July 5, 2018

Topik Obrolan di 'SVT CLUB'


Penjelasan tentang 'SVT CLUB' saya kutip langsung dari Koreaboo (dengan sedikit penyesuaian), jadi begini...'SVT CLUB' is a unique combination of a reality program and talk show where SEVENTEEN members share their thoughts on keywords and trends among young people. MC yang memandu acara ini adalah mantan announcer SBS, Kim Hwan. Kim Hwan dulu sering tampil di 'Running Man' sebagai MC di beberapa episode. Tahun 2018 dese memutuskan menjadi freelancer. Pantesan kok MC di episode sekian 'Running Man' ganti bukan Kim Hwan lagi.

Skip.

Back to the main topic about 'SVT CLUB'.

Acara ini terdiri dari delapan episode dengan delapan topik yang berbeda di masing-masing penayangan. Postingan ini berisi ringkasan acara sekaligus sedikit pendapat saya (HAHAHAHA) mengenai topik-topik yang dibahas.


Episode 1: Work-Life Balance
"One can live magnificently in this world if one knows how to work and how to love." - Tolstoy -


Peolple find it difficult to have balance between work and life. But SEVENTEEN members have their own way to keep it balance.

Woozi adalah member yang workaholic. Dia akan kelihatan kerja setiap hari. Menurut Woozi kerja itu ya hidup itu sendiri. Dengan bekerja dia menemukan cara menikmati hidup. Ada kan memang orang-orang yang seperti Woozi ini, punya passion dan passion-nya itu jadi pekerjaannya. Kerja berasa nggak kerja karena enjoy. Saya iri lho kadang sama orang-orang yang kayak gini hahaha.

Cara menciptakan work-life balance lainnya adalah dengan traveling. Ada yang suka traveling di kota dan ada yang suka traveling di alam. Hoshi, Wonwoo, The8, dan Vernon masuk ke tim yang suka traveling di kota. Mereka jarang bisa jalan-jalan di kota, maka kalau ada kesempatan seperti itu ya mereka manfaatkan untuk healing. Contoh jalan-jalannya saat mereka di Osaka. Setelah foto-foto di Dotonbori, mereka pergi makan. Ternyata The8 nggak terlalu tertarik motret makanan, Wonwoo sama Vernon juga. Yah mas kita berbeda, gimana dong aku suka ngefoto makanan. Setelah itu mereka lanjut naik giant ferris wheel sambil menikmati pemandangan kota Osaka dari ketinggian.




Work-life balance juga bisa dilakukan dengan rebahan seharian di hari libur, kata Wonwoo. Terus The8 kayak nggak setuju gitu, katanya Wonwoo disuruh nyari hobi. Jawaban Wonwoo sungguh oke sekali: rebahan itu ya termasuk hobi. 😂

Jeonghan, Joshua, DK, dan Dino lebih milih traveling ke alam. Mereka pergi ke pemandian air panas di Kyoto. Jeonghan nggak terlalu suka jalan-jalan yang isinya belanja di kota soalnya dia pasti capek. Dino juga sejalan, dia lelah dengan suasana abu-abu perkotaan, dia pingin lihat yang hijau-hijau. Kalau mau traveling, hal penting lain yang perlu diperhatikan selain tujuan adalah dengan siapa perginya. Nggak lucu dong niatnya healing tapi ngajak orang yang salah, malah jadi makin stres. :')


Minum-minum juga jadi cara untuk menyeimbangkan work and life. Yang paling kuat minum di SEVENTEEN tidak lain tidak bukan adalah Papa Coups, sedangkan Woozi nggak kuat minum. S.Coups kalau sudah minum terus rada mabuk gitu katanya suka curhat, dan dia memang menjadikan momen itu untuk curhat. Enak katanya. Woozi nggak merasa minum-minum jadi sarana healing, alkohol bikin dia lelah.



