May 3, 2019

Summary of 'Going Seventeen'

Baru aja selesai nulis ini udah dapat kabar mereka syuting di Jogja ㅜㅡㅜ


Suatu hari ada seorang anak yang gabut di depan komputer. Entah apa yang terjadi di dalam kepalanya, tiba-tiba dia kepikiran untuk menonton kembali acara 'Going Seventeen' di channel Youtube Seventeen walaupun acaranya sudah lewat karena ditayangkan di tahun 2017 silam. Dia ingin membuat sinopsis tiap episodenya agar (siapa tau) berguna untuk orang lain. Dan jadilah postingan super panjang ini. Kalau ada yang malas membaca semua bagian, langsung saja terjun ke bagian akhir postingan untuk melihat nomor episode yang direkomendasikan oleh anak yang gabut ini. Selamat membaca!

Episode 0. Prologue
Behind the scene pembuatan video teaser dan MV comeback 'Don't Wanna Cry' era. Lokasi utama di LA, ada yang di dalam rumah, jalanan, tempat laundry (Joshua main kuda-kudaan), pantai, backyard (main trampolin dan bola voli, sama Mingyu yang nyebur ke kolam renang dengan kostum lengkap). Syutingnya ada yang ngambil di pagi hari, siang hari, dan malam hari.
Lanjut mereka latihan dance di studio, suka banget sih yang kayak begini solanya mereka nggak pakai makeup. Dan menurut saya ya artis-artis yang lagi latihan gini tuh seksi hehehe soalnya bekerja keras sampai keringetan.
Lanjut ngedance outdoor di rooftop yang lututnya Joshua sampai luka-luka, dan ngedance di tanah retak-retak yang luas dan kelihatan gersang dan super terik huhuhu.

Episode 1. In LA
Menampilkan kegiatan bebas mereka selama di LA. Video dibuka dengan Seungkwan, DK, dan Jeonghan yang jalan-jalan belanja cari aksesoris kayak kacamata dan topi. Lanjut makan-makan dan beli minuman di Starbuck yang sungguh bikin ngakak karena Seungkwan pesennya bingung nyusun kata-kata akhirnya bahasanya campur English-Korean hahahaha. Terus salah paham ke mbak baristanya yang bilang seventeen gitu mereka udah kaget kirain mbaknya kenal grupnya ternyata pesenan mereka habisnya seventeen dollars lmao. Sekalian promosi grup deh akhirnya hahahaha. Seokmin sesungguhnya adalah S3 Marketing Harvard University.
Segmen kedua menampilkan Performance Team yang ikut latihan dance di studio Millenium Dance Complex. Jun kayaknya lagi agak nggak enak badan gitu ya jadi nggak ikut ngedance. Tulisan 'Unity in Diversity' terpampang nyata di dinding studionya.

Episode 2. In LA
Masih dengan tema kegiatan bebas di LA. Mingyu, DK, Jeonghan, Seungcheol, The8 dan Wonwoo jalan-jalan sambil foto-foto di trotoar. Ini sumpah ya nggak ada yang ngerubungin mereka lho. Enak banget di Amerika mereka bisa jalan-jalan bebas. Lanjut makan burger terus lanjut ke pasar loak. Mingyu beli stiker kain (atau apa sih istilahnya?) untuk dijahit di pakaiannya. Nggak ada kendala bahasa yang berarti di sini. Lancar jaya apalagi Mingyu anaknya santai abis. Terus dia makan bibimbab satu mangkuk penuh dihabisin sendiri.
Lanjut foto-foto dan main-main di taman Beverly Hills. Wonwoo mantap nggak bingung foto-foto, dia sibuk mengamati...kecebong (atau jentik-jentik nyamuk?). Nih anak pinter ye. Kalau sekolah SMA di Indonesia kayaknya dia anak IPA spesialis Biologi...sama seperti diriku~~~ *digamparin*

Episode 3. Show Champion
Seventeen sudah kembali ke Korea dan promo comeback 'Don't Wanna Cry'. Episode ini menampilkan mereka di belakang panggung Show Champion dari sebelum tampil sampai setelah mereka menang nomor satu. Scene ikonik adalah Jun yang krik krik, setiap dia muncul suasana mendadak jadi beku wkwkwkwk.

