May 16, 2019

Summary of 'Going Seventeen 2019'


Holaaa...kita berjumpa lagi~~

Malam ini mau bahas tentang...'Going Seventeen' lagi hehehe. Kali ini yang musim ketiga. Era baru lagi setelah sebelumnya ada 'Going Seventeen' dan 'Going Seventeen Spin-Off'. Musim ketiga ini judulnya nggak neko-neko cukup dengan menambah tahun terkini di akhir nama acara, yaitu 'Going Seventeen 2019'.

Karena acara ini masih on going, jadi akan diperbarui setiap dua minggu sekali mengikuti perilisan dari channel Youtube Seventeen. Hope you like it. ;)

Episode 1
Isi dari episode ini adalah:
  1. DK rekaman lagu 'Hug' dengan Director Uji.
  2. Woozi rekaman lagu 'Home' dan dipantau oleh Director Shua. Ini Shua lagi akting niruin gaya director aja sih nggak beneran hahaha di belakang dia masih ada Bumzu yang ngarahin.
  3. Jeonghan rekaman lagu 'Home' yang versi bahasa Mandarin dengan Director Minghao. Hao bagian ngecek dan benerin pengucapannya. Soalnya yaaa dia native Mandarin kan dan member selain dia dan Jun nggak fasih bahasa Mandarin. Ini penting mengingat bahasa Mandarin itu kayak semacam bernada gitu nggak sih, salah nada bisa beda arti kayak bahasa Arab.
  4. Gantian Mingyu yang rekaman part dia di lagu 'Home' bahasa Mandarin. Guk besar selalu menggemaskan kalau ngapa-ngapain. Dia bilangnya lirik Mandarin nggak semudah yang dia bayangkan. Terus Hao curhat dan bilang 'ya gitu rasanya gue kalo rekaman lagu bahasa Korea' wkwkwk. Hao tuh sabar banget ngajarinnya. T_____T
  5. Seventeen latihan dance 'Getting Closer' bersama hyung-hyung koreografer.
  6. Lanjut latuhan dance 'Good to Me' yang sekseh itu. 
  7. Showcase comeback album 'You Made My Dawn', seperti biasa ada backstage dan waktu di atas panggungnya.
  8. Detik-detik menunggu perilisan MV 'Home', mereka mantau juga ya ternyata. Terus Woozi, Joshua, Hoshi, dan DK ngasih reaction ke MV itu.
  9. Di akhir video ada mereka ngomong habis perform, terus hamba salfok ke Jeon Wonwoo yang nguap sembunyi di punggung Choi Seungcheol. Bayik kasian dah ngantuk kecapekan promo.


Episode 2
Isi dari episode ini adalah:
  1. Seventeen datang ke acara musik SBS dan menyapa fans. Sejak nonton reality show yang sama manajer mereka, akhirnya tau kalau promo kayak gitu tuh seharian banget di studio. Dilihatin tuh backstage mereka di dalam gedung lagi nunggu giliran mereka syuting. Banyak yang tidur huhuhu kelelahan sepertinya, Wonwoo sampai ngowoh saking pulesnya. Seungcheol mengardus ke Monbebe. Jun mukbang sendirian. DK, Seungkwan, sama Jeonghan ngobrol terus kayak energinya nggak habis-habis. Lanjut DK main bersama Shua.
  2. Backstage di Show Champion. Dino jadi MC acara DK vs. Mingyu main SuperStarPledis (SSPledis). Mereka tinggi-tinggian skor lagu 'Home'. Kayaknya mereka mainnya level medium ya? Apa hard? Kok hamba lupa. Yang kalah kepalanya disentil sama yang menang. Nyentilnya keras lagi sampai bunyi 'tak' nyaring. Untung kepala keras, kalau lunak mungkin sudah berserakan. Bapak Leader juga main SSPledis lagu 'Run to You' level hard. Gileee mainnya level hard sendirian. Kayaknya udah ahli banget pencet-pencet.
  3. Menang nomor 1 di Show Champion.
  4. Backstage 'Music Bank' sepertinya soalnya kostum mereka yang tone warnanya warna-warna hangat macam orange dan khaki. Terus juga yang Vernon matanya sakit lagi pakai kacamata. Menang nomor 1 juga di 'Music Bank'.
  5. Backstage di GV event diisi dengan Mingyu dan Seungkwan syuting MV lagu 'A Star is Born', lanjut beberapa member jelasin goodies yang didapatkan Carat yang hadir di acara itu. Habis itu dilihatin di atas panggungnya, mereka ngasih surprise ke Dek Ichan yang ulang tahun hari itu.
  6. Special video: yang ulang tahun dikasih full shot akting ngomong dengan nada salah satu tokoh drama 'Sky Castle'. Dino sering banget niruin tokoh ini, saya lupa namanya tapi hahahaha. Udah ahli banget dia nadanya.


Episode 3
Episode ini berbeda dengan dua episode sebelumnya. Di episode ini mereka separuh reality show separuh variety show. Ceritanya mereka bertiga belas ini adalah karyawan magang di Specialized Videotape Technology Incorporate a.k.a SVT Inc. Masuknya satu-satu sambil akting suka-suka mereka, nggak terlalu pakai skrip kayaknya soalnya DK masuk belakangan dan berakting jadi CEO tapi zonk soalnya peran CEO udah diambil Woozi yang masuk duluan hahaha. The8 nggak ikut soalnya ada jadwal di China.