Episode 2: Get-Satisfaction-er
"Shopping is the act to find your identity and refine your identity." - Thomas Hine -

Get-satisfaction-er refers to someone who seeks satisfaction. Regardless of brands or cost effectiveness, if you're happy with a purchase, that's the best way of consumption. Episode ini menekankan pada aktivitas belanja.


Gaya belanja member SEVENTEEN jelas sudah pasti bermacam-macam. DK lebih suka online shopping. Kalau offline shopping dia suka nggak jadi beli pas nanya pendapat member lain tapi pendapat itu nggak sesuai sama yang dia harapkan. Beli online pun dia suka buka kardusnya diam-diam dan nyoba diam-diam biar nggak ketahuan yang lain, khawatir dapat komentar yang nggak dia harapkan. Kalau pada akhirnya pas buka diam-diam itu dia nggak suka sama barangnya, ya langsung nggak dipakai seterusnya.

Nah kalau Dino lebih suka offline shopping, tapi gampang juga terpengaruh pendapat member lain. Jadi dia akhirnya beli yang basic-basic aja nggak pernah yang aneh-aneh. Kemudian dikasih saran sama SEVENTEEN's King of Fashion, The8, mending beli aja apa yang lagi diinginkan soalnya fashion is all about coba-coba sampai bisa nemu gaya sendiri. Fashion is about self expression so nggak usah takut mencoba. DK sama Vernon nambahin untuk nggak perlu setiap waktu ngikutin tren, yang penting diri sendiri cocok.

Woozi malah males belanja online maupun offline hahaha. Kalau lagi pingin beli baju dia lebih suka nitip ke hyung-hyung belakang layar yang ngerti fashion sekaligus ngerti style dan ukuran Woozi. Katanya cara itu lebih efektif.

Belanja online maupun offline tergantung barangnya kalau buat saya. Kalau album K-Pop atau kosmetik Korea ya jelas online. Tapi kalau barang elektronik saya belum berani beli secara online, mending offline. Kalau pakaian atau sepatu saya juga lebih milih offline sih, meskipun pernah beberapa kali beli di online shop. Lebih lega aja kalau beli di toko offline, bisa sentuh bahannya dan nyoba langsung. Saya termasuk orang yang kalau lagi perlu banget aja baru belanja, makanya nggak ahli diajak window shopping wkwk.

Okay back to gaya belanja SEVENTEEN.

American hyung alias Joshua nggak terlalu doyan belanja. Kadang suka mikir, beneran perlu apa nggak sebelum beli sesuatu. Pada akhirnya nggak jadi beli karena menurutnya mending nabung aja untuk hal-hal yang benar-benar diperlukan di masa mendatang.

Gaya belanja Hoshi adalah buy by his feeling lol. Kalau Wonwoo nggak peduli brand, waktu kecil dia pingin banget pakai pakaian colorful tapi sama ortunya dibeliin yang nggak colorful. Kalau Vernon waktu belanja topi dia beli tiga buah dengan model yang sama tapi warna beda-beda.

Bicara mengenai barang koleksi, Mingyu dan The8 mengoleksi botol wine tapi sudah dibuang waktu pindahan. Dino mengoleksi video perform SEVENTEEN untuk bahan evaluasi. Hoshi ngoleksi uang...errr nih anak selalu beda sendiri jawabannya. Jun mengoleksi foto-foto konyol teman-temannya untuk dijadikan bahan bully di grup chat. Kadang saya suka heran sama orang yang ngoleksi suatu barang, apa pentingnya. Kemudian saya refleksi diri sendiri, saya suka ngoleksi sampah traveling seperti bungkus snack dan tiket transportasi yang saya tempel di sebuah buku agenda hahaha. Alasan mengoleksinya tentu saja collecting good memories in the past. Hmmm...orang-orang yang saya herani(?) itu juga pasti punya alasan sendiri dalam mengoleksi suatu barang.