Episode 4. Happy Birthday to Hoshi
Hoshi hype banget di backstage ganggu temen-temennya yang lagi pegang kamera dengan bilang 'ggoing ggoing' berkali-kali. Lanjut mereka menang nomor satu lagi. Dini hari besoknya Hoshi nungguin temen-temennya ngucapin ulang tahun tapi nggak ada satu pun yang bilang selamat hahahaha pada ngerjain si marmut. Siangnya tampil lagi di acara musik dan menang lagi, semacam jadi kado ulang tahun buat Hoshi.

Episode 5. Concert Poster Shoot Behind
Seperti judulnya, isi dari episode ini adalah behind the scene pemotretan untuk konser 'Diamond Edge' tahun 2017 silam. Hip Hop Team yaaa bikin mimisan banget. T_____T
Ada seekor anjing yang masuk ke ruangan foto-foto mereka, diucel-ucel lah sama beberapa dari mereka. Terus Mingyu kelakuannya bocah banget di sini as always padahal outfitnya lagi namjadaing sekali. Terus kayaknya Seungkwan sama Wooji sedang menggunjing Dino. Lanjut beberapa orang main tenis meja. Kelihatannya enak gitu kerjaan mereka main-main di tempat kerja tapi ya sebenernya capek karena selalu disuruh bikin konten dan kurang tidur pastinya huhu.
Oh iya di episode 5 ini warna part openingnya diganti dari hijau berseleret pita rose quartz and serenity di tepinya, menjadi full rose quartz and serenity untuk menegaskan kalau dua tone warna itu adalah identitas Seventeen dan Carat. Ada kejadian salah paham sedikit dengan sebuah grup.

Episode 6. Fan Sign Meeting in Daegu & Daejeon
Kostumnya lagi pakai baju koko warna baby blue dan putih. Sesi fotonya dibagi jadi tiga bagian berdasarkan kelopak mata wkwkwkwk. Hoshi-Dino, Wonwoo-DK-Woozi-The8, dan Vernon-Jeonghan-Seungkwan-Jun-Joshua-Seungcheol-Mingyu. Di acara ini ada seorang baby Carat, literally baby, yang bernama Jun. Huhuhu pada halus-halus ini anak-anak Sebong ngadepin bayik huhuhu. Baby Jun juga ketawa bayik banget gemes waktu dia direkam sama Seungkwan. T_____T
Lanjut ke Daejeon, dilihatin mereka lagi pakai pakaian sama boneka-boneka yang dikasih fans selama acara fan sign.

Episode 7. Concert VCR Shoot Behind
Ini yang mereka pakai jas warna-warni itu. Rambutnya tapi masih belum warna-warni, belum konser soalnya. Ini yakin sih syutingnya setelah tampil di Weekly Idol soalnya DK godain Woozi aegyo 'Oppaya' hahaha tapi Woozi hanya bergeming. DK ya berisik banget nyanyi-nyanyi untung suaranya bagus banget-bangetan. Terus dia nyamperin Joshua nyuruh dia aegyo 'Oppaya' juga, makasih loh Seokmin. Terus dia sendiri aegyo yang berakhir dengan ngakak malu. Episode ini ditutup dengan Joshua, Wonwoo, Hoshi, dan Seungkwan main acrostic poem.

Episode 8. Diamond Edge Concert Practice Behind
LATIHAN DI STUDIO LAGIIIIII HUHUHU BARE FACE DAN KERINGETAN. OK IM FINE! Pakaian mereka tuh manusiawi ya kalau lagi latihan-latihan begini. Rambutnya juga jadi berantakan tanpa ditata-tata huhuhu suka banget. Masing-masing unit latihan sendiri-sendiri terus pas di akhir mereka latihan bareng lagu 'Adore U', 'Chuck', dan 'Aju Nice'. Begitu latihannya selesai Vernon langsung teriak kegirangan sambil lari, semua member juga kayaknya lega gitu ya akhirnya latihan yang menguras tenaga berakhir juga.