Di episode ini mereka brainstorming dengan PD(?) Going Seventeen untuk memberi ide tema apa yang harus ditampilkan di 'Going Seventeen 2019'. Seungcheol ganteng banget waktu diskusi sama bapak PD. T_____T

Member-member lain yang nunggu giliran berdiskusi dengan PD, main games di ruangan lain. Berisik banget sampai kedengeran ke ruangan tempat diskusi. xD

Dari sekian banyak ide yang mereka lontarkan, saya paling tertarik dengan usulan Wonwoo dan Jun. Mereka berdua sama-sama mengusulkan tema yang sama: rumah hantu. DUUUH IDE INI TUH UDAH SAYA TUNGGU-TUNGGU DARI KAPAN TAU!! Pingin lihat gimana para member reaksinya kalau masuk rumah hantu satu-satu kayak EXO di 'EXO's Show Time' jaman jebot dulu.

Menjelang akhir episode ini, diperlihatkan member Seventeen yang menyiapkan bahan presentasi untuk ide-idenya. Materi presentasinya disiapkan dengan macam-macam bahan dan metode. Ada yang manual dan ada yang pakai komputer. Entahlah penentuannya gimana, nggak dilihatin.


Episode 4: Going Entertainment's New Employees' Presentation
Presentasi dimulai di episode ini. Mereka presentasinya di hadapan member sendiri (notulennya Kim Mingyu). Inti dari ide masing-masing orang adalah sebagai berikut:
  1. Jeonghan: Roullette Trip
  2. S.Coups: Realism Sitcom
  3. Wonwoo: Trip and Drip (ad-lib)
  4. Woozi: Realism Camera
  5. Dino: (1) Member's point of view camera, (2) Go-back Seventeen
  6. Seungkwan: Logo song and opening for Going Seventeen
  7. Jun: 1+1 Trip (priority: members' hometown)
  8. Hoshi: (1) Helping farmers, (2) Feeding Carats
  9. Mingyu: (1) Trip around Seoul city, (2) Trip inside the dorm, (3) Filming whatever you want
  10. Joshua: SVT Hobby
  11. Vernon: Singing in karaoke room and member with the lowest score will be punished
  12. DK: Food Truck

Banyak yang pingin traveling hahaha. Bagus kok. BAGUS BANGET MALAH BIAR KONTENNYA SEMAKIN MENARIK!! Btw Jun di episode 3 dan 4 kayak udah lebih pede dengan candaannya nggak sih. Biasanya kan dia kalau mau ngelucu tuh suka nanggung malu-malu di tengah akting. Tapi di dua episode ini tuh enggak, dia lepas aja gitu dan jadinya bagus dan menghibur sekali. Terusin kayak gitu dong Jun. We want to watch more of your jokes!


Episode 5: 'Carat Land' Behind
Isi dari episode ini adalah:
  1. DK dan Jeonghan rekaman lagu 'Bring It' bersama Director Hoshi selaku penyanyi asli lagu tersebut. Buat yang belum tau, di 'Carat Land' mereka perform lagu-lagunya member lain. Semacam tukeran lagu gitu.
  2. Maknae Line rekaman lagu 'Change Up', rekaman dan merangkap jadi director-nya juga. Dino nyanyi part-nya S.Coups, Vernon nyanyi part-nya Woozi, sedangkan Seungkwan nyanyi part-nya Hoshi dengan sedikit variasi ala lagu 'Wifi'.
  3. Syuting untuk VCR 'Carat Land' yang lawak-lawak ituuuuh hahahaha. Tau kan? Yang Jeonghan sama Wonwoo niruin diri mereka sendiri di era 'Mansae', yang Jeonghan grogi terus gagap memperkenalkan diri. Terus parodi waktu 1st win era 'Pretty U' dulu, bedanya kostumnya pakai jas hijau sama pink, ya Allah ngakak banget mana Seungkwan narik wignya Jeonghan sampai lepas HAHAHAHA.
  4. Mingyu, Vernon, Seungkwan, dan Jun main games tiup-tiup plastik apa sih itu kayak mainan padat gitu ya, jauh-jauhan siapa yang paling jauh yang menang. Sedangkan Joshua ngajarin Dino main gitar. Waktu syuting ini mereka pakai kostum white-baby blue era 'Don't Wanna Cry'
  5. Syuting dengan akting yang sangat didramatisir untuk adegan menentukan title track era 'Clap'.
  6. Syuting VCR lagi di tempat terbuka. Mereka kostumnya seolah-olah lagi musim semi padahal waktu sesungguhnya masih musim dingin ada salju. :((
  7. Latihan dance lagu 'Flower' bersama Dino. Yang latihan ini unit reverse ya jadi bukan unit 'Flower' yang asli. Kenapa sama Dino? Karena Dino member unit 'Flower' yang asli.
  8. Seungkwan dan Mingyu latihan dance 'My I' bersama dengan penyanyi 'My I' yang asli yaitu Jun dan The8. Ngedance yang pakai tali-tali panjang itu, belibet latihannya hahaha. Sampai perform pun lawak sih duo BbooGgyu ini. xD
  9. Menampilkan sekilas-sekilas perform di hari-H 'Carat Land' diselingi dengan sedikit backstage. Hamba tetep masih suka mau nangis kalau lihat perform Seungcheol, Wonwoo, dan The8 untuk lagu 'Hello'. They were sooo soft. T_____T


Episode 6: The Making of Going Seventeen's Logo Song
Episode perdana menjalankan proyek Going Seventeen yang mereka presentasikan di episode 4. Ide yang dipilih adalah ide Seungkwan untuk membuat logo song.