Next tentang "it" item. People in their 20s has their own special items that suit their own taste. Saya lupa "it" item member SEVENTEEN apa aja hehehe. Kalau saya sih tas punggung, kalau kamu apa?


Episode 3: Be Cautious of the People You Hate
"It's not about who's right or wrong. Understand that you are different and you'll be happier." - Lama -

"I think it'd be better if we care and respect one another." - Mingyu -

"It's not wrong to not like something, but that we should accept that it's different." - Wonwoo -


"Be cautious of the people you hate" means to respect someone even if you hate them; to accept other people's differences. Instead of thinking that we wouldn't get along because we're different, we still accept that we're different. The whole concept is respecting someone.

Hoshi nggak bisa makan ayam rebus, bisanya makan ayam goreng yang ditepungin (cmiiw bcs he said he can't eat chicken that doesn't have a layer). Ini karena dia dari kecil sudah melihara ayam, nggak tega mungkin ya kalau makan ayam yang "telanjang". Kalau member lain pesen sup ayam ya dia nggak akan makan.

Woozi nggak suka belanja dan nggak suka keluar rumah kalau nggak ada yang perlu dilakukan di luar rumah. Dia lebih suka nonton film di rumah dan pesan makanan dari rumah. Kebiasaan kayak gini kadang mengundang kasihan dari beberapa orang, yang padahal ya kasihannya itu nggak perlu. Emang dia sukanya gitu, lo mau apa? Biarin aja, nggak suka yaudah tinggalin. Woozi, I feel you man.

Mingyu dan Jeonghan terkenal sebagai member yang nggak cocok satu sama lain. Misalnya kalau tidur Mingyu suka dengerin musik dan lampunya nyala, sedangkan Jeonghan kalau tidur lampunya harus mati dan nggak mau ada suara apapun. Mereka nggak bisa satu kamar. They're completely different, they think the best way is to get as far away from each other as possible. Not because they hate each other but they're both comfortable it that way. Mereka tau hal-hal yang nggak disukai satu sama lain, dan mereka memilih untuk menghindari melakukan atau membicarakan hal-hal itu ketika sedang bersama. Lain lagi si bapak leader, S.Coups sudah masuk ke dalam fase cuek sama member yang berisik waktu mau tidur. Sebodo amat, dia ngantuk yaudah tidur aja.

Seungkwan suka anak kecil dan suka nonton video anak kecil. Member lain nggak masalah dong pastinya, hanya saja mereka terganggu kalau Seungkwan mulai niruin suara bayi-bayi yang ada di video itu HAHAHAHAHAHA. Di episode ini Seungkwan sama Jeonghan syuting di sebuah daycare. Jeonghan agak berbeda dari Seungkwan yang suka anak kecil. Jeonghan bukan nggak suka anak kecil ya, dia suka tapi nggak punya banyak energi untuk meladeni. Nggak bakat punya anak banyak wkwk. Di beberapa kesempatan dia nguap dong karena capek, ngantuk, dan bosen lol. Jeonghan kagum sama mbak-mbak yang kerja di daycare (nggak hanya kamu Han, aku pun kagum sama beliau-beliau). Kata Jeonghan, adik perempuannya pingin jadi pengajar di daycare dan sekarang lagi kuliah jurusan itu.



Mingyu suka bersih-bersih dorm. Dese mungkin kzl ya karena member lain keterlaluan koprosnya jadi dia curhat ke Mnet. Video pas dia curhat diblur di bagian wajah dengan suara yang disamarkan tapi dari posturnya tetep kelihatan kalau dia Mingyu wakakak #failed. Pada akhirnya nggak diblur sudah wajahnya karena kata dia sendiri membernya pasti tau kalau dirinya yang bawel masalah beres-beres. Mingyu nggak suka kalau dorm berantakan. Dia ngelipet handuk-handuk yang ada di jemuran, nyuci pakaian kotor, buang-buang sampah yang ada di dorm, sampai ngevakum lantai biar nggak berdebu. Sementara Woozi rebahan nggak peduli. 😂 Baru ngebantuin kalau Mingyu minta tolong. Sumpah ya kalau saya yang ada di posisi Mingyu, sudah saya banting-banting semua barang di dorm biar berantakan sekalian. Tapi untungnya Mingyu adalah Mingyu yang suka beres-beres sambil nyanyi (biar nggak stres) nggak peduli ada yang bantu atau nggak.


