March 6, 2019

Nonton 'Confession of Murder' Gara-Gara Jang Hansol


Bertahun-tahun lalu, tepatnya dari tahun 1986 sampai 1991, di kota Hwaseong Korea Selatan terjadi pembunuhan berantai yang memakan sepuluh orang korban. Korban-korban tersebut semuanya berjenis kelamin perempuan. Cerita lebih lengkapnya lihat di video dari channel Korea Reomit berikut ini:



Kasus pembunuhan ini menjadi inspirasi beberapa drama dan film Korea. Contohnya drama berjudul 'Gabdong' di tahun 2014, 'Signal' di tahun 2016, dan 'Tunnel' di tahun 2017. Sedangkan film yang ceritanya berdasarkan kasus itu adalah 'Confession of Murder' yang dirilis tahun 2012.

Berhubung saya lebih suka nonton film daripada drama, maka tentu saja yang saya tonton adalah 'Confession of Murder'. Jalan ceritanya saya ambilkan dari website imdb, seperti ini:


After the statute of limitation expires on the murders he has committed, Lee Du-seok publishes an autobiography describing all his murders in great detail. Detective Choi, who investigated Lee's murders 15 years ago starts the chase once again and Han Ji-soo, who lost her daughter to Lee, pledges vengeance. Meanwhile, another killer appears, casting doubt to whether Lee is the real serial killer. The key here is how well the story juggles the truth and how solid the description of the characters' tangled relationships is.

Jalan ceritanya sama persis dengan apa yang Jang Hansol (pemilik channel Korea Reomit) katakan di videonya yang ini:




Walaupun dia ngasih spoiler di video itu, nyatanya kalau buat saya yang dia ceritakan hanya 60%-nya saja. Sisanya tetep bikin tegang juga waktu nonton fillmnya.

Tegangnya karena pembunuhan? Enggak, tapi karena action yang ada di akhir film ini. Buat yang nggak suka adegan bunuh-bunuhan, cocok kalau mau nonton film 'Confession of Murder'.

Banyak juga komedi yang diselipkan di dalamnya. Malah karena sudah kadung nonton videonya Jang Hansol saya jadi santai dan ketawa-tawa mulu di awal film padahal lagi adegan kejar-kejaran.

Seperti kebanyakan film dari Korea Selatan lainnya, 'Confession of Murder' ini menampilkan sisi melodrama sentimental sebagai bumbu cerita. Selain itu ekploitasi visual terhadap aktor juga tentunya ada. Lihat dulu poster berikut:



Ada dua aktor, yang kiri namanya Park Shihoo (pemeran Lee Duseok) dan yang kanan namanya Jeong Jaeyeong (pemeran detektif Lee). Yang diekploitasi visualnya siapa? Jelas Park Shihoo, nggak hanya visual wajah tapi juga bentuk badannya. Dan memang bagus banget huhu pas adegan berenang.

Sayangnya Park Shihoo pernah kena skandal sexual assault di tahun 2013. Saya bacanya dari wikipedia terus nyari-nyari info lain dari....netizenbuzz lol. Itu mungkin ya yang membuat karirnya agak redup. *lho malah nggosip*


(all images in this post are from here)

*

No comments:

Post a Comment