Ada dua bagian kegiatan di episode ini. Bagian pertama, rekaman lagu di studio Woozi. Nggak semuanya, hanya beberapa orang: Woozi, Hoshi, Jeonghan, DK, dan Seungkwan. Woozi bikin lagu kayak cuman kedip tau-tau jadi, cepet banget. Dia juga udah bikin aransemen musiknya, wow beneran deh skill kayak gini tuh nggak pernah gagal bikin saya kagum.

Bagian kedua mereka merapatkan hasil lagu opening dan closing bersama member lainnya. Minta saran dan pendapat sekalian merencanakan koreografinya. Untuk koreografinya sendiri baru akan tayang di episode mendatang. Gak sabar nunggu dua lagu ini jadi. ><


Episode 7: The Making of Going Seventeen Opening Video
Yahaaa~ akhirnya project Going Seventeen tayang lagi. Kalau di episode yang lalu adalah pembuatan lirik, episode ini menayangkan rekaman resmi dan pembuatan videonya.

Waktu rekaman bersama, DK nggak bisa ikut karena ada jadwal musikal (dia rekamannya nyusul, sendirian). Jadi hari itu cuma berdua belas. Rekamannya dibagi tiga-tiga. Shift pertama Joshua, Jeonghan, dan Wonwoo. Shift kedua Jun, Mingyu, dan Hoshi. Shift ketiga Dino, Seungkwan, dan The8. Shift terakhir S.Coups, Woozi, dan Vernon.

Pas nonton shift satu sama dua saya kira timnya dibagi berdasarkan keberatan(?) suara, masing-masing tim ada satu member yang berat. Ternyata enggak waktu lihat tim ketiga wkwk.

Lanjut ke sebuah rumah (atau rumah studio??) untuk syuting videonya. Mereka di sini bikin beberapa scene mulai dari scene lemes dan capek terus buka hp eh ada notif Going Seventeen, jadi semangat lagi deh. Terus ngedance sesuai dengan koreo yang disepakati di episode sebelumnya. Syutingnya macem-macem ada yang di kamar tidur, di dapur, sampai di bus yang pastinya bukan bus karena hanyalah ruangan yang dikondisikan hahaha.

Banyak bercandanya astaga seru banget. Terus menjelang episode berakhir dilihatin dong hasil editing videonya. Sesuai prediksi, scenenya dipotong-potong dan digabung-gabung. Jadi makin penasaran gimana hasil final fixnya.

Ini masih opening kan ya? Penasaran juga closingnya huhuhu. Terus makin penasaran sama pesan-pesan dari mereka yang direkam waktu closing video. Katanya kalau sesuai rencana awal kan tiap episode ada pesan individual ini yang munculnya random. Pokoknya habis nonton episode ini pikiran saya isinya penasaran terus sama hasilnya. xD

Selamat Boo Seungkwan, ide projectnya sudah setengah terlaksana. 👏👏👏


Episode 8: JAPAN 'HARU' CONCERT #1
Opening baru 'Going Seventeen' dimulai di episode ini. Yeay...akhirnya!! Lucu ya editannya. :3

Anyway episode ini isinya ada tiga segmen. Segmen pertama beberapa member jalan-jalan di waktu day-off. Trio JJM (Jeonghan, Joshua, Minghao) pergi ke sebuah pantai di Fukuoka. Jalan-jalan di tepi pantai sambil mengasah skill forografi The8. Pantainya anginnya gede banget sampe videonya bunyi grebek-grebek wqwq. Segmen ini adalah surga dunia untuk YoonHong shipper. Di kubu sebelah ada trio ZunBbooGgyu yang main-main di tempat apa ya itu namanya pokoknya kayak Time Zone di sini.

Segmen kedua menampilkan rehearsal, backstage, dan konser 'HARU' di Fukuoka. Mereka bertigabelas ini kalau lagi di atas panggung itu sangat menawan sekali nggak sih huhuhu. Keren, niat, dan profesional.

Segmen ketiga giliran konser di Shizuoka. Dilihatin di backstage mereka ngapain aja. DK, Vernon, sama Jeonghan main acrostic poem, sementara Mingyu dan Woozi main game. Konser di Shizuoka ini berbarengan dengan ulang tahun Mingyu. Excited banget dia jadinya hahaha. Ada kue yang dibawa ke panggung juga terus habis gitu krimnya dicolekin ke wajah doi wkwk. Mau ngambek tapi kalah sama senengnya. xD

Dan yang paling saya tunggu-tunggu adalah closingnya. Kan mereka belum syuting untuk video closing (apa emang nggak pake video closing?), jadinya video pengisi lagu closing tuh dari beberapa scene yang ada di episode ini. Terus part yang paling bontot adalah...jeng jeng jeng...suara Minghao bilang "let's meet in dream". Part ini katanya acak keluarnya. Hmmm...kira-kira episode selanjutnya ada suara siapa ya?


Episode 9: JAPAN 'HARU' CONCERT #2
Isi episode ini ya nggak beda-beda jauh sih dari episode 8, hehe. Masih tetep berkutat dengan backstage mereka ngapain aja, terus cuplikan sekilas-sekilas waktu mereka perform di atas panggung.