Menurut saya, tiga episode pertama ya episode ketiga ini yang topiknya paling menarik. Kim Hwan pun sampai memuji mereka. Katanya, "We talked about things you should respect even if you don't like them. I think it's a relief that you guys are talking about it with one another and being honest".


Episode 4: General-knowledge-pedia
"One who can learn something from everyone. One who can learn something from everything. That person is the most wise." - Talmud -


Wonwoo punya banyak pengetahuan karena hobi membaca. Katanya, "I think that in the information-oriented society of the 21st century, knowledge can be a weapon. So I try to study a lot of things. With time, knowledge fades away. You tend to forget things. So I try to learn continuously." Totally agree with you, Mr. Jeon! Oh iya mongomong soal hobi baca buku, Mingyu ngaku-ngaku suka baca buku juga padahal nggak. Dia belajarnya dari film dan internet. :)))

Vernon walaupun pengetahuannya nggak sebanyak Wonwoo, dia bisa membuat penjelasan secara logis. Dia termasuk anak yang banyak nanya juga. Woozi dan Vernon suka diskusi soal musik, selera mereka lebih ke pop. Sementara Seungkwan dan Hoshi ke K-Pop, Seungkwan suka Wonder Girls sedangkan Hoshi suka SHINee.

Nah kalau Dino tertarik dengan sejarah Korea. Kalau Joshua lagi tertarik sama American cooking show by Chef Gordon Ramsay (acaranya in English of course). Sayangnya nggak ada yang bisa diajak ngobrol tentang acaranya wkwkwk.

Kim Hwan nambahin kalau when you're forced to learn something, you get stressed. But if you really enjoy learning about something, it becomes like a hobby. Seketika forum berganti ngomongin hobi. The8 punya banyak hobi seperti painting, decorating, dan fashion. Dia suka mempelajari sesuatu kapanpun dia tertarik. Bersama Jun, The8 tau restoran Cina mana aja yang rasanya orisinil Cina dan mana aja yang rasanya disesuaikan dengan lidah orang Korea.

Meanwhile Jeonghan nggak punya hobi. 😭 Eh...punya ding hobi jalan-jalan di taman, dia suka googling taman yang bagus di mana terus sama dia dikunjungi. DK lah yang nggak punya hobi sampai sama Mingyu dibantuin nyari hobi waktu mereka di Jepang. Pertama-tama, nyoba shopping. Kemudian nyoba ngerakit mobil-mobilan untuk balapan, kayak mobil Tamiya gitu. Canggih lho nggak kayak Tamiya di Indonesia berbelas-belas tahun yang lalu hahahaha yaiyaaa Jepang punya cuy. Terakhir, nyoba Muangthai. Mingyu bisepnya glandotable lol skip. DK paling suka hobi Muangthai ini. Mereka duel juga dan aduh mending latihan-latihan lucu aja sama samsak kalian tuh gausah duel. Nggak tega nuna tuh nonton kalian tonjok-tonjokan huhuhu.

Kim Hwan's recommendation: I hope that the viewers would think about things they are interested. And things they want to learn. And take notes.

Siap Bapak!


