April 28, 2017

Ketika Oppa Bersin


Bersin atau sternutasi adalah refleks yang dilakukan tubuh untuk menghilangkan iritasi dari hidung atau tenggorokan (sumber). Bersin nggak hanya dialami oleh manusia saja, hewan pun juga mengalami bersin. Tapi tentunya topik hewan bersin nggak akan saya bahas di postingan ini. Saya batasi hanya topik tentang manusia yang bersin, lebih tepatnya manusia yang dikagumi oleh K-Poper kaum hawa yaitu oppa.


Di dunia fangirl K-Pop, hal-hal yang umum terjadi bisa menjadi istimewa atau cute jika oppa yang melakukannya. Bersin salah satunya. Kalau nggak percaya coba cari di Youtube dengan kata kunci 'K-Pop idols sneeze', seketika Anda akan disuguhi video-video si ini atau si itu bersin. Heran? Begitulah dunia kami lolsss. Saya nggak tau sih kalau teritori fans selain K-Pop, apakah mereka mencari artis favoritnya bersin atau nggak.

Oke, saya tertarik dengan dunia bersin-bersin ini sejak..........nonton Mingyu bersin-bersin. HAHAHAHA. Seventeen lagi Seventeen lagi. Duh. I'm sorry I'm so much into diamond life these days. Suara bersin Mingyu ini tergolong pelan, sama sekali nggak heboh membahana. How can he sneeze like that??



Selain Mingyu ada juga Hani EXID yang suara bersinnya cute abis. HOW CAN SHE SNEEZE LIKE THAT??



I wonder because I don't sneeze like that. No matter how hard I try to sneeze like Mingyu or Hani, I always end up sneeze like BTS V and GFRIEND (check the videos below). How about you?






Kenapa suara bersin tiap orang beda-beda?
Ini dikarenakan setiap orang memiliki anatomi dan kemampuan pengelolaan tubuh yang berbeda-beda (sumber), termasuk di dalamnya adalah kapasitas paru-paru dan jumlah udara yang dihirup sebelum bersin (sumber).

Kenapa seorang muslim setelah bersin disunnahkan mengucap "Alhamdulillah"?
Bersin didahului proses pengambilan napas mendalam kemudian mengeluarkannya secara tiba-tiba, hal ini dapat menimbulkan serangkaian perubahan fisiologis (kerusakan pada tubuh manusia) yang sangat rumit dan kompleks. Ketika seseorang bersin terjadi peningkatan tekanan perut yang dapat membahayakan ibu hamil, orang yang memiliki bengkak (misal karena penyakit beri-beri), hernia umbilikalis, hernia inguinal, dan beberapa kasus penyakit lainnya. Selain itu, ketika seseorang bersin maka terjadi tekanan di dalam otak dan mata. Hal tersebut juga dapat menyebabkan pendarahan internal. Namun, dengan kuasa Allah SWT hal tersebut tidak terjadi dalam banyak kasus. Dia-lah yang menciptakan manusia dalam bentuk yang terbaik. Oleh karena itu, kita disunnahkan mengucapkan Alhamdulillah (segala puji bagi Allah) setelah bersin untuk mengungkapkan terima kasih kepada Allah atas pemberian ini (sumber).

Kenapa harus menutup hidung dan mulut saat bersin?
Ketika bersin, udara yang keluar dari tubuh berkecepatan sekitar 150 km/jam (sumber). Udara tersebut mengandung partikel-partikel kecil (termasuk bakteri, tentunya) yang akan tetap berada di udara lebih lama daripada yang kita bayangkan. Tetesan kecil ludah melayang seperti bulu ditiup angin, sampai akhirnya jatuh pada beberapa tempat atau beberapa orang, beberapa saat kemudian (sumber). Oleh karena itu, kita harus menutup mulut dan hidung ketika bersin. Penutup yang dianggap paling baik ketika bersin adalah tisu. Kalau tisu nggak tersedia, kita dianjurkan untuk mengarahkan bersin ke lengan baju atau siku, bukan ke telapak tangan. Menutup bersin dengan telapak tangan justru akan semakin membuat kuman menyebar saat menyentuh benda lain (sumber).


Melihat video-video tadi, oppa (beserta Hani dan cewek-cewek GFRIEND) masih menutup hidung dan mulut dengan telapak tangan, bukan lengan atau siku, ketika bersin. Karena kita (kita??) sudah tau cara bersin yang benar, so kalau suatu hari kita bertemu mereka dan mereka lagi bersin, yuk kasih tau mereka cara bersin yang benar. Hohoho.

See you on my next post.

No comments:

Post a Comment