Kota yang dibahas di episode ini ada tiga yang pertama saya lupa, yang kedua Makuhari, dan yang ketiga Osaka. Di konser Osaka ini keluarga Hoshi dan Dino nonton terus jadi sorotan. Papanya Hoshi heboh kayak anaknya, terus papanya Dino cara ngedancenya ya persis Dino hahaha. Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.

Di akhir episode ini ditayangkan preview untuk episode mendatang. Project berikutnya adalah punya Hoshi yang dieksekusi. Nama projectnya apa ya saya lupa hahaha, tidak kompeten sekali nulis sinopsis. Pokoknya (kata andalan kalau sudah nggak bisa jelasin secara detail) mereka bertiga belas milih minum kopi apa susu. Yang minum susu nantinya ke peternakan sapi, sedangkan yang milih kopi nanti ke cafe jadi barista sama nyiram tanaman kopi sih kelihatannya.

Suara yang muncul di akhir video untuk episode ini adalah suara Hoshi. Dia bilang "see you next time" pakai bahasa Korea. Nggak sabar nunggu episode 10! >.<


Episode 10: Dang.Dang.Gam.Chae #1
Episode ini mewujudkan idenya Hoshi. Seperti yang sudah diketahui di akhir episode 9 dimana mereka bertiga belas terbagi ke dalam dua tim, yaitu Tim Susu dan Tim Kopi. Tim Susu terdiri atas Seungkwan, DK, Joshua, Vernon, Jun, The8, dan Jeonghan. Sementara Tim Kopi beranggotakan Mingyu, Woozi, S.Coups, Wonwoo, dan Dino. Hoshi sebagai penggagas ide ikut di keduanya.

Tim Susu pergi ke sebuah peternakan dengan agenda kegiatan memberi susu ke anak-anak sapi, memberi makan sapi dewasa, membersihkan kandang sapi, dan memberi makan domba. Fakta menarik yang disampaikan di episode ini mengenai susu adalah bahwa berdasarkan penelitian, orang Korea rata-rata minum susu tiga gelas per minggu.

Tim Kopi pergi ke sebuah museum kopi. Ada dua member yang berhalangan hadir, yaitu Mingyu dan Woozi. Jadi yang syuting hari itu hanya tiga orang plus Hoshi. Tiga orang itu adalah S.Coups, Wonwoo, dan Dino. Mereka berempat belajar banyak hal tentang sejarah kopi. Tanaman kopi mulanya dikembangkan di negara Ethiopia. Di dalam museum tersebut juga ada mesin pembuat espresso yang digunakan pada tahun 1900an. Pigeot, perusahaan yang kita kenal sekarang sebagai produsen mobil, pada tahun 1800an ternyata memproduksi mesin kopi.

Kopi Luwak juga ditampilkan di dalam museum itu. Hewan yang disebut luwak itu makan buah kopi yang rasanya manis, tapi biji kopinya nggak bisa dicerna oleh sistem pencernaannya. Jadi biji-biji kopi tersebut dikeluarkan luwak bersama dengan fesesnya. Katanya sih kopi luwak ini lebih enak daripada kopi biasa karena ada proses fermentasi di dalam tubuh luwak yang nggak dialami oleh kopi-kopi biasa. Barangkali ada yang pernah nyoba kopi luwak asli, bisa kasih testimoni di kolom komentar.

Fakta menarik yang disampaikan oleh Tim Kopi adalah bahwa keseluruhan populasi penduduk Korea Selatan meminum kopi kurang lebih 26.5 miliar cangkir dalam satu tahun. Wow banyak banget nggak seh.

Semua member yang syuting baik di peternakan sapi maupun di museum kopi wajahnya polos tanpa make up. Yaaa mungkin nggak polos 100% ya tapi cukup lah untuk menyegarkan mata saya yang haus pria-pria minim make up ini.

Inget nggak kalau Vernon pernah bilang di sebuah acara Jepang kalau Seungkwan tuh nggak selucu itu dan member lainnya ketawa ngakak tanda setuju? HAHAHAHAHA. Beneran loh waktu naik traktor terus Seungkwan agak ngelucu seperti biasanya gitu, member yang ikutan cuma DK. Sedangkan lainnya kayak yang "apaan sih Boo" wkwk. Gemes nggak.

Sedangkan yang di Tim Kopi, selain belajar ilmu perkopian mereka juga nguli ngangkutin tanaman kopi dalam pot ke green house. Tanaman-tanaman kopi yang mereka angkutin secara manual ini umurnya sekitar 35 tahunan. Di Korea tanaman kopi nanemnya di dalam rumah kaca, kalau di sini nanemnya di kebon. Ya begitulah perbedaan kesuburan tanah di negara empat musim dan negara tropis.

Anyway waktu angkat-angkat pot ini, Hoshi dari awal udah sambat mulu nyesel kenapa punya ide ke museum kopi hahaha. Member tersambat kedua tidak lain dan tidak bukan adalah Bapak Choi Seungcheol. Dino sambat juga sih tapi nggak sebanyak sambatnya Kwon Hoshi dan CSC. Sementara Jeon Wonwoo luar biasa hampir tidak sambat sama sekali.

Mingyu syuting Dang.Dang.Gam.Chae sendirian di perjalanannya menuju gedung SBS untuk menjalankan kewajiban sebagai MC Inkigayo. Dia juga wajahnya minim make up waktu di mobil pas berangkat. Dilihatin dikit waktu dia on air. Terus endingnya dia kipasan sambil bajunya agak membleh. Kepanasan.