Episode 5: Small Happiness
"People can be happy as much as they are determined to be happy." - Abraham Lincoln -


Macam-macam kebahagiaan kecil menurut beberapa member SEVENTEEN dan MC-nim:
Joshua: always makes his bed before leaving his room, he's happy when it's clean.
Mingyu: nice weather makes him happy.
Seungcheol and Wonwoo: playing PC games.
Woozi: when his refrigerator is full with snack and beverages.
Hoshi: eating, several times ago he lost his watch and he stressed about it so he went eat and forgot his stress but when he went home he remembered again so he stressed again and he ate again lmao.
Jun: eating in Chinese restaurant, he likes spicy and salty food too.
Kim Hwan: ice cream, when he finished one and suddenly find there's another one left he's happy.

Term "small happiness" usually used by people who got frequently stressed, it has relation with work-life balance. Member SEVENTEEN yang punya tingkat stres rendah adalah Vernon and Jun. According to other members, they're the simplest people on earth. Sedangkan member yang punya tingkat stres tinggi adalah Seungcheol, Wonwoo, The8, Joshua, Mingyu, dan Seungkwan. Kemudian mereka memperagakan gimana kalau member ini member itu lagi stres hahaha kocak banget sumpah episode ini wajib ditonton.

Setelah itu Wonwoo ngomong, "We show each other our stresses because we trust each other." Setuju banget, nggak enak gitu ya kalau ngambek atau tantrum di depan orang yang nggak terlalu kenal mendalam watak kita seperti apa. Ntar malah dijauhin lagi. 😂

Kemudian ada satu member yang agak nggak setuju dengan istilah "small happiness". Dia adalah member yang paling bule (ini nggak rasis ya, ini tanda aku sayang sama dia). Katanya, "In my opinion, there's no small or big happiness. It's happiness when you just feel happy. If you want to feel super happy, and when you don't feel super happy, then you don't appreciate the happiness you feel and you become greedy instead of being satisfied. Rather than that, I tend to think that it's good when something's quite OK."

Lalu Mingyu mulai goyah dengan prinsip "small happiness" wkwkwk. Dia nambahin, "Instead of categorizing small and big happiness, happiness is just happiness." On the other hand: enjoy happiness as it is.


Episode 6: Hipster
"It's better to fail being original than succeeding by copying." - Michael Jackson -


Waktu ditanya apa itu hipster, DK sama Hoshi jawab hipster adalah singkatan dari hiphop hamster. ANJAY. 😂 Untungnya ada Joshua, dia mendeskripsikan hipster sebagai a person who is very trendy. Being outside the trend hipster have their own style. It's like you don't follow the trend. Hip is like trend. Bahkan Vernon aja baru tau kalau hip is like trend, makanya SeokSoon kok asal begitu bilang hiphop hamster woy. 😂

Hipsters reject anything deemed mainstream and have their unique style in terms of fashion, music, and culture. How do SEVENTEEN members think about hipster? Vernon said, "I think it's cool that they try to be different and find their own color. I think I tend to try to do that."

Menurut member SEVENTEEN, siapa di antara mereka yang tergolong hipster? Menurut Wonwoo, member yang paling hipster sudah pasti Vernon. Vernon selalu bilang "don't try to fit yourself into others' standard of beauty, create your own style" #QOTD. Sedangkan menurut Jun, Hoshi termasuk hipster karena he has his own style when dancing on the stage.

Waktu ditanya siapa artis yang menurut pandangan kalian hipster, Joshua menyebut nama Bazzi. Panggilan untuk semua fans Joshua, ada yang tau nggak Bazzi ini siapa dan gaya musiknya gimana? Minta infonya dong saya males googling hehehehehehehehe.

Obrolan lanjut ke siapa role model member SEVENTEEN sebelum debut. Jawabannya tentu beragam. Role model Dino sudah jelas Michael Jackson. "His dance was amazing and I try everyday to improve, he inspires me," kata si maknae. Role model Joshua juga sudah pasti Gabe Bondoc. Gabe pernah memberi ucapan selamat ulang tahun ke Joshua lewat twitter. He's the most successful fans! Bruno Mars jadi role model buat Woozi, he have listened Bruno Mars songs since he was a student. DK memilih YB sebagai role model-nya. Saya nggak tau YB ini siapa, mungkin band Korea Selatan yang nggak terkenal sampai sini. DK bilang kalau their energy is so cool on stage. Mereka membuat DK punya cita-cita menjadi penyanyi.