Episode 9. Diamond Edge Concert #1
Akhirnya konsernya kick-off! Rambut udah pada warna-warni sama kayak jas yang mereka pakai. Hari pertama harinya Performance Team. Hari lagi hujan jadi Carat nontonnya pakai jas hujan. Iya di sana konsernya outdoor. Stafnya sudah pasti pintar dan visioner dengan menyetel(?) lantai panggung yang kesat agar tidak terjadi kejadian yang tidak diharapkan seperti terpelesetnya para anak ayam. Di konser ini dulu ada segmen selca gantian per member gitu kan ya, di hari pertama ini yang pegang kamera ada Hoshi, Jeonghan, dan Woozi.

Episode 10. Diamond Edge Concert #2
Konser hari kedua bersamaan dengan ulang tahun Wonwoo. Nanti di panggungnya dia dibawain kue sama member yang lain terus nyanyi-nyanyi selamat ulang tahun deh bareng Carat yang dateng. Hari kedua ini hari Hip Hop Team. Pas banget pas salah satu member Hip Hop ulang tahun. Segmen selcanya giliran Mingyu dan The8. Konsernya seruh ih dari hari terang sampai gelap. Hari kedua nggak hujan, semuanya tetap kering dari awal sampai akhir. Basahnya paling karena keringetan.

Episode 11. 1st World Tour 'Diamond Edge' in Japan #1
Fan sign dulu di Osaka. MC-nya DK dan Dino. Sebelum masuk ke acaranya, Seungkwan sok-sokan akting jadi stylish di depan cermin terus benerin kaos DK dengan lebaynya sampai DK ngakak hahaha. Lanjut ke acaranya dimana mereka berinteraksi dengan Carat yang tembus tiket fan sign HUHUHUHU MENANGOS DIRI INI KARENA INGIN. Deket banget loh tempat meja fan sign mereka ke tempat Carat yang datang HUHUHU PANTES KOK KADANG KONTAK MATA SAMA MASTERNIM FAN SITE.
Lanjut makan bareng di sebuah restoran ramen Jepang. Tempat makannya bersekat-sekat, tiap sekat isinya satu orang. Seru lho jadinya privasi tetap terjaga.....errr ya nggak juga sih orang sekatnya cuma di meja doang, kepalanya tetep bisa nengok ke meja tetangganya hahahah.
Lanjut melihat-lihat venue konser di Saitama Super Arena yang cukup megah dan luas itu. Terus mereka rehearsal, tau kan ya kalau kayak gini tuh mereka no makeup dan bajunya sesuka mereka. :))

Episode 12. 1st World Tour 'Diamond Edge' in Japan #2
Episode ini pas hari konsernya. Dilihatin mereka deg-degan di belakang panggung karena yang datang banyak banget. Segmen selcanya giliran Dino sama Vernon. Dek Ichan untungnya lumayan banget bahasa Jepangnya jadi yaaa Vernon terselamatkan dari awkward. /g
Yang mau nonton Wonwoo ngedance 'If I' tonton aja episode ini. Terus mereka taruhan siapa yang bakal nangis di akhir konser, suara terbanyak jatuh ke DK dan Seungkwan hahaha.
Terus hari kedua konser yang pegang 'going seventeen cam' Wonwoo sama Seungcheol. Iya namanya 'going seventeen cam' bukan segmen selca LOL BARU SADAR. Terakhir ditunjukin lautan cahaya dari Carat Bong yang bisa bersinar dengan macam-macam cara(?), maksudnya ada yang nyala lama, ngedip cepet, dan ngedip lambat.

Episode 13. 4th Mini Album 'Al1' Jacket behind #1
JIHAN LUCU BANGET WOY JADI PEMBUKA VIDEO HUHUHU. Becanda-becanda gitu mereka, para Jihanators yang belum nonton episode ini segeralah untuk nonton. Photoshootnya mereka ada di dalam rumah. Backgroundnya polos terang bersih, visual Sebong makin terlihat meledak-ledak. Walaupun begitu tetap mereka bodor begitu sesi foto selesai. Oh iya btw ini photoshootnya di Korea.