Woozi nggak dilihatin sama sekali. Cuma suaranya aja yang muncul di ending episode 10. Dia bilang "have a good day for today".


Episode 11: Dang.Dang.Gam.Chae #2
Tim Susu:
Hari sudah masuk jam makan siang waktu mereka selesai memberi makan ternak dan membersihkan kandang. Makan siangnya kelihatannya enak, entah enak beneran atau enak karena terlalu lapar nggak tau juga pokoknya mereka lahap banget makannya.

Setelah itu main games sebentar sembari menunggu ketua Dang Dang Gam Chae menjemput maskot peternakan yang bernama Elsa. Saya kaget lhoh waktu tau ternyata Elsa ini seekor sapi betina yang sungguh sehat. Nggak kepikiran sama sekali, saya kira maskotnya benda tak hidup eh nggak taunya makhluk hidup.

Elsa dibawa untuk mengajari Tim Susu memerah susu sapi. Susu sapi yang baru diperah ternyata bisa langsung diminum ya kirain harus dimasak dulu. Katanya sih susu yang baru diperah itu anget dan creamy.

Kemudian di akhir kunjungan, mereka belajar membuat keju dan es krim. Waktu lihat mereka bikin keju rasanya saya pingin makan pizza. :9

Tim Kopi:
Masih berkutat di dalam green house hahahaha. Setelah mindah tanaman-tanaman kopi dewasa ke dalam green house, mereka menyiram tanaman-tanaman itu. Ada juga yang mindahin bibit kopi yang masih kecil dari persemaian ke pot-pot kecil. Bagi tugas lah istilahnya.

Setelah selesai mereka istirahat sambil main kuis. Tim Kopi ini kalau saya rasa-rasakan lebih banyak membagi ilmu. Pertanyaan-pertanyaan dari kuisnya adalah sebagai berikut:
  1. Coffee is made out of fruit, right or wrong? Right.
  2. Roasted coffee beans have expiration dates, right or wrong? Right.
  3. This is coffee with hot milk and French people like to drink this in the morning. What is the name of this coffee? Café au lait.
  4. Which has the least ammount of caffeine? Americano, Caffe Latte, or Espresso? Espresso.
  5. What is the name of the coffee that is named after Italian monks because its color was similar to the color of their robes? Cappuccino.

S.Coups dapat hadiah mesin pembuat kopi karena dia paling banyak jawaban benarnya.

Kemudian lanjut bikin kopi dari mulai menyangrai kopi sampai menyeduhnya jadi minuman. Semakin gelap kopi disangrai maka semakin pahit rasanya. Ini beneran sih saya nggak heran sama sekali waktu lihat mereka menyangrai, menghaluskan, sampai mengayak kopinya karena waktu kecil dulu saya sering lihat ibuk sama nenek saya ngelakuin itu. Menurut ahli kopi yang ada di museum kopi sana, kopi buatan Dino lah yang paling enak.

Di akhir episode ini giliran Mingyu yang jadi suara penutup. Dia bilang "everyone see you again~". Oh iya hampir kelupaan, kalau di episode sebelumnya Mingyu yang dapat jatah syuting Dang.Dang.Gam.Chae di studio Inkigayo, di episode ini giliran Woozi. Dia syuting di studio rekanan Pledis sepertinya untuk memproduksi lagu baru. Kemungkinan besar sih waktu itu lagu 'HIT' ya yang lagi dikerjain. Woozi juga makan siang di sana, lihat dia makan tuh rasanya pingin makan juga soalnya lahap banget sampe abis nasi tiga mangkuk. 👏👏👏




Episode 12: SVT Trip #1
Episode ini project punya siapa? Jun? Wonwoo? Mingyu?


Anyway mereka jalan-jalan di kota New York. Kota kelahiran Vernon. Hmmm...trip ini perwujudan dari ide Jun yang 1+1 mungkin ya.


Ada lima tempat yang dikunjungi di episode ini, yaitu:
  1. Rockefeller Center: a large complex where a TV Studio is located; it is famous for ice-skating rink and lighting of the Christmas Tree during winter.
  2. The High Line: a long, elevated linear park built on a railroad which is located in the middle of Manhattan and well-known for the beautiful view of the city and the river.
  3. Battery Park: located at the southern tip of Manhattan; well-known for its view of the Statue of Liberty.
  4. Chelsea Market: a huge indoor food market which is constructed on the site of a biscuit company; famous fo ethe grocey store (fruits, vegetables, meats, etc), shopping malls, and restaurants.
  5. New York Chinatown: Chinatown is everywhere all around the world but New York's Chinatown is one of the biggest and the most popular place.

Mengunjungi tempat-tempat itu nggak barengan tiga belas orang tapi dibagi jadi tiga tim. Tim pertama sebut saja tim Joshua, Wonwoo, S.Coups, dan The8. Tim kedua tim Jeonghan, Woozi, DK, dan Vernon. Sedangkan tim ketiga tim Mingyu, Jun, Hoshi, dan Dino.

Saya lupa tim apa kemana hehehe. Yang jelas Mingyu ganteng banget huhuhu gayanya tuh gaya mas-mas turis keren gitu. Badannya makin bagus dia.