Di episode ini mereka pergi ke tempat karaoke, tim dibagi jadi dua, yaitu Dance team (Dino, Hoshi, Seungkwan, Vernon) dan Ballad team (Wonwoo, DK, S.Coups, Woozi). Of course menurut saya yang seru abis ya Dance team, nyanyi-nyanyi sambil nge-dance. Bahkan waktu Vernon nyanyi lagu yang nggak familiar pun mereka tetep nge-dance heboh. Vernon sebenernya banyak diemnya, tapi kalau udah diseret Seungkwan mah pasti ikutan heboh. 😂 Yang tetap enerjik selama kurun waktu dua jam tentu saja Dino yang paling muda wakakak. Hoshi udah terkapar mandi keringet.

Kata kunci di episode ini kayaknya nggak terlalu banyak yang perlu dibahas. Soalnya akhirnya mereka ngebahas "what's small items or points with your school uniform?". Nostalgia masa muda.
S.Coups: a t-shirt that I wear underneath (damn!)
Wonwoo: for summer uniforms, I loosen my buttons (DAMN!!!), that's why the t-shirt inside is important
Hoshi: something you can use to stand out were shoes
DK: wearing a hoodie under the jacket
Mingyu: wearing four layers like shirt, vest, hoodie, and jacket
(Vernon cuma bisa dengerin aja karena dia home schooling. 😢)

Do you have any rules for fashion?
S.Coups: I think that fashion shouldn't be overwhelming. That's the fine line between a fashion leader and a fashion terrorist. And I don't think you should gamble on it. Just neat and clean look. I think an ordinary, safe look is the best. #BapakLeaderPanutanq

Waktu ditanya siapa fashion terrorist di SEVENTEEN, mereka kompak nunjuk Dino. 😂😂 Sebagai member pemerhati fashion, Mingyu dan The8 sepakat mendandani Dino bersama.



Di episode ini member SEVENTEEN memamerkan kaos yang mereka desain sendiri. Kaos ini untuk dijual yang hasil jualannya nanti disumbangkan. Karena saya bias ke Vernon maka kaosnya yang akan saya bahas hahaha. Kaos Vernon berwarna hitam dengan tulisan kecil "Chwe not Chew" di bagian kiri dada. Tulisan "Chwe not Chew" di bagian punggung ukurannya lebih besar lagi. Asal muasal tulisan itu lahir adalah karena banyak orang yang salah mengucapkan nama marganya. Ejaan marga Vernon sebenarnya adalah "Choi". Berhubung waktu kecil dia tinggalnya di USA, orang Amrik ngebaca "Choi" ya tetep coy bukan cwe. So his mother changed the spelling to "Chwe". But this isn't the norm so a lot of people get confused #SecondProblem (mungkin orang Amrik ngiranya chew tapi typo). Then he wrote "Chwe not Chew" to remind people of the spelling.



Sebagai penutup episode enam, Kim Hwan melempar pertanyaan "what do you think about the keyword hipster?"
S.Coups: I hope that many people use the word "hipster" to express their own individuality.
Wonwoo: But I also think that enjoying your life is what a true hipster is. Listening to music that they like, and looking and wearing clothes they like.


Episode 7: FORME (For health, One(single), Recreation, More convenient, Expensive)
"It requires great commitment to maintain healt when you're healthy" - Jeremy Bentham -


Term "FORME" means people who invest a lot for themselves. "For health" lebih difokuskan di episode ini. Beberapa member beraktivitas olahraga untuk menjaga kesehatan mereka.