Episode 14. Behind of behind #2
Foto sisaan(?) dari LA yang belum pernah ditayangkan sebelumnya. Meanie jadi pembuka video, mereka nyanyi-nyanyi bersama sepanjang jalan kenangan. Berikutnya Verkwan rebutan bola voli. Jiwa shipperku terpuaskan.
Lanjut mainan trampolin dimana The8 mengajari Vernon untuk salto di atas trampolin. Gile ya anak b-boy mah enteng kalau salto pakai trampolin. Nginjek tanah stabil aja sempurna saltonya apalagi di atas trampolin. Pada akhirnya Vernon bisa walaupun nggak semulus The8 gerakannya. DK sama Woozi juga nyoba.
Lanjut dengan Kim Mingyu, visualnya Seventeen, akting ngiklan skincare yang pada ketawa 'ngehehe' di tengah-tengah aktingnya. :)
Kembali ke dalam ruangan dimana Seokmin dan Soonyoung joget-joget sesuka hati dan cuma dilihatin Vernon sambil lalu wkwkwkwk.
Outdoor lagi yang ngedance di atas bangunan tinggi. Sunblocknya seberapa ya yang dipakai mereka pas syuting hari itu, mana terik banget kan. Mingyu tetep ngiklan skincare lagi. Wonwoo katanya matanya silau kena matahari huhuhu. Yang sabar ya sayang. /sayangnya siapa
Bagian akhir episode ini ada behind the scene Vocal Team yang syuting video untuk lagu 'We Gonna Make It Shine'. Walaupun imagenya ballad dan melankolis gitu tetep banyak becandanya mereka wkwkwkwk. Biang keroknya ada dua soalnya, Boo Seungkwan dan Lee Seokmin.

Episode 15. 1st World Tour 'Diamond Edge' in Thailand & Hongkong
Woozi on fire sekali di backstage Thailand. 'Going seventeen cam' gilirannya bapak leader sama guk besar. Mayan gede ya venuenya kalau dibandingkan di ICE BSD.
Lanjut renang-renang di kolam hotel. Seru banget mainan air huhuhu jadi pingin huhuhu jiwa latahku kumat. Saya kalau bilang "nggak ada yang topless sih tapi celananya pendek semua" termasuk pelecehan seksual nggak? Eh...ada ding yang topless: oknum CSC (sama Woozi), di akhir segmen berenang bersama ini. Kenapa nggak dari tadi to mas. :))
Di backstage Hongkong, DK sama Seungkwan perform musikal nyanyi 'Rebeca'. Nih dua orang gesrek tapi suaranya luar biasa merdu. 'Going seventeen cam' dipegang sama Jun dan The8 sebagai native speaker bahasa Mandarin agar komunikasi dengan Carat yang datang mengalir lancar tanpa hambatan.

Episode 16. 1st World Tour 'Diamond Edge' in North America #1
'Going seventeen cam' di Chicago dipegang Vernon dan Dino. Dino yang ngomong, Vernon yang nerjemahin hahahahah. Panggungnya kecil kalau di Amerika Utara. Nggak ada extended stagenya, adanya cuma panggung utama. Bapak leader ngerap 'Check In' sambil marah-marah.
Di backstage Dallas Mingyu sok-sokan ngajarin Hoshi piano, terus master piano yang sebenarnya datang: Wen Junhui. Habis gitu DK ikutan main piano sambil jelasin tangga nada. Kesimpulannya yang bisa mainin piano dengan baik dan benar tetap Jun seorang. 'Going seventeen cam' dipegang Mingyu dan The8. Kenapa nggak Joshua?
Lanjut di Toronto yang pegang 'going seventeen cam' Dino dan S.Coups, maknae dan leader. Kalau Mingyu dan The8 di Dallas perform b-boying, dua orang di Toronto ini ngedance pakai lagu barat yang saya nggak tau lagunya, barangkali yorobun ada yang tau lagunya? Karena lagu ini mayan populer kedengerannya.
Terakhir di New York, 'going seventeen cam' dipegang Jun, Wonwoo, dan Hoshi. Untung saja ada Hoshi sebagai mood maker wqwq jadi dia bisa memimpin segmen.