Gaya syuting episode ini adalah gaya vlog. Kamera yang dipakai ya kayak vlogger-vlogger pada umumnya. Puas-puasin deh nonton Seventeen bare face di episode ini.

Suara yang ada di akhir video episode 12 giliran Seungkwan. Nggak tau saya dia ngomong apa soalnya panjang huhu. Ada yang tau nggak Seungkwan bilang apa?


Episode 13: SVT Trip #2
Tempat selanjutnya yang dikunjungi anak-anak Seventeen di kota New York adalah:
  1. Washington Square Park: located in the Greenwich Village, it is the one of the best known of New York's 1.700 public parks, people visit this park to enjoy their free time and watch performances of entertainers.
  2. New York Soho: even though Soho is known as the Street of Fashion, it came to the public's attention for being the location of many artists' lofts; these days, it is a trendy Street of Fashion which leads the 'New Yorker Style'.
  3. East Village: a trendy neighborhood in NYC that has many artistic select shops.
  4. Vessel: a 46m high stairway in a honeycomb-like structure with 2.500 steps.
Katanya mereka nih ya, trip ini tuh gabungan dari 1+1 punya Jun, trip and drip punya Wonwoo, dan filming yourself freely punya Woozi. Konsisten tidaknya kata-kata mereka mari kita tunggu di episode-episode selanjutnya hehehe.

Episode ini tentu saja masih sama dengan episode sebelumnya yang menayangkan 13 orang tanpa makeup dan pakai pakaian biasa yang kasual. A very good fanservice.


Di segmen akhir episode mereka semua berkumpul di sebuah restoran dan cerita-cerita tentang tempat yang masing-masing mereka kunjungi dan kesannya kayak gimana. Di bagian akhir sendiri dari video, ada suara Joshua yang ngomong 'See you soon'.



Episode 14: MBTI of SVT #1
Di episode ini Seventeen akhirnya secara resmi mengerjakan tes MBTI alias Myers-Briggs Type Indicator. Menurut wikipedia, "MBTI is an introspective self-report questionnaire with the purpose of indicating differing psychological preferences in how people perceive the world around them and make decisions". 

Kalau kalian sering baca bio orang di instagram atau twitter yang pakai kombinasi 4 huruf kayak INTP, ESTP, INTJ, dkk itu adalah hasil dari tes MBTI ini. Arti dari huruf-huruf itu apa sih? Lebih lengkapnya baca artikel Tirto yang ini: 16 Jenis Manusia ala MBTI.

Anyway hasil tes MBTI anak-anak Seventeen adalah sebagai berikut:
  1. INFP A/T (the passionate mediator): S.Coups, Jun, Hoshi, DK
  2. ENFP A/T (witty activists): Seungkwan, Vernon
  3. INFJ A/T (good advocates): Wonwoo, Woozi, The8
  4. ENFJ A/T (righteous social activists): Joshua, Mingyu, Dino
  5. ISFJ A/T (brave defender): Jeonghan

Begitu tau hasil itu saya langsung syok. JADI SELAMA INI SAYA KIRA HOSHI DAN DK ITU EXTROVERT TERNYATA INTROVERT!! JOSHUA DAN VERNON YANG SAYA KIRA SELAMA INI INTROVERT TERNYATA EXTROVERT!! WOW THANKS FOR THE SURPRISE.

Jadi pelajaran untuk kita semua bahwa apa yang mereka tampakkan di layar kaca hanyalah sebagian keciiiiiiiiiiiiiiiiiil saja dari hidup mereka yang sesungguhnya. Mari mengurangi kesotoyan menilai kepribadian mereka. Aamiin...

Deskripsi masing-masing kepribadian saya tulis berdasarkan deskripsi yang mereka bacakan di episode ini. Bakalan panjang banget, jadi siap-siap camilan yang banyak sambil baca:

INFP A/T (the passionate mediator): S.Coups, Jun, Hoshi, DK
Description:
  • The person who is a mediator type would only show the good sides even in the worst situations or to villains. They are positive, and try hard to make better conditions. They are the true idealists. There is the flame of passion inside them, which could blaze up just by making a fire.
  • The biggest strength is that by using proper metaphors or stories. They symbolize their thoughts and communicate deeply with others.
  • They also are talented in laguage skills. They are not only skilled with their native language, but also pick up a second foreign language, and even a third foreign language.
  • If you don't give them interest constantly, they would sever contact and live as a hermit.
Summary:
  1. Cherishes and loves oneself
  2. Lazy perfectionist
  3. They don't even start if they can't do it perfectly
  4. Tries to solve things alone, even if it's hard
  5. Once they hate something, they hate it until the end
  6. Get's angry if someone interferes with the way I work
  7. Likes being alone, but doesn't ike to be lonely
  8. They are attention seekers, but when they get attention, they get awkward and don't know what to do
Famous people:
Shakespeare, Johnny Depp, Julia Roberts, Alicia Keys, Tom Hiddleston.