Mingyu dan S.Coups pergi nge-gym untuk membentuk abs. Gila ya usaha membuat roti sobek oppa ini ternyata berat sekali. S.Coups sampai merengek terkapar. 😅 Sementara Mingyu masih semangat, nih anak berat badannya udah 80 kg aja. Pantes kok akhir-akhir ini kayak makin gede aja. Badannya. Untung ya 80 kg jadi otot semua. Kalau jadi lemak kan bahaya. :( Mingyu katanya mau pamer kalau abs-nya sudah terbentuk sempurna.

Dear Kim Mingyu,

I like you for who you are, with or without abs. Please tutup your aurat for the sake of my mind.

Sincerely,
Vernon's


Sementara itu di studio olahraga yang lain, Joshua dan Vernon mencoba wall climbing. Joshua katanya udah lumayan sering main panjat tembok ini, sedangkan Vernon baru pertama kali. Tapi pas lomba ngambil balon di atas tembok malah Vernon yang menang. 😏 *disleding anak kamar sebelah*

Mingyu nggak puas cuma nge-gym doang, dia main voli juga barengan sama Jeonghan, Seungkwan, dan DK. Mereka tanding melawan cewek-cewek atlet voli profesional. Mbak-mbak atletnya tinggi-tinggi woy!!! Ya wajar nying namanya juga atlet voli profesional. Bahkan ada yang lebih tinggi dari Mingyu. :) A dwarf like me can't relate. :)) Salah satu dari atlet-atlet itu ada yang seorang Carat! Wuaaahhh mbaknya beruntung banget huhuhu. International fans like me can't relate. :))) Mbaknya bawa mini Carat Bong gitu uwu lucu banget gemay. Saya pingin beli mini Carbong juga dulu terus kata temen saya NGGAK USAH. 😂😂😂


Episode 8: Querencia
"It's not over till it's over" - Yogi Berra -

Querencia means a place or a person to rest. Rumah menjadi querencia untuk Wonwoo. DK memilih ruang latihan di waktu malam sebagai querencia. Kemudian member lain nakut-nakutin dia pakai cerita serem wkwkwk.

Hoshi menjadikan kampung halamannya, Namyangju, sebagai querencia. Kata dia Namyangju udaranya bersih, banyak kebun sayuran, dan dia suka berkotor-kotor ria di lahan pertanian. Dia ingin tinggal di pedesaan yang bersih seperti itu kalau pensiun nanti.

Di episode ini Hoshi ngajak Vernon bertani di Namyangju. Mereka belanja bibit tanaman, mencangkul tanah, dan menanam bibit yang sudah mereka beli. Kata mereka bertani itu capek hahaha, sini dek nuna ajarin nanem jagung sekalian. Hoshi jadi mikir-mikir tentang rencananya pensiun nanti. 😂 Kata ayahnya: there's no such thing as easy.


Ayahnya Hoshi manjangin rambut sodara-sodara, beliau ngajak kepala desa juga untuk menggarap lahan. Jaringan ayah Hoshi tidak main-main. Beliau ini grapyak sekali dan orangnya rame, nggak heran anaknya juga begitu. Mama Kwon lucu sekaliii ya ampuuun akhirnya aku tau gen menggemaskan Hoshi berasal dari siapa. Sebelum putranya kembali ke kota Seoul, ayah Hoshi berpesan: you have to plant three seeds: one for sky, one for bird, one for yourself.


Selain diajak ke Namyangju, Vernon juga diajak ke Pulau Jeju. Yang ngajak bukan Hoshi pastinya, tapi Seungkwan. Seungkwan menjadikan Pulau Jeju sebagai querencia. Saya suka banget kalau Seungkwan sudah ada di Pulau Jeju bersama member lain, dia otomatis ganti peran jadi tour guide merangkap duta pariwisata Jeju. 😂😂 Oh iya trip VerKwan ini bukan dari agensi, tapi inisiatif mereka sendiri. Kentjan. NGGAK YA BERCANDA. Jadi nggak ada juru kamera yang nyuting, mereka bawa kamera sendiri. Seungkwan juga menyempatkan diri bertemu sahabatnya saat di Jeju.