Episode 17. 1st World Tour 'Diamond Edge' in North America #2
Episode ini menampilkan mereka menikmati hari bebas di Amerika Utara. Mereka pergi ke tempat yang ada benda raksasa yang bisa memantulkan bayangan yang bernama 'The Bean'. The Bean ini landmarknya kota Chicago. Di jalan ada fans yang beruntung bertemu mereka DAN DIKASIH TANDA TANGAN HUHUHU ENAK NGGAK SIH DI SANA TUH NGGAK PAKE DESEK-DESEKAN KETEMUNYA. T_____T Seungkwan kocak lagi pas ngasih tanda tangan dia tanya gimana cara mengeja nama fansnya hahaha. Kebetulan namanya Stephanie. Entahlah itu ngejanya gimana. Mingyu sampai ketawa ngakak. Terus Jun ketemu dan ngobrol sama fans yang bisa bahasa Mandarin.
Lanjut berkunjung ke tempat game arkade. Mingyu, DK, Jeonghan, sama Dino heboh tembak-tembakan zombie. Sementara Woozi sama S.Coups ada di dunianya sendiri. Vernon heboh gerakannya mainan ninja fruit.
Lanjut ke taman bermain dimana Hoshi dan DK naik wahana ekstrim kayak jadi batu di ketapel raksasa wakakakakak. DK udah heboh ketakutan sementara Hoshi cuma ngelihatin aja sambil muka lempeng. Penantang berikutnya Mingyu dan The8. MINGYU TERIAKNYA LEBIH HEBOH DARI DK HAHAHAHAHA. The8 cuma ketawa aja ngelihat temennya pucat pasi dan terkapar di ketapel raksasa. xD
Lanjut ke wahana yang berputar 360 derajat dan itu tinggi banget sungguh, DK sama Seungkwan naik barengan sampai teler. xD Mingyu naiknya sama Jeonghan, dia sok-sokan teriak berani kayak Jeonghan ujung-ujungnya teriak minta turun ke mas-mas penjaganya. xD Penantang terakhir wahana itu adalah China Line. Jun awalnya teriak-teriak ketakutan tapi pas di atas yang takut malah The8, tumben lho. xD

Episode 18. 1st World Tour 'Diamond Edge' in Chile & 'My I' MV Behind
Backstage Santiago, Joshua unjuk gigi dengan kemampuan bahasa Spanyolnya. Anak Amrik mungkin pas sekolah ada matpel muatan lokal bahasa Spanyol. Lancar lho dia ngomongnya. Terus Mingyu nggak mau kalau ngomong bahasa Thailand HAHAHAHA entah bener entah salah. xD Eh kayaknya dia ngaco deh ngomong belakang-belakangnya soalnya pas saya nanya ke seorang teman di Thailand dia bilangnya itu nggak ada artinya wkwk.
Beda dengan di Amerika Utara, panggung di Chile ini lebih luas. Yang pegang 'going seventeen cam' Mingyu dan Vernon. Lagi, kenapa bukan Joshua? Yaudah sih udah lewat juga ya nggak usah ditanyain. xD
China Line dapat porsi sendiri di episode ini dengan ditampilkannya behind the scene MV 'My I'. The8 pakai putih-putih, sedangkan Jun pakai hitam-hitam. Versi Korea dan China ditayangkan di sini. Saya selalu kagum kalau line ini perform 'My I' pakai tali-tali sambil ngedane. Bisa gitu ya nggak kebulet(?) atau kesrimpet(?) sama properti dancenya. Eh...yang versi China warna kostumnya dibalik, The8 hitam Jun putih.

Episode 19. 1st World Tour 'Diamond Edge' in Jakarta & Singapore
'Going seventeen cam'-nya dipegang Seungcheol dan Wonwoo. Karena ini di Indonesia jadi perkataan penerjemahnya tuh nggak asing di telinga hahahaha. Wonwoo aegyo 'aing' dengan suara seperti tentara di barak militer. Setelah turun panggung dan mandi, Ujik mulai mukbang di kamar hotelnya.
Setelah membaca hangul di videonya, 'going seventeen cam' ini juga dinamakan selfcam. Yang pegang selfcam di Singapura Mingyu sama Vernon. Mereka main games kuat-kuatan nggak kedip, pemenangnya sudah jelas Vernon dan alhamdulillah banget Mingyu kalah karena hukumannya aegyo hahahaha. Dia kan lebih mahir daripada Vernon dalam hal ini.