ENFP A/T (witty activists): Seungkwan, Vernon
Description:
  • People who are activists have liberal minds. They occasionally take the part of mood makers. They feel happy by having close ties with others socially, emotionally. They are attractive and independent, active and good-hearted. They belong to about 7% of the whole population and you can meet them easily.
  • The big title is 'Life is fun'. Fortunately, activist people know when and how they should take a rest. They feel the same pain with the person who have been stepped. Like this, they are emotional and sensitive.
Summary:
  1. Chaotic
  2. They get shy around new people, but adapt quickly
  3. They like talking
  4. They easily get absorbed into something, and easily give up
  5. It's really rare to see them complete something properly, if they complete something they feel happy about that forever.
  6. They react well to what other people say, so many people ask them for advice
  7. They can't lie
  8. They are skilled in handling the crisis
  9. They are quick-witted, but pretend that they don't know
  10. They like playing friends because they are extroverted, but when they want to spend time alone they stay alone
Famous people:
Robert Downey Jr., Will Smith 


INFJ A/T (good advocates): Wonwoo, Woozi, The8
Description:
  • They are not even 1% of the population. They have utopia and ethical ideas that are deeply inhered to them. There is the uprightness hidden behind the soft voice. They know exactly how to state their opinions and for what they think is right, they fight restlessly.
  • These people look closely at others' emotions and they also want others to do the same. To a person who are good advocates, the world is where inequality and unfairness are rampant.
Summary:
  1. They have trouble with ego
  2. Very shy around strangers
  3. Very quick-witted
  4. Really sensitive to the trend and distant from reality
  5. They are nice to their people
  6. They do some good to people they know but if someone does something wrong, they end relationship without looking back 
  7. They like something planned out
Famous people:
Martin Luther King, Nelson Mandela, Nicole Kidman, Lady Gaga, Morgan Freeman


ENFJ A/T (righteous social activists): Joshua, Mingyu, Dino
Description:
  • They are leaders who have charisma and passion. They are leaders who truly believe and lead people. They truly think and worry about others. When they think is necessary, they do not mind throwing themselves, and gives candid advice for the right thing. And they get really emotional.

Summary:
  1. A bit noisy
  2. Wants to become a super insider
  3. Does not express his anger, but just endures it quietly
  4. Takes a long tie to get over his wounded heart 
  5. Warmhearted, so has a hard time cutting off relationships
Famous people:
Barack Obama, Oprah Winfrey, Jennifer Lawrence


ISFJ A/T (brave defender): Jeonghan
Description:
  • They have quite unique characteristic. They do not exactly fit into the description of their characteristic, in other words, they have various tendencies that are hard to be defined. This trait sublimates their strenght, and makes them stand out even more.
  • They are about 13% of the total population, showing quite high proportion, there won't be any better personality than thisto take most of the population.
  • If the guardian type person thinks the matter they think valuable is not finished, they cannot stay idle. Guardians have such altruistic personality. They are uncomfortable receiving the spotlight, and they also feel awakward from getting the credit.
Summary:
  1. He likes to take care of others
  2. Takes the phone call after much thoughts
  3. Sometimes introverts, sometimes extrovert. SO himself does not know what personality he has.
  4. Has a gentle personality, and does whatever you ask him.
  5. Rather than expressing own thoughts, he follow what others say.
  6. The type that gives a sense of stability to the group
Famous people:
Beyonce


Di episode ini juga mereka bilang pingin tes kepribadian dengan metode lain. Seru kan? Perbanyak konten kayak gini dong Sebongnimdeul agar supaya 'Going Seventeen' semakin seru. Kalau bisa tes asrama Hogwarts di website Pottermore juga kalian kerjain, hehehe.

Episode mendatang kayaknya bakal seru lagi. Mereka tes ditakut-takuti pakai manekin. Entahlah buat apa. Nggak sabar nunggu huhu. Di episode ini akhirnya bias aku, Hansol Vernon Chwe, bersuara dengan bilang: see you next time, bye~~


Episode 15: MBTI of SVT #2
Tes MBTI masih berlanjut dengan tes...konsentrasi? Entahlah tujuan yang sebenarnya apa, tapi tebakan saya sih tes MBTI di episode ini kayak "ujian praktek" setelah ujian tulis di episode sebelumnya. Melihat fakta di lapangan mereka seperti apa dengan karakter MBTI yang sudah didapatkan di episode 14.

Episode ini menampilkan hyung line (S.Coups, Jeonghan, Joshua, Jun, Hoshi, Wonwoo, dan Woozi) yang diuji di dalam sebuah ruangan. Mereka ditanyai perihal camping. Di ruangan itu ada empat manusia yang menyamar jadi manekin. Pertanyaan tentang camping bisa jadi hanya sebagai pemanis saja. Atau bisa jadi itu kode kalau ada TTT jilid 2 dengan tema tersebut. Semoga saja iya, aku haus konten TTT, hehehe.

Nggak mau bocorin reaksi mereka masing-masih ah hahaha. Tonton sendiri aja biar surprise. Oh iya di ending video giliran Wonwoo yang ngisi suara, dia bilang "to be continued".




Episode 16: MBTI of SVT #3 
Di episode ini giliran dongsaeng line yang diuji dengan ujian yang sama dengan hyung line di episode 15. Lebih seru soalnya mereka lebih ekspresif HAHAHAHA. Saya kira di akhir video ada penjelasan tentang mengapa mereka di(((gitukan))), tapi ternyata nggak ada penjelasan apa-apa. Yasudah. Di akhir video pengisi suaranya adalah DK dengan ucapan "see you~".