Querencia nggak hanya tempat tapi juga orang. Member yang punya querencia orang salah satunya adalah Woozi. Karena dia anak tunggal dan jarang hangout, jadilah member SEVENTEEN sebagai querencia-nya. Seungcheol juga menjadikan orang sebagai querencia. Nggak tanggung-tanggung loh querencia Papa Coups, langsung tembak Vice President of Pledis Kim Yeonsoo-nim. Jjak jjak jjak jjak!! Masnya sudah ikrib maksimal sama Pak Kim Yeonsoo, kayak ngobrol sama temen sendiri. Bahkan ketika ruangan bapak vice president sedang kosong, langsung aja CSC main game di komputernya. :))) Leader pergerakannya beda. :)

Selain Woozi dan S.Coups, Jeonghan pun memilih orang sebagai querencia. Dia adalah Kyuhoon, his friend who own farm in Yesan. Kyuhoon has 100 cows! Uniknya Kyuhoon ini nggak kuliah di jurusan peternakan, tapi di jurusan musikal. Keren! Rumahnya bagus dan kandang sapinya gedeee banget. Udah lancar sekali bang Kyuhoon ini mengurus sapi-sapinya. Jeonghan nggak sendirian waktu berkunjung ke rumah Kyuhoon, dia bersama DK. Mereka bertiga udah akrab banget. Dasarnya tiga-tiganya pinter nyanyi ya, jadilah mereka nyanyi musikal di kandang sapi. 😂




SVT CLUB berakhir di episode kedelapan. MC dan semua member SEVENTEEN keluar satu per satu dari studio syuting.............kecuali DK. Dia nyengir sendirian gitu waktu kamera mengarah ke dia. Apakah ini pertanda akan ada 'SVT CLUB season 2'? Wallahua'lam.


Yang jelas SEVENTEEN akan comeback tanggal 16 Juli nanti HAHAHAHA. Kemudian akhir Agustus mereka kick off konser luar negeri sampai awal Oktober. :') Menjadi Carat adalah salah satu dari sekian banyak alasan untuk tidak menjadi missqueen. 👌

Hang on girls!


See you on my next post


(all SVT pics are from SEVENTEEN's official twitter)

*

8 comments :

  1. Makasih banget kak udah merangkum acara ini sebegitu jelas dan padat. Banyak quotes manteb, lagi. Sukaaaaa. Aku nonton acara ini baru sampai episode satu tok abis itu gak tau kenapa gak tertarik lagi ehehe. Btw aku ngakak banget pas baca bagian hipster hiphop hamster, koplak bener dah si DK sama Hoshi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama kiki, terima kasih juga mau baca postingan yang super panjang ini wkwk acaranya emang nggak seseru one fine day sih kalau nggak karena seventeen aku juga nggak bakal nonton :p duo seoksoon emang suka nggak terduga xD

      Delete
  2. Makasih bangettt kk!!!
    Pas aku nonton youtobe pertama rada2 gak ngerti sih.Tapi berkat kk aku jadi ngerti dan benar2 tau secara padat perkataan mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhu sama-sama ya, terima kasih juga udah baca tulisanku❤

      Delete
  3. Waaaa aku baru baca rangkuman ini. So far soooo good detail banget jelasinnya uuuu 🖤🖤🖤🖤🖤

    ReplyDelete
  4. Aku new carat .. dan aku baca bnyak postingan kk ..
    Kek ny bakal benar2 jatuh cinta sama sebenteen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo makasih udah baca-baca tulisan di blog ini, it means a lot for me😭🥰 and welcome to the Carat world🎉 yuk yuk mari membucin Seventeen bersama~~

      Delete

Halo! Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar. Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Back to Top