Episode 20. 1st World Tour 'Diamond Edge' Taipei
Masih seperti video sebelum-sebelumnya yang menampilkan backstage dan beberapa highlight performance konser, kali ini tempatnya di Taiwan. Selfcamnya giliran The8 dan Jun yang lagi-lagi native bahasa Mandarin agar komunikasi dengan Carat yang terkendala bahasa. Konser di Taipei ini berbarengan dengan ulang tahun Yoon Jeonghan. Bagian paling menarik: HOSHI NYANYI 'HEALING' ANTENG BANGET DUDUK DI DEPAN CARAT WOW YANG NGEREKAM PUAS BANGET PASTI!!

Episode 21. 1st World Tour 'Diamond Edge' in Kuala Lumpur
Video dibuka dengan para Sebong yang lagi di dalam pesawat terbang ke Malaysia. Waktu hari konsernya yang pegang selfcam giliran Hoshi dan Vernon. Mereka main games perang nada tinggi terus pas Vernon kalah dia ngaku dong. INOSEN BANGET MASNYA. Penerjemah percakapan mereka pakai bahasa Inggris, saya kira bahasa Melayu. Oh iya Wonwoo sempat ngomong 'apa khabar' sekilas. Habis turun panggung dan mandi, MINGYU YANG MASIH PAKAI BATHROPE DAN HABIS KERAMAS PEGANG SELF CAM!! Lanjut ke Hoshi dan Dino di kamarnya, lanjut ke Jeonghan dan DK di kamarnya.

Episode 22. 1st World Tour 'Diamond Edge' in Manila
Episode ini dibuka dengan rehearsal yang menampilkan Hip Hop Team nyanyi 'Unhaengilchi' dan Seungkwan ngedance freestyle di belakangnya terus disoraki rekan satu timnya. Vocal Team maksudnya. Member yang selfcam giliran Hoshi dan Dino. Mereka berdua niruin gaya nyanyi dan ngedance satu sama lain. Saya suka banget kalo Hoshi udah niruin temennya kayak gini hahaha, soalnya dia tuh kayak sambil ngece gitu lho wkwk. Pas ment terakhir MINGHAO NGOMONG ENGLISH!! Dengan berakhirnya konser di Manila ini, berakhir pula world tour Diamond Edge 2017.

Episode 23. 1st World Tour 'Diamond Edge' Behind
Sepertiga pertama episode ini isinya Sebong fan sign di Jepang. Sepertiga kedua isinya Mingyu dan DK akting jadi reporter di backstage konser Diamond Edge. Sepertiga terakhir isinya main drama yang gaje anjir Mingyu, DK, Hoshi, Jeonghan, sama Joshua hahahahaha.

Episode 24. 1st World Tour 'Diamond Edge' Behind 2
Sepertiga pertama ngobrol-ngobrol biasa di ruang tunggu backstage konser, Hoshi sama Vernon ngomongin rambut. Sepertiga kedua isinya The8 menjelaskan pentingnya membaca buku, pewawancaranya DK. Sepertiga terakhir isinya sesi pertama American Line mukbang di kamar hotel. Mereka main acrostic poem, Shua tolong dia ini diem-diem lawak. Vernon syuting masih pakai plastik penutup rambut, ok mz aq ttp ㅅㄹㅎ. Sesi kedua Jeonghan dan DK self cam di kamar hotel.