Episode 17: Escape Singing Room #1
Episode ini mewujudkan idenya Vernon: nyanyi bersama di ruang karaoke. Misinya adalah mendapatkan skor 100 untuk keluar dari ruangan tersebut. Eh nggak sampai sepuluh menit udah bisa dong dapat skor 100 wakakak. Akhirnya ngadain misi tambahan biar memenuhi jatah durasi syuting. xD


Episode 18: Escape Singing Room #2
Di episode in, salah satu misi tambahannya adalah ngerjain soal matematika. Seventeen yang biasanya ribut ramai kemana-mana, kena soal matematika mendadak jadi pendiem semua lmao. Pada akhirnya mereka juga berhasil dapat skor 100 lagi dengan nyanyi lagu Monsta X. Menurut pendapat saya pribadi ya, mending kalau ada lagi yang nyanyi karaokoean begini pakai lagu-lagu yang lagi hits aja deh, yang seluruh dunia tau biar...mengurangi kadar kebosanan sewaktu nonton(?).


Episode 19: Debate Night #1
Kirain debat apaan kan ya, ya ampuuuun topiknya tuh nggak penting wkwkwk. Salah satunya adalah debat punya tangan 3 vs. punya mata 3 hwhw. Ya gapapa sih buat yang suka hal-hal yang seperti ini debatnya bisa jadi bermanfaat.


Episode 20: Debate Night #2
Lanjutan dari episode sebelumnya. Topiknya semakin lebih baik sehingga bisa membuat hamba ngetwit seperti ini:





Episode 21: TTT #1 (Camping Ver.)
Mereka bertiga belas camping bersama di sebuah camp site. It's a healing time. Di episode ini mereka bebas ngapain aja sesuka hati. Ada yang langsung tidur, ada yang jalan-jalan nangkap serangga, main bola, main sama kucing, baca buku, dll.

Kemudian ketika aneka makanan disajikan, di sini nih misi sesungguhnya mulai terkuak. Jawabannya ada di episode berikutnya. Camping ini syutingnya waktu akhir musim panas mendekati musim gugur.


Episode 22: TTT #2 (Camping Ver.)
Episode ini isinya full main games untuk mengumpulkan berlian. Berlian-berlian itu nanti digunakan sebagai alat tukar mendapatkan segala fasilitas camping yang mereka inginkan. Gamesnya banyak jadi seru untuk ditonton. Sayangnya nggak dilihatin preview buat minggu depan. :)

Oh iya, pembuka untuk episode ini tuh mengandung unsur seram. Akankah member Seventeen dimasukkan ke dalam rumah hantu satu-satu? Please iyain dong huhuhu udah jadi wishlist saya banget ini nonton Seventeen masuk rumah hantu satu-satu wkwk.


Episode 23: TTT #3 (Camping Ver.)
Di episode ini mereka menukar berlian-berlian yang sudah dikumpulkan untuk membeli makanan dan tenda. Terus masak-masak, makan, dan main games untuk menentukan siapa yang nyuci peralatan bekas makan hahahaha as usual.

Terus habis itu mereka deep talking di malam hari. Sharing their thoughts about team and fans. Paginya mereka dibangunin pake alarm staff dan disuruh makan sepuasnya. Udah gitu aja wkwkwkwkwk.


Episode 24: SVT Play Ground #1
Habis mimik-mimik tipsy sama sharing obrolan di episode sebelumnya, di episode 24 SEVENTEEN jadi anak kecil astagaaa hahahaha balik lagi jadi anak-anak yang main di taman bermain. Seru deh mereka kayak lepas gitu main-main, lari-lari, sambil ketawa-ketawa. Mingyu di sini hmmm...beneran ya dia itu gede badannya aja, jiwanya masih anak laki-laki sekolah dasar.


Episode 25: SVT Play Ground #2 | SVT Secret Santa #1
Mereka main-main di taman bermain sampai malem. Di malam hari ini mereka main rebutan snack, hide and seek, sama games yang kayak di MV 'Mansae'. Episode ini juga seru untuk disimak. Apalagi yang hide and seek.

Terus lanjut ke beberapa hari kemudian...pesta Natal. Mingyu, Hoshi, sama Jun kena punishment jadi ruda Rudolph. Mereka hidungnya dicemongin biar kayak rusa. Tapi Mingyu dikasih kumis wkwk.


Episode 26: SVT Secret Santa #2
Yang jadi tokoh utama di episode ini adalah Woozi. S.Coups udah nggak ikut karena dia lagi hiatus huhuhuhu. Pantesan wajahnya diedit ditaruh di bulan purnama yang ada di animasi episode ini.

Anyway, member SEVENTEEN terbagi jadi dua tim, White Santa dan Black Santa. Mereka masing-masing punya misi yang harus dilakukan untuk Woozi. Terus Woozi akan menebak siapa yang White Santa dan siapa yang Black Santa.

Di akhir episode mereka dapat kado masing-masing. Kadonya ada yang zonk (such as batako or bubble wrap lamo) dan ada yang daebak banget dapat iPad.


Episode 27: The Secret Life of Going SEVONG #1
Episode terakhir di tahun 2019. Ceritanya bos besar S.Coups sedang perjalanan bisnis ke luar negeri, jadi rapat dipimpin oleh wakilnya yaitu Mr. Yoon dan notulen Mr. Kwon. Mereka mendiskusikan topik untuk tahun 2020. Proyek besarnya adalah mengadakan event setiap bulan dengan tema "season". Proyek ini akan berakhir pada Januari 2021 karena ada 13 member. Mari kita nantikan akan melakukan apa mereka di proyek ini.

 
-THE END-




*

No comments :

Post a Comment

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top