Episode 25. The Making of the Album 'Teen, Age'
Memasuki babak baru, episode ini menampilan Seventeen yang berkerja mempersiapkan comeback full album kedua yang berjudul 'Teen, Age'. Dimulai dengan S.Coups yang menulis lirik untuk rap part di lagu 'Campfire'. Nulisnya ditemani dengan cemilan mekdi, huhuhu aku banget tadi pagi juga makan mekdi *digampar*. Nulisnya cuma kayak sekejab gitu langsung jadi hebat. Yang nggak sekejab juga sih, berjam-jam lah ya tapi tetep aja cepet karena nggak berhari-hari. Lanjut rekaman dimana Woozi menjadi produser(?)nya. Gila ya setiap lihat Woozi lagi kayak gini tuh tingkat kekerenan dia di mata saya langsung meroket ke langit ke tujuh. Respect.
Kemudian pindah ke studio dance dimana Hip Hop Team duluan latihan perform lagu 'Trauma'. Bapak Seungcheol ngerap nadanya rendah bener gile, kuat ya dadanya menahan tekanan nada rendah. Berikutnya Performance Team yang ngedance lagu 'Lilili Yabbay'. Terakhir giliran Vocal Team yang nyanyi 'Pinwheel'. Tim ini tuh ya identik sama lagu ballad, emosional, dan melankolis kan ya TAPI LATIHANNYA KENAPA JADI YANG PALING LAWAK HERAN. xD
Terus pas udah selesai semua unit latihannya, giliran Seungkwan sama DK ngerap 'Trauma' tapi liriknya diplesetin semua hahahah. Dino sampai ngakak nontonnya.

Episode 26. The Behind of Mnet Present Special & Showcase
Seperti judulnya, episode ini menampilkan behind the scene video comeback yang ditampilkan di Mnet, yang DK sama Hoshi ngedance dengan muka lempeng itu lho. Terus yang mereka ngedance lagu yang judul hangulnya moja bla bla bla itu apa sih Englishnya saya lupa huhu. Mereka ngedance di atas atap, suasana lagi agak mendung tapi di videonya diedit langitnya warna rose quartz and serenity.
Lanjut behind the scene showcase comeback 'Teen, Age'. Video ini banyak ngomongnya sih dan karena saya nontonnya nggak pakai engsub jadi ya nggak ngerti mereka ngomong apa hehehe. Sesungguhnya semua video saya nontonnya tanpa engsub sih biar fokus sama kegiatan dan wajah mereka. *alasan bilang aja males donlot engsub*

Episode 27. Show Champion & 1st Fan Sign Meeting
Sama kayak episode 26, episode ini juga banyak ngobrolnya. Dan sama juga seperti mengamati episode 26, saya fokus ke kegiatan mereka apa hahaha. Episode 27 menampilkan Seventeen saat di backstage Show Champion, dari mulai nunggu recording sampai acaranya berakhir. Waktu acaranya selesai, Seventeen turun panggung dan dadah-dadah ke kamera eh Seungkwan masih nyanyi-nyanyi 'Likey'-nya Twice hahahah. Comebacknya pas barengan mereka.
Kemudian lanjut ke acara fan sign. Di sini ditampilkan member Sebong ngapain aja kalau nunggu giliran ada fans yang harus dikasih tanda tangan. Kelihatan deh tuh kalau member dipanggil-panggil sama fans disuruh pose atau aegyo dan difoto-foto sama mereka. Fan sign ini impian saya banget tapi kurang usaha hahahaha belum mampu diri ini membeli album beratus-ratus biar nyantol undian fan sign. Yaaa...sebenernya kalau sudah takdirnya lucky beli album sebiji pun pasti tembus juga sih. Berhubung hamba nggak tau level keberuntungan hamba ada di angka berapa jadi ya gitu deh. *apa sih*

Episode 28. Fan Meeting & Music Bank Behind
Episode ini agak lebih panjang daripada biasanya. Hampir 17 menit. Biasanya kan cuma 5-15 menitan. Dimulai dengan fan meeting dimana ternyata ini adalah 900 hari Seventeen bersama Carat, whooooo tepuk tangan. Fans yang datang di fan meeting ini waktu acara ternyata duduk lesehan ya nonton Seventeennya, kirain berdiri. Terus kalau ngefoto atau ngerekam gitu alat tempurnya nggak boleh diangkat tinggi-tinggi. Good job! Woozi energetic banget btw di episode ini, tumben lho.
Lanjut pindah tempat ke backstage Music Bank dimana Vernon harus megang selfcam. Awkward banget astagaaa bias aku wkwk. Sampai dia minta bantuan ke Jeonghan buat nemenin ngomong. Terus dia tetep awkward hahahaha dan ngetawain kecanggungannya yang mana kedengeran di telinga saya tuh dia kayak berkokok gitu gaes KAGET AKUTU. Terus ada Mingyu juga yang latihan speech kalau misal mereka menang nomor 1. Dan ya beneran menang.

Episode 29. Going Seventeen Special
Kalau episode 28 tadi saya bilang agak lebih panjang durasinya dari episode-episode sebelumnya, maka episode 29 ini adalah yang terpanjang. Durasinya hampir 30 menit. Episode ini sangat-sangat saya anjurkan untuk nonton dengan engsub karena mereka hanya duduk dan ngobrol. Walaupun seperti itu, episode ini jadi yang paling saya favoritkan dari keseluruhan 'Going Seventeen'. Konsepnya itu semacam talkshow yang mereka pandu sendiri dan isi acaranya mereview perjalanan mereka sejauh ini, episode-episode 'Going Seventeen' yang berkesan buat mereka, dan ngasih ucapan/pujian ke member yang duduk di sebelahnya. Acara ini berbarengan dengan momen Natal jadi para member pakai baju dan/atau aksesoris yang melambangkan Natal.
MC acara ini ada tiga orang, yaitu DK, Wonwoo, dan Hoshi. Di tengah-tengah acara karena disela mulu sama member pas dia ngomong, akhirnya amarah Jeon Wonwoo meledak HAHAHAHAHAHA MAKIN GEDE SUARANYA KALO MARAH HAHAHAHAHA. Diketawain sama yang lain, heran ya ini anak-anak ayam ada yang marah malah ngakak semua. Terus yang paling saya suka adalah pas closing walaupun lagi jadi MC tapi Hoshi tetap menyerahkan momen pamit terakhir ke bapak leader untuk ngomong 'say the name'-nya. My babies are all soft. *sobs in happiness*


Review secara umum: 'Going Seventeen' ini fan service banget-bangetan sih menurut saya ya. Mereka ngasih semacam update kegiatan nyerempet-nyerempet variety show ke Carat setiap dua minggu sekali. Beberapa episode memang nggak terlalu masuk ke selera saya, jadi nontonnya agak-agak bosen. Wajar ya kan. Ngefans harus jujur tapi tetap sopan (elu sopan?).

Untuk yang belum pernah nonton 'Going Seventeen' atau yang berniat nonton tapi hanya episode-episode tertentu aja, saya bisa ngasih rekomendasi di sini. Tentu rekomendasi ini berdasarkan penilaian yang berlandaskan kepada selera pribadi semata. Saya lebih suka nonton yang konsepnya behind the scene pembuatan teaser foto maupun video untuk comeback, daripada behind the scene konser maupun comeback di acara musik. Saya juga lebih suka dengan konsep yang menampilkan para member menikmati waktu bebasnya di luar jadwal kesibukan grup. Dan juga saya suka yang konsepnya talkshow atau acara-acara semacamnya yang dikemas jadi kayak variety show profesional.

Berdasarkan kriteria-kriteria tersebut, maka untuk 'Going Seventeen' ini episode-episode yang menarik dan saya rekomendasikan adalah episode 0, 1, 2, 5, 7, 8, 13, 14, 15, 17, 25, dan 29. Semoga selera kita sama hehe.

Selamat nonton!




*

4 comments :

  1. Mbaaak produktif sekali nulisnyaaa T.T
    diriku ketinggalan banyak yg going seventeen. belum ketonton semua. sungguh membantu sekali tulisan ini mbak, makasiiih :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi stres jadi larinya ke blog huhu, samaaa hahaha makanya ini ngejar nonton going seventeen sambil ditulis biar semangat, rencananya yang spin off juga mau aku buat begini hehe, sama-sama aku juga makasih :3

      Delete
  2. Makasih reviewnyaa ,setelah sekian lama mencari akhirnya ketemu review ttg goingsvt

    ReplyDelete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top